اْلمُضَافُ إِلىَ يَاءِ الْمُتَكلِّمِ
آخِرَ مَا أُضِيفَ لِلْيَا اكْسِرْ إِذَا 420 لَمْ يَكُ مُعْتَلاًّ كَرَامٍ وَقَذَى
ISIM
YANG DIMUDLOFKAN PADA YA’ MUTTAKALIM
1.
Lafadh yang dimudlofkan pada
ya’ muttakalim itu akhirnya harus dibaca kasroh,demikian itu apabila tidak berupa isim mu’tal,tasniyah atau
jama’
أَوْ يَكُ كابْنَيْنِ
وَزَيْدِيْنَ فَذِى * جَمِيعُهُا اليَا بَعْدُ فَتْحُهَا احْتُذِى
وَتُدْغَمُ اليَا
فِيهِ وَالوَاوُ وإِنْ * مَا
قَبْلَ وَاوٍ ضُمَّ فَاكْسِرْهُ يَهُنْ
وَأَلِفاً سَلِّمْ
وَفى الْمَقْصُورِ عَنْ * هُذَيْلٍ انْقِلاَبُهَا يَاءً حَسَنْ
2.
Apabila mudlof
itu berupa
isim mu’tal ( mu’tal akhir/mu’tal ya’ dan mu’tal alif/isim manqush atau isim
maqshur ),tasniyah atau jama’ maka ya’ muttakalim dibaca fathah,kemudian wawu
atau ya’ yang sudah diganti ( dibuang ) itu diidghomkan pada ya’ muttakalim
3.
Dan apabila huruf sebelum wawu
itu didlomah maka ya’ muttakalim dibaca ( diganti ) kasroh
4.
Apabila mudlof
itu berupa isim maqshur itu maka alifnya ditetapkan,tapi
menurut qobilah Hudail itu alifnya diganti dengan ya’
إِعْماَلُ اْلمَصْدَرِ
بِفِعْلِهِ الْمَصْدَرَ أَلْحِقْ فى الْعَمَلْ * مُضَافاً أَوْ مُجَرَّداً أَوْ مَعَ أَلْ
إِنْ كَانَ فِعْلٌ
مَعَ أَنْ أَوْ مَا يَحُلّ 425 مَحَلَّهُ وَلاسْمِ مَصْدَرٍ عَمَلْ
AMALNYA
MASDAR
5.
Masdar itu bisa beramal seperti
fi’ilnya baik berupa mudlof,mufrod mujarrod atau bersamaan dengan al
6.
Demikian itu apabila fi’ilnya
bersamaan dengan مَا atau اَنْ yang dapat menempati masdar (مَا atau اَنْ
masdariyah ) begitu juga isim masdar
وَبَعْدَ جَرِّهِ
الَّذِى أُضِيفَ لَهْ * كَمِّلْ بِنَصْبٍ أَوْ بِرَفْعٍ عَمَلَهْ
7.
Masdar yang sudah mengejerkan
pada mudlof ilaih itu harus menyempurnakan ma’mul manshub atau marfu’
وَجُرَّ مَا يَتْبَعُ مَا جُرَّ وَمَنْ * رَاعَى
فى الاتْبَاعِ الْمَحَلَّ فَحَسَنْ
8.
Lafadh yang diikutkan pada
mudlof ilaihnya masdar itu boleh
wajah dua yaitu boleh dibaca jer dan diikutkan pada mahalnya demikian itu lebih
baik
إِعْمَالُ اِسْمِ اْلفَاعِلِ
كَفِعْلِهِ اسْمُ فَاعِلٍ فى الْعَمَلِ * إِنْ كَانَ عَنْ مُضِيَّهِ بِمَعْزِلِ
وَوَلِيَ اسْتِفْهَاماً أَوْحَرْفَ نِدَا * أَوْ نَفْياً أَوْجَا صِفةً أَوْ مُسْنَدَا
AMALNYA
ISIM FA’IL
9.
Isim fa’il itu bisa beramal
seperti fi’ilnya,jika tidak menunjukkan zaman madli ( menunjukkan zaman
istiqbal atau hal )
10.
I’timad pada istifham,huruf
nida’,nafi,isim sifat dan musnad
وَقَدْ يَكُونُ نَعْتَ مَحْذُوفٍ
عُرِفْ 430 فَيَسْتَحِقُّ الْعَمَلَ الَّذِى وُصِفْ
11.
Isim fa’il yang menjadi
na’atnya man’ut yang terbuang,itu masih bisa beramal seperti fi’ilnya
وَإِنْ يَكُنْ صِلَةَ
أَلْ فَفِى الْمُضِى * وَغَيْرِهِ إِعْمَالُهُ قَدِ ارْتُضِى
12.
Isim fa’il yang menjadi
shilahnya اَلْ ,baik menunjukkan zaman madli,hal atau istiqbal itu masih bisa
beramal seperti fi’ilnya
فَعَّالٌ اَوْمِفْعَالٌ اَوْفَعُوْلُ * فِى كَثْرَةٍ عَنْ فَاعِلِ بَدِيْلُ
فَيَسْتَحِقُّ مَالَهُ مِنْ عَمَلِ * وَفِى فَعِيْلٍ قَلَّ ذَا وَفَعِلِ
13.
Shighot kasroh فَعَّا لٌ , مِفْعَا
لٌ dan فُعُوْلٌ ,itu bisa beramal seperti fi’ilnya
14.
Adapun فَعِيْلٌ dan فَعِلٌ itu hukumnya nadir ( langka )
وَمَا سِوَى
الْمُفْرَدِ مِثْلَهُ جُعِلْ * فى الْحُكْمِ وَالشُّرُوطِ حَيْثُمَا عَمِلْ
15.
Isim sifat yang selain mufrod
itu masih bisa beramal seperti mufrodnya dengan hukum dan syarat yang telah
ditentukan ( dalam mufrodnya )
وَانْصِبْ بِذِى
الإِعْمَالِ تِلْواً وَاخْفِضِ 435 وَهْوَ لِنَصْبِ مَا سِوَاهُ مُقْتَضِى
16.
Lafadh yang berdampingan
dengan isim fa’il itu boleh wajah 2 ( jer dan nashob ) dan lafadh selainnya itu
harus dibaca nashob
وَاجْرُرْ أَوِ
انْصِبْ تَابِعَ الَّذِى انْخَفَضْ * كَـمُبْتَغِى جَاهٍ وَمَالاً مَنْ نَهَضْ
17.
Lafadh yang ikut pada
majrurnya isim fa’il, itu boleh wajah 2 ( jer dan nashob ) seperti اْلمُبْتَغِىْ جَاهٍ وَمَالٍ -
اْلمُبْتَغِىْ جَاهٍ وَمَالاً
وَكُلُّ مَا قُرَّرَ
لاِسْمِ فَاعِلِ * يُعْطَى
اسْمَ مَفْعُولٍ بِلاَ تَفَاضُلِ
18.
Hukum-hukum yang ada pada isim
fa’il juga ditetapkan pada isim maf’ul
فَهْوَ كَفِعْلٍ
صِيغَ لِلْمَفْعُولِ فى * مَعْنَاهُ كَـ الْمُعْطَى كَفَافاً يَكْتَفِى
19.
Isim maf’ul
itu seperti fi’il mabni majhul dalam
maknanya seperti الْمُعْطَى كَفَافًا
يَكْتَفِىْ
وَقَدْ يُضَافُ ذَا
إِلَى اسْمٍ مُرْتَفِعْ * مَعْنىً كَـ مَحْمُودُ الْمَقَاصِدِ
الْوَرِعْ
20.
Kadang-kadang isim maf’ul itu
dimudlofkan pada isim yamg dibaca rofa’ ( ma’mul marfu’ ) dalam segi maknanya
seperti الْوَارِعُ مَحْمُوْدُ اْلمَقَاصِدِ
أَبْنِيَةُ الْمَصَادِرِ
فَعْلٌ قِيَاسُ مَصْدَرِ الْمُعَدَّى 440 مِنْ ذِى ثَلاَثَةٍ كَـرَدَّ رَدَّا
فَعْلٌ قِيَاسُ مَصْدَرِ الْمُعَدَّى 440 مِنْ ذِى ثَلاَثَةٍ كَـرَدَّ رَدَّا
BINA’
MASDAR
21.
Fi’il
tsulasi yang muta’adi itu
masdar qiyasinya ikut wazan فَعْلٌ
seperti رَدَّ – رَدًّا
وَفَعِلَ
اللاَّزِمُ بَابُهُ فَعَلْ * كَفَرَحٍ وَكَجَوًى وَكَشَلَلْ
22.
Fi’il tsulasi lazim yang ikut
wazan فَعِلَ itu
masdar qiyasinya ikut wazan فَعَلٌ seperti سَلَّ - سَلَلاً , جَوِى
- جَوًى,فَرِحَ –
فَرَحًا
وَفَعَلَ اللاَّزِمُ مِثْلَ قَعَدَا * لَهُ فُعُولٌ بِاطّرَادٍ كَغَدَا
مَا لَمْ يَكُنْ مُسْتَوجِباً فِعَالاَ * أَوْ فَعْلاَناً فَادْرِ أَوْ فُعَالاَ
23.
Fi’il tsulasi lazim yang ikut
wazan فَعَلَ itu masdar qiyasinya ikut wazan فُعُوْلٌ seperti غَدَا-غُدُوًّا
24.
Selama tidak ikut wazan فِعَالاً , فَعَلاَناً , فُعَالاً
فَأَوَّلٌ لِذِى
امْتِنَاعٍ كَأَبَى * وَالثَّانِ
لِلَّذِى اقْتَضَى تَقَلُّبَا
25.
Adapun wazan yang pertama ( فِعَالاً ) itu khusus lafadh imtina’ ( mencegah / menentang
) seperti اَبَى - اِباَءً ,
sedangkan wazan yang
kedua (
فعلانا )
khusus untuk
taqolub ( tidak tetap ) seperti لَمَعَ - لَمَعَانًا
لِلدَّا فُعَالٌ أَوْ
لِصَوتٍ وَشَمَلْ 445 سَيْراً وَصَوْتاً الْفَعِيلُ كَصَهَلْ
26.
Wazan فُعَالٌ itu khusus menunjukkan arti penyakit atau suara seperti
زَكَمَ - زُكَامًا ( penyakit ) نَعَبَ
- نُعَابًا ( suara ),adapun فَعَلَ lazim yang mempunyai makna سَيْرًا dan صَوْت
itu masdar qiyasinya ada
yang ikut wazan فَعِيْلٌ
فُعُولَةٌ فَعَالَةٌ
لِفَعُلاَ * كَسَهُلَ الأَمْرُ وَزَيْدٌ جَزُلاَ
27.
Masdar yang ikut wazan فُعُوْلَةٌ , فَعَالَةٌ
madlinya فَعُلَ
وَمَا أَتَى
مُخَالِفاً لِمَا مَضَى * فَبَابُهُ
النَّقْلُ كَسُخْطٍ وَرِضَى
28.
Masdar yang tidak sesuai
dengan wazan tersebut diatas,itu dihukumi sama’i seperti
- رِضًى رَضِيَ, سَخِطَ
- سُخْطًا
وَغَيْرُ ذِى
ثَلاَثَةٍ مَقِيسُ * مَصْدَرِهِ
كَقُدَّسَ التَّقْدِيسُ
29.
Masdarnya fi’il ghoiru tsulasi
itu hukumnya qiyasi ,adapun yang ikut wazan فَعَّلَ
dan shohih
akhirnya itu
diikutkan wazan
تَفْعِيْلاً seperti قَدَّسَ- تَقْدِيْساً
وَزَكِّهِ تَزْكِيَةً
وَأَجْمِلاَ * إِجْمَالَ
مَنْ تَجَمُّلاً تَجَمَّلاَ
30.
Adapun
yang
mu’tal akhir masdar qiyasinya ikut wazan
تَفْعِيْلَةً seperti زَكَّى-
تَزْكِيَةً
Lafadh yang ikut wazan اَفْعَلَ ( shohih a’in ) masdar qiyasinya itu ikut
wazan اِفْعَالاً seperti اَكْرَمَ
- اِكْرَامًا dan jika ikut wazan تَفَعَّلَ maka
masdar qiyasinya ikut wazan تَفَعُّلاً seperti تَجَمَّلَ - تَجَمُّلاً
وَاسْتَعِذْ
اسْتِعَاذَةً ثُمَّ أَقِمْ 450 إِقَامَةً وَغَالِباً ذَا التَّا لَزِمْ
31.
Fi’il ghoiru tsulasi yang ikut
wazan اِسْتَفْعَلَ ( mu’tal ‘ain ) masdar qiyasinya ikut
wazan اِسْتِفْعَالةً seperti اِسْتَعَاذَ - اِسْتِعَاذَةً yang ikut wazan اَفْعَلَ ( mu’tal
‘ain ) masdar qiyasinya ikut wazan اِفَالَةً sepertiاِقَامَةً اَقَامَ - menurut gholibya (
umumnya )
masdar
yang ikut wazan اِسْتِفَالَةًdan اِفَالَةً itu
dengan ta’ ,apabila tidak dengan ta’ maka hukumnya sedikit
وَمَا يَلِى الآخِرُ
مُدَّ وَافْتَحَا * مَعْ
كَسْرِ تلْوِ الثَّانِ مِمَّا افْتُتِحَا
بِهَمْزِ وَصْلٍ كَاصْطَفَى وَضُمَّ مَا * يَرْبَعُ فى أَمْثَالِ قَدْ تَلَمْلَمَا
32.
Masdar qiyasinya ghoiru
tsulasi yang madlinya dimulai hamzah washol itu
huruf sebelum akhir
harus dibaca mad
dan di fathah,adapun huruf
33.
yang ketiga dibaca kasroh
seperti اِصْطَفَى - اِصْطِفَاءً dan bila
madlinya dimulai dengan ta’ ( muthowa’ah ) maka huruf yang keempat harus dibaca
dlomah seperti تَلَمْلَمَ –
تَلَمْلُماً
فِعْلاَلٌ أَوْ
فَعْلَلَةٌ لِفَعْلَلاَ * وَاجْعَلْ
مَقِيساً ثَانِياً لا أَوَّلاَ
34.
Fi’il madli yang ikut wazan فَعْلَلَ maka masdarnya ikut wazan فَعْلاَلٌ dan فَعْلَلَةٌ
adapun yang qiyasinya
ikut wazan فَعْلَلَةٌ
لِفَاعَلَ الِفعَالُ
وَالْمُفَاعَلَهْ * وَغَيْرُ
مَا مَرَّ السَّمَاعُ عَادَلَهْ
35.
Fi’il madli yang ikut wazan فَاعَلَ masdarnya ikut wazan فِعاَلٌ atau مُفَاعَلَةٌ adapun
fi’il yang ghoiru tsulasi yang tidak ikut wazan tersebut itu hukumnya sama’i
وَفَعْلَةٌ لِمَرَّةٍ
كَجَلْسَهْ 455 وَفِعْلَةٌ لِهَيْئَةٍ كَجِلْسَهْ
36.
Masdar marrohnya fi’il tsulasi
itu ikut wazan فَعْلَةٌ seperti جَلْسَةٌ ,adapun masdar ha’iahnya itu ikut wazan فِعْلَةٌ seperti جِلْسَةٌ
فى غَيْرِ ذِى الثَّلاَثِ بِالتَّا
الْمَرَّهْ * وَشَذَّ
فِيهِ هَيْئَةٌ كَالْخِمْرَهْ
37.
Membuat
masdar marroh dari ghoiru tsulasi tinggal menambah ta’ pada masdarnya,adapun
membuat masdar ha’iah dari fi’il ghoiru tsulasi itu hukumnya syad seperti خِمْرَةً
أَبْنِيَةُ أَسْمَاءِ الفَاعِلِينَ ،
والْمَفْعُولِينَ ، والصَّفَاتِ الْمُشَبَّهَةِ بها
كَفَاعِلٍ صُغِ اسْمَ
فَاعِلٍ إِذَا * مِنْ
ذِى ثَلاَثَةٍ يَكُونُ كَغَذَا
BINA’
ISIM FA’IL,ISIM MA’FUL DAN SIFAT MUSYBIHAT
38.
فاَعِلٌ itu
wazannya isim fa’il dari fi’il tsulasi mujarrod yang madlinya ikut wazan فَعَلَ baik muta’adi atau lazim atau فَعِلَ yang muta’adi seperti غَذَا-غَاذٍ
وَهْوَ قَلِيلٌ فى
فَعُلْتُ وَفَعِلْ * غَيْرَ
مُعَدًّى بَلْ قِيَاسُهُ فَعِلْ
39.
Fi’il yang ikut wazan فَعُلَ atau فَعِلَ yang
lazim ,jika isim fa’ilnya ikut wazan فاَعِلٌ hukumnya
sedikit
وَأَفْعَلٌ فَعْلاَنُ
نَحْوُ أَشِرِ * وَنَحْوُ
صَدْيَانَ وَنَحْوُ الأَجْهَرِ
40.
Adapun qiyasinya diikutkan
pada wazan فَعِلَ , اَفْعَلُ atau فَعْلاَنُ seperti صَدْيَانُ , اَجْهَرُ , اَشِرَ
وفَعْلٌ أَوْلَى
وَفَعِيلٌ بِفَعُلْ 460 كَالضَّخْمِ وَالْجَمِيلِ وَالفِعْلُ
جَمُلْ
41.
Isim fa’ilnya fi’il yang ikut
wazan فَعُلَ adalah
فَعْلٌ atau
فَعِيْلٌ seperti
ضَحُمَ - ضَحْمٌ جَمُلَ
- جَمِيْلٌ ,
وَأَفْعَلٌ فِيهِ
قَلِيلٌ وَفَعَلْ * وَبِسِوَى
الفَاعِل ِقَدْ يَغْنَى فَعَلْ
42.
Isim fa’il dari dari wazan فَعَلٌ dan اَفْعَلُ,jika
madlinya ikut wazan فَعُلَ itu
hukumnya sedikit
Kadang-kadang
fi’il madli yang ikut wazan فَعَلَ itu isim
fa’ilnya tidak ikut wazan فَاعِلٌ tetapi
hukumnya sedikit
وَزِنَةُ
الْمُضَارِعِ اسْمُ فَاعِلِ * مِنْ غَيْرِ ذِى الثَّلاَثِ كَالْمُوَاصِلِ
مَعْ كَسْرِ مَتْلُوَّ الأَخِيرِ مُطْلَقَا * وَضَمَّ مِيمٍ زَائِدٍ قَدْ سَبَقَا
وَإِنْ فَتَحْتَ مِنْهُ مَا كَانَ انْكَسَرْ * صَارَ اسْمَ مَفْعُولٍ كَمِثْلِ الْمُنْتَظَرْ
43.
Wazannya isim fa’il dari
ghoiru tsulasi itu seperti mudlori’nya seperti وَصَلَ
- يُوْصِلُ فهو مُوَاصِلٌ
44.
Hanya saja huruf sebelum akhir
dibaca kasroh secara mutlak dan mim zaidahnya dibaca dlomah
45.
Dan jika
huruf sebelum akhir
dibaca fathah , maka menjadi
wajahnya ( shighot ) isim maf’ul seperti اِنْتَظَرَ
- يَنْتَظِرُ وذاك مُنْتَظَرٌ
وَفى اسْمِ مَفْعُولِ
الثُّلاَثِى اطَّرَدْ 465 زِنَةُ مَفْعُولٍ كَآتٍ مِنْ قَصَدْ
46.
Wazannya isim maf’ul dari
fi’il tsulasi itu adalah مَفْعُوْلٌ seperti
isim maf’ulnya dari قَصَدَ -
يَقْصِدُ وذاك مَقْصُوْدٌ
ونَابَ نَقْلاً عَنْهُ
ذُو فَعِيلِ * نَحْوُ
فَتَاةٍ أَوْ فَتىً كَحِيلِ
47.
Sedangkan isim maf’ul ada yang
ikut wazan فَعِيْلَ ,tetapi hukumnya sama’i dan berlaku musytarok baik mudzakar atau mu’anats
seperti فَتًى كَحِيْلٌ فَتَاةٌ
كَحِيْلٌ
الصِّفَةُ
الْمُشَبَّهَةُ بِاسْمِ اْلفَاعِلِ
صِفَةٌ اسْتُحْسِنَ جَرُّ فَاعِلِ * مَعْنًى بِهَا الْمُشْبِهَةُ اسْمَ الفَاعِلِ
صِفَةٌ اسْتُحْسِنَ جَرُّ فَاعِلِ * مَعْنًى بِهَا الْمُشْبِهَةُ اسْمَ الفَاعِلِ
SIFAT
MUSYBIHAT DENGAN ISIM FA’IL
48.
Sifat musybihat adalah sifat
yang patut mengejerkan fa’il dalam segi makna
وَصَوْغُهَا مِنْ
لاَزِمٍ لِحَاضِرِ * كَطَاهِرِ
الْقَلْبِ جَمِيلِ الظَّاهِرِ
49.
Sifat musybihat itu pasti dari
fi’il lazim yang menunjukkan zaman hadlir seperti طَاهِرُالْقَلْبِ
جَمِيْلُ الظَّاهِرِ
وَعَمَلُ اسْمِ
فَاعِلِ الْمُعَدَّى * لَهَا
عَلَى الْحَدَّ الَّذِى قَدْ حُدَّا
50.
Sifat musybihat itu juga bisa
beramal seperti isim fa’il yang muta’adi dengan syarat yang telah ditentukan
dalam isim fa’il ( sebagaimana muta’adi maf’ul satu )
وَسَبْقُ مَا
تَعْمَلُ فِيهِ مُجْتَنَبْ 470 وَكَوْنُهُ ذَا سَبَبِيَّةٍ وَجَبْ
51.
Ma’mulnya sifat musybihat
tidak boleh didahulukan dan ma’mul tersebut harus mengandung dlomir ( lafdhon
atau taqdiron ) yang kembali pada maushufnya ( isim yang
disifati oleh sifat musybihat )
فَارْفَعْ بِهَا
وَانْصِبْ وَجُرَّ مَعَ أَلْ * وَدُونَ
أَلْ مَصْحُوبَ أَلْ وَمَا اتَّصَلْ
52.
Sifat musybihat yang bersamaan
dengan al atau tidak ,itu bisa beramal merofa’kan,menashobkan atau mengejerkan
ma’mulnya yang bersamaan dengan al / tidak atau dimudlofkan
بِهَا مُضَافاً أَوْ
مُجَرَّداً وَلاَ * تَجْرُرْ
بِهَا مَعْ أَلْ سُماً مِنْ أَلْ خَلاَ
وَمِنْ إِضَافَةٍ
لِتَالِيهَا وَمَا * لَمْ
يَخْلُ فَهْوَ بِالْجَوَازِ وُسِمَا
53.
Sifat musybihat yang bersaman dengan al itu tidak boleh
mengejerkan isim yang sepi ( tidak bersamaan ) dengan al,ataupun dimudlofkan
dengan lafadh ( isim ) yang sepi dari al ( tidak bersamaan dengan al )
54.
Dan bila dimudlofkan dengan
lafadh yang bersamaan dengan al maka diperbolehkan mengejerkan
التَّعَجُّبُ
بِأَفْعَلَ انْطِقْ بَعْدَ مَا تَعَجُّبَا * أَوْ جِئْ بأَفْعِلْ قَبْلَ مَجْرُورٍ بِبَا
بِأَفْعَلَ انْطِقْ بَعْدَ مَا تَعَجُّبَا * أَوْ جِئْ بأَفْعِلْ قَبْلَ مَجْرُورٍ بِبَا
وَتِلْوَ أَفْعَلَ انْصِبَنَّهُ كَـمَا 475 أَوْفَى خَلِيلَيْنَا وَأَصْدِقْ بِهِمَا
TA’AJJUB
55.
Shighot ta’ajub itu ada 2
yaitu مَا اَفْعَلَ dan اَفْعِلْ
بِهِ,adapun lafadh yang setelah اَفْعِلْ (
muta’ajab minhu ) itu
harus dibaca jer yang dijerkan oleh huruf ba’
56.
Dan lafadh
setelah اَفْعَلَ itu dibaca nashob ( jadi maf’ul bih ) sepertiوَاَصْدِقْ بِهِمَا مَاخَلِيْلَيْنَا
وَحَذْفَ مَا مِنْهُ
تَعَجَّبْتَ اسْتبَحْ * إِنْ
كَانَ عِنْدَ الْحَذْفِ مَعْنَاهُ يَضِحْ
57.
Muta’ajab minhu itu boleh
dibuang,jika maknanya sudah maklum (jelas)
وَفى كِلاَ
الفِعْلَيْنِ قِدْماً لَزِمَا * مَنْعُ
تَصَرُّفٍ بِحُكْمٍ حُتِمَا
58.
Kedua fi’il ta’ajub itu tidak
boleh ( tidak bisa ) ditashrif ( harus jamid )
وَصُغْهُمَا مِنْ ذِى
ثَلاَثٍ صُرَّفَا * قَابِلِ
فَضْلٍ تَمَّ غَيْرِ ذِى انْتِفَا
وَغَيْرِ ذِى وَصْفٍ
يُضَاهِى أَشْهَلاَ * وَغَيْرِ
سَالِكٍ سَبِيلَ فُعِلاَ
59.
Shighot ta’ajub itu harus
berupa fi’il tsulasi,mutashorif,menerima kelebihan,tam dan tidak nafi ( mutsbat )
60.
Tidak berupa fi’il yang
sifatnya ikut wazan اَفْعَلٌ serta
tidak berupa fi’il yang mabni majhul
وَأَشْدِدَ أَوْ
أَشَدَّ أَوْ شِبْهُهُمَا * يَخْلُفُ
مَا بَعْضَ الشُّرُوطِ عَدِمَا
وَمَصْدَرُ العَادِمِ بَعْدُ يَنْتَصِبْ 480 وَبَعْدَ أَفْعِلْ جَرُّهُ بِالْبَا يَجِبْ
61.
Lafadh-lafadh ( fi’il-fi’il )
yang tidak menetapi syarat ,maka harus mendatangkan lafadh اَشْدِدْ , اَشَدَّ atau serupanya
62.
Kemudian mendatangkan
masdarnya fi’il yang tidak memenuhi syarat tersebut dan lafadh setelah اَفْعَلَ harus dibaca nashob dan lafadh yang setelah اَفْعِلْ harus dibaca jer yang dijerkan oleh ba’
وبِالنُّدُورِ
احْكُمْ لِغَيْرِ مَا ذُكِرْ * وَلاَ تَقِسْ عَلَى الَّذِى مِنْهُ أُثِرْ
63.
Fi’il ta’ajub tersebut jika
tidak memenuhi syarat dan berlaku di kalam arab itu hukumnya nadir ( langka )
dan tidak boleh diqiyas-qiyaskan
وَفِعْلُ هَذَا البَابِ لَنْ يُقَدَّمَا
* مَعْمُولُهُ وَوَصْلَهُ بِمَا الْزَمَا
وَفَصْلُهُ بظَرْفٍ أَوْ بِحَرْفِ جَرّْ * مُسْتَعْمَلٌ وَالْخُلْفُ فى ذَاَكَ اسْتَقَرّْ
64.
Ma’mulnya fi’il ta’ajub tidak
boleh didahulukan dan harus muttasil dengan amilnya
65.
Boleh munfashil,jika yang
memisah berupa dlorof atau jer majrur dan hal ini masih ada perselisihan oleh
para ulama’
نِعْمَ وبِئْسَ , وَمَا
جَرَى مَجْرَاهُمَا
فِعْلاَنِ غَيْرُ مُتَصَرَّفَيْنِ 485 نِعْمَ وَبِئْسَ رَافِعَانِ اسْمَيْنِ
نِعْمَ DAN
بِئْسَ DAN LAFADH - LAFADH YANG
BERLAKU SEPERTI KEDUANYA
66.
نِعْمَ dan بِئْسَ itu berlaku fi’il keduanya yang tidak bisa
ditashrif dan merofa’kan isim
مُقَارِنَىْ أَلْ
أَوْ مُضَافَيْنِ لِمَا * قَارَنَهَا
كَـ نِعْمَ عُقْبَى الكُرَمَا
67.
Ma’mul marfu’nya itu bersamaan
dengan al atau di mudlofkan pada isim ( lafadh ) yang bersamaan dengan al
seperti نِعْمَ اْلعُقْبَى اْلكُرَمَاءَ
وَيَرْفَعَانِ
مُضْمَراً يُفَسَّرُهْ * مُمَيَّزٌ
كَـ نِعْمَ قَوْماً مَعْشَرُهْ
68.
نِعْمَ dan بِئْسَ itu kadang merofa’kan pada isim dlomir
yang dijelaskan tamyiz seperti نِعْمَ قَوْمًا
مَعْشَرُهُ
وَجَمْعُ تَمْيِيزٍ
وَفَاعِلٍ ظَهَرْ * فِيهِ
خِلاَفٌ عَنْهُمُ قَدِ اشْتَهَرْ
69.
نِعْمَ dan بِئْسَ yang sudah mengamalkan fa’il dhohir serta
diberi tamyiz itu masih ada khilaf ( perselisihan ) oleh para ulama’
ومَا مُمَيَّزٌ
وقِيلَ فَاعِلُ * فى
نَحْوِ نِعْمَ مَا يَقُولُ الفَاضِلُ
70.
مَا yang
berada setelah نِعْمَ dan بِئْسَ kadang ditarqib menjadi tamyiz atau fa’il
seperti نِعْمَ مَايَقُوْلُ الْفَاضِلُ
وَيُذْكَرُ
الْمَخْصُوصُ بَعْدُ مُبْتَدَا 490 أَوْ خَبَرَ اسْمٍ لَيْسَ يَبْدُو أَبَدَا
71.
Mahshusnya نِعْمَ dan بِئْسَ itu
harus disebutkan yang berada setelah fa’ilnya dan ditarqib menjadi mubtada’
atau menjadi khobarnya mubtada’ yang dibuang
وَإِنْ يُقَدَّمْ
مُشْعِرٌ بِهِ كَفَى * كَـالْعِلْمُ
نِعْمَ الْمُقْتَنَى وَالْمُقْتَفَى
72.
نِعْمَ dan بِئْسَ jika didahului lafadh-lafadh yang menunjukkan
mahshus ,
maka tidak perlu menyebutkan mahshus lagi sebagaimana contoh اْلعِلْمُ
نِعْمَ اْلمُقـْتَـنَى وَاْلمُقْتَفَى
وَاجْعَلْ كَبِئْسَ
سَاءَ وَاجْعَلْ فَعُلاَ * مِنْ
ذِى ثَلاَثَةٍ كَنِعْمَ مُسْجَلاَ
73.
سَاءَ itu
seperti بِئْسَ yakni menunjukkan arti cela ( cacat )
dan
fi’il tsulasi yang ikut wazan فَعُلَ itu bisa
dilakukan نِعْمَ dan بِئْسَ
وَمِثْلُ نِعْمَ
حَبَّذَا الفَاعِلُ ذَا * وَإِنْ
تُرِدْ ذَمًّا فَقُلْ لاحَبَّذَا
74.
حَبَّذَا itu bisa
dilakukan نِعْمَ serta fa’ilnya berupa ذَا atau bisa berlaku بِئْسَ yaitu
menunjukkan arti cela maka ucapkan لاَحَبَّذَا
زَيْدٌ
وَأَوْلِ ذَا
الْمَخْصُوصَ أَ يًّا كَانَ لا * تَعْدِلْ بِذَا فَهْوَ يُضَاهِى الْمَثَلاَ
75.
Mahsusnya حَبَّذَا itu harus disebutkan ,sedangkan ذَا harus mufrod dan tidak boleh berubah-rubah
,walaupun mahshusnya berupa tasniyah atau jamak karena menyerupai
kalam matsal ( peribahasa )
وَمَا سِوَى ذَا
ارْفَعْ بِحَبَّ أَوْ فَجُرّْ 495 بِالْبَا وَدُونَ ذَا انْضِمَامُ الْحَا كَثُرْ
76.
Fa’ilnya حَبَّ yang selain ذَا ,maka
boleh wajah 2 yaitu rofa’ dan jer,yang dijerkan ba’ ,sedangkan ha’ nya حَبَّ boleh wajah 2 yaitu fathah dan
dlommah,akan tetapi yang baik adalah dlommah
أَفْعَلُ التَّفْضِيلِ
صُغْ مِنْ مَصُوغٍ مِنْهُ لِلتَّعَجُّبِ * أَفْعَلَ للتَّفْضِيلِ وَأْبَ اللَّذْ أُبِى
صُغْ مِنْ مَصُوغٍ مِنْهُ لِلتَّعَجُّبِ * أَفْعَلَ للتَّفْضِيلِ وَأْبَ اللَّذْ أُبِى
AF’AL TAFDLIL
77.
Lafadh-lafadh yang bisa dibuat
af’al ta’ajub,juga bisa dijadikan af’al tafdlil,begitu juga lafadh-lafadh yang
tidak bisa dijadikan af’al ta’ajub juga tidak bisa dijadikan af’al tafdlil
وَمَا بِهِ إِلَى
تَعَجُّبٍ وُصِلْ * لِمَانِعٍ
بِهِ إِلَى التَّفْضِيلِ صِلْ
78.
Lafadh-lafadh yang dibuat untuk af’al ta’ajub yang
tidak memenuhi syarat,begitu juga untuk af’al tafdlil
وَأَفْعَلَ
التَّفْضِيلِ صِلْهُ أَبَدَا * تَقْدِيراً
أَوْ لَفْظاً بِمِنْ إِنْ جُرَّدَا
79.
Af’al tafdlil itu jika tidak
bersamaan dengan al atau idlofah maka harus disambung dengan min ( mufadlolah )
baik secara lafadh ( dhohiron ) atau dikira-kirakan ( taqdiron )
وَإِنْ لِمَنْكُورٍ
يُضَفْ أَوْ جُرِّدَا * أُلْزِمَ
تَذْكِيراً وَأَنْ يُوَحَّدَا
80.
Af’al tafdlil jika dimudlofkan
pada isim nakiroh atau tidak bersamaan dengan
al atau idlofah itu harus menetapi mufrod mudzakar
وَتِلْوُ أَلْ طِبْقٌ
وَمَا لِمَعْرِفَهْ 500 أُضِيفَ ذُو وَجْهَيْنِ عَنْ ذِى مَعْرِفَهْ
هَذَا إِذَا نَوَيْتَ
مَعْنَى مِنْ وَإِنْ * لَمْ
تَنْوِ فَهْوَ طِبْقُ مَا بِهِ قُرِنْ
81.
Af’al tafdlil yang bersamaan dengan al itu
harus mencocoki pada lafadh yang berada sebelumnya
Af’al tafdlil jika
dimudlofkan pada isim ma’rifat,maka mempunyai 2 wajah yakni mutthobiq dan tidak
82.
Demikian itu jika menyimpan
maknanya min dan jika tidak menyimpan maknanya min maka harus mutthobiq (
mencocoki )
وَإِنْ تَكُنْ
بِتِلْوِ مِنْ مُسْتَفْهِمَا * فَلَهُمَا
كُنْ أَبَداً مُقَدَّمَا
كَمِثْلِ مِمَّنْ أَنْتَ خَيْرٌ وَلَدَى * إِخْبَارٍ التَّقْدِيمُ نَزْراً وَرَدَا
83.
Min mufadlolah jika bersamaan
dengan istifham maka harus didahulukan dan mengakhirkan af’al tafdlil
84.
Dan jika masuk pada kalam
khobar maka mendahulukan min mufadlolah itu hukumnya nadir ( langka )
وَرَفْعُهُ
الظَّاهِرَ نَزْرٌ وَمَتَى * عَاقَبَ
فِعْلاً فَكَثِيراً ثَبَتَا
كَلَنْ تَرَى فى النَّاسِ مِنْ رَفِيقِ 505 أَوْلَى بِهِ الفَضْلُ مِنَ الصَّدَّيقِ
85.
Af’al tafdlil jika merofa’kan
isim dhohir itu hukumnya nadir ( langka ) dan hukumnya banyak berlaku jika
af’al tafdlil tempatnya bisa ditempati kalimah fi’il
86.
Sepertiرَفِيْقِ اَوْلَى بِهِ اْلفَضْلُ مِنَ
الصَّدِيْقِ لَنْ
تَرَى فِى النَّاسِ مِنْ
النَّعْتُ
يَتْبَعُ فى الإِعْرَابِ الأَسْمَاءَ الأُوَلْ * نَعْتٌ وَتَوْكِيدٌ وَعَطْفٌ وَبَدَلْ
يَتْبَعُ فى الإِعْرَابِ الأَسْمَاءَ الأُوَلْ * نَعْتٌ وَتَوْكِيدٌ وَعَطْفٌ وَبَدَلْ
NA’AT
87.
Na’at,taukid,athof dan badal itu adalah
lafadh-lafadh yang ikut isim sebelumnya ( yang pertama ) dalam segi i’robannya
فَالنَّعْتُ تَابِعٌ مُتِمٌّ
مَا سَبَقْ * بِوَسْمِهِ أَوْ
وَسْمِ مَا بِهِ اعْتَلَقْ
88.
Na’at adalah
tabi’ yang menyempurnakan matbu’nya ( maushufnya ) dengan menyebutkan sifatnya
atau menyebutkan lafadh ( sifat ) yang ada hubungannya dengan matbu’nya
وَلْيُعْطَ فى
التَّعْرِيفِ وَالتَّنْكِيرِ مَا * لِمَا تَلاَ كَـ امْرُرْ بِقَوْمٍ كُرَمَا
89.
Na’at itu harus ikut pada man’utnya dalam segi
ma’rifat dan nakirohnya sepertiاُمْرُرْ بِقَوْمٍ
كُرَمَاءَ
وَهْوَ لَدَى
التَّوْحِيدِ وَالتَّذْكِيرِ أَوْ * سِوَاهُمَا كَالْفِعْلِ فَاقْفُ مَا قَفَوْا
90.
Na’at itu seperti fi’il dalam segi
mufrod,tasniyah,jama’,mudzakar atau mua’anats
وَانْعَتْ بِمُشْتَقًّ كَصَعْبٍ وَذَرِبْ
510 وَشِبْهِهِ كَذَا وَذِى وَالْمُنْتَسِبْ
91.
Na’at itu harus kejadian dari isim musytaq seperti صَعْبٍ dan ذَرِبَ atau lafadh yang serupa isim musytaq
seperti ذَا dan ذِى atau lafadh yang kemasukan ya’ nisbat
وَنَعَتُوا
بِجُمْلَةٍ مُنَكَّرَا * فَأُعْطِيَتْ مَا أُعْطِيَتْهُ خَبَرَا
92.
Jumlah itu bisa dijadikan na’at dari man’utnya isim
nakiroh,kemudian jumlah tersebut diberi syarat sebagaimana syarat yang
ditetapkan khobar dari jumlah
وَامْنَعْ هُنَا
إِيقَاعَ ذَاتِ الطَّلَبِ * وَإِنْ أَتَتْ فَالْقَوْلَ أَضْمِرْ تُصِبِ
93.
Jumlah tholabiyah itu tidak bisa dijadikan
na’at,jika terjadi dikalangan orang arab,maka harus mengira-ngirakan musytaq
dari masdar qoul
وَنَعَتُوا
بِمَصْدَرٍ كَثِيراً * فَالْتَزَمُوا الإِفْرَادَ وَالتَّذْكِيرَا
94.
Na’at itu ada yang kejadian dari masdar dan harus
menetapi mufrod mudzakar
وَنَعْتُ غَيْرِ
وَاحِدٍ إِذَا اخْتَلَفْ * فَعَاطِفاً فَرَّقْهُ لاَ إِذَا
ائْتَلَفْ
95.
Jika ada man’ut yang ta’adud yang mana na’atnya itu
tidak sama dalam maknanya,maka harus dipisah dengan huruf athof dan jika sama
maka tidak dipisah
وَنَعْتَ
مَعْمُولَيْ وَحِيدَىْ مَعنْىَ 515 وَعَمَلٍ أَتْبِعْ بِغَيْرِ اسْتِثْنَا
96.
Jika ada na’at yang man’utnya menjadi ma’mulnya
amil dua dalam segi makna dan amalnya
maka harus itba’
وَإِنْ نُعُوتٌ
كَثُرَتْ وَقَدْ تَلَتْ * مُفْتَقِراً
لِذِكْرِهِنَّ أُتْبِعَتْ
97.
Jika ada na’at yang ta’adud,sedangkan man’utnya
tidak jelas dalam maknanya tanpa menyebutkan semua na’atnya maka semua na’at
tersebut harus di itba’kan
وَاقْطَعْ أَوَ
اتْبِعْ إنْ يَكُنْ مُعَيَّناً * بِدُونِهَا أَوْ
بَعْضَهَا اقْطَعْ مُعْلِنَا
98.
Jika man’utnya itu sudah jelas maknanya dengan
tanpa menyebutkan semua na’at,maka na’at boleh wajah 2 yaitu qotho’ dan
itba’.Sedangkan jika man’utnya itu sudah jelas dengan menyebutkan sebagian na’atnya,maka na’at yang
menjadi jelasnya man’ut tersebut harus itba’ dan lainnya boleh qotho’ atau
itba’
وَارْفَعْ أَوِ
انْصِبْ إِنْ قَطَعْتَ مُضْمِرَا * مُبْتَدأً أَوْ
نَاصِباً لَنْ يَظْهَرَا
99.
Na’at yang di qotho’ boleh wajah 2 yaitu rofa’ dan
nashob,jika dibaca rofa’ sebab menjadi khobarnya mubtada’ yang dibuang dan jika
dibaca nashob menjadi ma’mulnya amil yang terbuang
وَمَا مِنَ الْمَنْعُوتِ وَالنَّعْتِ عُقِلْ * يَجُوزُ حَذْفُهُ
وَفى النَّعْتِ يَقِلّ
100. Na’at dan man’ut yang sudah
ma’lum itu boleh dibuang,akan tetapi dalam pembuangan na’at tersebut hukumnya
sedikit
التَّوْكِيدُ
بِالنَّفْسِ أَوْ بِالعَيْنِ الاسْمُ أَكَّدَا 520 مَعَ ضَمِيرٍ طَابَقَ الْمُؤَكَّدَا
بِالنَّفْسِ أَوْ بِالعَيْنِ الاسْمُ أَكَّدَا 520 مَعَ ضَمِيرٍ طَابَقَ الْمُؤَكَّدَا
TAUKID
101. Isim itu bisa ditaukidi dengan
نَفْسٌ dan عَيْنٌ serta
harus mengandung dlomir yang mencocoki
pada mu’akad
وَاجْمَعْهُمَا
بِأَفْعُلٍ إِنْ تَبِعَا * مَا لَيْسَ
وَاحِداً تَكُنْ مُتَّبِعَا
102. نَفْسٌ dan عَيْنٌ itu harus dijama’kan dan diikutkan pada wazan اَفْعُلٌ,jika untuk menaukidi pada mu’akad yang
tasniyah atau jama’
وَكُلاًّ اذْكُرْ
فى الشُّمُولِ وَكِلاَ * كِلْتَا جَمِيعاً
بِالضَّمِيرِ مُوصَلاَ
103. كِلْتَا , كِلاَ , كُلٌّ dan جَمِيْعٌ itu berlaku taukid yang berfaidah شُمُوْلٌ ( meliputi ) dan harus bersamaan dengan
dlomir yang mencocoki ( muthobiq ) pada mu’akad
وَاسْتَعْمَلُوا
أَيْضاً كَكُلّ فَاعِلَهْ * مِنْ عَمَّ فى التَّوْكِيدِ مِثْلَ
النَّافِلَهْ
104. عَمَّةٌ itu berlaku taukid seperti كُلٌّ serta berfaidah شُمُوْلٌ dan harus bersamaan dengan ta’ ta’nits
,walaupun mu’akadnya mudzakar
وَبَعْدَ كُلٍّ
أَكَّدُوا بِأَجْمَعَا * جَمْعَاءَ أَجْمَعِينَ
ثُمَّ جُمَعَا
وَدُونَ كُلٍّ قَدْ
يَجِىءُ أَجْمَعُ 525 جَمْعَاءُ أَجْمَعُونَ ثُمَّ جُمَعُ
105. اَجْمَعُوْنَ , جَمْعَاءُ , اَجْمَعُ dan جُمَعُ itu berlaku taukid dan harus berada setelah lafadh كُلٌّ
106. Kadang-kadang lafadh اَجْمَعُوْنَ
, جَمْعَاءُ , اَجْمَعُ dan جُمَعُ berlaku taukid tidak berada setelah كُلٌّ
وَإِنْ يُفِدْ
تَوْكِيدُ مَنْكُورٍ قُبِلْ * وَعَنْ نُحَاةِ
البَصْرَةِ الْمَنْعُ شَمِلْ
107. Isim nakiroh boleh ditaukidi
jika berfaidah,tapi menurut ulama’ Bashroh tidak diperbolehkan
وَاغْنَ بِكِلْتَا
فى مُثَنًّى وَكِلاَ * عَنْ وَزْنِ
فَعْلاَءَ وَوَزْنِ أَفْعَلاَ
108. Menaukidi isim tasniyah cukup
dengan كِلاَ dan كِلْتاَ ,tidak perlu mentasniyahkan dengan lafadh اَجْمَعُ dan جَمْعَاءُ
وَإِنْ تُؤَكِّدِ
الضَّمِيرَ الْمُتَّصِلْ * بِالنَّفْسِ
وَالعَيْنِ فَبَعْدَ الْمُنْفَصِلْ
عَنَيْتُ ذَا
الرَّفْعِ وَأَكَّدُوا بِمَا * سِوَاهُمَا
وَالقَيْدُ لَنْ يُلْتَزَمَا
109. Lafadh نَفْسٌ dan عَيْنٌ,jika digunakan untuk mentaukidi dlomir
muttasil mahal rofa’,maka harus dipisah dengan menggunakan dlomir munfashil
110. Jika ditaukidi selain نَفْسٌ dan عَيْنٌ maka tidak disyaratkan dipisah dengan dlomir
munfashil
ومَا مِنَ
التَّوْكِيدِ لَفْظِىٌّ يَجِى 530 مُكَرَّراً كَقَوْلِكَ ادْرُجِى ادْرُجِى
111. Taukid lafdhi itu hanya
mengulangi lafadhnya saja seperti اُدْرُجِىْ اُدْرُجِىْ
وَلاَ تُعِدْ
لَفْظَ ضَمِيرٍ مُتَّصِلْ * إِلاَّ مَعَ
اللَّفْظِ الَّذِى بِهِ وُصِلْ
كَذَا الْحُرُوفُ غَيْرَ مَا تَحَصَّلاَ * بِهِ جَوَابٌ كَنَعَمْ وَكَبَلَى
112. Tidak diperbolehkan
mengulangi lafadhnya taukid dlomir muttasil,
kecuali jika bersamaan dengan lafadh lain
113. Begitu juga kalimah
huruf,kecuali jika kalimah huruf tersebut dijadikan
jawab seperti نَعَمْ dan بَلَى
وَمُضْمَرُ
الرَّفْعِ الَّذِى قَدِ انْفَصَلْ * أَكِّدْ بِهِ
كُلَّ ضَمِيرٍ اتَّصَلْ
114. Dlomir munfashil mahal rofa’
itu bisa mentaukidi dlomir muttasil secara mutlak
الْعَطْفُ
الْعَطْفُ إِمَّا ذُو بَيَانٍ أَوْ نَسَقْ * وَالغَرَضُ الآنَ بَيَانُ مَا سَبَقْ
الْعَطْفُ إِمَّا ذُو بَيَانٍ أَوْ نَسَقْ * وَالغَرَضُ الآنَ بَيَانُ مَا سَبَقْ
ATHAF BAYAN
115. Athof itu ada 2 yaitu athof
bayan dan athof nasaq,adapun yang dijelaskan disini adalah athof bayan
فَذُو البَيَانِ
تَابِعٌ شِبْهُ الصَّفَهْ 535 حَقِيقَةُ القَصْدِ بِهِ مُنْكَشِفَهْ
116. Athof bayan adalah tabi’ (
isim yang ikut pada isim sebelumnya
) yang serupa sifat serta dapat menjelaskan hakikat yang dimaksudkan
فَأَوْلِيَنْهُ
مِنْ وِفَاقِ الأَوَّلِ * مَا مِنْ وِفَاقِ
الأَوَّلِ النَّعْتُ وَلِى
117. Athof
bayan itu harus mencocoki pada mubayyannya ( ma’thuf alaih ) sebagaimana na’at
mencocoki pada man’ut alaih dalam 4 hal ( perkara ) dari 10 hal ( perkara )
فَقَدْ يَكُونَانِ مُنَكَّرَيْنِ * كَمَا يَكُونَانِ
مُعَرَّفَيْنِ
118. Kadang-kadang
athof bayan dan ma’thuf alaih itu boleh kejadian dari isim nakiroh sebagaimana
athof bayan dan ma’thuf alaih kejadian dari isim ma’rifat
وَصَالِحاً
لِبَدَلِيَّةٍ يُرَى * فى غَيْرِ نَحْوِ
ياغُلاَمُ يَعْمُرَا
وَنَحْوِ بِشْرٍ
تَابِعِ البَكْرِىَّ * وَلَيْسَ أَنْ
يُبْدَلَ بِالْمَرْضِىَّ
119. Setiap
lafadh yang bisa dijadikan athof bayan,juga bisa dijadikan badal kecuali jika
ma’thuf berupa mufrod,mu’rof atau ma’rifat dan ma’thuf alaihnya berupa munada
seperti يَاغُلاَمُ يَعْمُرَا
120. Atau
ma’thuf tidak bersamaan dengan al,sedang
ma’thuf alaih bersamaan dengan al dan menjadi mudlof ilaih dari sifat yang
bersamaan dengan al seperti بِشْرِى الْبَكْرِى
عطفُ النَّسَقِ
تَالٍ بِحَرْفٍ مُتْبِعٍ عَطْفُ النَّسَقْ 540 كَاخْصُصْ بِوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ
تَالٍ بِحَرْفٍ مُتْبِعٍ عَطْفُ النَّسَقْ 540 كَاخْصُصْ بِوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ
ATHOF NASAQ
121. Athof nasaq adalah lafadh yang
ikut lafadh sebelumnya dengan perantara
huruf athof seperti اُخْصُصْ بِوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقَ
فَالْعَطْفُ
مُطْلَقاً بِوَاوٍ ثُمَّ فَا * حَتَّى أَمَ أَوْ
كَفِيكَ صِدْقٌ وَوَفَا
وَأُتْبِعَتْ
لَفْظاً فَحَسْبُ بَلْ وَلاَ * لَكِنْ كَلَمْ
يَبْدُ امْرُؤٌ لَكِنْ طَلاَ
122. Huruf athof dengan اَمْ
, حَتَّى , فَاءٌ , ثُمَّ , وَاوٌ dan اَوْ itu ikut dalam segi lafadh dan maknanya seperti فِيْكَ
صِدْقٌ وَوَفَاءٌ
123. Jika menggunakan huruf athof لاَ,
بَلْ dan لَكِنْ hanya ikut dalam segi lafadhnya saja
seperti لَمْ يَبْدُامْرُؤٌلَكِنْ طَلاَ
فَاعْطِفْ بِوَاوٍ سَابِقاً
أَوْ لاَحِقاً * فى الْحُكْمِ أَوْ
مُصَاحِباً مُوَافِقاً
124. Athof dengan wawu itu
menunjukkan arti للمطلق الجمع,baik ma’thuf lebih dahulu terkena hukum atau didahului ma’thuf alaih atau ma’thuf dan
ma’thuf alaih bersamaan
وَاخْصُصْ بِهَا
عَطْفَ الَّذِى لا يُغْنِى
* مَتْبُوعُهُ كَـ اصْطَفَّ هَذَا
وَابْنِى
125. Keistimewaan huruf athof wawu
adalah dapat mengathofkan ma’thuf yang dibutuhkan ma’thuf alaih ( matbu’nya )
seperti اِصْطَفَّ هَذَا وَابْنِى
وَالْفَاءُ
للتَّرْتِيبِ بِاتَّصَالِ 545 وَثُمَّ لِلتَّرْتِيبِ بِانْفِصَالِ
126. Huruf athof فَاءٌ adalah berfaidah tartib ittishol dan huruf
athof ثُمَّ adalah berfaidah tartib infishol
وَاخْصُصْ بِفَاءٍ
عَطْفَ مَا لَيْسَ صِلَهْ * عَلَى الَّذِى
اسْتَقَرَّ أَنَّهُ الصِّلَهْ
127. Keistimewaan huruf
athof فاَءٌ itu
dapat
mengathofkan pada
jumlah ( ma’thuf ) yang tidak patut
dijadikan shilahnya maushul pada jumlah (
ma’thuf alaih ) yang patut menjadi shilahnya maushul
بَعْضاً بِحَتَّى
اعْطِفْ عَلَى كُلٍّ وَلاَ * يَكُونُ إِلاَّ
غَايَةَ الَّذِى تَلاَ
128. حَتَّى yang dilakukan huruf athof disyaratkan ma’thuf harus
menunjukkan arti sebagian dari ma’thuf alaih dan menjadi ghoyahnya ma’thuf
alaih
وَأَمْ بِهَا
اعْطِفْ إِثْرَ هَمْزِ التَّسْوِيَهْ * أَوْ هَمْزَةٍ
عَنْ لَفْظِ أَىٍّ مُغْنِيَهْ
وَرُبَّمَا
أُسْقِطَتْ الْهَمْزَةُ إِنْ * كَانَ خَفَا
الْمَعْنَى بِحَذْفِهَا أُمِنْ
129. اَمْ itu berlaku huruf athof ,jika berada setelah hamzah taswiyah
atau hamzah mughniyah
130. Kadang-kadang hamzah taswiyah
atau hamzah mughniyah itu boleh dibuang,jika tidak ada iltibas ( maknanya sudah
jelas )
وَبِانْقِطَاعٍ وَبِمَعْنَى بَلْ وَفَتْ 550 إِنْ تَكُ مِمَّا قُيِّدَتْ بِهِ خَلَتْ
131. اَمْ itu dilakukan munqothiah bermakna idlrob seperti بَلْ,jika tidak berada setelah hamzah taswiyah atau hamzah mughniyah
خَيَّرْ أَبِحْ
قَسَّمْ بِأَوْ وَأَبْهِمِ * وَاشْكُكْ
وَإِضْرَابٌ بِهَا أَيْضاً نُمِى
وَرُبَّمَا
عَاقَبَتِ الوَاوَ إِذَا * لَمْ يُلْفِ ذُو
النُّطْقِ لِلَبْسٍ مَنْفَذَا
132. اَو itu mempunyai beberapa faidah yaitu الشَّكُّ
, الاِبْهَامُ , التَّقْسِيْمُ , الاِبَاحَةُ , التَّخْيِيْرُ dan اْلاِضْرَابُ
133. اَوْ kadang bermakna وَاوٌ jika tidak ada iltibas
وَمِثْلُ أَوْ فى
القَصْدِ إِمَّا الثَّانِيَهْ * فى نَحْوِ إِمَّا
ذِى وَإِمَّا النَّائِيَهْ
134. اِمَّا yang kedua itu mempunyai makna seperti اَوْ yaitu التَّقْسِيْمُ ,
الاِبَاحَةُ , التَّخْيِيْرُ dan الشَّكُّ
وَأَوْلِ لَكِنْ
نَفْياً أَوْ نَهْياً وَلاَ * نِدَاءً أَوْ
أَمْراً أَوِ اثْبَاتاً تَلاَ
135. لَكِنْ itu berlaku huruf athof ,jika setelah nafi atau nahi,adapun لا itu harus berada setelah nida’,amar atau
kalam mutsbat
وَبَلْ كَلَكِنْ
بَعْدَ مَصْحُوبَيْهَا 555 كَلَمْ أَكْنْ فى مَرْبَعٍ بَلْ تَيْهَا
وَانْقُلْ بِهَا لِلثَّانِ حُكْمَ الأَوَّلِ * فى الْخَبَرِ الْمُثْبَتِ وَالأَمْرِ الْجَلِى
136. بَلْ itu seperti لَكِنْ , jika
berada setelah nafi atau nahi seperti لَمْ اَكُنْ فِى
مَرْبَعٍ بَلْ تَيْهَا
137. بَلْ jika berada dikalam khobar mutsbat atau fi’il amar,maka bisa
memindah hukumnya ma’thuf alaih pada ma’thuf
وَإِنْ عَلَى
ضَمِيرِ رَفْعٍ مُتَّصِلْ * عَطَفْتَ
فَافْصِلْ بِالضَّمِيرِ الْمُنْفَصِلْ
أَوْ فَاصِلٍ مَا
وَبِلاَ فَصْلٍ يَرِدْ * فى النَّظْمِ
فَاشِياً وَضَعْفَهُ اعْتَقِدْ
138. Dlomir rofa’ muttashil jika
diathofi maka harus dipisah dengan
dlomir munfashil
139. Atau dipisah lainnya,bahkan
ada yang tidak dipisah tapi hukumnya dloif dan banyak terjadi didalam nadlom
وَعَوْدُ خَافِضٍ
لَدَى عَطْفٍ عَلَى * ضَمِيرِ خَفْضٍ لاَزِماً قَدْ جُعِلاَ
وَلَيْسَ عِنْدِى لاَزِماً إِذْ قَدْ أَتَى 560 فى النَّظْمِ وَ النَّثْرِ الصَّحِيحِ مُثْبَتَا
140. Dlomir mahal jer itu jika
diathofi ,maka amilnya harus diulangi
141. Tapi menurut saya ( syekh Ibnu
Malik ) tidak wajib,sebab banyak terjadi di nadlom dan kalam natsr
وَالْفَاءُ قَدْ
تُحْذَفُ مَعْ مَا عَطَفَتْ * وَالوَاوُ إِذْ لا
لَبْسَ وَهْىَ انْفَرَدَتْ
142. Huruf athof فاَءٌ dan وَاوٌ serta ma’thufnya itu kadang boleh
dibuang,jika tidak ada iltibas
بِعَطْفِ عَامِلٍ
مُزَالٍ قَدْ بَقِى * مَعْمُولُهُ
دَفْعاً لِوَهْمٍ اتُّقِى
143. Huruf athof wawu itu bisa
mengathofkan pada amil yang telah dibuang dan ma’mulnya masih tetap karena
untuk menolak persangkaan yang keliru
وَحَذْفَ مَتْبُوعٍ
بَدَا هُنَا اسْتَبِحْ * وَعَطْفُكَ
الْفِعْلَ عَلَى الْفِعْلِ يَصِحْ
144. Diperbolehkan membuang ma’thuf
alaih yang sudah jelas,juga diperbolehkan pula mengathofkan fi’il dengan fi’il
وَاعْطِفْ عَلَى اسْمٍ شِبْهِ فِعْلٍ فِعْلاَ * وَعَكْساً
اسْتَعْمِلْ تَجِدْهُ سَهْلاَ
145. Kalimah fi’il itu boleh
diathofkan pada kalimah isim yang serupa dengan kalimah fi’il,begitu pula
sebaliknya
البَدَلُ
التَّابِعُ الْمَقْصُودُ بِالْحُكْمِ بِلاَ 565 وَاسِطَةٍ هُوَ الْمُسَمَّى بَدَلاَ
مُطَابِقاً أَوْ بَعْضاً أَوْ مَا يَشْتَمِلْ * عَلَيْهِ يُلْفَى أَوْ كَمَعْطُوفٍ بِبَلْ
التَّابِعُ الْمَقْصُودُ بِالْحُكْمِ بِلاَ 565 وَاسِطَةٍ هُوَ الْمُسَمَّى بَدَلاَ
مُطَابِقاً أَوْ بَعْضاً أَوْ مَا يَشْتَمِلْ * عَلَيْهِ يُلْفَى أَوْ كَمَعْطُوفٍ بِبَلْ
BADAL
146. Badal adalah lafadh yang ikut
pada lafadh sebelumnya,tanpa dengan lantaran huruf athof yang sengaja diberi hukum
147. Badal itu
dibagi menjadi 4 yaitu : 1) مطابق ( كلّ من كلّ ) 2) بعض من كلّ 3) اشتمال 4) مباين
وَذَا لِلاِضْرَابِ
اُعْزُ إِنْ قَصْداً صَحِبْ * وَدُونَ قَصْدٍ غَلَطٌ بِهِ سُلِبْ
كَزُرْهُ خَالِداً وَقَبَّلْهُ الْيَدَا * وَاعْرِفْهُ حَقَّهُ وَخُذْ نَبْلاً مُدَى
148. Adapun badal mubayin dibagi
menjadi 2 yaitu idlrob jika muttakalim sengaja mengucapkan mubdal minhu dan
gholat jika muttakalim tidak sengaja mengucapkan mubdal minhu
149. Seperti زُرْهُ
خَالِدًا وَقَبِّلْهُ اْليَدَا وَاعْرِفْهُ حَقَّهُ وَخُذْنَبْلاً مُدَى
وَمِنْ ضَمِيرِ
الْحَاضِرِ الظَّاهِرَ لاَ * تُبْدِلْهُ
إِلاَّ مَا إِحَاطَةً جَلاَ
أَوِ اقْتَضَى
بَعْضاً أَوِ اشْتِمَالاَ 570 كَإِنَّكَ ابْتِهَاجَكَ اسْتَمَالاَ
150. Isim dhohir tidak boleh
dijadikan badal dari mubdal minhu dari isim dlomir hadir kecuali badal كلّ
من كلّ bermaknaطَةٌ
اِحَا ( menyeluruh )
151. بَعْضُ مِنْ كُلٍّ seperti اَنَّكَ
ابْتِهَاجَكَ اِشْتِمَالاً
وَبَدَلُ
الْمُضَمَّنِ الْهَمْزَ يَلِى * هَمْزاً كَـ مَنْ
ذَا أَسَعِيدٌ أَمْ عَلِى
152. Mubdal minhu yang berupa
istifham itu badalnya harus berada setelah hamzah istifham seperti مَنْ
ذَا سَعِيْدٌ اَمْ عَلِيٌّ
وَيُبْدَلُ الفِعْلُ مِنَ الْفِعْلِ كَـ مَنْ * يَصِلْ إِلَيْنَا
يَسْتَعِنْ بِنَا يُعَنْ
153. Diperbolehkan membuat badal
dari fi’il,sedangkan mubdal minhunya dari fi’il seperti مَنْ
يَصِلْ اِلَيْنَا يَسْتَعِنْ بِنَا يُعَنْ
النَّدَاءُ
وَلِلْمُنَادَى النَّاءِ أَوْ كَالنَّاءِ يَا * وَأَىْ وَآ كَذَا أَيَا ثُمَّ هَيَا
وَلِلْمُنَادَى النَّاءِ أَوْ كَالنَّاءِ يَا * وَأَىْ وَآ كَذَا أَيَا ثُمَّ هَيَا
NIDA’
154. Huruf nida’ اَيَا , اَ , اَيَا , يَا dan هَيَا itu
untuk munada jauh atau menyerupai jauh
وَالْهَمْزُ
لِلدَّانِى وَ وَا لِمَنْ نُدِبْ * أَوْ يَا وَغَيْرُ
وَا لَدَى اللَّبْسِ اجْتُنِبْ
155. Huruf nida’ hamzah itu untuk
menunjukkan munada dekat,sedangkan وَا dan
يَا itu untuk munada mandub,jika tidak ada
iltibas
وَغَيْرُ مَنْدُوبٍ
وَمُضْمَرٍ وَمَا 575 جَا مُسْتَغَاثاً قَدْ يُعَرَّى فَاعْلَمَا
156. Huruf nida’nya munada ghoiru
mandub,mudlmar dan mustaghos itu boleh dibuang
وَذَاكَ فى اسْمِ الجِنْسِ وَالْمُشَارِ لَهْ
* قَلَّ وَمَنْ
يَمْنَعْهُ فَانْصُرْ عَاذِلَهْ
157. Pembuangan huruf nida’ dari
munada isim jinis dan isim isyaroh itu hukumnya sedikit
وَابْنِ
الْمُعَرَّفَ الْمُنَادَى الْمُفْرَدَا * عَلَى الَّذِى فى
رَفْعِهِ قَدْ عُهِدَا
158. Munada mufrod mu’arof ( alam ) itu dimabnikan menurut alamat
i’rob rofa’nya
وَانْوِ انْضِمَامَ
مَا بَنَوْا قَبْلَ النَّدَا * وَلْيُجْرَ
مُجْرَى ذِى بِنَاءٍ جُدَّدَا
159. Munada yang mabni sebelum
dijadikan munada,itu harus dimabnikan dlom muqoddar dan ini dilakukan mabni
disebabkan munada
وَالْمُفْرَدَ
الْمَنْكُورَ وَالْمُضَافَا * وَشِبْهَهُ
انْصِبْ عَادِماً خِلاَفاً
وَنَحْوَ زَيْدٍ
ضُمَّ وَافْتَحَنَّ مِنْ 580 نَحْوِ أَزْيدُ بْنَ سَعِيدٍ لاتَهِنْ
160. Munada mufrod nakiroh (
nakiroh ghoiru maqshudah ),mudlof,syibh mudlof ,maka harus dimabnikan fath
161. Munada mufrod alam yang
disifati lafdh ibnun dan muttashil serta dimudlofkan isim alam,maka boleh wajah
2 yaitu mabni dlom dan mabni fath seperti اَزَيْدُ بْنُ
سَعِيْدٍ
وَالضَّمُّ إِنْ
لَمْ يَلِ الابْنُ عَلَمَا * أَوْ يَلِ الابْنَ
عَلَمٌ قَدْ حُتِمَا
162. Jika lafadh ibnun tidak berada
setelah isim alam atau berada setelah isim alam tapi terpisah atau lafadh اِبْنٌ tidak dimudlofkan isim alam,maka munada
dimabnikan dlom
وَاضْمُمْ أَوِ
انْصِبْ مَا اضْطِرَاراً نُوَّنَا * مِمَّا لَهُ
اسْتِحْقَاقُ ضَمًّ بُيَّنَا
163. Jika munada yang mabni dlom
tersebut ditanwin karena dlorurot,maka boleh wajah 2 yaitu dlomah dan nashob
وَبِاضْطِرَار
ٍخُصَّ جَمْعُ يَا وَأَلْ * إِلاَّ مَعَ اللهِ
وَمَحْكِىَّ الْجُمَلْ
164. Huruf nida’ يا dan ال ( ta’rif ) itu tidak boleh berkumpul,kecuali
dalam keadaan dlorurot atau munada berupa lafadh
Alloh atau berupa jumlah
وَالأَكْثَرُ
اللَّهُمَّ بِالتَّعْوِيضِ * وَشَذَّ يَا
اللَّهُمَّ فى قَرِيضِ
165. Munada jika berupa lafadh
Alloh yang banyak ya’ nida’nya itu diganti mim dan hukumnya syad jika
mengumpulkan ya’dan mim seperti يَا اَلَّلهُمَّ
فصل فى تابع المنادى
تَابِعَ ذِى الضَمَّ الْمُضَافَ دُونَ أَلْ 585 أَلْزِمْهُ نَصْباً كَـ أَزَيْدُ ذَا الْحِيَلْ
تَابِعَ ذِى الضَمَّ الْمُضَافَ دُونَ أَلْ 585 أَلْزِمْهُ نَصْباً كَـ أَزَيْدُ ذَا الْحِيَلْ
FASHL TENTANG TABI’ PADA
MUNADA
166. Jika ada lafadh yang ikut pada
munada yang mabni dlom,sedang tabi’ tersebut dimudlofkan dan tidak bersamaan
dengan al maka harus dibaca nashob seperti اَزَيْد ُذا
اْلحِيَالِ
وَمَا سِوَاهُ
ارْفَعْ أَوِ انْصِبْ وَاجْعَلاَ * كَمُسْتَقِلٍّ
نَسَقاً وَبَدَلاَ
167. Jika lafadh tersebut tidak
mudlof atau berupa mudlof tapi bersamaan dengan al,maka boleh wajah 2 yaitu
rofa’ dan nashob ,jika lafadh tersebut berupa badal ( athof nasaq ) maka
dihukumi seperti munada
وَإنْ يَكُنْ
مَصْحُوبَ أَلْ مَا نُسِقَا * فَفِيهِ وَجْهَانِ
وَرَفْعٌ يُنْتَقَى
168. Jika lafadh tersebut berupa
athof nasaq dan bersamaan dengan al ,maka boleh wajah 2 yaitu rofa’ dan nashob
,akan tetapi rofa’ lebih baik
وَأَيُّهَا
مَصْحُوبَ أَلْ بَعْدُ صِفَهْ * يَلْزَمُ
بِالرَّفْعِ لَدَى ذِى الْمَعْرِفَهْ
169. اَيٌّ yang dilakukan munada,maka lafadh yang berada setelahnya harus
bersamaan dengan al dan dibaca rofa’
وَأَيُّ هَذَا
أَيُّهَا الَّذِى وَرَدْ * وَوَصْفُ أَيًّ
بِسِوَى هَذَا يُرَدّْ
170. اَيٌّ yang dilakukan munada itu ada yang disifati dengan isim isyaroh
atau isim maushul sedangkan mensifati اَيٌّ dengan lafadh selain diatas itu tidak
diperbolehkan ( ditiadakan dari kaf )
وَذُو إِشَارَةٍ
كَأَىًّ فى الصَّفَهْ 590 إِنْ كَانَ تَرْكُهَا يُفِيتُ الْمَعْرِفَهْ
171. Munada dari isim isyaroh itu
seperti اَيٌّ yaitu harus disifati dengan lafadh yang bersamaan dengan al dan
dibaca rofa’,demikian itu jika mukhotob tidak faham
فى نَحْوِ سَعْدَ
سَعْدَ الأَوْسِ يَنْتَصِبْ * ثَانٍ وَضُمَّ
وَافْتَحْ أَوَّلاً تُصِبْ
172. Munada mabni dlom itu bila
diulang-ulang,sedangkan lafadh yang kedua dimudlofkan ,maka lafadh yang kedua
harus dibaca nashob,sedangkan lafadh yang
pertama itu boleh mabni dlom atau mabni fath seperti سَعْدَ سَعْدَ
المنادى المضاف إلى ياء
المتكلَّم
وَاجْعَلْ مُنَادًى صَحَّ إِنْ يُضَفْ لِيَا * كَعَبْدِ عَبْدِى عَبْدَ عَبْدَا عَبْدِيَا
وَاجْعَلْ مُنَادًى صَحَّ إِنْ يُضَفْ لِيَا * كَعَبْدِ عَبْدِى عَبْدَ عَبْدَا عَبْدِيَا
MUNADA MUDLOF PADA YA’
MUTTAKALIM
173. Munada yang shoheh akhir yang mudlof
pada ya’ muttakalim itu boleh wajah 5 yaitu :
1 ) membuang ya’ muttakalim seperti يَا
عَبْدِ
2 ) menetapkan
ya’ muttakalim dalam keadaan sukun
(
mati )
sepertiيَا عَبْدِىْ
3 ) mengganti
ya’ muttakalim dengan alif kemudian dibuang seperti يَا
عَبْدَ 4 ) ya’
muttakalim diganti alif , kasroh diganti fathah
seperti يَا
عَبْداَ
5 ) Menetapkan ya’ muttakalim dan difathah
seperti يَا عَبْدِىَ
وَفَتْحٌ أَوْ كَسْرٌ وَحَذْفُ الْيَا اسْتَمَرّْ * فى يا ابْنَ أُمَّ يَا ابْنَ عَمَّ
لا مَفَرّْ
174. Munada yang kejadian dari اِبْنٌ yang dimudlofkan pada lafadh اُمٌّ atau
عَمٌّ yang mana اُمٌّ atau عَمٌّ itu mudlof pada ya’ muttakalim ,maka ya’
muttakalim itu dibuang,kemudian mimnya boleh wajah 2 yaitu kasroh dan fathah
وَفى النَّدَا أَبَتِ أُمَّتِ عَرَضْ * وَاكْسِرْ أَوِ
افْتَحْ وَمِنَ اليَا التَّا عِوَضْ
175. Munada yang kejadian dari اَبٌ atau اُمٌّ ,yang mudlof pada ya’ muttakalim maka
ya’muttakalim boleh diganti ta’,lalu ta’ boleh wajah 2 yaitu fathah dan kasroh
seperti يَااَبَتِ - يَا اُمَّتِ
أسماء لاَزَمَتْ
النداء
وَفُلُ بَعْضُ ما يُخَصُّ بِالنَّدَا 595 لُؤْمَانُ نَوْمَانُ ، كَذَا وَاطَّرَدَا
وَفُلُ بَعْضُ ما يُخَصُّ بِالنَّدَا 595 لُؤْمَانُ نَوْمَانُ ، كَذَا وَاطَّرَدَا
ISIM-ISIM YANG MENETAPI MUNADA
176. لُؤْمَانُ , فُلُ dan نَوْمَانُ adalah lafadh yang khusus dijadikan munada
فى سَبَّ الانْثَى
وَزْنُ يَا خَبَاثِ * وَالأَمْرُ
هَكَذَا مِنَ الثُّلاَثِى
177. Munada untuk mencela orang
perempuan itu ikut wazan فَعَالِ dan isim fi’il amar dari
tsulasi
وَشَاعَ فى سَبَّ الذُّكُورِ فُعَلُ * وَلاَ تَقِسْ
وَجُرَّ فى الشَّعْرِ فُلُ
178. Munada untuk mencela orang
laki-laki itu ikut wazan فُعَلُ dan dihukumi sama’i
Sedangkan lafadh yang khusus
untuk munada,kadang tidak digunakan untuk munada seperti dalam syi’ir
الاسْتِغَاثَةُ
إِذَا اسْتُغِيثَ اسْمٌ مُنَادًى خُفِضَا * بِاللاَّمِ مَفْتُوحاً كَيَا لَلْمُرْتَضَى
إِذَا اسْتُغِيثَ اسْمٌ مُنَادًى خُفِضَا * بِاللاَّمِ مَفْتُوحاً كَيَا لَلْمُرْتَضَى
ISTIGHOTSAH
179. Isim yang dijadikan munada mustaghots,itu
harus dijerkan oleh lam yang dibaca fathah seperti يَا
لَلْمُرْتَضَى
وَافْتَحْ مَعَ
الْمَعْطُوفِ إِنْ كَرَّرْتَ يَا * وَفى سِوَى ذَلِكَ
بِالْكَسْرِ ائْتِيَا
180. Lamnya munada mustaghots
beserta ma’thufnya harus dibaca fathah ,jika huruf nida’nya diulang-ulang,jika
tidak diulang-ulang maka harus dijerkan
وَلاَمُ مَا اسْتُغِيثَ عَاقَبَتْ أَلِفْ 600 وَمِثْلُهُ اسْمٌ ذُو تَعَجُّبٍ أُلِفْ
181. Lamnya munada mustaghots dapat
diganti alif ,begitu juga isim ta’ajub,akan tetapi tidak boleh berkumpul antara
lam dan alif
النُّدْ بَةُ
مَا لِلْمُنَادَى اجْعَلْ لِمَنْدُوبٍ وَمَا * نُكِّرَ لَمْ يُنْدَبْ وَلاَ مَا أُبْهِمَا
مَا لِلْمُنَادَى اجْعَلْ لِمَنْدُوبٍ وَمَا * نُكِّرَ لَمْ يُنْدَبْ وَلاَ مَا أُبْهِمَا
NUDBAH
182. Setiap kalimah isim yang bisa
dijadikan munada itu bisa dijadikan munada mandub,kecuali isim nakiroh dan isim
mubham
وَيُنْدَبُ
الْمَوصُولُ بِالَّذِى اشْتَهَرْ * كَـ بِئْرَ زَمْزَمٍ يَلِي وَامَنْ
حَفَرْ
183. Isim maushul
yang masyhur dapat dijadikan munada mandub
seperti وَامَنْ حَفَرَبِئْرَ زَمْزَمَاهْ
وَمُنْتَهى
الْمَنْدُوبِ صِلْهُ بِالأَلِفْ * مَتْلُوُّهَا إِنْ
كَانَ مِثْلَهَا حُذِفْ
كَذَاكَ تَنْوِينُ الَّذِى بِهِ كَمَلْ * مِنْ صِلَةٍ أَوْ غَيْرِهَا نِلْتَ الأَمَلْ
184. Huruf akhir munada mandub itu
boleh diberi alif nudbah,jika huruf sebelum alif itu berupa huruf yang sejenis
,maka harus dibuang lalu dimasuki alif nudbah
185. Begitu pula harus membuang
tanwin yang ada pada shilahnya munada mandub dan lainnya
وَالشَّكْلُ
حَتْماً أَوْلِهِ مُجَانِسَا 605 إِنْ يَكُنِ الفَتْحُ بِوَهْمٍ لاَبِسَا
186. Jika munada mandub dibaca
fathah itu ada iltibas,maka harokatnya wajib diberi huruf yang sejenis
وَوَاقِفاً زِدْ
هَاءَ سَكْتٍ إِنْ تُرِدْ * وَإِنْ تَشَأْ
فَالْمَدُّ وَالْهَا لا تَزِدْ
187. Munada mandub ketika waqof itu
boleh ditambah ha’ sakat dan jika tidak diberi ha’ sakat,maka harus dibaca mad ( panjang )
وَقَائِلٌ
وَاعَبْدِيَا وَاعَبْدَا * مَنْ فى النَّدَا
اليَا ذَا سُكُونٍ أَبْدَى
188. Munada mandub jika
dimundlofkan pada ya’ muttakalim yang
mati,maka boleh wajah 2 yaitu : 1) menetapkan ya’ muttakalim dibaca fathah,kemudian
diberi alif nudbah 2) ya’ muttakalim
diganti alif nudbah dan diberi alif nudbah seperti وَاعَبْدَا
- وَاعَبْدِيَا
التَّرْخِيمُ
تَرْخِيماً احْذِفْ
آخِرَ الْمُنَادَى * كَيَا سُعَا
فِيمَنْ دَعَا سُعَادَا
TARKHIM
189. Akhirnya munada murokhom harus
dibuang seperti يَا سُعَادُ tarkhimnya ياَسُعَا
وَجَوَّزَنْهُ
مُطْلَقاً فى كُلِّ مَا * أُنَّثَ بِالْهَا
وَالَّذِى قَدْ رُخَّمَا
190. Setiap kalimah isim yang
mu’anatsnya dengan ta’ ta’nits itu secara mutlak,dapat dijadikan munada murokhom
بِحَذْفِهَا وَفِّرْهُ بَعْدُ وَاحْظُلاَ 610 تَرْخِيمَ مَا مِنْ هَذِهِ الْهَا قَدْ خَلاَ
191. Munada murokhom yang sudah
membuang ta’ ta’nits,maka tidak boleh membuang huruf lagi
إِلاَّ
الرُّبَاعِىَّ فَمَا فَوْقَ العَلَمْ * دُونَ إِضَافَةٍ
وَإِسْنَادٍ مُتِمّْ
192. Tidak boleh membuang munada
murokhom yang tidak ada ( sepi ) ha’ ta’nits,kecuali isim rubai atau lebih,isim
alam,tidak berupa idlofah dan tidak berupa isnadi
وَمَعَ الآخِرِ
احْذِفِ الَّذِى تَلاَ * إِنْ زِيدَ لَيْناً
سَاكِناً مُكَمَّلاَ
أَرْبَعَةً
فَصَاعِداً وَالْخُلْفُ فى * وَاوٍ وَيَاءٍ
بِهِمَا فَتْحٌ قُفِى
193. Munada murokhom,jika terdiri
dari empat huruf atau lebih,itu huruf sebelum akhir harus dibuang bersama huruf akhir
,
jika berupa huruf len (
layinah )
194. Jika huruf len tersebut berupa
wawu atau ya’,yang berada setelah harokat fathah,maka membuang huruf len itu
masih ada perselisihan para ulama’
وَالْعَجُزَ
احْذِفْ مِنْ مُرَكَّبٍ وَقَلّْ * تَرْخِيمُ
جُمْلَةٍ وَذَا عَمْرٌو نَقَلْ
195. Alam manqul yang terdiri dari
tarqib majzi,jika dijadikan munada murokhom itu kalimah yang akhir harus
dibuang,begitu pula alam manqul dari jumlah ,tetapi hukumnya sedikit dan ini menurut Imam Amr (
Imam Syibawaih )
وَإِنْ نَوَيْتَ
بَعْدَ حَذْفٍ مَا حُذِفْ 615 فَالبَاقِي اسْتَعْمِلْ بِمَا فِيهِ أُلِفْ
196. Bila munada murokhom itu masih
mengira-ngirakan adanya huruf yang sudah dibuang,maka munada tersebut dilakukan
sebagaimana sebelum dibuang
وَاجْعَلْهُ إِنْ
لَمْ تَنْوِ مَحْذُوفاً كَمَا * لَوْ كَانَ
بِالآخِرِ وَضْعاً تُمَّمَا
197. Bila munada murokhom itu tidak
mengira-ngirakan adanya huruf yang dibuang,maka munada dilakukan sebagaimana
munada yang sempurna huruf akhirnya
فَقُلْ عَلَى
الأَوَّلِ فى ثَمُودَ يَا * ثَمُو وَ يَاثَمِى
عَلَى الثَّانِى بِيَا
198. Lafadh يَا ثَمُوْدُ jika diikutkan pada lughot
yang pertama (من ينتظر الحرف الحذف
) , maka
dibaca يَا ثَمُوْ,jika diikutkan pada lughot yang kedua (من
لم ينتظر الحرف الحذف) , maka
dibaca يَا ثَمِى
وَالْتَزِمِ
الأَوَّلَ فى كَمُسْلِمَهْ * وَجَوَّزِ
الوَجْهَيْنِ فى كَمَسْلَمَهْ
199. Kalimah isim jika terdapat ta’
ta’nits fariqoh ( ta’ yang untuk
membedakan antara mudzakar dan mua’anats ),jika dijadikan munada
murokhom,maka harus ikut wajah yang pertama,jika kalimah isim terdapat ta’
ta’nits tidak untuk membedakan mudzakar dan mu’anats,maka boleh 2 wajah yaitu lughot yang pertama dan lughot yang
kedua
وَلاِضْطِرَارٍ
رَخَّمُوا دُونَ نِدَا * مَا لِلنَّدَا
يَصْلُحُ نَحْوُ أَحْمَدَا
200. Kalimah isim yang patut
dijadikan munada murokhom dalam keadaan dlorurot,maka bisa ditarkhim dengan
huruf nida’ seperti اَحْمَدَ
0 komentar :
Posting Komentar