Home » » Terjemah al Fiyyah Juz3

Terjemah al Fiyyah Juz3




اْلمُضَافُ إِلىَ يَاءِ الْمُتَكلِّمِ

آخِرَ مَا أُضِيفَ لِلْيَا اكْسِرْ إِذَا      420     لَمْ يَكُ مُعْتَلاًّ كَرَامٍ وَقَذَى
 
ISIM YANG DIMUDLOFKAN PADA YA’ MUTTAKALIM
 1.             Lafadh yang dimudlofkan pada ya’ muttakalim itu akhirnya harus dibaca kasroh,demikian itu apabila tidak berupa isim mu’tal,tasniyah atau jama’

أَوْ يَكُ كابْنَيْنِ وَزَيْدِيْنَ فَذِى        *       جَمِيعُهُا اليَا بَعْدُ فَتْحُهَا احْتُذِى

وَتُدْغَمُ اليَا فِيهِ وَالوَاوُ وإِنْ       *        مَا قَبْلَ وَاوٍ ضُمَّ فَاكْسِرْهُ يَهُنْ

وَأَلِفاً سَلِّمْ وَفى الْمَقْصُورِ عَنْ        *       هُذَيْلٍ انْقِلاَبُهَا يَاءً حَسَنْ

2.             Apabila mudlof itu berupa isim mu’tal ( mu’tal akhir/mu’tal ya’ dan mu’tal alif/isim manqush atau isim maqshur ),tasniyah atau jama’ maka ya’ muttakalim dibaca fathah,kemudian wawu atau ya’ yang sudah diganti ( dibuang ) itu diidghomkan pada ya’ muttakalim
3.             Dan apabila huruf sebelum wawu itu didlomah maka ya’ muttakalim dibaca ( diganti ) kasroh
4.             Apabila mudlof itu berupa isim maqshur itu maka alifnya ditetapkan,tapi menurut qobilah Hudail itu alifnya diganti dengan ya’

إِعْماَلُ اْلمَصْدَرِ

بِفِعْلِهِ الْمَصْدَرَ أَلْحِقْ فى الْعَمَلْ       *        مُضَافاً أَوْ مُجَرَّداً أَوْ مَعَ أَلْ
إِنْ كَانَ فِعْلٌ مَعَ أَنْ أَوْ مَا يَحُلّ      425     مَحَلَّهُ وَلاسْمِ مَصْدَرٍ عَمَلْ

AMALNYA MASDAR
5.             Masdar itu bisa beramal seperti fi’ilnya baik berupa mudlof,mufrod mujarrod atau bersamaan dengan al
6.             Demikian itu apabila fi’ilnya bersamaan dengan مَا atau اَنْ yang dapat menempati masdar (مَا atau اَنْ masdariyah  ) begitu juga isim masdar

وَبَعْدَ جَرِّهِ الَّذِى أُضِيفَ لَهْ        *        كَمِّلْ بِنَصْبٍ أَوْ بِرَفْعٍ عَمَلَهْ

7.             Masdar yang sudah mengejerkan pada mudlof ilaih itu harus menyempurnakan ma’mul manshub atau marfu’
وَجُرَّ مَا يَتْبَعُ مَا جُرَّ وَمَنْ        *        رَاعَى فى الاتْبَاعِ الْمَحَلَّ فَحَسَنْ
8.             Lafadh yang diikutkan pada mudlof  ilaihnya masdar itu boleh wajah dua yaitu boleh dibaca jer dan diikutkan pada mahalnya demikian itu lebih baik

إِعْمَالُ اِسْمِ اْلفَاعِلِ

كَفِعْلِهِ اسْمُ فَاعِلٍ فى الْعَمَلِ       *         إِنْ كَانَ عَنْ مُضِيَّهِ بِمَعْزِلِ

وَوَلِيَ اسْتِفْهَاماً أَوْحَرْفَ نِدَا       *         أَوْ نَفْياً أَوْجَا صِفةً أَوْ مُسْنَدَا

AMALNYA ISIM FA’IL
9.             Isim fa’il itu bisa beramal seperti fi’ilnya,jika tidak menunjukkan zaman madli ( menunjukkan zaman istiqbal atau hal )
10.         I’timad pada istifham,huruf nida’,nafi,isim sifat dan musnad

وَقَدْ يَكُونُ نَعْتَ مَحْذُوفٍ عُرِفْ      430     فَيَسْتَحِقُّ الْعَمَلَ الَّذِى وُصِفْ
11.         Isim fa’il yang menjadi na’atnya man’ut yang terbuang,itu masih bisa beramal seperti fi’ilnya

وَإِنْ يَكُنْ صِلَةَ أَلْ فَفِى الْمُضِى       *        وَغَيْرِهِ إِعْمَالُهُ قَدِ ارْتُضِى

12.         Isim fa’il yang menjadi shilahnya اَلْ  ,baik menunjukkan zaman madli,hal atau istiqbal itu masih bisa beramal seperti fi’ilnya
فَعَّالٌ اَوْمِفْعَالٌ اَوْفَعُوْلُ        *        فِى كَثْرَةٍ عَنْ فَاعِلِ بَدِيْلُ
فَيَسْتَحِقُّ مَالَهُ مِنْ عَمَلِ       *       وَفِى فَعِيْلٍ قَلَّ ذَا وَفَعِلِ
13.         Shighot kasroh فَعَّا لٌ , مِفْعَا لٌ  dan فُعُوْلٌ ,itu bisa beramal seperti fi’ilnya
14.         Adapun فَعِيْلٌ dan فَعِلٌ  itu hukumnya nadir ( langka )

وَمَا سِوَى الْمُفْرَدِ مِثْلَهُ جُعِلْ      *       فى الْحُكْمِ وَالشُّرُوطِ حَيْثُمَا عَمِلْ

15.         Isim sifat yang selain mufrod itu masih bisa beramal seperti mufrodnya dengan hukum dan syarat yang telah ditentukan ( dalam mufrodnya )

وَانْصِبْ بِذِى الإِعْمَالِ تِلْواً وَاخْفِضِ     435     وَهْوَ لِنَصْبِ مَا سِوَاهُ مُقْتَضِى

16.         Lafadh yang berdampingan dengan isim fa’il itu boleh wajah 2 ( jer dan nashob ) dan lafadh selainnya itu harus dibaca nashob

وَاجْرُرْ أَوِ انْصِبْ تَابِعَ الَّذِى انْخَفَضْ      *      كَـمُبْتَغِى جَاهٍ وَمَالاً مَنْ نَهَضْ

17.         Lafadh yang ikut pada majrurnya isim fa’il, itu boleh wajah 2 ( jer dan nashob ) seperti اْلمُبْتَغِىْ جَاهٍ وَمَالٍ - اْلمُبْتَغِىْ جَاهٍ وَمَالاً  

وَكُلُّ مَا قُرَّرَ لاِسْمِ فَاعِلِ      *       يُعْطَى اسْمَ مَفْعُولٍ بِلاَ تَفَاضُلِ

18.         Hukum-hukum yang ada pada isim fa’il juga ditetapkan pada isim maf’ul

فَهْوَ كَفِعْلٍ صِيغَ لِلْمَفْعُولِ فى       *      مَعْنَاهُ كَـ الْمُعْطَى كَفَافاً يَكْتَفِى

19.         Isim  maf’ul  itu  seperti fi’il mabni majhul dalam maknanya seperti الْمُعْطَى كَفَافًا يَكْتَفِىْ

وَقَدْ يُضَافُ ذَا إِلَى اسْمٍ مُرْتَفِعْ       *      مَعْنىً كَـ مَحْمُودُ الْمَقَاصِدِ الْوَرِعْ

20.         Kadang-kadang isim maf’ul itu dimudlofkan pada isim yamg dibaca rofa’ ( ma’mul marfu’ ) dalam segi maknanya seperti الْوَارِعُ مَحْمُوْدُ اْلمَقَاصِدِ
أَبْنِيَةُ الْمَصَادِرِ
فَعْلٌ قِيَاسُ مَصْدَرِ الْمُعَدَّى      440       مِنْ ذِى ثَلاَثَةٍ كَـرَدَّ رَدَّا

BINA’ MASDAR
21.         Fi’il  tsulasi yang muta’adi itu masdar qiyasinya ikut wazan فَعْلٌ   seperti رَدَّ رَدًّا
وَفَعِلَ اللاَّزِمُ بَابُهُ فَعَلْ       *       كَفَرَحٍ وَكَجَوًى وَكَشَلَلْ

22.         Fi’il tsulasi lazim yang ikut wazan فَعِلَ  itu masdar qiyasinya ikut wazan فَعَلٌ seperti سَلَّ - سَلَلاً , جَوِى - جَوًى,فَرِحَ فَرَحًا
وَفَعَلَ اللاَّزِمُ مِثْلَ قَعَدَا       *      لَهُ فُعُولٌ بِاطّرَادٍ كَغَدَا

مَا لَمْ يَكُنْ مُسْتَوجِباً فِعَالاَ      *      أَوْ فَعْلاَناً فَادْرِ أَوْ فُعَالاَ
23.         Fi’il tsulasi lazim yang ikut wazan فَعَلَ itu masdar qiyasinya ikut wazan فُعُوْلٌ seperti غَدَا-غُدُوًّا
24.         Selama tidak ikut wazan فِعَالاً  , فَعَلاَناً , فُعَالاً

فَأَوَّلٌ لِذِى امْتِنَاعٍ كَأَبَى      *      وَالثَّانِ لِلَّذِى اقْتَضَى تَقَلُّبَا

25.         Adapun    wazan   yang   pertama    (    فِعَالاً   )   itu    khusus  lafadh  imtina’ ( mencegah / menentang ) seperti اَبَى - اِباَءً  , sedangkan wazan yang  kedua  ( فعلانا   )  khusus  untuk  taqolub  (  tidak tetap ) seperti لَمَعَ - لَمَعَانًا  

لِلدَّا فُعَالٌ أَوْ لِصَوتٍ وَشَمَلْ      445       سَيْراً وَصَوْتاً الْفَعِيلُ كَصَهَلْ

26.         Wazan  فُعَالٌ    itu  khusus menunjukkan arti penyakit atau suara seperti زَكَمَ - زُكَامًا ( penyakit ) نَعَبَ - نُعَابًا  ( suara ),adapun فَعَلَ lazim yang mempunyai makna سَيْرًا dan صَوْت  itu masdar qiyasinya ada yang ikut wazan فَعِيْلٌ

فُعُولَةٌ فَعَالَةٌ لِفَعُلاَ      *      كَسَهُلَ الأَمْرُ وَزَيْدٌ جَزُلاَ

27.         Masdar yang ikut wazan فُعُوْلَةٌ  , فَعَالَةٌ  madlinya فَعُلَ

وَمَا أَتَى مُخَالِفاً لِمَا مَضَى      *      فَبَابُهُ النَّقْلُ كَسُخْطٍ وَرِضَى

28.         Masdar yang tidak sesuai dengan wazan tersebut diatas,itu dihukumi sama’i seperti - رِضًى   رَضِيَ, سَخِطَ - سُخْطًا

وَغَيْرُ ذِى ثَلاَثَةٍ مَقِيسُ      *      مَصْدَرِهِ كَقُدَّسَ التَّقْدِيسُ

29.         Masdarnya fi’il ghoiru tsulasi itu hukumnya qiyasi ,adapun yang ikut wazan فَعَّلَ   dan  shohih  akhirnya  itu  diikutkan  wazan  تَفْعِيْلاً seperti قَدَّسَ- تَقْدِيْساً
وَزَكِّهِ تَزْكِيَةً وَأَجْمِلاَ      *      إِجْمَالَ مَنْ تَجَمُّلاً تَجَمَّلاَ

30.         Adapun yang mu’tal akhir masdar qiyasinya ikut wazan   تَفْعِيْلَةً seperti زَكَّى- تَزْكِيَةً
Lafadh yang ikut wazan اَفْعَلَ ( shohih a’in ) masdar qiyasinya itu ikut wazan اِفْعَالاً seperti اَكْرَمَ - اِكْرَامًا dan jika ikut wazan تَفَعَّلَ maka masdar qiyasinya ikut wazan تَفَعُّلاً seperti تَجَمَّلَ - تَجَمُّلاً


وَاسْتَعِذْ اسْتِعَاذَةً ثُمَّ أَقِمْ      450       إِقَامَةً وَغَالِباً ذَا التَّا لَزِمْ

31.         Fi’il ghoiru tsulasi yang ikut wazan اِسْتَفْعَلَ ( mu’tal ‘ain ) masdar qiyasinya ikut wazan   اِسْتِفْعَالةً  seperti اِسْتَعَاذَ - اِسْتِعَاذَةً   yang ikut wazan اَفْعَلَ ( mu’tal ‘ain ) masdar qiyasinya ikut wazan اِفَالَةً sepertiاِقَامَةً  اَقَامَ - menurut gholibya ( umumnya ) masdar yang ikut wazan   اِسْتِفَالَةًdan اِفَالَةً itu dengan ta’ ,apabila tidak dengan ta’ maka hukumnya sedikit


وَمَا يَلِى الآخِرُ مُدَّ وَافْتَحَا        *       مَعْ كَسْرِ تلْوِ الثَّانِ مِمَّا افْتُتِحَا

بِهَمْزِ وَصْلٍ كَاصْطَفَى وَضُمَّ مَا      *      يَرْبَعُ فى أَمْثَالِ قَدْ تَلَمْلَمَا

32.         Masdar qiyasinya ghoiru tsulasi yang madlinya dimulai hamzah washol itu  huruf  sebelum  akhir  harus  dibaca  mad  dan di fathah,adapun huruf
33.         yang ketiga dibaca kasroh seperti اِصْطَفَى - اِصْطِفَاءً dan bila madlinya dimulai dengan ta’ ( muthowa’ah ) maka huruf yang keempat harus dibaca dlomah seperti تَلَمْلَمَ تَلَمْلُماً

فِعْلاَلٌ أَوْ فَعْلَلَةٌ لِفَعْلَلاَ      *      وَاجْعَلْ مَقِيساً ثَانِياً لا أَوَّلاَ

34.         Fi’il madli yang ikut wazan فَعْلَلَ maka masdarnya ikut wazan فَعْلاَلٌ dan فَعْلَلَةٌ  adapun yang qiyasinya ikut wazan فَعْلَلَةٌ

لِفَاعَلَ الِفعَالُ وَالْمُفَاعَلَهْ      *      وَغَيْرُ مَا مَرَّ السَّمَاعُ عَادَلَهْ

35.         Fi’il madli yang ikut wazan فَاعَلَ masdarnya ikut wazan فِعاَلٌ atau مُفَاعَلَةٌ adapun fi’il yang ghoiru tsulasi yang tidak ikut wazan tersebut itu hukumnya sama’i

وَفَعْلَةٌ لِمَرَّةٍ كَجَلْسَهْ       455       وَفِعْلَةٌ لِهَيْئَةٍ كَجِلْسَهْ
36.         Masdar marrohnya fi’il tsulasi itu ikut wazan فَعْلَةٌ seperti جَلْسَةٌ ,adapun masdar ha’iahnya itu ikut wazan فِعْلَةٌ seperti جِلْسَةٌ
فى غَيْرِ ذِى الثَّلاَثِ بِالتَّا الْمَرَّهْ      *      وَشَذَّ فِيهِ هَيْئَةٌ كَالْخِمْرَهْ
37.         Membuat masdar marroh dari ghoiru tsulasi tinggal menambah ta’ pada masdarnya,adapun membuat masdar ha’iah dari fi’il ghoiru tsulasi itu hukumnya syad seperti خِمْرَةً
أَبْنِيَةُ أَسْمَاءِ الفَاعِلِينَ ، والْمَفْعُولِينَ ، والصَّفَاتِ الْمُشَبَّهَةِ بها
كَفَاعِلٍ صُغِ اسْمَ فَاعِلٍ إِذَا      *      مِنْ ذِى ثَلاَثَةٍ يَكُونُ كَغَذَا

BINA’ ISIM FA’IL,ISIM MA’FUL DAN SIFAT MUSYBIHAT
38.         فاَعِلٌ itu wazannya isim fa’il dari fi’il tsulasi mujarrod yang madlinya ikut wazan فَعَلَ baik muta’adi atau lazim atau فَعِلَ yang muta’adi seperti غَذَا-غَاذٍ

وَهْوَ قَلِيلٌ فى فَعُلْتُ وَفَعِلْ      *      غَيْرَ مُعَدًّى بَلْ قِيَاسُهُ فَعِلْ

39.         Fi’il yang ikut wazan فَعُلَ atau فَعِلَ yang lazim ,jika isim fa’ilnya ikut wazan فاَعِلٌ hukumnya sedikit

وَأَفْعَلٌ فَعْلاَنُ نَحْوُ أَشِرِ      *      وَنَحْوُ صَدْيَانَ وَنَحْوُ الأَجْهَرِ
40.         Adapun qiyasinya diikutkan pada wazan  فَعِلَ ,  اَفْعَلُ atau فَعْلاَنُ seperti صَدْيَانُ , اَجْهَرُ , اَشِرَ
وفَعْلٌ أَوْلَى وَفَعِيلٌ بِفَعُلْ      460       كَالضَّخْمِ وَالْجَمِيلِ وَالفِعْلُ جَمُلْ

41.         Isim fa’ilnya fi’il yang ikut wazan  فَعُلَ  adalah  فَعْلٌ   atau   فَعِيْلٌ seperti ضَحُمَ - ضَحْمٌ  جَمُلَ - جَمِيْلٌ ,

وَأَفْعَلٌ فِيهِ قَلِيلٌ وَفَعَلْ      *      وَبِسِوَى الفَاعِل ِقَدْ يَغْنَى فَعَلْ

42.         Isim fa’il dari dari wazan فَعَلٌ dan اَفْعَلُ,jika madlinya ikut wazan فَعُلَ itu hukumnya sedikit
Kadang-kadang fi’il madli yang ikut wazan فَعَلَ itu isim fa’ilnya tidak ikut wazan فَاعِلٌ tetapi hukumnya sedikit

وَزِنَةُ الْمُضَارِعِ اسْمُ فَاعِلِ         *         مِنْ غَيْرِ ذِى الثَّلاَثِ كَالْمُوَاصِلِ

مَعْ كَسْرِ مَتْلُوَّ الأَخِيرِ مُطْلَقَا      *      وَضَمَّ مِيمٍ زَائِدٍ قَدْ سَبَقَا

وَإِنْ فَتَحْتَ مِنْهُ مَا كَانَ انْكَسَرْ      *      صَارَ اسْمَ مَفْعُولٍ كَمِثْلِ الْمُنْتَظَرْ


43.         Wazannya isim fa’il dari ghoiru tsulasi itu seperti mudlori’nya seperti وَصَلَ - يُوْصِلُ  فهو مُوَاصِلٌ
44.         Hanya saja huruf sebelum akhir dibaca kasroh secara mutlak dan mim zaidahnya dibaca dlomah
45.         Dan  jika  huruf  sebelum  akhir  dibaca  fathah , maka menjadi wajahnya ( shighot ) isim maf’ul seperti اِنْتَظَرَ - يَنْتَظِرُ وذاك مُنْتَظَرٌ

وَفى اسْمِ مَفْعُولِ الثُّلاَثِى اطَّرَدْ     465       زِنَةُ مَفْعُولٍ كَآتٍ مِنْ قَصَدْ

46.         Wazannya isim maf’ul dari fi’il tsulasi itu adalah مَفْعُوْلٌ seperti isim maf’ulnya dari قَصَدَ - يَقْصِدُ  وذاك  مَقْصُوْدٌ

ونَابَ نَقْلاً عَنْهُ ذُو فَعِيلِ      *      نَحْوُ فَتَاةٍ أَوْ فَتىً كَحِيلِ

47.         Sedangkan isim maf’ul ada yang ikut wazan فَعِيْلَ ,tetapi hukumnya sama’i dan  berlaku  musytarok baik  mudzakar atau mu’anats seperti فَتًى كَحِيْلٌ  فَتَاةٌ  كَحِيْلٌ
الصِّفَةُ الْمُشَبَّهَةُ بِاسْمِ اْلفَاعِلِ
صِفَةٌ اسْتُحْسِنَ جَرُّ فَاعِلِ      *      مَعْنًى بِهَا الْمُشْبِهَةُ اسْمَ الفَاعِلِ

SIFAT MUSYBIHAT DENGAN ISIM FA’IL
48.         Sifat musybihat adalah sifat yang patut mengejerkan fa’il dalam segi makna


وَصَوْغُهَا مِنْ لاَزِمٍ لِحَاضِرِ      *      كَطَاهِرِ الْقَلْبِ جَمِيلِ الظَّاهِرِ

49.         Sifat musybihat itu pasti dari fi’il lazim yang menunjukkan zaman hadlir seperti طَاهِرُالْقَلْبِ جَمِيْلُ الظَّاهِرِ

وَعَمَلُ اسْمِ فَاعِلِ الْمُعَدَّى      *      لَهَا عَلَى الْحَدَّ الَّذِى قَدْ حُدَّا

50.         Sifat musybihat itu juga bisa beramal seperti isim fa’il yang muta’adi dengan syarat yang telah ditentukan dalam isim fa’il ( sebagaimana muta’adi maf’ul satu )

وَسَبْقُ مَا تَعْمَلُ فِيهِ مُجْتَنَبْ     470       وَكَوْنُهُ ذَا سَبَبِيَّةٍ وَجَبْ

51.         Ma’mulnya sifat musybihat tidak boleh didahulukan dan ma’mul tersebut harus mengandung dlomir ( lafdhon atau taqdiron ) yang kembali pada maushufnya ( isim yang disifati oleh sifat musybihat )

فَارْفَعْ بِهَا وَانْصِبْ وَجُرَّ مَعَ أَلْ      *      وَدُونَ أَلْ مَصْحُوبَ أَلْ وَمَا اتَّصَلْ

52.         Sifat musybihat yang bersamaan dengan al atau tidak ,itu bisa beramal merofa’kan,menashobkan atau mengejerkan ma’mulnya yang bersamaan dengan al / tidak atau dimudlofkan

بِهَا مُضَافاً أَوْ مُجَرَّداً وَلاَ      *      تَجْرُرْ بِهَا مَعْ أَلْ سُماً مِنْ أَلْ خَلاَ

وَمِنْ إِضَافَةٍ لِتَالِيهَا وَمَا      *      لَمْ يَخْلُ فَهْوَ بِالْجَوَازِ وُسِمَا

53.         Sifat musybihat yang bersaman dengan al itu tidak boleh mengejerkan isim yang sepi ( tidak bersamaan ) dengan al,ataupun dimudlofkan dengan lafadh ( isim ) yang sepi dari al ( tidak bersamaan dengan al )
54.         Dan bila dimudlofkan dengan lafadh yang bersamaan dengan al maka diperbolehkan mengejerkan

التَّعَجُّبُ
بِأَفْعَلَ انْطِقْ بَعْدَ مَا تَعَجُّبَا      *      أَوْ جِئْ بأَفْعِلْ قَبْلَ مَجْرُورٍ بِبَا

وَتِلْوَ أَفْعَلَ انْصِبَنَّهُ كَـمَا     475       أَوْفَى خَلِيلَيْنَا وَأَصْدِقْ بِهِمَا


TA’AJJUB
55.         Shighot ta’ajub itu ada 2 yaitu مَا اَفْعَلَ dan اَفْعِلْ بِهِ,adapun lafadh yang setelah اَفْعِلْ ( muta’ajab minhu ) itu harus dibaca jer yang dijerkan oleh huruf  ba’
56.         Dan  lafadh  setelah  اَفْعَلَ  itu dibaca nashob ( jadi maf’ul bih ) sepertiوَاَصْدِقْ بِهِمَا  مَاخَلِيْلَيْنَا

وَحَذْفَ مَا مِنْهُ تَعَجَّبْتَ اسْتبَحْ      *      إِنْ كَانَ عِنْدَ الْحَذْفِ مَعْنَاهُ يَضِحْ

57.         Muta’ajab minhu itu boleh dibuang,jika maknanya sudah maklum (jelas)

وَفى كِلاَ الفِعْلَيْنِ قِدْماً لَزِمَا      *      مَنْعُ تَصَرُّفٍ بِحُكْمٍ حُتِمَا

58.         Kedua fi’il ta’ajub itu tidak boleh ( tidak bisa ) ditashrif ( harus jamid )
وَصُغْهُمَا مِنْ ذِى ثَلاَثٍ صُرَّفَا      *      قَابِلِ فَضْلٍ تَمَّ غَيْرِ ذِى انْتِفَا

وَغَيْرِ ذِى وَصْفٍ يُضَاهِى أَشْهَلاَ      *      وَغَيْرِ سَالِكٍ سَبِيلَ فُعِلاَ

59.         Shighot ta’ajub itu harus berupa fi’il tsulasi,mutashorif,menerima kelebihan,tam dan tidak nafi ( mutsbat )
60.         Tidak berupa fi’il yang sifatnya ikut wazan اَفْعَلٌ serta tidak berupa fi’il yang mabni majhul

وَأَشْدِدَ أَوْ أَشَدَّ أَوْ شِبْهُهُمَا      *      يَخْلُفُ مَا بَعْضَ الشُّرُوطِ عَدِمَا

وَمَصْدَرُ العَادِمِ بَعْدُ يَنْتَصِبْ     480      وَبَعْدَ أَفْعِلْ جَرُّهُ بِالْبَا يَجِبْ

61.         Lafadh-lafadh ( fi’il-fi’il ) yang tidak menetapi syarat ,maka harus mendatangkan lafadh اَشْدِدْ , اَشَدَّ atau serupanya
62.         Kemudian mendatangkan masdarnya fi’il yang tidak memenuhi syarat tersebut dan lafadh setelah اَفْعَلَ harus dibaca nashob dan lafadh yang setelah اَفْعِلْ harus dibaca jer yang dijerkan oleh ba’

وبِالنُّدُورِ احْكُمْ لِغَيْرِ مَا ذُكِرْ      *       وَلاَ تَقِسْ عَلَى الَّذِى مِنْهُ أُثِرْ

63.         Fi’il ta’ajub tersebut jika tidak memenuhi syarat dan berlaku di kalam arab itu hukumnya nadir ( langka ) dan tidak boleh diqiyas-qiyaskan
وَفِعْلُ هَذَا البَابِ لَنْ يُقَدَّمَا      *      مَعْمُولُهُ وَوَصْلَهُ بِمَا الْزَمَا

وَفَصْلُهُ بظَرْفٍ أَوْ بِحَرْفِ جَرّْ      *      مُسْتَعْمَلٌ وَالْخُلْفُ فى ذَاَكَ اسْتَقَرّْ
64.         Ma’mulnya fi’il ta’ajub tidak boleh didahulukan dan harus muttasil dengan amilnya
65.         Boleh munfashil,jika yang memisah berupa dlorof atau jer majrur dan hal ini masih ada perselisihan oleh para ulama’

نِعْمَ وبِئْسَ , وَمَا جَرَى مَجْرَاهُمَا

فِعْلاَنِ غَيْرُ مُتَصَرَّفَيْنِ      485        نِعْمَ وَبِئْسَ رَافِعَانِ اسْمَيْنِ

نِعْمَ   DAN  بِئْسَ  DAN LAFADH - LAFADH YANG
BERLAKU  SEPERTI KEDUANYA
66.         نِعْمَ dan بِئْسَ itu berlaku fi’il keduanya yang tidak bisa ditashrif dan merofa’kan isim

مُقَارِنَىْ أَلْ أَوْ مُضَافَيْنِ لِمَا      *      قَارَنَهَا كَـ نِعْمَ عُقْبَى الكُرَمَا

67.         Ma’mul marfu’nya itu bersamaan dengan al atau di mudlofkan pada isim ( lafadh ) yang bersamaan dengan al seperti نِعْمَ اْلعُقْبَى اْلكُرَمَاءَ

وَيَرْفَعَانِ مُضْمَراً يُفَسَّرُهْ      *      مُمَيَّزٌ كَـ نِعْمَ قَوْماً مَعْشَرُهْ

68.         نِعْمَ dan بِئْسَ itu kadang merofa’kan pada isim dlomir yang dijelaskan tamyiz seperti  نِعْمَ قَوْمًا مَعْشَرُهُ

وَجَمْعُ تَمْيِيزٍ وَفَاعِلٍ ظَهَرْ      *      فِيهِ خِلاَفٌ عَنْهُمُ قَدِ اشْتَهَرْ

69.         نِعْمَ dan بِئْسَ yang sudah mengamalkan fa’il dhohir serta diberi tamyiz itu masih ada khilaf ( perselisihan ) oleh para ulama’

ومَا مُمَيَّزٌ وقِيلَ فَاعِلُ      *      فى نَحْوِ نِعْمَ مَا يَقُولُ الفَاضِلُ

70.         مَا yang berada setelah نِعْمَ dan بِئْسَ kadang ditarqib menjadi tamyiz atau fa’il seperti نِعْمَ مَايَقُوْلُ الْفَاضِلُ

وَيُذْكَرُ الْمَخْصُوصُ بَعْدُ مُبْتَدَا       490        أَوْ خَبَرَ اسْمٍ لَيْسَ يَبْدُو أَبَدَا

71.         Mahshusnya نِعْمَ dan بِئْسَ itu harus disebutkan yang berada setelah fa’ilnya dan ditarqib menjadi mubtada’ atau menjadi khobarnya mubtada’ yang dibuang

وَإِنْ يُقَدَّمْ مُشْعِرٌ بِهِ كَفَى      *      كَـالْعِلْمُ نِعْمَ الْمُقْتَنَى وَالْمُقْتَفَى

72.         نِعْمَ dan بِئْسَ jika didahului lafadh-lafadh yang menunjukkan mahshus , maka     tidak   perlu    menyebutkan   mahshus   lagi    sebagaimana contoh  اْلعِلْمُ نِعْمَ اْلمُقـْتَـنَى وَاْلمُقْتَفَى

وَاجْعَلْ كَبِئْسَ سَاءَ وَاجْعَلْ فَعُلاَ      *      مِنْ ذِى ثَلاَثَةٍ كَنِعْمَ مُسْجَلاَ

73.         سَاءَ itu seperti بِئْسَ yakni menunjukkan arti cela ( cacat ) dan fi’il tsulasi yang ikut wazan فَعُلَ itu bisa dilakukan نِعْمَ dan بِئْسَ

وَمِثْلُ نِعْمَ حَبَّذَا الفَاعِلُ ذَا      *      وَإِنْ تُرِدْ ذَمًّا فَقُلْ لاحَبَّذَا

74.         حَبَّذَا itu bisa dilakukan نِعْمَ serta fa’ilnya berupa ذَا atau bisa berlaku بِئْسَ yaitu menunjukkan arti cela maka ucapkan لاَحَبَّذَا زَيْدٌ

وَأَوْلِ ذَا الْمَخْصُوصَ أَ يًّا كَانَ لا      *      تَعْدِلْ بِذَا فَهْوَ يُضَاهِى الْمَثَلاَ

75.         Mahsusnya حَبَّذَا itu harus disebutkan ,sedangkan ذَا harus mufrod dan tidak boleh berubah-rubah ,walaupun mahshusnya berupa tasniyah atau jamak karena menyerupai kalam matsal ( peribahasa )

وَمَا سِوَى ذَا ارْفَعْ بِحَبَّ أَوْ فَجُرّْ      495       بِالْبَا وَدُونَ ذَا انْضِمَامُ الْحَا كَثُرْ

76.         Fa’ilnya حَبَّ yang selain ذَا ,maka boleh wajah 2 yaitu rofa’ dan jer,yang dijerkan ba’ ,sedangkan ha’ nya حَبَّ boleh wajah 2 yaitu fathah dan dlommah,akan tetapi yang baik adalah dlommah
أَفْعَلُ التَّفْضِيلِ
صُغْ مِنْ مَصُوغٍ مِنْهُ لِلتَّعَجُّبِ      *      أَفْعَلَ للتَّفْضِيلِ وَأْبَ اللَّذْ أُبِى
                                        AF’AL TAFDLIL
77.         Lafadh-lafadh yang bisa dibuat af’al ta’ajub,juga bisa dijadikan af’al tafdlil,begitu juga lafadh-lafadh yang tidak bisa dijadikan af’al ta’ajub juga tidak bisa dijadikan af’al tafdlil

وَمَا بِهِ إِلَى تَعَجُّبٍ وُصِلْ      *      لِمَانِعٍ بِهِ إِلَى التَّفْضِيلِ صِلْ

78.         Lafadh-lafadh yang dibuat untuk af’al ta’ajub yang tidak memenuhi syarat,begitu juga untuk af’al tafdlil

وَأَفْعَلَ التَّفْضِيلِ صِلْهُ أَبَدَا      *      تَقْدِيراً أَوْ لَفْظاً بِمِنْ إِنْ جُرَّدَا

79.         Af’al tafdlil itu jika tidak bersamaan dengan al atau idlofah maka harus disambung dengan min ( mufadlolah ) baik secara lafadh ( dhohiron ) atau dikira-kirakan ( taqdiron )

وَإِنْ لِمَنْكُورٍ يُضَفْ أَوْ جُرِّدَا      *      أُلْزِمَ تَذْكِيراً وَأَنْ يُوَحَّدَا

80.         Af’al tafdlil jika dimudlofkan pada isim nakiroh atau tidak bersamaan dengan  al atau idlofah itu harus menetapi mufrod mudzakar

وَتِلْوُ أَلْ طِبْقٌ وَمَا لِمَعْرِفَهْ    500     أُضِيفَ ذُو وَجْهَيْنِ عَنْ ذِى مَعْرِفَهْ

هَذَا إِذَا نَوَيْتَ مَعْنَى مِنْ وَإِنْ      *      لَمْ تَنْوِ فَهْوَ طِبْقُ مَا بِهِ قُرِنْ


81.         Af’al tafdlil yang bersamaan dengan al itu harus mencocoki pada lafadh yang berada sebelumnya
Af’al tafdlil jika dimudlofkan pada isim ma’rifat,maka mempunyai 2 wajah yakni mutthobiq dan tidak
82.         Demikian itu jika menyimpan maknanya min dan jika tidak menyimpan maknanya min maka harus mutthobiq ( mencocoki )
وَإِنْ تَكُنْ بِتِلْوِ مِنْ مُسْتَفْهِمَا      *      فَلَهُمَا كُنْ أَبَداً مُقَدَّمَا

كَمِثْلِ مِمَّنْ أَنْتَ خَيْرٌ وَلَدَى      *      إِخْبَارٍ التَّقْدِيمُ نَزْراً وَرَدَا

83.         Min mufadlolah jika bersamaan dengan istifham maka harus didahulukan dan mengakhirkan af’al tafdlil
84.         Dan jika masuk pada kalam khobar maka mendahulukan min mufadlolah itu hukumnya nadir ( langka )

وَرَفْعُهُ الظَّاهِرَ نَزْرٌ وَمَتَى      *      عَاقَبَ فِعْلاً فَكَثِيراً ثَبَتَا

كَلَنْ تَرَى فى النَّاسِ مِنْ رَفِيقِ    505     أَوْلَى بِهِ الفَضْلُ مِنَ الصَّدَّيقِ


85.         Af’al tafdlil jika merofa’kan isim dhohir itu hukumnya nadir ( langka ) dan hukumnya banyak berlaku jika af’al tafdlil tempatnya bisa ditempati kalimah fi’il
86.         Sepertiرَفِيْقِ اَوْلَى بِهِ اْلفَضْلُ مِنَ الصَّدِيْقِ  لَنْ تَرَى فِى النَّاسِ مِنْ
النَّعْتُ
يَتْبَعُ فى الإِعْرَابِ الأَسْمَاءَ الأُوَلْ
    *      نَعْتٌ وَتَوْكِيدٌ وَعَطْفٌ وَبَدَلْ

NA’AT
87.         Na’at,taukid,athof dan badal itu adalah lafadh-lafadh yang ikut isim sebelumnya ( yang pertama ) dalam segi i’robannya

فَالنَّعْتُ تَابِعٌ مُتِمٌّ مَا سَبَقْ      *       بِوَسْمِهِ أَوْ وَسْمِ مَا بِهِ اعْتَلَقْ
88.          Na’at adalah tabi’ yang menyempurnakan matbu’nya ( maushufnya ) dengan menyebutkan sifatnya atau menyebutkan lafadh ( sifat ) yang ada hubungannya dengan matbu’nya

وَلْيُعْطَ فى التَّعْرِيفِ وَالتَّنْكِيرِ مَا       *      لِمَا تَلاَ كَـ امْرُرْ بِقَوْمٍ كُرَمَا

89.         Na’at itu harus ikut pada man’utnya dalam segi ma’rifat dan nakirohnya sepertiاُمْرُرْ بِقَوْمٍ كُرَمَاءَ

وَهْوَ لَدَى التَّوْحِيدِ وَالتَّذْكِيرِ أَوْ       *      سِوَاهُمَا كَالْفِعْلِ فَاقْفُ مَا قَفَوْا

90.         Na’at itu seperti fi’il dalam segi mufrod,tasniyah,jama’,mudzakar atau mua’anats

وَانْعَتْ بِمُشْتَقًّ كَصَعْبٍ وَذَرِبْ    510     وَشِبْهِهِ كَذَا وَذِى وَالْمُنْتَسِبْ

91.         Na’at itu harus kejadian dari isim musytaq seperti صَعْبٍ dan ذَرِبَ atau lafadh yang serupa isim musytaq seperti ذَا dan ذِى atau lafadh yang kemasukan ya’ nisbat
وَنَعَتُوا بِجُمْلَةٍ مُنَكَّرَا        *      فَأُعْطِيَتْ مَا أُعْطِيَتْهُ خَبَرَا

92.         Jumlah itu bisa dijadikan na’at dari man’utnya isim nakiroh,kemudian jumlah tersebut diberi syarat sebagaimana syarat yang ditetapkan khobar dari jumlah

وَامْنَعْ هُنَا إِيقَاعَ ذَاتِ الطَّلَبِ        *      وَإِنْ أَتَتْ فَالْقَوْلَ أَضْمِرْ تُصِبِ

93.         Jumlah tholabiyah itu tidak bisa dijadikan na’at,jika terjadi dikalangan orang arab,maka harus mengira-ngirakan musytaq dari masdar qoul

وَنَعَتُوا بِمَصْدَرٍ كَثِيراً        *      فَالْتَزَمُوا الإِفْرَادَ وَالتَّذْكِيرَا

94.         Na’at itu ada yang kejadian dari masdar dan harus menetapi mufrod mudzakar

وَنَعْتُ غَيْرِ وَاحِدٍ إِذَا اخْتَلَفْ       *       فَعَاطِفاً فَرَّقْهُ لاَ إِذَا ائْتَلَفْ

95.         Jika ada man’ut yang ta’adud yang mana na’atnya itu tidak sama dalam maknanya,maka harus dipisah dengan huruf athof dan jika sama maka tidak dipisah

وَنَعْتَ مَعْمُولَيْ وَحِيدَىْ مَعنْىَ     515     وَعَمَلٍ أَتْبِعْ بِغَيْرِ اسْتِثْنَا

96.         Jika ada na’at yang man’utnya menjadi ma’mulnya amil dua dalam segi makna dan amalnya maka harus itba’
وَإِنْ نُعُوتٌ كَثُرَتْ وَقَدْ تَلَتْ        *       مُفْتَقِراً لِذِكْرِهِنَّ أُتْبِعَتْ

97.         Jika ada na’at yang ta’adud,sedangkan man’utnya tidak jelas dalam maknanya tanpa menyebutkan semua na’atnya maka semua na’at tersebut harus di itba’kan
وَاقْطَعْ أَوَ اتْبِعْ إنْ يَكُنْ مُعَيَّناً        *       بِدُونِهَا أَوْ بَعْضَهَا اقْطَعْ مُعْلِنَا

98.         Jika man’utnya itu sudah jelas maknanya dengan tanpa menyebutkan semua na’at,maka na’at boleh wajah 2 yaitu qotho’ dan itba’.Sedangkan jika man’utnya itu sudah jelas dengan  menyebutkan sebagian na’atnya,maka na’at yang menjadi jelasnya man’ut tersebut harus itba’ dan lainnya boleh qotho’ atau itba’

وَارْفَعْ أَوِ انْصِبْ إِنْ قَطَعْتَ مُضْمِرَا       *        مُبْتَدأً أَوْ نَاصِباً لَنْ يَظْهَرَا

99.         Na’at yang di qotho’ boleh wajah 2 yaitu rofa’ dan nashob,jika dibaca rofa’ sebab menjadi khobarnya mubtada’ yang dibuang dan jika dibaca nashob menjadi ma’mulnya amil yang terbuang

وَمَا مِنَ الْمَنْعُوتِ وَالنَّعْتِ عُقِلْ        *       يَجُوزُ حَذْفُهُ وَفى النَّعْتِ يَقِلّ

100.     Na’at dan man’ut yang sudah ma’lum itu boleh dibuang,akan tetapi dalam pembuangan na’at tersebut hukumnya sedikit

التَّوْكِيدُ
بِالنَّفْسِ أَوْ بِالعَيْنِ الاسْمُ أَكَّدَا
    520     مَعَ ضَمِيرٍ طَابَقَ الْمُؤَكَّدَا
TAUKID

101.     Isim itu bisa ditaukidi dengan نَفْسٌ dan عَيْنٌ serta harus mengandung dlomir yang mencocoki pada mu’akad

وَاجْمَعْهُمَا بِأَفْعُلٍ إِنْ تَبِعَا       *        مَا لَيْسَ وَاحِداً تَكُنْ مُتَّبِعَا

102.     نَفْسٌ dan عَيْنٌ itu harus dijama’kan dan diikutkan pada wazan اَفْعُلٌ,jika untuk menaukidi pada mu’akad yang tasniyah atau jama’

وَكُلاًّ اذْكُرْ فى الشُّمُولِ وَكِلاَ        *       كِلْتَا جَمِيعاً بِالضَّمِيرِ مُوصَلاَ

103.     كِلْتَا , كِلاَ , كُلٌّ dan جَمِيْعٌ itu berlaku taukid yang berfaidah شُمُوْلٌ ( meliputi ) dan harus bersamaan dengan dlomir yang mencocoki ( muthobiq ) pada mu’akad

وَاسْتَعْمَلُوا أَيْضاً كَكُلّ فَاعِلَهْ      *      مِنْ عَمَّ فى التَّوْكِيدِ مِثْلَ النَّافِلَهْ

104.     عَمَّةٌ itu berlaku taukid seperti كُلٌّ serta berfaidah شُمُوْلٌ dan harus bersamaan dengan ta’ ta’nits ,walaupun mu’akadnya mudzakar

وَبَعْدَ كُلٍّ أَكَّدُوا بِأَجْمَعَا        *       جَمْعَاءَ أَجْمَعِينَ ثُمَّ جُمَعَا

وَدُونَ كُلٍّ قَدْ يَجِىءُ أَجْمَعُ     525     جَمْعَاءُ أَجْمَعُونَ ثُمَّ جُمَعُ

105.     اَجْمَعُوْنَ , جَمْعَاءُ , اَجْمَعُ dan جُمَعُ itu berlaku taukid dan harus berada setelah lafadh كُلٌّ
106.     Kadang-kadang lafadh اَجْمَعُوْنَ , جَمْعَاءُ , اَجْمَعُ dan جُمَعُ berlaku taukid tidak berada setelah كُلٌّ

وَإِنْ يُفِدْ تَوْكِيدُ مَنْكُورٍ قُبِلْ       *        وَعَنْ نُحَاةِ البَصْرَةِ الْمَنْعُ شَمِلْ

107.     Isim nakiroh boleh ditaukidi jika berfaidah,tapi menurut ulama’ Bashroh tidak diperbolehkan

وَاغْنَ بِكِلْتَا فى مُثَنًّى وَكِلاَ        *       عَنْ وَزْنِ فَعْلاَءَ وَوَزْنِ أَفْعَلاَ

108.     Menaukidi isim tasniyah cukup dengan كِلاَ dan كِلْتاَ ,tidak perlu mentasniyahkan dengan lafadh اَجْمَعُ dan جَمْعَاءُ

وَإِنْ تُؤَكِّدِ الضَّمِيرَ الْمُتَّصِلْ       *        بِالنَّفْسِ وَالعَيْنِ فَبَعْدَ الْمُنْفَصِلْ

عَنَيْتُ ذَا الرَّفْعِ وَأَكَّدُوا بِمَا       *        سِوَاهُمَا وَالقَيْدُ لَنْ يُلْتَزَمَا

109.     Lafadh نَفْسٌ dan عَيْنٌ,jika digunakan untuk mentaukidi dlomir muttasil mahal rofa’,maka harus dipisah dengan menggunakan dlomir munfashil
110.     Jika ditaukidi selain نَفْسٌ dan  عَيْنٌ maka tidak disyaratkan dipisah dengan dlomir munfashil

ومَا مِنَ التَّوْكِيدِ لَفْظِىٌّ يَجِى     530     مُكَرَّراً كَقَوْلِكَ ادْرُجِى ادْرُجِى

111.     Taukid lafdhi itu hanya mengulangi lafadhnya saja seperti اُدْرُجِىْ  اُدْرُجِىْ

وَلاَ تُعِدْ لَفْظَ ضَمِيرٍ مُتَّصِلْ       *        إِلاَّ مَعَ اللَّفْظِ الَّذِى بِهِ وُصِلْ

كَذَا الْحُرُوفُ غَيْرَ مَا تَحَصَّلاَ
      *        بِهِ جَوَابٌ كَنَعَمْ وَكَبَلَى

112.     Tidak  diperbolehkan  mengulangi   lafadhnya   taukid    dlomir  muttasil,
kecuali jika  bersamaan dengan lafadh lain
113.     Begitu juga kalimah huruf,kecuali jika kalimah huruf tersebut dijadikan jawab seperti نَعَمْ dan بَلَى

وَمُضْمَرُ الرَّفْعِ الَّذِى قَدِ انْفَصَلْ       *        أَكِّدْ بِهِ كُلَّ ضَمِيرٍ اتَّصَلْ

114.     Dlomir munfashil mahal rofa’ itu bisa mentaukidi dlomir muttasil secara mutlak
الْعَطْفُ
الْعَطْفُ إِمَّا ذُو بَيَانٍ أَوْ نَسَقْ
      *        وَالغَرَضُ الآنَ بَيَانُ مَا سَبَقْ
ATHAF BAYAN

115.     Athof itu ada 2 yaitu athof bayan dan athof nasaq,adapun yang dijelaskan disini adalah athof bayan

فَذُو البَيَانِ تَابِعٌ شِبْهُ الصَّفَهْ     535     حَقِيقَةُ القَصْدِ بِهِ مُنْكَشِفَهْ

116.     Athof bayan adalah tabi’ ( isim yang ikut pada isim sebelumnya ) yang serupa sifat serta dapat menjelaskan hakikat yang dimaksudkan

فَأَوْلِيَنْهُ مِنْ وِفَاقِ الأَوَّلِ       *        مَا مِنْ وِفَاقِ الأَوَّلِ النَّعْتُ وَلِى

117.     Athof bayan itu harus mencocoki pada mubayyannya ( ma’thuf alaih ) sebagaimana na’at mencocoki pada man’ut alaih dalam 4 hal ( perkara ) dari 10 hal ( perkara )

فَقَدْ يَكُونَانِ مُنَكَّرَيْنِ       *        كَمَا يَكُونَانِ مُعَرَّفَيْنِ

118.     Kadang-kadang athof bayan dan ma’thuf alaih itu boleh kejadian dari isim nakiroh sebagaimana athof bayan dan ma’thuf alaih kejadian dari isim ma’rifat

وَصَالِحاً لِبَدَلِيَّةٍ يُرَى       *        فى غَيْرِ نَحْوِ ياغُلاَمُ يَعْمُرَا

وَنَحْوِ بِشْرٍ تَابِعِ البَكْرِىَّ       *        وَلَيْسَ أَنْ يُبْدَلَ بِالْمَرْضِىَّ

119.     Setiap lafadh yang bisa dijadikan athof bayan,juga bisa dijadikan badal kecuali jika ma’thuf berupa mufrod,mu’rof atau ma’rifat dan ma’thuf alaihnya berupa munada seperti يَاغُلاَمُ يَعْمُرَا
120.     Atau ma’thuf  tidak bersamaan dengan al,sedang ma’thuf alaih bersamaan dengan al dan menjadi mudlof ilaih dari sifat yang bersamaan dengan al seperti    بِشْرِى الْبَكْرِى 
عطفُ النَّسَقِ
تَالٍ بِحَرْفٍ مُتْبِعٍ عَطْفُ النَّسَقْ
    540     كَاخْصُصْ بِوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ
ATHOF NASAQ

121.     Athof nasaq adalah lafadh yang ikut lafadh sebelumnya dengan perantara huruf athof seperti اُخْصُصْ بِوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقَ

فَالْعَطْفُ مُطْلَقاً بِوَاوٍ ثُمَّ فَا       *        حَتَّى أَمَ أَوْ كَفِيكَ صِدْقٌ وَوَفَا

وَأُتْبِعَتْ لَفْظاً فَحَسْبُ بَلْ وَلاَ       *        لَكِنْ كَلَمْ يَبْدُ امْرُؤٌ لَكِنْ طَلاَ

122.     Huruf athof dengan اَمْ , حَتَّى , فَاءٌ , ثُمَّ , وَاوٌ dan اَوْ itu ikut dalam segi lafadh dan maknanya seperti فِيْكَ صِدْقٌ وَوَفَاءٌ
123.     Jika menggunakan huruf athof لاَ, بَلْ dan لَكِنْ hanya ikut dalam segi lafadhnya saja seperti لَمْ يَبْدُامْرُؤٌلَكِنْ طَلاَ
فَاعْطِفْ بِوَاوٍ سَابِقاً أَوْ لاَحِقاً       *        فى الْحُكْمِ أَوْ مُصَاحِباً مُوَافِقاً

124.     Athof dengan wawu itu menunjukkan arti للمطلق الجمع,baik ma’thuf lebih dahulu terkena hukum atau didahului ma’thuf alaih atau ma’thuf dan ma’thuf alaih bersamaan

وَاخْصُصْ بِهَا عَطْفَ الَّذِى لا يُغْنِى      *       مَتْبُوعُهُ كَـ اصْطَفَّ هَذَا وَابْنِى

125.     Keistimewaan huruf athof wawu adalah dapat mengathofkan ma’thuf yang dibutuhkan ma’thuf alaih ( matbu’nya ) seperti اِصْطَفَّ هَذَا وَابْنِى

وَالْفَاءُ للتَّرْتِيبِ بِاتَّصَالِ     545     وَثُمَّ لِلتَّرْتِيبِ بِانْفِصَالِ

126.     Huruf athof فَاءٌ adalah berfaidah tartib ittishol dan huruf athof ثُمَّ adalah berfaidah tartib infishol

وَاخْصُصْ بِفَاءٍ عَطْفَ مَا لَيْسَ صِلَهْ       *         عَلَى الَّذِى اسْتَقَرَّ أَنَّهُ الصِّلَهْ

127.     Keistimewaan   huruf  athof    فاَءٌ    itu   dapat  mengathofkan  pada jumlah ( ma’thuf )   yang  tidak   patut  dijadikan shilahnya maushul pada jumlah ( ma’thuf alaih ) yang patut menjadi shilahnya maushul

بَعْضاً بِحَتَّى اعْطِفْ عَلَى كُلٍّ وَلاَ       *         يَكُونُ إِلاَّ غَايَةَ الَّذِى تَلاَ

128.     حَتَّى yang dilakukan huruf athof disyaratkan ma’thuf harus menunjukkan arti sebagian dari ma’thuf alaih dan menjadi ghoyahnya ma’thuf alaih

وَأَمْ بِهَا اعْطِفْ إِثْرَ هَمْزِ التَّسْوِيَهْ       *         أَوْ هَمْزَةٍ عَنْ لَفْظِ أَىٍّ مُغْنِيَهْ
وَرُبَّمَا أُسْقِطَتْ الْهَمْزَةُ إِنْ       *         كَانَ خَفَا الْمَعْنَى بِحَذْفِهَا أُمِنْ

129.     اَمْ itu berlaku huruf athof ,jika berada setelah hamzah taswiyah atau hamzah mughniyah
130.     Kadang-kadang hamzah taswiyah atau hamzah mughniyah itu boleh dibuang,jika tidak ada iltibas ( maknanya sudah jelas )

وَبِانْقِطَاعٍ وَبِمَعْنَى بَلْ وَفَتْ
    550     إِنْ تَكُ مِمَّا قُيِّدَتْ بِهِ خَلَتْ

131.     اَمْ itu dilakukan munqothiah bermakna idlrob seperti  بَلْ,jika tidak berada setelah hamzah taswiyah atau hamzah mughniyah

خَيَّرْ أَبِحْ قَسَّمْ بِأَوْ وَأَبْهِمِ       *         وَاشْكُكْ وَإِضْرَابٌ بِهَا أَيْضاً نُمِى

وَرُبَّمَا عَاقَبَتِ الوَاوَ إِذَا       *         لَمْ يُلْفِ ذُو النُّطْقِ لِلَبْسٍ مَنْفَذَا

132.     اَو itu mempunyai beberapa faidah yaitu الشَّكُّ , الاِبْهَامُ , التَّقْسِيْمُ , الاِبَاحَةُ , التَّخْيِيْرُ dan اْلاِضْرَابُ
133.     اَوْ kadang bermakna  وَاوٌ jika tidak ada iltibas

وَمِثْلُ أَوْ فى القَصْدِ إِمَّا الثَّانِيَهْ       *         فى نَحْوِ إِمَّا ذِى وَإِمَّا النَّائِيَهْ

134.     اِمَّا yang kedua itu mempunyai makna seperti اَوْ yaitu التَّقْسِيْمُ , الاِبَاحَةُ , التَّخْيِيْرُ dan الشَّكُّ
وَأَوْلِ لَكِنْ نَفْياً أَوْ نَهْياً وَلاَ       *         نِدَاءً أَوْ أَمْراً أَوِ اثْبَاتاً تَلاَ
135.     لَكِنْ itu berlaku huruf athof ,jika setelah nafi atau nahi,adapun لا itu harus berada setelah nida’,amar atau kalam mutsbat

وَبَلْ كَلَكِنْ بَعْدَ مَصْحُوبَيْهَا     555     كَلَمْ أَكْنْ فى مَرْبَعٍ بَلْ تَيْهَا

وَانْقُلْ بِهَا لِلثَّانِ حُكْمَ الأَوَّلِ
      *        فى الْخَبَرِ الْمُثْبَتِ وَالأَمْرِ الْجَلِى

136.     بَلْ    itu   seperti   لَكِنْ  ,   jika    berada   setelah   nafi  atau    nahi   seperti لَمْ اَكُنْ فِى مَرْبَعٍ بَلْ تَيْهَا
137.     بَلْ jika berada dikalam khobar mutsbat atau fi’il amar,maka bisa memindah hukumnya ma’thuf alaih pada ma’thuf

وَإِنْ عَلَى ضَمِيرِ رَفْعٍ مُتَّصِلْ       *        عَطَفْتَ فَافْصِلْ بِالضَّمِيرِ الْمُنْفَصِلْ

أَوْ فَاصِلٍ مَا وَبِلاَ فَصْلٍ يَرِدْ       *        فى النَّظْمِ فَاشِياً وَضَعْفَهُ اعْتَقِدْ

138.     Dlomir rofa’ muttashil jika diathofi maka harus dipisah dengan dlomir munfashil
139.     Atau dipisah lainnya,bahkan ada yang tidak dipisah tapi hukumnya dloif dan banyak terjadi didalam nadlom

وَعَوْدُ خَافِضٍ لَدَى عَطْفٍ عَلَى       *        ضَمِيرِ خَفْضٍ لاَزِماً قَدْ جُعِلاَ

وَلَيْسَ عِنْدِى لاَزِماً إِذْ قَدْ أَتَى
    560     فى النَّظْمِ وَ النَّثْرِ الصَّحِيحِ مُثْبَتَا

140.     Dlomir mahal jer itu jika diathofi ,maka amilnya harus diulangi
141.     Tapi menurut saya ( syekh Ibnu Malik ) tidak wajib,sebab banyak terjadi di nadlom dan kalam natsr

وَالْفَاءُ قَدْ تُحْذَفُ مَعْ مَا عَطَفَتْ        *        وَالوَاوُ إِذْ لا لَبْسَ وَهْىَ انْفَرَدَتْ

142.     Huruf athof فاَءٌ dan وَاوٌ serta ma’thufnya itu kadang boleh dibuang,jika tidak ada iltibas

بِعَطْفِ عَامِلٍ مُزَالٍ قَدْ بَقِى        *        مَعْمُولُهُ دَفْعاً لِوَهْمٍ اتُّقِى

143.     Huruf athof wawu itu bisa mengathofkan pada amil yang telah dibuang dan ma’mulnya masih tetap karena untuk menolak persangkaan yang keliru

وَحَذْفَ مَتْبُوعٍ بَدَا هُنَا اسْتَبِحْ        *        وَعَطْفُكَ الْفِعْلَ عَلَى الْفِعْلِ يَصِحْ

144.     Diperbolehkan membuang ma’thuf alaih yang sudah jelas,juga diperbolehkan pula mengathofkan fi’il dengan fi’il

وَاعْطِفْ عَلَى اسْمٍ شِبْهِ فِعْلٍ فِعْلاَ        *        وَعَكْساً اسْتَعْمِلْ تَجِدْهُ سَهْلاَ
145.     Kalimah fi’il itu boleh diathofkan pada kalimah isim yang serupa dengan kalimah fi’il,begitu pula sebaliknya
البَدَلُ
التَّابِعُ الْمَقْصُودُ بِالْحُكْمِ بِلاَ
    565     وَاسِطَةٍ هُوَ الْمُسَمَّى بَدَلاَ
مُطَابِقاً أَوْ بَعْضاً أَوْ مَا يَشْتَمِلْ  
      *        عَلَيْهِ يُلْفَى أَوْ كَمَعْطُوفٍ بِبَلْ

BADAL

146.     Badal adalah lafadh yang ikut pada lafadh sebelumnya,tanpa dengan lantaran huruf athof yang sengaja diberi hukum
147.     Badal  itu dibagi menjadi 4 yaitu :   1) مطابق   ( كلّ من كلّ )   2) بعض من كلّ 3) اشتمال 4) مباين

وَذَا لِلاِضْرَابِ اُعْزُ إِنْ قَصْداً صَحِبْ     *     وَدُونَ قَصْدٍ غَلَطٌ بِهِ سُلِبْ

كَزُرْهُ خَالِداً وَقَبَّلْهُ الْيَدَا
     *      وَاعْرِفْهُ حَقَّهُ وَخُذْ نَبْلاً مُدَى

148.     Adapun badal mubayin dibagi menjadi 2 yaitu idlrob jika muttakalim sengaja mengucapkan mubdal minhu dan gholat jika muttakalim tidak sengaja mengucapkan mubdal minhu
149.     Seperti زُرْهُ خَالِدًا وَقَبِّلْهُ اْليَدَا وَاعْرِفْهُ حَقَّهُ وَخُذْنَبْلاً مُدَى

وَمِنْ ضَمِيرِ الْحَاضِرِ الظَّاهِرَ لاَ       *         تُبْدِلْهُ إِلاَّ مَا إِحَاطَةً جَلاَ

أَوِ اقْتَضَى بَعْضاً أَوِ اشْتِمَالاَ     570     كَإِنَّكَ ابْتِهَاجَكَ اسْتَمَالاَ

150.     Isim dhohir tidak boleh dijadikan badal dari mubdal minhu dari isim dlomir hadir kecuali badal كلّ من كلّ bermaknaطَةٌ  اِحَا ( menyeluruh )
151.     بَعْضُ مِنْ كُلٍّ  seperti اَنَّكَ ابْتِهَاجَكَ اِشْتِمَالاً

وَبَدَلُ الْمُضَمَّنِ الْهَمْزَ يَلِى        *        هَمْزاً كَـ مَنْ ذَا أَسَعِيدٌ أَمْ عَلِى

152.     Mubdal minhu yang berupa istifham itu badalnya harus berada setelah hamzah istifham seperti مَنْ ذَا سَعِيْدٌ اَمْ عَلِيٌّ
وَيُبْدَلُ الفِعْلُ مِنَ الْفِعْلِ كَـ مَنْ        *        يَصِلْ إِلَيْنَا يَسْتَعِنْ بِنَا يُعَنْ

153.     Diperbolehkan membuat badal dari fi’il,sedangkan mubdal minhunya dari fi’il seperti مَنْ يَصِلْ اِلَيْنَا يَسْتَعِنْ بِنَا يُعَنْ
النَّدَاءُ
وَلِلْمُنَادَى النَّاءِ أَوْ كَالنَّاءِ يَا  
      *        وَأَىْ وَآ كَذَا أَيَا ثُمَّ هَيَا
NIDA’

154.     Huruf nida’   اَيَا , اَ , اَيَا , يَا dan هَيَا   itu  untuk munada jauh atau menyerupai jauh

وَالْهَمْزُ لِلدَّانِى وَ وَا لِمَنْ نُدِبْ      *      أَوْ يَا وَغَيْرُ وَا لَدَى اللَّبْسِ اجْتُنِبْ

155.     Huruf nida’ hamzah itu untuk menunjukkan munada dekat,sedangkan وَا  dan يَا itu untuk munada mandub,jika tidak ada iltibas

وَغَيْرُ مَنْدُوبٍ وَمُضْمَرٍ وَمَا    575    جَا مُسْتَغَاثاً قَدْ يُعَرَّى فَاعْلَمَا

156.     Huruf nida’nya munada ghoiru mandub,mudlmar dan mustaghos itu boleh dibuang
وَذَاكَ فى اسْمِ الجِنْسِ وَالْمُشَارِ لَهْ      *      قَلَّ وَمَنْ يَمْنَعْهُ فَانْصُرْ عَاذِلَهْ
157.     Pembuangan huruf nida’ dari munada isim jinis dan isim isyaroh itu hukumnya sedikit

وَابْنِ الْمُعَرَّفَ الْمُنَادَى الْمُفْرَدَا        *        عَلَى الَّذِى فى رَفْعِهِ قَدْ عُهِدَا

158.     Munada mufrod mu’arof ( alam ) itu dimabnikan menurut alamat i’rob rofa’nya

وَانْوِ انْضِمَامَ مَا بَنَوْا قَبْلَ النَّدَا        *        وَلْيُجْرَ مُجْرَى ذِى بِنَاءٍ جُدَّدَا

159.     Munada yang mabni sebelum dijadikan munada,itu harus dimabnikan dlom muqoddar dan ini dilakukan mabni disebabkan munada

وَالْمُفْرَدَ الْمَنْكُورَ وَالْمُضَافَا        *        وَشِبْهَهُ انْصِبْ عَادِماً خِلاَفاً

وَنَحْوَ زَيْدٍ ضُمَّ وَافْتَحَنَّ مِنْ     580     نَحْوِ أَزْيدُ بْنَ سَعِيدٍ لاتَهِنْ

160.     Munada mufrod nakiroh ( nakiroh ghoiru maqshudah ),mudlof,syibh mudlof ,maka harus dimabnikan fath
161.     Munada mufrod alam yang disifati lafdh ibnun dan muttashil serta dimudlofkan isim alam,maka boleh wajah 2 yaitu mabni dlom dan mabni fath seperti اَزَيْدُ بْنُ سَعِيْدٍ

وَالضَّمُّ إِنْ لَمْ يَلِ الابْنُ عَلَمَا        *        أَوْ يَلِ الابْنَ عَلَمٌ قَدْ حُتِمَا

162.     Jika lafadh ibnun tidak berada setelah isim alam atau berada setelah isim alam tapi terpisah atau lafadh اِبْنٌ tidak dimudlofkan isim alam,maka munada dimabnikan dlom
وَاضْمُمْ أَوِ انْصِبْ مَا اضْطِرَاراً نُوَّنَا      *      مِمَّا لَهُ اسْتِحْقَاقُ ضَمًّ بُيَّنَا

163.     Jika munada yang mabni dlom tersebut ditanwin karena dlorurot,maka boleh wajah 2 yaitu dlomah dan nashob
وَبِاضْطِرَار ٍخُصَّ جَمْعُ يَا وَأَلْ        *        إِلاَّ مَعَ اللهِ وَمَحْكِىَّ الْجُمَلْ

164.     Huruf nida’ يا dan ال ( ta’rif ) itu tidak boleh berkumpul,kecuali dalam keadaan dlorurot atau munada berupa lafadh Alloh atau berupa jumlah

وَالأَكْثَرُ اللَّهُمَّ بِالتَّعْوِيضِ        *        وَشَذَّ يَا اللَّهُمَّ فى قَرِيضِ

165.     Munada jika berupa lafadh Alloh yang banyak ya’ nida’nya itu diganti mim dan hukumnya syad jika mengumpulkan ya’dan mim seperti يَا اَلَّلهُمَّ
فصل فى تابع المنادى
تَابِعَ ذِى الضَمَّ الْمُضَافَ دُونَ أَلْ
    585     أَلْزِمْهُ نَصْباً كَـ أَزَيْدُ ذَا الْحِيَلْ
FASHL TENTANG TABI’ PADA MUNADA

166.     Jika ada lafadh yang ikut pada munada yang mabni dlom,sedang tabi’ tersebut dimudlofkan dan tidak bersamaan dengan al maka harus dibaca nashob seperti اَزَيْد ُذا اْلحِيَالِ

وَمَا سِوَاهُ ارْفَعْ أَوِ انْصِبْ وَاجْعَلاَ        *        كَمُسْتَقِلٍّ نَسَقاً وَبَدَلاَ

167.     Jika lafadh tersebut tidak mudlof atau berupa mudlof tapi bersamaan dengan al,maka boleh wajah 2 yaitu rofa’ dan nashob ,jika lafadh tersebut berupa badal ( athof nasaq ) maka dihukumi seperti munada

وَإنْ يَكُنْ مَصْحُوبَ أَلْ مَا نُسِقَا        *        فَفِيهِ وَجْهَانِ وَرَفْعٌ يُنْتَقَى

168.     Jika lafadh tersebut berupa athof nasaq dan bersamaan dengan al ,maka boleh wajah 2 yaitu rofa’ dan nashob ,akan tetapi rofa’ lebih baik
وَأَيُّهَا مَصْحُوبَ أَلْ بَعْدُ صِفَهْ        *        يَلْزَمُ بِالرَّفْعِ لَدَى ذِى الْمَعْرِفَهْ

169.     اَيٌّ yang dilakukan munada,maka lafadh yang berada setelahnya harus bersamaan dengan al dan dibaca rofa’

وَأَيُّ هَذَا أَيُّهَا الَّذِى وَرَدْ        *        وَوَصْفُ أَيًّ بِسِوَى هَذَا يُرَدّْ

170.     اَيٌّ yang dilakukan munada itu ada yang disifati dengan isim isyaroh atau isim maushul sedangkan mensifati اَيٌّ dengan lafadh selain diatas itu tidak diperbolehkan ( ditiadakan dari kaf )

وَذُو إِشَارَةٍ كَأَىًّ فى الصَّفَهْ     590     إِنْ كَانَ تَرْكُهَا يُفِيتُ الْمَعْرِفَهْ

171.     Munada dari isim isyaroh itu seperti اَيٌّ yaitu harus disifati dengan lafadh yang bersamaan dengan al dan dibaca rofa’,demikian itu jika mukhotob tidak faham

فى نَحْوِ سَعْدَ سَعْدَ الأَوْسِ يَنْتَصِبْ        *        ثَانٍ وَضُمَّ وَافْتَحْ أَوَّلاً تُصِبْ

172.     Munada mabni dlom itu bila diulang-ulang,sedangkan lafadh yang kedua dimudlofkan ,maka lafadh yang kedua harus dibaca nashob,sedangkan lafadh  yang  pertama  itu  boleh  mabni dlom atau mabni fath seperti سَعْدَ سَعْدَ
المنادى المضاف إلى ياء المتكلَّم
وَاجْعَلْ مُنَادًى صَحَّ إِنْ يُضَفْ لِيَا
     *     كَعَبْدِ عَبْدِى عَبْدَ عَبْدَا عَبْدِيَا

MUNADA MUDLOF PADA YA’ MUTTAKALIM

173.     Munada yang shoheh akhir yang mudlof pada ya’ muttakalim itu boleh wajah 5 yaitu :
1 ) membuang ya’ muttakalim seperti يَا عَبْدِ 
2 ) menetapkan  ya’    muttakalim    dalam      keadaan     sukun    ( mati )
              sepertiيَا عَبْدِىْ    
3 ) mengganti ya’ muttakalim dengan alif kemudian dibuang seperti يَا عَبْدَ 4 ) ya’ muttakalim  diganti  alif , kasroh  diganti  fathah  seperti    يَا عَبْداَ
         5 ) Menetapkan ya’ muttakalim dan difathah seperti يَا عَبْدِىَ

وَفَتْحٌ أَوْ كَسْرٌ وَحَذْفُ الْيَا اسْتَمَرّْ      *     فى يا ابْنَ أُمَّ يَا ابْنَ عَمَّ لا مَفَرّْ

174.     Munada yang kejadian dari اِبْنٌ yang dimudlofkan pada lafadh اُمٌّ atau عَمٌّ yang mana اُمٌّ atau عَمٌّ itu mudlof pada ya’ muttakalim ,maka ya’ muttakalim itu dibuang,kemudian mimnya boleh wajah 2 yaitu kasroh dan fathah

وَفى النَّدَا أَبَتِ أُمَّتِ عَرَضْ        *        وَاكْسِرْ أَوِ افْتَحْ وَمِنَ اليَا التَّا عِوَضْ

175.     Munada yang kejadian dari اَبٌ atau اُمٌّ ,yang mudlof pada ya’ muttakalim maka ya’muttakalim boleh diganti ta’,lalu ta’ boleh wajah 2 yaitu fathah dan kasroh seperti يَااَبَتِ - يَا اُمَّتِ

أسماء لاَزَمَتْ النداء
وَفُلُ بَعْضُ ما يُخَصُّ بِالنَّدَا
    595     لُؤْمَانُ نَوْمَانُ ، كَذَا وَاطَّرَدَا


ISIM-ISIM YANG MENETAPI MUNADA

176.     لُؤْمَانُ , فُلُ dan نَوْمَانُ adalah lafadh yang khusus dijadikan munada

فى سَبَّ الانْثَى وَزْنُ يَا خَبَاثِ        *        وَالأَمْرُ هَكَذَا مِنَ الثُّلاَثِى

177.     Munada untuk mencela orang perempuan itu ikut wazan فَعَالِ dan isim fi’il amar dari tsulasi

وَشَاعَ فى سَبَّ الذُّكُورِ فُعَلُ        *        وَلاَ تَقِسْ وَجُرَّ فى الشَّعْرِ فُلُ

178.     Munada untuk mencela orang laki-laki itu ikut wazan فُعَلُ dan dihukumi sama’i
Sedangkan lafadh yang khusus untuk munada,kadang tidak digunakan untuk munada seperti dalam syi’ir

الاسْتِغَاثَةُ
إِذَا اسْتُغِيثَ اسْمٌ مُنَادًى خُفِضَا 
    *      بِاللاَّمِ مَفْتُوحاً كَيَا لَلْمُرْتَضَى

ISTIGHOTSAH

179.     Isim yang dijadikan munada mustaghots,itu harus dijerkan oleh lam yang dibaca fathah seperti يَا لَلْمُرْتَضَى

وَافْتَحْ مَعَ الْمَعْطُوفِ إِنْ كَرَّرْتَ يَا      *      وَفى سِوَى ذَلِكَ بِالْكَسْرِ ائْتِيَا

180.     Lamnya munada mustaghots beserta ma’thufnya harus dibaca fathah ,jika huruf nida’nya diulang-ulang,jika tidak diulang-ulang maka harus dijerkan
وَلاَمُ مَا اسْتُغِيثَ عَاقَبَتْ أَلِفْ     600     وَمِثْلُهُ اسْمٌ ذُو تَعَجُّبٍ أُلِفْ

181.     Lamnya munada mustaghots dapat diganti alif ,begitu juga isim ta’ajub,akan tetapi tidak boleh berkumpul antara lam dan alif
النُّدْ بَةُ
مَا لِلْمُنَادَى اجْعَلْ لِمَنْدُوبٍ وَمَا
     *     نُكِّرَ لَمْ يُنْدَبْ وَلاَ مَا أُبْهِمَا
NUDBAH

182.     Setiap kalimah isim yang bisa dijadikan munada itu bisa dijadikan munada mandub,kecuali isim nakiroh dan isim mubham

وَيُنْدَبُ الْمَوصُولُ بِالَّذِى اشْتَهَرْ     *    كَـ بِئْرَ زَمْزَمٍ يَلِي وَامَنْ حَفَرْ

183.     Isim  maushul yang masyhur dapat dijadikan munada  mandub seperti وَامَنْ حَفَرَبِئْرَ زَمْزَمَاهْ

وَمُنْتَهى الْمَنْدُوبِ صِلْهُ بِالأَلِفْ        *        مَتْلُوُّهَا إِنْ كَانَ مِثْلَهَا حُذِفْ

كَذَاكَ تَنْوِينُ الَّذِى بِهِ كَمَلْ 
      *        مِنْ صِلَةٍ أَوْ غَيْرِهَا نِلْتَ الأَمَلْ

184.     Huruf akhir munada mandub itu boleh diberi alif nudbah,jika huruf sebelum alif itu berupa huruf yang sejenis ,maka harus dibuang lalu dimasuki alif nudbah
185.     Begitu pula harus membuang tanwin yang ada pada shilahnya munada mandub dan lainnya
وَالشَّكْلُ حَتْماً أَوْلِهِ مُجَانِسَا     605     إِنْ يَكُنِ الفَتْحُ بِوَهْمٍ لاَبِسَا

186.     Jika munada mandub dibaca fathah itu ada iltibas,maka harokatnya wajib diberi huruf yang sejenis

وَوَاقِفاً زِدْ هَاءَ سَكْتٍ إِنْ تُرِدْ        *        وَإِنْ تَشَأْ فَالْمَدُّ وَالْهَا لا تَزِدْ

187.     Munada mandub ketika waqof itu boleh ditambah ha’ sakat dan jika tidak diberi ha’ sakat,maka harus dibaca mad ( panjang )

وَقَائِلٌ وَاعَبْدِيَا وَاعَبْدَا        *        مَنْ فى النَّدَا اليَا ذَا سُكُونٍ أَبْدَى

188.     Munada mandub jika dimundlofkan pada ya’ muttakalim yang mati,maka boleh wajah 2 yaitu : 1) menetapkan ya’ muttakalim dibaca fathah,kemudian diberi alif nudbah  2) ya’ muttakalim diganti alif nudbah dan diberi alif nudbah seperti وَاعَبْدَا - وَاعَبْدِيَا
التَّرْخِيمُ
تَرْخِيماً احْذِفْ آخِرَ الْمُنَادَى        *        كَيَا سُعَا فِيمَنْ دَعَا سُعَادَا

TARKHIM
189.     Akhirnya munada murokhom harus dibuang seperti يَا سُعَادُ tarkhimnya ياَسُعَا
وَجَوَّزَنْهُ مُطْلَقاً فى كُلِّ مَا        *        أُنَّثَ بِالْهَا وَالَّذِى قَدْ رُخَّمَا

190.     Setiap kalimah isim yang mu’anatsnya dengan ta’ ta’nits itu secara mutlak,dapat dijadikan munada murokhom

بِحَذْفِهَا وَفِّرْهُ بَعْدُ وَاحْظُلاَ     610     تَرْخِيمَ مَا مِنْ هَذِهِ الْهَا قَدْ خَلاَ

191.     Munada murokhom yang sudah membuang ta’ ta’nits,maka tidak boleh membuang huruf lagi

إِلاَّ الرُّبَاعِىَّ فَمَا فَوْقَ العَلَمْ        *        دُونَ إِضَافَةٍ وَإِسْنَادٍ مُتِمّْ

192.     Tidak boleh membuang munada murokhom yang tidak ada ( sepi ) ha’ ta’nits,kecuali isim rubai atau lebih,isim alam,tidak berupa idlofah dan tidak berupa isnadi

وَمَعَ الآخِرِ احْذِفِ الَّذِى تَلاَ      *      إِنْ زِيدَ لَيْناً سَاكِناً مُكَمَّلاَ
أَرْبَعَةً فَصَاعِداً وَالْخُلْفُ فى        *        وَاوٍ وَيَاءٍ بِهِمَا فَتْحٌ قُفِى

193.     Munada murokhom,jika terdiri dari empat huruf atau lebih,itu huruf sebelum  akhir  harus  dibuang bersama huruf akhir , jika berupa huruf len ( layinah )
194.     Jika huruf len tersebut berupa wawu atau ya’,yang berada setelah harokat fathah,maka membuang huruf len itu masih ada perselisihan para ulama’

وَالْعَجُزَ احْذِفْ مِنْ مُرَكَّبٍ وَقَلّْ        *        تَرْخِيمُ جُمْلَةٍ وَذَا عَمْرٌو نَقَلْ

195.     Alam manqul yang terdiri dari tarqib majzi,jika dijadikan munada murokhom itu kalimah yang akhir harus dibuang,begitu pula alam manqul dari jumlah ,tetapi hukumnya sedikit dan ini menurut Imam Amr ( Imam Syibawaih )

وَإِنْ نَوَيْتَ بَعْدَ حَذْفٍ مَا حُذِفْ     615    فَالبَاقِي اسْتَعْمِلْ بِمَا فِيهِ أُلِفْ

196.     Bila munada murokhom itu masih mengira-ngirakan adanya huruf yang sudah dibuang,maka munada tersebut dilakukan sebagaimana sebelum dibuang

وَاجْعَلْهُ إِنْ لَمْ تَنْوِ مَحْذُوفاً كَمَا      *      لَوْ كَانَ بِالآخِرِ وَضْعاً تُمَّمَا

197.     Bila munada murokhom itu tidak mengira-ngirakan adanya huruf yang dibuang,maka munada dilakukan sebagaimana munada yang sempurna huruf akhirnya

فَقُلْ عَلَى الأَوَّلِ فى ثَمُودَ يَا        *        ثَمُو وَ يَاثَمِى عَلَى الثَّانِى بِيَا

198.     Lafadh     يَا  ثَمُوْدُ     jika     diikutkan     pada       lughot      yang    pertama  (من ينتظر الحرف الحذف  ) , maka dibaca يَا ثَمُوْ,jika diikutkan pada lughot yang kedua (من لم ينتظر الحرف الحذف) , maka dibaca يَا ثَمِى

وَالْتَزِمِ الأَوَّلَ فى كَمُسْلِمَهْ        *        وَجَوَّزِ الوَجْهَيْنِ فى كَمَسْلَمَهْ

199.     Kalimah isim jika terdapat ta’ ta’nits fariqoh ( ta’ yang untuk  membedakan antara mudzakar dan mua’anats ),jika dijadikan munada murokhom,maka harus ikut wajah yang pertama,jika kalimah isim terdapat ta’ ta’nits tidak untuk membedakan mudzakar dan mu’anats,maka boleh 2 wajah  yaitu lughot yang pertama dan lughot yang kedua

وَلاِضْطِرَارٍ رَخَّمُوا دُونَ نِدَا        *        مَا لِلنَّدَا يَصْلُحُ نَحْوُ أَحْمَدَا

200.     Kalimah isim yang patut dijadikan munada murokhom dalam keadaan dlorurot,maka bisa ditarkhim dengan huruf nida’ seperti اَحْمَدَ

0 komentar :

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS