1
التصغير
فُعَيْلاً اجْعَلِ الثُّلَاثِيَّ إذَا * صَغَرْتَهُ نَحْوُ قُذَىٍّ فِي قَذَى
فُعَيْلاً اجْعَلِ الثُّلَاثِيَّ إذَا * صَغَرْتَهُ نَحْوُ قُذَىٍّ فِي قَذَى
TASHGHIR
2.
Isim tsulasi jika
ditasghirkan itu diikutkan
wazan فُعَيْلٌ seperti قَذَى menjadi قُذَىٌّ
فُعَيْعِلٌ مَعَ
فُعَيْعِيْلٍ لِمَا * فَاقَ كَجَعْلِ
دِرْهَمٍ دُرَيْهِمَا
3.
Isim yang hurufnya lebih dari 3 atau 4 keatas,bila
ditashghirkan diikutkan wazan فُعَيْعِلٌ atau فُعَيْعِيْلٌ sepertiدِرْهَمٌ menjadi دُرَيْهِمٌ
وَمَا بِهِ
لِمُنْتَهَى الْجَمْعِ وُصِلْ 835 بِهِ إلَى أمْثِلَةِ التَّصْغِيرِ
صِلْ
4.
Hukum-hukum
yang terdapat dalam shighot muntahal jumu’ juga ditetapkan dalam shighot
tashghir
وَجَائِزٌ
تَعْوِيضُ يَا قَبْلَ الطَّرَفْ * إنْ كَانَ
بَعْضُ الاْسمِ فِيهِمَا انْحذَف
5.
Huruf-huruf yang terbuang dalam shighot muntahal
jumu’ dan shighot tashghir itu boleh diganti dengan ya’ yang berada sebelum akhir
وَحَائِدٌ عَنِ
الْقِيَاسِ كُلُّ مَا * خَالَفَ فِي
الْبَابَيْنِ حُكْماً رُسِمَا
6.
Lafadh-lafadh yang tidak menetapi jama’ taksir dan shighot tashghir itu dihukumi sama’i
لِتِلْوِيَا
التَّصْغِيرِ مِنْ قَبْلِ عَلَمْ * تَأْنِيثٍ أوْ
مَدَّتِهِ الْفَتْحُ انْحَتَمْ
كَذَاكَ مَا مَدَّةَ أَفْعَالٍ سَبَقْ * أَوْ مَدَّ سَكْرَانَ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ
7.
Huruf yang berada setelah ya’ tashghir itu dibaca
fathah,kalau memang berada sebelum ta’ atau alif ta’nits baik mamdudah atau
maqshuroh
8.
Begitu pula harus dibaca fathah huruf-huruf yang
berada sebelum alif yaitu lafadh-lafadh yang ikut wazan اَفْعَالُ atau فَعْلاَنُ dan lafadh-lafadh
yang menyerupainya
وَأَلِفُ
التَّأْنِيثِ حَيْثُ مُدَّا 840 وَتَاؤُهُ مُنْفَصِلَيْنِ عُدَّا
كَذَا الْمَزِيدُ آخِراً لِلنَّسَبِ * وَعَجُزُ الْمُضَافِ وَالْمُرَكَّبِ
وَهَكَذَا زِيَادَتَا فَعْلَانَا * مِنْ بَعْدِ أرْبَعٍ كَزَعْفَرَاناَ
9.
Isim-isim yang diakhiri alif ta’nits mamdudah atau
ta’ ta’nits,ketika ditashghirkan maka ta’ atau alif mamdudah terhitung
munfashil
10.
Begitu pula terhitung munfashil lafadh yang
diakhiri ya’ nisbat,mudlof ilaih,tarqib majzi ( ajuzul murokkab )
11.
Begitu pula terhitung munfashil lafadh yang ziyadah
alif nun serta berada setelah 4 huruf seperti جُعَيْفِرَانُ –
جَعْفَرَانُ
وَقَدِّرِ
انْفِصَال مَا دَلَّ عَلَى * تَثْنِيَةٍ أوْ
جَمْعِ تَصْحِيحٍ جَلَا
12.
Isim tasniyah dan jama’ tashih,ketika ditashghirkan
itu alamat ( tanda ) tasniyah dan jama’ dikira-kirakan infishol
وأَلِفُ التَّأنيثِ
ذُو الْقَصْرِ مَتَى * زَادَ عَلَى
أرْبَعَةٍ لَنْ يَثْبُتَا
13.
Alif ta’nits maqshuroh yang berada melebihi 4 huruf
,ketika ditashghirkan harus dibuang
وَعِنْدَ تَصْغِيْرِ
حُبَارَى خَيِّرِ 845 بَيْنَ الْحُبَيْرَى فَادْرِ
وَالْحُبَيِّرِ
14.
Apabila alif ta’nits maqshuroh didahului oleh
mad,maka ketika ditashghirkan boleh memilih antara membuang alif maqshuroh atau
membuang huruf mad
وَارْدُدْ لِأَصْلِ
ثَانِياً لَيْناً قُلِبْ * فَقِيْمَةً
صَيِّرْ قُوَيْمَةً تُصِبْ
15.
Isim-isim yang huruf kedua berupa huruf len,maka
jika ditashghirkan dikembalikan pada asalnya seperti قُوَيْمَةٌ
–
قِيْمَةٌ
وَشَذَّ في عِيْدٍ
عُبَيدٌ وَخُتِمْ * لِلْجَمْعِ مِنْ
ذَا مَا لِتَصْغِيْرٍ عُلِمْ
16.
Jika huruf len berada pada urutan kedua dan
merupakan gantian dari huruf asal ,maka ketika ditashghirkan itu ada yang tidak
dikembalikan pada asalnya akan tetapi hukumnya syad
Hukum mengembalikan pada huruf
asalnya yang terdapat pada shighot tashghir juga ditetapkan dalam jama’ taksir
وَاْلأَلِفَ
الثَّانِى الْمَزيدُ يُجْعَلُ * وَاواً كَذَا مَا
اْلأَصْلُ فِيْهِ يُجْهَلُ
17.
Isim-isim yang huruf kedua itu berupa alif zaidah
atau berupa alif yang tidak diketahui asalnya,maka bila ditashghirkan harus
diganti dengan wawu
وَكَمِّلِ
الْمَنْقُوصَ فِي التَّصْغِيْرِ مَا * لَمْ يَحْوِ غَيْر التَّاءِ ثَالِثاً كَمَا
18.
Isim yang salah satu huruf asalnya dibuang ketika
ditashghirkan,itu harus disempurnakan jika isim tersebut terdiri dari 2 huruf
atau 3 huruf tapi yang ke 3 ( terakhir ) berupa ta’
وَمَنْ بِتَرْخِيمٍ
يُصَغَّرُ اكْتَفَى 850 بِالأَصْلِ كَالْعُطَيْفِ يَعْني
الْمِعْطَفَا
19.
Tashghir tarhim adalah menyamakan isim pada wazan
tashghir dengan huruf asal seperti عُطَيْفٌ –
مِعْطَفٌ
واخْتِمْ بِتَا
التَّأْنِيثِ مَا صَغَّرْتَ مِنْ * مُؤنَّثٍ عَارٍ
ثُلَاثيٍّ كَسِنْ
مَا لَمْ يَكُنْ بِالتَّا يُرَى ذَا لَبْسِ * كَشَجَرٍ وَبَقَرٍ وَخَمْسِ
20.
Isim mu’anats tsulasi yang sepi ( tidak ada ) ta’
ta’nits,itu ketika ditashghirkan harus diakhiri dengan ta’ ta’nits seperti سُنَيْنَةٌ
- سِتٌّ
21.
Demikian tersebut bila tidak ada iltibas ( serupa
),bila ada iltibas maka tidak boleh diakhiri ta’ ta’nits seperti خُمَيْسٌ
- خَمْسٌ , بُقَيْرٌ - بَقَرٌ , شُجَيْرٌ –
شَجَرٌ
وَشَذَّ تَرْكٌ
دُونَ لَبْسٍ وَنَدَرْ * لَحَاقُ تَا
فِيمَا ثُلَاثِيّاً كَثَرْ
22.
Mentiadakan ta’ pada isim yang tidak ada
iltibas,itu hukumnya syad dan hukumnya nadir bila isim yang lebih dari 3 huruf
yang akhirnya diberi ta’
ketika ditashghirkan
وَصَغَّرُوا شُذُوذاً الَّذِي الَّتي * وَذَا مَعَ
الفُرُوعِ مِنْهَا تَا وَتي
23.
Mentashghirkan isim
mabni itu hukumnya syad
seperti الَّذِى - الُّلذَىَّ
الّتِى- اللُّتَيَّا
النسب
يَاءً كَيَا الْكُرْسِيِّ زَادُوا لِلنَّسَبْ 855 وَكُلُّ مَا تَلِيهِ كَسْرُهُ وَجَبْ
يَاءً كَيَا الْكُرْسِيِّ زَادُوا لِلنَّسَبْ 855 وَكُلُّ مَا تَلِيهِ كَسْرُهُ وَجَبْ
NISBAT
24.
Isim yang dinisbatkan itu harus diberi ya’
musyaddadah seperti الْكُرْسِيُّ,adapun huruf sebelum ya’ dibaca kasroh
وَمِثْلَهُ مِمَّا
حَوَاهُ احْذِفْ وَتَا * تَأْنِيْثٍ أَوْ
مَدَّتَهُ لَا تُثْبِتَا
25.
Isim-isim yang diakhiri ya’ musyaddadah,ketika dinisbatkan
harus dibuang,begitu juga isim yang diakhiri ta’ ta’nits atau alif ta’nits
maqshuroh itu bila dinisbatkan juga harus
dibuang
وَإنْ تَكُنْ
تَرْبَعُ ذَا ثَانٍ سَكَنْ * فَقَلْبُهَا
وَاواً وَحَذْفُهَا حَسَنْ
26.
Alif ta’nits maqshuroh,jika berada pada huruf yang
ke 4,sedangkan huruf yang ke 2 mati ( sukun ),maka bila dinisbatkan boleh wajah
2 yaitu boleh membuang wawu atau mengganti,tapi membuang itu lebih baik
لِشِبْهِهَا
الْمُلْحِقِ وَالأَصْلِيِّ مَا * لَهَا
ولِلأَصْليِّ قَلْبٌ يُعْتَمَى
27.
Alif lil ilhaq maqshuroh dan alif asli,ketika
dinisbatkan seperti alif maqshuroh,tapi alif asli lebih baik diganti wawu
daripada dibuang
وَاْلأَلِفَ
الْجَائِزَ أَرْبَعَا أَزِلْ * كَذَاكَ يَا
الْمَنْقُوصِ خَامِساً عُزِلْ
28.
Alif maqshuroh dan ya’nya isim manqus,jika pada
huruf yang ke 5 keatas ketika dinisbatkan,maka harus dibuang
وَالْحَذْفُ فِي
الْيَا رَابِعاً أَحَقُ مِنْ 860 قَلْبٍ وَحَتْمٌ قَلْبُ ثَالِثٍ
يَعِنّ
29.
Membuang ya’nya isim manqus yang berada pada huruf
yang ke 4,ketika dinisbatkan itu lebih baik daripada mengganti wawu
Bila berada pada huruf yang ke
3,maka harus diganti wawu ketika dinisbatkan
وَأَوْلِ ذَا
الْقَلْبِ انْفِتَاحاً وَفَعِلْ * وَفُعِلٌ
عَيْنَهُمَا افْتَحْ وَفِعِلْ
30.
Ya’nya isim manqus yang diganti wawu,ketika dinisbatkan
itu huruf sebelum wawu itu harus diberi harokat fathah
Isim yang ikut wazan فَعِلٌ, فُعِلٌdan فِعِلٌ itu ketika dinisbatkan a’in fi’ilnya harus dibaca fathah
وَقِيلَ في
الْمَرْمِيِّ مَرْمَوِيُّ * وَاْختِيْرَ في
اسْتِعْمَالِهِمْ مَرْمِيٌّ
31.
Isim-isim yang diakhiri ya’ musyaddadah yang salah
satunya berupa huruf zaidah dan didahului 3 huruf atau lebih,maka ketika
dinisbatkan boleh wajah 2 yaitu membuang huruf zaidah dan mengganti huruf asal
dengan wawu serta membuang ya’ musyaddadah sepertiمَرْوِيٌّ - مَرْمِيٌّ مَرْمِيٌّ – مَرْمِيٌّ , ( sering berlaku )
وَنَحْوُ حَيٍّ
فَتْحُ ثَانِيهِ يَجِبْ * وَارَدُدْهُ
وَاواً إنْ يَكُنْ عَنْهُ قُلِبْ
32.
Isim-isim yang diakhiri ya’ musyaddadah dan sebelumnya
berupa satu huruf,jika dinisbatkan maka huruf yang kedua harus dibaca fathah
dan bila huruf yang kedua berupa wawu , maka harus dikembalikan pada asalnya seperti حَيَوِيٌّ- حَيٌّ
وَعَلَمَ التَّثْنِيَةِ
احْذِفْ لِلنَّسَبْ * وَمِثْلُ ذَا في جَمْعِ تَصْحِيحٍ
وَجَبْ
33.
Isim tasniyah dan jama’ tashih ( jama’ mudzakar
salim atau jama’ mu’anats salim ),jika dinisbatkan maka alamat ( tanda )
tasniyah atau jama’ harus dibuang
وَثَالِثٌ مِنْ
نَحْوِ طَيِّبٍ حُذِفْ 865 وَشَذَّ طَائِيٌّ مَقُولاً
بِالأَلِفْ
34.
Isim-isim yang huruf ketiga berupa ya’ yang dibaca
kasroh serta menjadi mudghom fih ( yang diidghomi ) ,ketika dinisbatkan maka ya’ mudghom fih harus dibuang,adapun ya’ yang diidghomkan harus ditetapkan seperti طَيْبٌ -
طَيْبِيٌّ dan
lafadh طَيْءٌ jika dinisbatkan menjadi طَائِيٌّ itu hukumnya syad
وَفَعَلِيٌّ في
فَعِيلَةَ الْتُزِمْ * وَفُعَليٌّ فِي
فُعَيْلَةٍ حُتِمْ
35.
Isim-isim yang diikutkan wazan فَعِيْلَةٌ itu jika dinisbatkan itu diikutkan
wazan فَعَلِىٌّ dan lafadh yang ikut wazan فُعَيْلَةٌ itu jika dinisbatkan فُعَيْلِىٌّ
وأَلْحَقُوا
مُعَلَّ لَامٍ عَرِيَا * مِنَ
الْمِثَاليْنِ بِمَا التَّا أُوْلِيَا
36.
Isim-isim yang wazan فَعِيْلٌ dan فُعَيْلٌ yang mu’tal lam,ketika dinisbatkan
diikutkan wazan فَعِيْلَةٌ dan فُعَيْلَةٌ
وَتَمَّمُوا مَا
كَانَ كَالطَوِيلَةْ * وَهَكَذَا مَا
كَانَ كَالْجَلِيْلَةْ
37.
Isim-isim yang ikut wazan فَعِيْلَةٌ yang mu’tal a’in seperti طَوِيْلَةٌ menjadi طَوِيْلِىٌّ atau mudlo’af seperti جَلِيْلَةٌ menjadi جَلِيْلِىٌّ,maka ketika dinisbatkan harus
disempurnakan
وَهَمْزُ ذِي مَدٍّ
يُنَالُ فِي النَّسَبْ * مَا كَانَ في
تَثْنِيةٍ لَهُ انْتَسِبْ
38.
Hamzah mamdudah itu ketika dinisbatkan seperti
hamzah mamdudah ketika ditasniyahkan
وَانْسُبْ لِصَدْرِ
جُمْلَةٍ وَصَدْرِ مَا 870 رُكِّبَ مَزْجاً وَلِثَانٍ تَمَّمَا
إضَافَةً مَبْدُوْءَةً بِابْنٍ أَوَ ابْ * أوْ مَالَهُ التَّعْرِيفُ بِالثَّانِي وَجَبْ
39.
Tarqib isnadi dan majzi itu ketika dinisbatkan
cukup dengan menggunakan shodrul murokkab
40.
Adapun tarqib idlofi yang dimulai lafadh اِبْنٌ atau اَبٌ dan lafadh yang bisa mema’rifatkan,itu
jika dinisbatkan cukup menggunakan ajuzul murokkab
فِيمَا سِوَى هَذَا
انْسُبَنْ لِلأَوَّلِ * مَا لَمْ يُخَفْ
لَبْسٌ كَعَبْدِ الأشْهَلِ
41.
Tarqib idlofi yang selain tersebut diatas,jika
dinisbatkan maka cukup menggunakan lafadh yang pertama,demikian itu jika tidak
ada iltibas dan jika ada iltibas maka lafadh yang kedua seperti عَبْدُالْاَشْهَلِ
وَاجْبُرْ بِرَدِّ
اللَّامِ مَا مِنْهُ حُذِفْ * جَوَازاً إنْ
لَمْ يَكُ رَدُّهُ أُلِفْ
فِي جَمْعَيِ التَّصْحِيحِ أَوْ فِيْ التَّثْنِيَةِ * وَحَقُّ مَجْبُورٍ بِهَذِي تَوْفِيَهْ
42.
Isim yang lam fi’ilnya dibuang itu ketika
dinisbatkan boleh dikembalikan lam fi’ilnya,demikian itu jika lam fi’ilnya
tidak dikembalikan pada jama’ tashih dan isim tasniyah
43.
Bila dikembalikan dalam jama’ tashih dan isim
tasniyah,maka ketika dinisbatkan lam fi’ilnya harus dikembalikan
وَبِأَخٍ أُخْتاً
وَبِابْنٍ بِنْتَا 875 أَلْحِقْ وَيُونُسُ أبَى حَذْفَ
التَّا
44.
Nisbatnya lafadh اُخْتٌ dan بِنْتٌ itu seperti اِبْنٌ dan اَخٌ menurut jumhurul ‘ulama’ ( Imam syibawaih
dan Imam Kholil ),tapi menurut Imam Yunus ta’nya tidak harus dibuang
وَضَاعِفِ
الثَّانِيَ مِنْ ثُنَائِي * ثَانيهِ ذُولينٍ
كَلا وَلَائِي
45.
Isim-isim yang terdiri dari 2 huruf yang mana huruf
yang kedua berupa huruf len , maka jika
dinisbatkan harus dilipatkan huruf yang kedua seperti لاَئِيٌّ –
لاَ
وَإِنْ يَكُنْ
كَشِيَةٍ مَا الْفَا عَدِمْ * فَجَبْرُهُ
وَفَتْحُ عَيْنِهِ الْتُزِمْ
46.
Isim-isim yang fa’ fi’ilnya dibuang serta mu’tal
lam,jika dinisbatkan maka harus dikembalikan dan a’in fi’ilnya dibaca fathah (
menurut Imam Syibawaih ) seperti وِشَوِيٌّ - شِيَةٌ
وَالْوَاحِدَ
اذْكُرْ نَاسِباً لِلْجَمْعِ * إنْ لَمْ
يُشَابِهْ وَاحِداً بِالْوَضْعِ
47.
Jama’ ketika dinisbatkan cukup dengan menyebutkan
mufrodnya,jika tidak serupa dengan mufrodnya
وَمَعَ فَاعِلٍ
وَفَعَّالٍ فَعِلْ * فِي نَسَبٍ أَغْنَى
عَنِ اليَا فَقُبِلْ
48.
Cara menisbatkan isim ada yang diikutkan pada wazan
فَاعِلٌ,فَعَّالٌ dan فَعِلٌ yaitu tidak menyebutkan ya’ nisbat
وَغَيْرُ مَا
أَسْلَفُتُهُ مُقَرَّرَا 880 عَلَى الَّذِيْ يُنْقَلُ مِنْهُ
اقْتُصِرَا
49.
Isim-isim yang tidak menetapi ketentuan diatas
dalam tingkah nisbat itu dihukumi syad
الوقف
تَنْوِيناً إِثْرَ فَتْحٍ اجْعَلْ ألِفَا * وَقْفاً وَتِلْوَ غَيْرِ فَتْحٍ احْذِفَا
تَنْوِيناً إِثْرَ فَتْحٍ اجْعَلْ ألِفَا * وَقْفاً وَتِلْوَ غَيْرِ فَتْحٍ احْذِفَا
WAQOF
50.
Tanwin yang berada setelah harokat fathah,ketika
waqof itu diganti alif dan jika berada selain fathah maka harus dibuang
وَاحْذِفْ لِوَقْفٍ
فِي سِوَى اضْطِرَارِ * صِلَةَ غَيْرِ
الْفَتْحِ فِي اْلإِضْمَارِ
51.
Ha’ dlomir yang diharokati selain fathah,jika
keadaan waqof maka shilahnya ( huruf setelahnya ) harus dibuang
وَأَشْبَهَتْ إذَنْ
مُنَوَّناً نُصِبْ * فَأَلِفاً فِي اْلوَقْفِ
نُوْنُهَا قُلِبْ
52.
اِذًا/اِذَنْ ketika waqof itu dihukumi seperti isim munawwan yang manshub
yaitu nunnya diganti dengan alif
وَحَذْفُ يَا الْمَنْقُوصِ ذِي التَّنْوِيْنِ مَا * لَمْ يُنْصَبْ أَوْلَى مِنْ ثُبُوْتٍ فَاعْلَمَا
53.
Membuang ya’nya isim manqus yang ditanwin,ketika
keadaan waqof selain dibaca nashob itu lebih baik daripada menetapkan
وَغَيْرَ ذِيْ التَّنْوِيْنِ بِالْعَكْسِ وَفِي 885 نَحْوِ مُرٍ لُزُومُ
رَدِّ الْيَا اقْتُفِي
54.
Adapun isim manqus
yang tidak ditanwin
itu
hukumnya sebaliknya ( lebih baik menetapkan )
Isim manqus yang a’in fi’ilnya
dibuang,ketika keadaan waqof ya’nya isim manqus harus dikembalikan seperti هَذَا
مُرِى
وَغَيْرِ هَا
التَّأْنِيثِ مِنْ مُحَرَّكِ * سَكِّنْهُ أَوْ
قِفْ رَائِمَ التَّحَرُّكِ
أَوْ أَشْمِمِ الضَّمَّةَ أَوْ قِفْ مُضْعِفاَ * مَا لَيْسَ هَمْزاً أوْ عَلِيلاً إنْ قَفَا
مُحَرَّكاً وَحَرِكَاتٍ انْقُلَا * لِسَاكِنٍ تَحْرِيكُهُ لَنْ يُحْظَلَا
55.
Huruf yang hidup selain ha’ ta’nits,ketika waqof
boleh wajah 5 yaitu :
1- Taskin yaitu mematikan
huruf akhir tanpa berisyaroh,tanpa melipatkan
dan tanpa bersuara
2- Rum yaitu waqof yang
bermaksud atau menuju
harokat huruf akhir
dengan suara pelan
56.
3- Isymam yaitu waqof dengan
mengumpulkan dua bibir
setelah
membaca sukun pada huruf akhir
4-Tadl’if yaitu
waqof dengan melipatkan
huruf akhir , kalau memang
huruf yang akhir tidak berupa hamzah atau
berupa huruf ilat dan huruf
sebelum akhir itu hidup
57.
5-Waqof
naqol yaitu waqof
dengan mematikan huruf
akhir serta
memindah harokat akhir pada huruf sebelum
akhir yang mati
وَنَقْلُ فَتْحٍ
مِنْ سِوَى الْمَهْمُوْزِ لَا * يَرَاهُ
بَصْرِيٌّ وَكُوفٍ نَقَلَا
58.
Memindah harokat fathah selain pada huruf hamzah
itu tidak diperbolehkan menurut ‘ulama’ Bashroh dan menurut ‘ulama Kufah diperbolehkan
والنَّقْلُ إنْ
يُعْدَمْ نَظِيرٌ مُمْتَنِعْ 890 وَذَاكَ فِي الْمَهْمُوزِ لَيْسَ
يَمْتَنِعْ
59.
Waqof naqol itu tidak diperbolehkan , jika tidak mempunyai nadlir (
lafadh yang menyamai lafadh lain dalam segi wazan ),dan bila huruf akhir berupa
hamzah diperbolehkan meskipun tidak ada nadlir
في الْوَقْفِ تَا
تَأْنِيثِ الْاِسْمِ هَا جُعِلْ * إنْ لَمْ يَكُنْ بِسَاكِنٍ صَحَّ
وُصِلْ
60.
Isim yang akhirnya berupa ta’ ta’nits ketika dalam
keadaan waqof ,maka diganti dengan ha’,demikian itu jika huruf sebelum akhir
berupa huruf shohih yang hidup
وَقَلَّ ذَا فِي
جَمْعِ تَصْحِيحٍ وَمَا * ضَاهَى وَغَيْرُ
ذَيْنِ بِالْعَكْسِ انْتَمَى
61.
Mengganti ta’ ta’nits dengan ha’ ketika waqof dalam jama’
tashih,itu diperbolehkan tapi hukumnya sedikit,adapun lafadh yang menyerupai
dan lainnya itu sebaliknya
وَقِفْ بِهَا السَّكْتِ عَلَى الفِعْلِ الْمُعلّ * بِحَذْفِ آخِرٍ
كَأَعْطِ مَنْ سَألْ
وَلَيْسَ حَتْماً فِي سِوَى مَا كَعِ أوْ * كَيَعِ مَجْزُوماً فَرَاعِ مَا رَاعَوا
62.
Fi’il yang mu’tal akhir yang dibuang huruf akhirnya ,maka
ketika tingkah waqof harus diberi ha’ sakat
63.
Demikian itu tidak wajib,kecuali lafadh yang tinggal satu
huruf atau dua huruf yang satu berupa huruf zaidah seperti لَمْ يَعِهْ - لَمْ يَعِ , عِهْ – عِ
وَمَا فِي
الاسْتِفْهَامِ إنْ جُرَّتْ حُذِفْ 895 أَلِفُهَا وَأوْلِهَا ألْهَا إنْ
تَقِفْ
64.
ما istifhamiyah
itu ketika dijerkan alifnya harus dibuang dan ketika waqof harus diberi ha’
sakat
وَلَيْسَ حَتْماً
فِي سِوَى مَا انْخَفَضَا * بِاسْمٍ
كَقَوْلِكَ اقْتِضَاءَ مَ اقْتَضَى
65.
Pemberiaan ha’ sakat pada ما istifhamiyah,ketika tingkah waqof itu tidak wajib kecuali , jika ما istifhamiyah
itu dijerkan oleh isim seperti بِمَهْ - بِمَ : بِمَ , اِقْتِضَاءَ
مَهْ - اِقْتِضَاءَ مَ
وَوَصْلَ ذِيْ
الْهَاءِ أَجِزْ بِكُلِّ مَا * حُرِّكَ
تَحْرِيْك بِنَاءٍ لَزِمَا
66.
Setiap kalimah isim mabni yang berupa harokat yang tetap
kemabniannya,itu boleh diberi ha’ sakat ketika tingkah waqof
وَوَصْلُهَا
بِغَيْرِ تَحْرِيكِ بِنَا * أُدِيْمَ شَذَّ
فِي الْمُدَامِ اسْتُحْسِنَا
67.
Memasang ha’ sakat pada isim yang mabni dengan harokat
yang tidak tetap kemabniannnya itu dihukumi syad
ورُبَّمَا أُعْطِيَ
لَفْظُ الْوَصْلِ مَا * لِلْوَقْفِ
نَثْراً وَفَشَا مُنْتَظِمَا
68.
Lafadh ketika tingkah washol itu kadang-kadang diberi
hukum waqof,akan tetapi hukumnya sedikit dalam kalam natsar (bukan nadlom) dan
hukumnya masyhur jika dalam nadlom
اْلإِماَلَةُ
الألِفَ الْمُبْدَلَ مِنْ يَا فِي طَرِفْ 900 أَمِلْ كَذَا الْوَاقِعُ مِنْهُ الْيَا خَلَفْ
الألِفَ الْمُبْدَلَ مِنْ يَا فِي طَرِفْ 900 أَمِلْ كَذَا الْوَاقِعُ مِنْهُ الْيَا خَلَفْ
IMALAH
69.
Alif yang menjadi ganti dari ya’ dan bertempat diakhir
kalimah itu boleh diimalahkan
دُونَ مَزِيدٍ أَوْ
شُذُوذٍ وَلِمَا * تَلِيهِ هَا
التَّأنِيثِ مَا الْهَا عَدِمَا
70.
Begitu pula alif yang diganti ya’,ketika tasniyah,jama’
atau lainnya serta tidak berupa zaidah dan tidak syad
Alif yang bersamaan dengan ha’
ta’nits itu dihukumi sebagaimana alif yang tidak bersamaan dengan ha’ ta’nits (
ha’ ta’nits tidak menjadi pencegah imalah )
وَهَكَذَا بَدَلُ
عَيْنِ الْفِعْلِ إنْ * يَؤلْ إلَى فِلْتُ كَمَاضِي خَفْ
وَدِنْ
كَذَاكَ تَالِي الْيَاءِ وَالْفَصْلُ اغْتُفِرْ * بِحَرْفٍ أوْ مَعْ هَا كَجَيْبَهَا إدِرْ
71.
Begitu pula boleh dibaca imalah yaitu alif yang menjadi
ganti a’in fi’il yang ikut wazan فِلْتُ yakni fa’ fi’ilnya dikasroh dan a’in fi’ilnya dibuang seperti
madlinya lafadh خَفْ dan دِنْ ( yaitu خَافَ dan دَانَ ) yang
bertemu ya’ muttakallim
72.
Begitu pula boleh dibaca imalah yakni alif yang berada
setelah ya’ yang muttasil atau munfashil ( terpisah ) satu huruf atau 2 huruf
yang salah satunya berupa ha’
كَذَاكَ مَا
يَلِيهِ كَسْرٌ أوْ يَلي * تَالِيَ كَسْرٌ
أوْ سُكُونٍ قَدْ وَلِي
73.
Begitu pula boleh dibaca imalah alif yang berada sebelum
kasroh atau alif yang berada setelah huruf yang setelah kasroh atau alif yang
setelah sukun yang berada setelah kasroh
كَسْراً وَفَصْلُ
الْهَا كَلَا فَصْلٍ يُعَدْ 905 فَدِرْهَمَاكَ مَنْ يُمِلْهُ لَمْ
يُصَدْ
74.
Alif yang berada setelah sukun yang berada setelah kasroh
serta dipisah oleh ha’ itu dihukumi seperti tidak terpisah seperti دِرْهَمَاكَ
وَحَرْفُ الاِستِعْلَا يَكُفُّ مُظْهَرَا * مِنْ كَسْرٍ أوْ يَا وَكَذاَ تَكُفُّ رَا
إنْ كَانَ مَا يَكُفُّ بَعْدَ مَتَّصِلْ * أَوْ بَعْدَ حَرْفٍ أَوْ بِحَرْفَيْنِ فُصِلْ
75.
Huruf isti’la’ dan ro’ itu bisa mencegah sebab-sebab
dibaca imalah
76.
Kalau memang huruf isti’la’ dan ro’ tersebut berada
setelah alif serta muttasil atau munfashil ( terpisah ) akan tetapi terpisah
satu huruf atau dua huruf
كَذَا إذَا قُدِّمَ
مَا لَمْ يَنْكَسِرْ * أوْ يَسْكُنِ أثْرَ الْكَسْرِ
كَالْمِطْوَاعَ مِرْ
77.
Begitu pula bisa mencegah sebab imalah yakni huruf
isti’la’ atau ro’ yang mendahului alif serta jika tidak dikasroh atau berada
sesudah kasroh
وَكَفُّ مُسْتَعْلٍ
وَرَا يَنْكَفُّ * بِكَسْرِ رَا كَغَارِماً لاَ أَجْفُوْ
78.
Huruf isti’la’ atau ro’ yang berlaku sebagai pencegah
sebab imalah,itu bisa ditolak dengan ro’ yang dikasroh seperti غَارِمًا
وَلا تُمِلْ
لِسَبَبٍ لَمْ يَتَّصِلْ 910 وَالْكَفُّ قَدْ يُوجِبُهُ مَا
يَنْفَصِلْ
79.
Sebab imalah yang tidak muttasil itu tidak berlaku
sebagai sebab imalah
Akan tetapi kalau mani’ (
pencegah ) tidak berkumpul dalam satu kalimah ( munfasil ) tetap sebagai mani’
sebagai imalah
وَقَدْ أَمَالُوْا
لِتَنَاسُبٍ بِلاَ * دَاعٍ سِوَاهُ كَعِمَادَا وَتَلاَ
80.
Alif yang tidak mempunyai sebab imalah itu ada yang
dibaca imalah hanya karena menyesuaikan seperti عِمَادًا dan تَلاَ
وَلَا تُمِلْ مَا
لَمْ يَنلْ تَمَكُّنَا * دُونَ سَمَاعٍ غَيْرَهَا
وَغَيْرَنَا
81.
Isim yang mabni selain ها dan نا itu tidak bisa dibaca imalah kecuali sama’i
وَالْفَتْحَ قَبْلَ كَسْرِ
رَاءٍ فِي طَرَفْ * أَمِلْ كَلِلْأَيْسَرِ
مِلْ تُكْفَ الْكُلَفْ
82.
Fathah yang berada sebelumnya ro’ yang dikasroh itu boleh
dibaca imalah seperti مِلْ
لِلْلأَيْسَرِتُكْفَ اْلكُلَفَ
كَذَا الَّذِي
تَلِيهِ هَا التَّأْنِيثِ في * وَقْفٍ إذَا مَا كَانَ غَيْرَ
أَلِفِ
83.
Fathah yang berada sebelum ha’ ta’nits itu ketika
diwaqofkan ,boleh dibaca imalah kalau memang sebelum ha’ ta’nits tidak berupa
alif
التَّصْرِيْفُ
حَرْفٌ وَشِبْهُهُ مِنَ الصَّرْفِ بَرِي 915 وَمَا سِوَاهُمَا بَتَصْرِيْفٍ حَرِي
حَرْفٌ وَشِبْهُهُ مِنَ الصَّرْفِ بَرِي 915 وَمَا سِوَاهُمَا بَتَصْرِيْفٍ حَرِي
TASHRIF
84.
Kalimah huruf dan lafadh yang menyerupainya itu tidak
bisa ditashrif,sedangkan lainnya ( isim mu’rof dan fi’il muttashorif ) itu bisa
ditashrif
وَلَيْسَ أَدْنَى
مِنْ ثُلَاثيٍّ يُرَى * قَابِلَ تَصْرِيفٍ سِوَى مَا
غُيِّرَا
85.
Kalimah yang kurang dari tiga huruf itu tidak bisa
ditashrif,kecuali kurangnya huruf tersebut dikarenakan ada perubahan
وَمُنْتَهَى اسْمٍ
خَمْسٌ اِنْ تَجَرَّدَا * وَإنْ يُزَدْ فِيهِ فَمَا سَبْعاً
عَداَ
86.
Isim mujarrod itu hurufnya paling banyak ada 5
huruf,sedangkan isim mazid hurufnya paling banyak itu ada 7 huruf
وَغَيْرَ آخِرِ
الثُّلَاثِي افْتَحْ وَضُمْ * وَأكسِرْ وَزِدْ تَسْكِينَ ثَانِيْهِ
تَعُمْ
87.
Selain akhirnya isim tsulasi ( fa’ dan a’in fi’il ) itu
boleh dibaca fathah,kasroh dan dlomah,sedangkan untuk a’in fi’ilnya khusus
dibaca sukun
وَفِعُلٌ أُهْمِلَ
وَالْعَكْسُ يَقِلْ * لِقَصْدِهِم تَخْصِيصَ فِعْلٍ
بِفُعِلْ
88.
Wazan فِعُلٌ itu berlaku
muhmal dan sebaliknya ( wazan فُعِلٌ ) berlaku
sedikit karena dikhususkan untuk wazan fi’il mabni majhul
وَافْتَحْ وَضُمَّ
وَاكْسِرِ الثَّانِيَ مِنْ 920 فِعْلٍ ثُلَاثِيٍّ وَزِدْ نَحْوَ
ضُمِنْ
89.
A’in fi’ilnya fi’il tsulasi itu boleh dibaca
fathah,dlomah dan kasroh ( فَعَلُ, فَعُلَ dan فَعِلَ )
وَمُنْتَهَاهُ
أَرْبَعٌ إنْ جُرِّدَا * وَإِنْ يُزَدْ فِيْهِ فَمَا سِتّاً
عَدَا
90.
Fi’il mujarrod hurufnya paling banyak itu ada 4 huruf ,sedangkan fi’il
mazid itu hurufnya paling banyak ada 6
huruf
لِاسْمٍ مُجَرَّدٍ
رُبَاعٍ فَعْلَلُ * وَفِعْلِلٌ وَفِعْلَلٌ وَفُعْلُلُ
91.
Isim ruba’i mujarrod itu wazannya ada 6 yaitu : فَعْلَلٌ, فِعْلِلٌ, فِعْلَلٌ, فُعْلُلٌ, فِعَّلٌ dan فُعْلَلٌ
وَمَعْ فِعَلٍّ
فُعْلَلٌ وَإنْ عَلَا * فَمَعْ فَعَلَّلٍ حَوَى فَعْلَلِلاَ
92.
Isim khumasi mujarrod itu punya 4 wazan yaitu : فَعَلَّلٌ, فَعْلَلِلٌ, فُعَّلِلٌ dan فِعْلَلٌ
كَذَا فُعَلِّلٌ
وَفِعْلَلٌ وَمَا * غَايَرَ لِلزَّيْدِ أَوِالنَّقْصِ
انْتَمَى
93.
Sedangkan lafadh-lafadh yang tidak menetapi wazan
tersebut pasti ada tambahan atau pengurangan
وَالْحَرْفُ إنْ
يَلْزَم فَأَصْلٌ وَالَّذي 925 لاَ يَلْزَمُ الزَّائِدُ مِثْلَ تَا
احْتُذِي
94.
Huruf yang tetap selamanya itu disebut huruf
asal,sedangkan huruf yang tidak tetap itu disebut huruf zaidah ( tambahan )
seperti اُحْتُذِىَ
بضِمْنِ فِعْلٍ
قَابِلِ الْأُصُوْلِ فيِ * وَزْنٍ وَزَائدٌ بِلَفْظِهِ
اكْتُفِي
95.
Untuk membanding huruf asal ,itu cukup dengan fa’
fi’il,a’in fi’il dan lam fi’il,sedangkan huruf zaidah dalam mauzun itu
sama yang ada dalam wazan
وَضَاعِفِ اللَّامَ
إذَا أصْلٌ بِقِي * كَرَاءِ جَعْفَرٍ وَقَافِ فُسْتُقِ
96.
Lam fi’ilnya wazan itu harus dilipatkan,jika huruf
asalnya mauzun itu masih tetap ada setelah dibanding seperti ro’nya lafadh جَعْفَرٌ dan qofnya lafadh فُسْتُقٌ
وَإِنْ يَكُ
الزَّائِدُ ضِعْفَ أَصْلِ * فَاجْعَلْ لَهُ فيِ الْوَزْنِ مَا
لِلأَصْلِ
97.
Bila huruf zaidahnya mauzun itu lipatan huruf asal,maka
huruf asalnya wazan harus dilipatkan seperti قَتَّلَ ikut wazan فَعَّلَ
وَاحْكُمْ
بِتَأصِيلِ حُرُوفِ سِمْسِمِ * وَنَحْوِهِ وَالْخُلْفُ في كَلَمْلِمِ
98.
Lafadh yang terdiri dari empat huruf,sedangkan fa’ dan
a’in fi’ilya dimukarrorkan ( diulangi ) dan tidak dapat dibuang salah
satunya,maka dihukumi huruf asal seperti سِمْسِمٌ dan jika
boleh dibuang maka masih ada khilaf seperti لَمْلِمٌ
فَأَلِفٌ أَكَثَرَ مِنْ
أَصْلَينِ 930 صَاحَبَ زَائِدٌ بِغَيْرِ مَيْنِ
99.
Alif yang bersamaan dengan huruf asal yang lebih dari dua
itu dihukumi zaidah
وَالْيَا كَذَا
وَالْوَاوُ إِنْ لَمْ يَقَعَا * كَمَا هُمَا فِي يُؤْيُؤٍ
وَوَعْوَعَا
100. Ya’ dan
wawu dihukumi zaidah tidak mukarror ( a’in dan fa’ fi’ilnya ) seperti lafadh يُؤْيُؤِ dan وَعْوَعَ itu dihukumi
asal
وَهَكَذَا هَمْزٌ
وَمِيمٌ سَبَقَا * ثَلاثَةً تَأْصِيْلُهَا تَحَقَّقَا
كَذَاكَ هَمْزٌ آخِرٌ بَعْدَ أَلِفْ * أَكْثَرَ مِنْ حَرْفَينِ لَفْظُهَا رَدِفْ
101. Hamzah
dan mim itu dihukumi zaidah ,jika mendahului 3 huruf asal
102. Hamzah
yang berada diakhir kalimah dan berada setelah alif yang didahului oleh huruf
yang lebih dari 2 itu dihukumi zaidah
وَالنُّوْنُ فِي اْلآخِرِ
كَالْهَمْزِ وَفِي * نَحْوِ غَضَنْفَرٍ أَصَالَةً كُفِي
103. Nun yang
berada diakhir setelah alif serta didahului oleh huruf yang lebih dari 2 itu
dihukumi zaidah ,begitu pula dihukumi zaidah yaitu nun yang bertempat diantara
empat huruf ( sebelum nun 2 huruf dan sesudah nun 2 huruf ) seperti غَضَنْفَرٌ
وَالتَّاءُ فِي
التَّأْنِيْثِ وَالْمُضَارَعهْ 935 وَنَحْوِ اْلاِسْتِفْعَالِ
وَالْمُطَاوَعَهْ
104. Ta’
ta’nits,ta’ muthowa’ah,ta’ mudloro’ah dan ta’nya اِسْتَفْعَالَ itu dihukumi zaidah
وَالْهَاءُ وَقْفاً
كَلِمَهْ وَلَمْ تَرَهْ * وَاللَّامُ فيِ اْلإِشَارَةِ
الْمُشْتَهِرَهْ
وَامْنَعْ
زِيَادَةً بِلَا قَيْدٍ ثَبَتْ * إنْ لَمْ تَبَيَّنْ حُجَّةٌ
كَحَظِلَتْ
105. Ha’
ketika tingkah waqof itu dihukumi zaidah seperti لَمْ تَرَهْ
106. Begitu pula
lam yang terdapat pada isim isyaroh dihukumi zaidah
Huruf-huruf yang tidak
menetapi ketentuan-ketentuan diatas itu tidak dikataka zaidah kecuali jika ada
dalil seperti حَظِلَتِ
اْلاِبِلُ
فَصْلٌ فِي
زِيَادَةِ هَمْزَةِ الْوَصِلِ
لِلْوَصْلِ هَمْزٌ سَابِقٌ لَا يَثْبُتُ * إِلاَّ إذَا ابْتُدِى بِهِ كَاسْتَثْبِتُوا
لِلْوَصْلِ هَمْزٌ سَابِقٌ لَا يَثْبُتُ * إِلاَّ إذَا ابْتُدِى بِهِ كَاسْتَثْبِتُوا
ZIYADAH
HAMZAH WASHOL
107. Hamzah
washol itu tidak boleh ditetapkan kecuali dibuat permulaan seperti اِسْتَثْبِتُوْا
وَهْوَ لِفِعْلٍ
مَاضٍ احْتَوَى عَلَى * أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعَةٍ نَحْوُ
انْجَلَى
وَالأَمْرِ
وَالْمَصْدَرِ مِنْهُ وكَذَا 940 أَمْرُ الثُّلَاثِي كَاخْشَ وَامْضِ
وَانْفُذَا
108. Hamzah
washol itu ada yang bertempat pada fi’il madli yang hurufnya lebih dari empat
seperti اِنْجَلَى
109. Serta
fi’il amar dan masdarnya,begitu pula terdapat pada fi’il amar dari fi’il
tsulasi mujarrod seperti اُنْفُذْ , اِمْضِ
, اِخْشَ
وَفِي اسْمٍ اسْتٍ
ابْنٍ ابْنِم سُمِعْ * وَاثْنَيْن وَامْرِىءٍ وَتَأْنِيْثٍ
تَبِعْ
وَايْمُنِ هَمْزُ ألْ كَذَا وَيُبْدَلُ * مَدّاً فِي الاْستِفْهَامِ أوْ يُسَهَّلُ
110. Hamzahya
lafadh اِسْمٌ,اِسْتٌ,اِبْنٌ,اِبْنَمٌ,اِسْنَيْنِ,اِمْرُئٌ ( serta mu’anats ) اَيْمَنٌ (qosam /sumpah ),hamzahnya اَلْ itu disebut hamzah washol,sedangkan hamzahnya اَلْ itu dihukumi sama’i
111. Begitu
pula hamzahnya اَلْ yang berada
setelah hamzah istifham itu boleh dibaca mad dan boleh dibaca tashil
الإبْدَالُ
أَحْرُفُ الإبْدَالِ هَدَأْتَ مُوْطِيَا * فَأَبْدِلِ الْهَمْزَةَ مِنْ وَاوٍ وَيَا
IBDAL
112. Huruf
ibdal itu ada 9 yang terkumpul dalam lafadh هَدَأْتُ مُوْطِيَا
آخِراً إِثْرَ
أَلِفٍ زِيدَ وَفِي * فَاعِلِ مَا أُعِلَّ عَيْناً ذَا
اقْتُفِي
113. Wawu atau
ya’ yang berada diakhir kalimah dan berada setelah alif,maka harus diganti
dengan hamzah
Wawu atau ya’ yang menjadi
a’in fi’ilnya isim fa’il,yang mana fi’ilnya dii’lal dan berada setelah alif
zaidah itu harus diganti dengan hamzah
وَالْمَدُّ زِيدَ
ثَالِثاً فِي الْوَاحِدِ 945 هَمْزاً يُرَى فِي مِثْلِ
كَالْقَلَائِدِ
كَذَاكَ ثَانِي لَيّنَيْنِ اكْتَنَفَا * مَدَّ مَفَاعِلَ كَجَمْعٍ نَيِّفَا
114. Isim
mufrod yang huruf ketiga berupa huruf mad,jika dijama’kan muntahal jumu’,maka mad tersebut harus
diganti dengan hamzah seperti قَلاَئِدُ – قَلاَدَةٌ
115. Apabila
ada 2 huruf len yang mengapit madnya wazan مَفَاعِلَ,maka huruf len yang kedua harus diganti dengan hamzah
وَافْتَحْ وَرُدَّ
الْهَمْزَ يَا فِيْمَا أُعِلْ * لاماً وَفِي مِثْلِ هِرَاوَةًجُعِلْ
116. Hamzah
yang menjadi ganti huruf mad atau ya’ yang berada pada isim mu’tal lam,maka hamzah
tersebut harus diganti ya’ yang difathah seperti هَرَاوَى - هِرَاوَةٌasalnya هَرَاءِوُ
وَاواً وَهَمْزاً أَوَّلَ الْوَاوَيْنِ رُدّْ * فِي بَدْءِ غَيْرِ شِبْهِ وُوْفِيَ
اْلأَشَدْ
117. Apabila
ada dua wawu yang berada pada permulaan kalimah dan wawu yang kedua tidak
merupakan gantian dari alifnya wazan فَاعَلَ,maka wawu yang pertama harus diganti dengan hamzah
وَمَدّاً ابْدِلْ
ثَانِيَ الْهَمْزَيْنِ مِنْ * كِلْمَةٍ انْ يَسْكُنْ كَآثِرِْ وائْتَمِنْ
118. Apabila
ada dua hamzah yang berkumpul dalam satu kalimah,sedangkan hamzah yang kedua
itu mati ( sukun ) ,maka hamzah yang kedua tersebut harus diganti dengan huruf
mad seperti أثِرٌ asalnya أَأْثِرٌ dan أُوْتُمِنَ asalnya أُؤْتُمِنَ
إنْ يُفْتَح اثْرَ
ضَمٍّ اوْ فَتْحٍ قُلِبْ 950 وَاواً وَيَاءً إثْرَ كَسْرٍ
يَنْقَلِبْ
119. Apabila
hamzah yang kedua itu dibaca fathah,yang berada setelah dlomah atau fathah maka
harus diganti wawu dan bila berada
setelah kasroh maka diganti ya’
ذُو الْكَسْرِ
مُطْلَقاً كَذَا وَمَا يُضَمّْ * وَاواً أَصِرْ مَا لَمْ يَكُنْ
لَفْظاً أتَمْ
120. Apabila
hamzah yang kedua dibaca kasroh itu harus diganti ya’ secara mutlak,baik berada
setelah fathah,dlomah atau kasroh
Apabila hamzah dibaca dlomah
,maka diganti wawu secara mutlak asalkan hamzah tidak diakhir kalimah seperti اِوُمٌّ – اُوُمٌّ
فَذَاكَ يَاءً
مُطْلَقاً جَا وَأَؤُمّْ * وَنَحْوُهُ وَجْهَيْنِ في ثَانِيْهِ
أُمّْ
121. Apabila
hamzah kedua diakhir kalimah ,maka diganti ya’ secara mutlak
Apabila hamzah pertama
termasuk hamzah mudloroah,maka hamzah yang
kedua boleh wajah
2 yaitu ibdal
( diganti ya’
) seperti اِوُمٌّ – اُمٌّ dan tahqiq seperti اُؤُمٌّ - اُمْ
وَيَاءً اقْلِبْ
أَلِفاً كَسْراً تَلَا * أوْ يَاءَ تَصْغِيرٍ بِوَاوٍ ذَا
افْعَلَا
122. Apabila
ada alif berada setelah harokat kasroh atau ya’ tashghir,maka harus diganti
dengan ya’
في آخِرٍ أَوْ
قَبْلَ تَا التَّأْنِيْثِ أَوْ * زِيَادَتَي فَعْلَانَ ذَا أيْضاً
رَأَوْا
123. Apabila
ada wawu berada diakhir kalimah yang setelah kasroh, ya’ tashghir,berada
sebelum ta’ ta’nits atau dua huruf ziyadahya wazan فَعْلاَنَ,maka harus diganti ya’
فِي مَصْدَرِ
الْمُعْتَلِّ عَيْنَاً وَالْفِعَلْ 955 مِنْهُ صَحِيْحٌ غَالِباً نَحْوُ الْحِوَلْ
124. Wawu yang
bertempat pada a’in fi’ilnya masdar yang dii’lal fi’ilnya itu harus diganti ya’
dan masdar yang ikut wazan فِعَلُ itu biasanya
ditashihkan seperti حِوَالاً – حَالَ
وَجَمْعُ ذِي
عَيْنٍ أعِلَّ أَوْ سَكَنْ * فَاحْكُمْ بِذَا الإِعْلَالِ فِيْهِ
حَيْثُ عَنْ
125. Wawu yang
menjadi a’in fi’ilnya jama’ yang dii’lal ketika mufrodnya atau wawu mati itu
harus diganti dengan ya’
وَصَحَّحُوا فِعَلَةً وَفِيْ
فِعَلْ * وَجْهَانِ وَالإِعْلَالُ أَوْلَى
كَالْحِيَلْ
126. Wawu yang
menjadi a’in fi’ilnya jama’ taksir yang ikut wazan فِعَالَةٌ itu harus ditashih seperti
حِيْلَةٌ – حِيَلٌ
Wawu yang menjadi a’in
fi’ilnya jama’ tashih yang ikut wazan فِعَلٌ itu boleh wajah 2 yaitu i’lal dan tashih tapi i’lal itu lebih
baik
وَالْوَاوُ لَاماً
بَعْدَ فَتْحٍ يَا انْقَلِبْ * كَالْمُعْطَيَانِ يُرْضَيَانِ وَوَجَبْ
127. Wawu yang
menjadi lam fi’il yang berada pada huruf ke empat atau lebih dan setelah
fathah,maka harus diganti dengan ya’ seperti
مُعْطَيَانِ asalnya
مُعْطَوَانِ , يُرْضَيَانِ asalnya يُرْضَوَانِ
إبْدَالُ وَاوٍ
بَعْدَ ضَمٍّ مِنْ أَلِفْ * وَيَا كَمُوقِنٍ بِذَا لَهَا
اعْتُرِفْ
128. Apabila
ada alif yang berada setelah dlomah,maka harus diganti dengan wawu
Apabila ada ya’ mati yang
berada setelah dlomah maka harus diganti wawu seperti مُوْقِنٌ asalnya مُيْقِنٌ
وَيُكْسَرُ
الْمَضْمُومُ فِي جَمْعٍ كَمَا 960 يُقَالُ هِيمٌ عِنْدَ جَمْعٍ أَهْيَمَا
129. Ya’ mati ( sukun ) yang berada setelah dlomah
dalam jama’ serta ikut wazan فُعْلٌ,maka ya’
tersebut ditetapkan dan fa’ fi’ilnya yang
didlomah
tersebut harus dibaca kasroh seperti هِيْمٌ - اَهْيَمٌ asalnya هُيْمٌ
وَوَاواً اثْرَ
الضَّمِّ رُدَّا الْيَا مَتَى * أُلْفِيَ لَامَ فِعْلٍ أوْ مِنْ
قَبْلِ تَا
كَتَّاءِ بَانٍ
مِنْ رَمَى كَمَقْدُرَهْ * كَذَا إذَا كَسَبُعَانَ صَيَّرَهْ
130. Ya’ yang
berada setelah dlomah serta menjadi lam fi’il atau berada
sebelum ta’ seperti رَمَى yang diikutkan
wazan مَقْدُرَةٌ atau سَبُعَانُ
131. itu
ya’nya harus diganti dengan wawu
وَإِنْ تَكُنْ
عَيْناً لِفُعْلَى وَصْفَا * فَذَاكَ بالْوَجْهَيْنِ عَنْهُمْ
يُلْفَى
132. Ya’ yang
menjadi a’in fi’ilnya isim sifat yang ikut wazan فُعْلَى,maka boleh wajah 2 yaitu i’lal dan tashih
فَصْل
مِنْ لاَمِ فَعْلَى اسْماً أَتَى الْواوُ بَدَلْ * يَاءٍ كَتَقْوَى غَالِباً جَا ذَا الْبَدَلْ
مِنْ لاَمِ فَعْلَى اسْماً أَتَى الْواوُ بَدَلْ * يَاءٍ كَتَقْوَى غَالِباً جَا ذَا الْبَدَلْ
FASHL ( MENGGANTI WAWU YANG ASALNYA DARI YA’ )
133. Ya’ yang
menjadi lam fi’ilnya isim yang ikut wazan فَعْلَى,maka biasanya diganti wawu seperti تَقْوَى asalnya وَقْياً
بِالْعَكْسِ جَاءَ
لَامُ فُعْلَى وَصْفَا 965 وَكَوْنُ قُصْوَى نَادِراً لا
يَخْفَى
134. Wawu yang
menjadi lam fi’ilnya isim sifat yang ikut wazan فُعْلَى,itu harus diganti dengan ya’jika tidak diganti
maka hukumnya nadir seperti قُصْوَى
فَصْل
إنْ يَسْكُنِ السَّابِقُ مِنْ وَاوٍ وَيَا * وَاتَّصَلَا وَمِنْ عُرُوضٍ عَرِيَا
FASHL ( BERKUMPULNYA WAWU DAN YA’
)
135. Apabila
wawu dan ya’ berkumpul dalam satu kalimah serta yang pertama mati asal,maka
wawu harus diganti dengan ya’
فَيَاءً الْوَاوَ
اقْلِبَنَّ مُدْغِمَا * وَشَذَّ مُعْطىً غَيْرَ مَا قَدْ
رُسِمَا
136. Memberi
hukum pada lafadh yang tidak menetapi syarat,itu hukumnya syad
مِنْ وَاوٍ أوْ يَاءٍ بِتَحْرِيكٍ أُصِلْ * أَلِفاً ابْدِلْ
بَعْدَ فَتْحٍ مُتَّصِلْ
إنْ حُرِّكَ التَّالِي وَإنْ سُكِّنَ كَفّْ * إعْلاَلُ غَيْرِ الَّلامِ وَهْيَ لاَ يُكَفّْ
إعْلَالُهَا بِسَاكِنٍ غَيْرِ أَلِفْ 970 أوْ يَاءٍ التَّشْدِيْدُ فِيْهَا قَدْ أُلِفْ
137. Apabila
ada wawu atau ya’ hidup asal yang berada setelah fathah dan muttasil itu harus
diganti dengan alif
138. Demikian
itu apabila berada setelah huruf yang hidup dan jika berada setelah huruf yang
mati ,maka tidak boleh diganti dengan alif,kalau memang wawu atau ya’ tidak
menjadi lam fi’il dan bila menjadi lam fi’il maka boleh diganti dengan alif
139. Meskipun
berada setelah huruf yang mati selain huruf alif atau ya’ yang ditasydid
وَصَحّ عَيْنُ
فَعَلٍ وَفَعِلَا * ذَا أَفْعَلِ كَأَغْيَدٍ
وَأَحْوَلَا
140. Apabila
wawu atau ya’ itu menjadi lam fi’ilnya isim yang ikut wazan فَعَلٌ atau madlinya ikut wazan فَعِلَ serta mempunyai isim fa’il اَفْعَلٌ,maka harus ditashih seperti اَغْيَدٌ - غَيَدٌ - غَيِدَ , اَحْوَلٌ - حَوَلٌ – حَوِلَ
وَإنْ يَبِنْ
تَفَاعُلُ مِنِ افْتَعَلْ * وَالْعَيْنُ وَاوٌ سَلِمَتْ وَلَمْ
تُعَلْ
141. Wawu yang
menjadi a’in fi’ilnya fi’il yang ikut wazan اِفْتِعَلَ yang bermakna تَفَاعَلَ ( musyarokah ),maka wawu harus ditashih
وَإِنْ
لِحَرْفَيْنِ ذَا اْلإِعْلَالُ اسْتُحِقّْ * صُحِّحَ أَوَّلٌ وَعَكْسٌ قَدْ
يَحِقّْ
142. Apabila
ada dua huruf yang sama-sama berhak dii’lal,maka huruf pertama harus ditashih ( tidak dii’lal ) akan tetapi ada yang sebaliknya ( huruf yang kedua
ditashih )
وَعَيْنُ مَا
آخِرَهُ قَدْ زِيْدَ مَا * يَخُصُّ اْلاِسْمَ وَاجِبٌ أَنْ
يَسْلَمَا
وَقَبْلَ بَا اقْلِبْ مِيماً النُّونَ إِذَا 975 كَانَ مُسَكَّناً كَمَنْ بَتَّ انْبِذَا
143. Wawu atau
ya’ yang menjadi a’in fi’ilnya isim yang akhirnya dialamati dengan alamat yang
khusus masuk pada kalimah isim,maka wawu atau ya’ tersebut harus ditashih
144. Nun yang
mati serta berada sebelum ba’,maka harus diganti dengan mim seperi مَنْ بَتَّ انْبَذَا ( dalam segi bacaan )
فصْلٌ
لِسَاكِنٍ صَحَّ انْقُلِ التَّحْرِيكَ مِنْ * ذِي لِينٍ آتٍ عَيْنَ فِعْلٍ كَأَبِنْ
لِسَاكِنٍ صَحَّ انْقُلِ التَّحْرِيكَ مِنْ * ذِي لِينٍ آتٍ عَيْنَ فِعْلٍ كَأَبِنْ
مَا لَمْ يَكُنْ
فِعْلَ تَعَجُّبٍ وَلَا * كَابْيَضَّ أَوْ أَهْوَى بِلَامٍ
عُلِّلَا
FASHL ( MEMINDAH HAROKAT PADA
HURUF YANG MATI SEBELUMNYA )
145. Apabila
ada wawu atau ya’ yang menjadi a’in fi’ilnya fi’il yang berada sebelum huruf
shohih mati,maka harokatnya wawu atau ya’ dipindah pada huruf sebelumnya
seperti اَبِنْ asalnya اَبْيِنْ
146. Demikian
itu apabila itu apabila tidak berupa fi’il ta’ajub,mudlo’af seperti اَبْيَضُّ dan mu’tal lam seperti اَهْوَى
ومِثْلُ فِعْلٍ فِي
ذَا الاعْلَالِ اسْمُ * ضَاهَى مُضَارِعاً وَفِيْهِ وَسْمُ
147. Kalimah
isim yang serupa dengan fi’il mudlori’ dalam segi wazan dan ziyadahnya itu bisa
dii’lal naqol sebagaimana kalimah fi’il
وَمِفْعَلٌ صُحِّحَ
كالْمِفْعَالِ * وَأِلِفَ الإفْعَالِ وَاسْتِفْعَالِ
أَزِلْ لِذَا
الإِعْلَالِ وَالتَّا الْزَمْ عِوَضْ 980 وَحَذْفُهَا بِالنَّقْلِ رُبَّمَا
عَرَضْ
148. Wawu atau
ya’ yang menjadi a’in fi’ilnya isim yang ikut wazan مِفْعَلٌ dan مِفْعَالٌ itu harus
ditashih
149. Alifnya
wazan اِفْعَالٌ dan اِسْتِفْعَالٌ itu harus
dibuang,jika a’in fi’ilnya berupa huruf ilat,kemudian mendatangkan ta’ ta’nits
pada akhir kalimah sebagai ganti huruf yang terbuang
Kadang-kadang membuang ta’
ta’nits akan tetapi hukumnya sama’i
وَمَا لإفْعَالٍ
مِنَ الْحَذْفِ وَمِنْ * نَقْلٍ فَمَفْعُولٌ بِهِ أَيْضاً
قَمِنْ
150. Isim
maf’ul yang ikut wazan مَفْعُوْلٌ yang mu’tal
a’in,itu bisa dii’lal naqol dan i’lal hadf ( membuang ) sebagaimana i’lal wazan
اَفْعَالٌ
نَحْوُ مَبِيعٍ
وَمَصُونٍ وَنَدَرْ * تَصْحِيحُ ذِيْ الْوَاوِ وَفي ذِيْ الْيَا
اشْتَهَرْ
151. Hukumnya
nadir mentashih isim maf’ul yang a’in fi’ilnya berupa wawu dan jika berupa
ya’,maka hukumnya masyhur
وَصَحِّحِ
الْمَفْعُولَ مِنْ نَحْوِ عَدَا * وَأَعْلِلِ اِنْ لَمْ تَتَحَرَّ
الأَجْوَدَا
152. Isim
maf’ul dari wazan مَفْعُوْلٌ yang madlinya
ikut wazan فَعَلَ serta lam fi’ilnya berupa wawu itu boleh
wajah 2 yaitu tashih dan i’lal,tapi yang lebih baik adalah tashih seperti مَعْدِىٌّ - مَعْدُوٌّ – عَدًا
كَذَاكَ ذَا
وَجْهَيْنِ جَا الْفُعُولُ مِنْ * ذِي الْوَاوِ لَامَ جَمْعٍ أوْ فَرْدٍ
يَعِنْ
153. Wawu yang
menjadi lam fi’ilnya jama’ atau mufrod yang diikutkan wazan فُعُوْلٌ itu boleh
wajah 2 yaitu tashih dan i’lal
وَشَاعَ نَحْوُ
نُيَّمٍ فِي نُوَّم ِ 985 وَنَحْوُ نُيَّامٍ شُذُوذُهُ نُمِي
154. Hukumnya
banyak mengganti wawu dengan ya’,ketika menjadi a’in fi’ilnya isim yang ikut
wazan فُعَّلٌ yang lam fi’ilnya berupa huruf shohih,bila diikutkan wazan فُعَّالٌ maka harus ditashih dan bila dii’lal hukumnya syad seperti نُوَّامٌ - نِيَّامٌ – نُوَّمٌ
فصْلٌ
ذُو اللِّينِ فَا تَا فِي افْتِعَالٍ أُبْدِلا * وَشَذَّ فِي ذِي الْهَمْزِ نَحْوُ ائْتِكَلَا
ذُو اللِّينِ فَا تَا فِي افْتِعَالٍ أُبْدِلا * وَشَذَّ فِي ذِي الْهَمْزِ نَحْوُ ائْتِكَلَا
FASHL ( MENGGANTI FA’ اِفْتِعَالٌ DENGAN TA’ )
155. Wawu dan
ya’ yang menjadi fa’ fi’ilnya wazan اِفْتِعَلَ itu harus diganti ta’ , jika wawu atau ya’ tersebut
asalnya hamzah bila diganti dengan ya’,maka hukumnya syad seperti اِئْتَكَلَ – اِيْتَكَلَ – اِتَّكَلَ
طَا تَا افْتِعَالٍ
رُدَّ إِثْرَ مُطْبَقِ * فِي ادَّانَ وَازْدَدْ وَادَّكِرْ دَالاًّ بَقِي
156. Ta’nya
wazan اِفْتِعَالٌَ itu harus diganti dengan tho’ bila berada setelah huruf ithbaq
dan jika berada setelah huruf dal,dzal dan za’ maka harus diganti dengan dal
فصل
فَا أَمْرٍ مُضَارِعٍ مِنْ كَوَعَدْ * اِحْذِفْ وَفِي كَعِدَةٍ ذَاك اطَّرَدْ
فَا أَمْرٍ مُضَارِعٍ مِنْ كَوَعَدْ * اِحْذِفْ وَفِي كَعِدَةٍ ذَاك اطَّرَدْ
FASHL ( MEMBUANG FA’ AMAR DAN
MUDLORI’ )
157. Fi’il
madli yang ikut wazan فَعَلَ yang fa’
fi’ilnya berupa wawu dalam mudlori’ dan amarnya maka harus dibuang seperti وَعَدَ – يَعِدَ ,begitu pula dalam masdarnya tapi akhirnya harus ditambah dengan ta’ seperti عِدَةً – عِدْ
وَحَذْفُ هَمْزِ
أفْعَلَ اسْتَمَرَّ فِي * مُضَارِعٍ وَبِنْيَتَيْ مُتَّصِفِ
158. Hamzahnya
lafadh yang ikut wazan اَفْعَلَ itu ketika
mudlori’nya dan isim maf’ul serta isim fa’ilnya itu harus dibuang
ظِلْتُ وَظَلْتُ
فِي ظَلِلْتُ اسْتُعمِلَا 990 وَقِرْنَ في اقْرِرْنَ وَقَرْنَ
نُقِلَا
159. Fi’il
madli yang ikut wazan فَعِلَ,mudlo’af serta
diisnadkan ( muttasil ) pada dlomir rofa’ mutaharri’ itu boleh wajah 3 yaitu اِتمَامٌ seperti ظَلِلْتُ,membuang lam fi’ilnya setelah harokat a’in fi’il dipindah pada
fa’ fi’il seperti ظِلْتُ dan membuang
lam fi’ilya tanpa memindah harokat seperti ظُلْتُ
Sedangkan fi’il mudlori’ dan
fi’il amar yang mudlo’af serta ikut wazan يَفْعِلُ dan muttasil dengan jama’ inats,maka a’in fi’ilnya boleh
dibuang,sedangkan jika diikutkan wazan يَفْعَلُ membuang a’in fi’ilnya itu hukumnya syad
الإدغام
أَوَّلَ مِثْلَينِ مُحَرَّكَيْنِ فِي * كِلْمَةٍ ادْغِمْ لَا كَمِثْلِ صُفَفِ
وَذُلُلِ وَكِلَلٍ وَلَبَبِ * وَلَا كَجُسَّسٍ وَلَا كَاْخْصُصَ بِي
وَلَا كَهَيْلَلٍ وَشَذَّ فِي أَلِلْ * وَنَحْوِه فَكٌ بِنَقْلٍ فَقُبِلْ
IDGHOM
160. Apabila
ada dua huruf yang sama serta hidup keduanya,maka huruf yang pertama harus
diidghomkan
161. Kalau
memang tidak ikut wazan فُعَلٌ, فُعُلٌ, فِعَلٌ dan فَعَلٌ serta lafadh yang pertama tidak ditasydid atau lafadh yang
kedua tidak berupa harokat عَارِضِى ( harokat yang
baru )
162. Serta
tidak berupa lafadh yang mulhak
Hukumnya syad bila tidak
mengidghomkan lafadh yang telah memenuhi syarat seperti اُلِلٌ
وَحَيِيَ افْكُكْ
وَادّغِمْ دَونَ حَذَرْ * كَذَاكَ نَحْوُ تَتَجَلَّى
وَاسْتَتَرْ
163. Apabila
ada dua ya’ yang berkumpul dalam satu kalimah yang hidup dan lazimah,maka boleh
wajah 2 yaitu idghom dan tidak ( فَكُّ اْلاِدْغَامِ ) seperti حَيَّ - حَيِيَ
Begitu juga ta’ yang terkumpul
serta menjadi permulaan kalam atau ta’ yang terkandung dalam wazan اِفْتَعَلَ seperti اِتَّجَلَى -
تَتَجَلَّى , -
اِسْتَتَر سَتَّرَ
وَمَا بِتَاءَيْنِ
ابْتُدِي قَدْ يُقْتَصَرْ 995 فِيهِ عَلَى تَاكَتَبَيَّنُ
الْعِبَرْ
164. Fi’il
mudlori’ yang didahului dua ta’ itu salah satunya boleh dibuang seperti
تَتَبَيَّنَ
- تَبَيَّنَ
وَفُكَّ حَيْثُ
مُدْغَمٌ فِيْهِ سَكِنْ * لِكَوْنِهِ بِمُضْمَرِ الرَّفْعِ اقْتَرَنْ
نَحْوُ حَلَلْتُ مَا حَلَلْتَهُ وَفِي * جَزْمٍ وَشِبْهِ الْجَزْمِ تَخْيِيرٌ قُفِي
165. Apabila
ada mudghom fih itu mati dikarenakan bertemu dengan dlomir rofa’ mutaharri’
maka tidak boleh diidghomkan
166. Seperti حَلَلْتُ مَا حَلَلْتَهُ
Apabila matinya itu karena
jazm atau syibhil jazm ( شبه الجزم ) maka boleh
wajah 2 yaitu idghom dan tidak idghom seperti لَمْ يَحُلَّ - لَمْ يَحْلُلْ
وَفَكُّ أفْعِلْ
فِي التَّعَجُّبِ الْتُزِمْ * وَالْتُزِمَ الإدْغَامُ أيْضاً فيِ
هَلُمْ
167. Apabila
ada dua huruf yang sejenis serta terdapat pada shighot ta’ajub yang ikut wazan اَفْعِلْ itu tidak boleh diidghomkan
Adapun lafadh هَلُمَّ ( isim fi’il amar ) itu wajib diidghomkan
خاتمة الألفية
وَمَا بِجَمْعِهِ عُنِيتُ قَدْ كَمَلْ * نَظْماً عَلَى جُلِّ الْمُهِمَّاتِ
اشْتَمَلْ
168. Apa yang
menjadi kehendak saya ( syekh Ibnu Malik ) mengumpulkan masalah-masalah
nahwu,sekarang sudah sempurna berupa nadhom yang memuat masalah-masalah nahwu
yang penting
أَحْصَى مِنَ
الْكَافِيَةِ الْخُلَاصَهْ 1000 كَمَا اقْتَضَى غِنىً بِلَا
خَصَاصَهْ
169. Nadhom
saya ( Syekh Ibnu Malik ) ini memuat sari-sarinya kitab Kafiyah maka pantas
diberi nama Khulashoh ,sengaja untuk mencukupi segala macam masalah nahwiyah
sehingga tidak membutuhkan pada kitab lain
فَأَحْمَدُ اللهَ
مُصَلِّياً عَلَى * مُحَمَّدٍ خَيْرِ نَبِيٍّ أُرْسِلَا
170. Maka saya
memuji kepada Alloh seraya memohon rohmat ta’dhim kepada nabi Muhammad yang
sebaik-baik nabi yang diutus
وَآلِهِ الْغُرِّ الْكِرَامِ الْبَرَرَهْ * وَصَحْبِهِ اْلمُنْتَخَبِيْنَ الْخِيَرَهْ
171. Dan
semoga juga terlimpahkan kepada keluarganya yang bercahaya,yang mulia-mulia
serta yang baik dan kepada sahabat-sahabatnya yang terpilih
تمت
By MA.FADLLY
LANGITAN,Snkli,14
R.Akhir 1434 H.
25
Pebruari 2013 M.
0 komentar :
Posting Komentar