Home » » Terjemah al Fiyyah Juz 5

Terjemah al Fiyyah Juz 5






1          
التصغير
فُعَيْلاً اجْعَلِ الثُّلَاثِيَّ إذَا    
  *      صَغَرْتَهُ نَحْوُ قُذَىٍّ فِي قَذَى
TASHGHIR
2.             Isim  tsulasi  jika  ditasghirkan  itu  diikutkan  wazan  فُعَيْلٌ  seperti  قَذَى    menjadi قُذَىٌّ

فُعَيْعِلٌ مَعَ فُعَيْعِيْلٍ لِمَا      *      فَاقَ كَجَعْلِ دِرْهَمٍ دُرَيْهِمَا

3.             Isim yang hurufnya lebih dari 3 atau 4 keatas,bila ditashghirkan diikutkan wazan  فُعَيْعِلٌ atau فُعَيْعِيْلٌ sepertiدِرْهَمٌ  menjadi دُرَيْهِمٌ

وَمَا بِهِ لِمُنْتَهَى الْجَمْعِ وُصِلْ    835    بِهِ إلَى أمْثِلَةِ التَّصْغِيرِ صِلْ

4.             Hukum-hukum yang terdapat dalam shighot muntahal jumu’ juga ditetapkan dalam shighot tashghir

وَجَائِزٌ تَعْوِيضُ يَا قَبْلَ الطَّرَفْ     *      إنْ كَانَ بَعْضُ الاْسمِ فِيهِمَا انْحذَف

5.             Huruf-huruf yang terbuang dalam shighot muntahal jumu’ dan shighot tashghir itu boleh diganti dengan ya’ yang berada sebelum akhir

وَحَائِدٌ عَنِ الْقِيَاسِ كُلُّ مَا      *      خَالَفَ فِي الْبَابَيْنِ حُكْماً رُسِمَا

6.             Lafadh-lafadh yang tidak menetapi jama’ taksir dan shighot tashghir itu dihukumi sama’i
لِتِلْوِيَا التَّصْغِيرِ مِنْ قَبْلِ عَلَمْ      *      تَأْنِيثٍ أوْ مَدَّتِهِ الْفَتْحُ انْحَتَمْ

 كَذَاكَ مَا مَدَّةَ أَفْعَالٍ سَبَقْ    
  *      أَوْ مَدَّ سَكْرَانَ وَمَا بِهِ الْتَحَقْ

7.             Huruf yang berada setelah ya’ tashghir itu dibaca fathah,kalau memang berada sebelum ta’ atau alif ta’nits baik mamdudah atau maqshuroh
8.             Begitu pula harus dibaca fathah huruf-huruf yang berada sebelum alif yaitu lafadh-lafadh yang ikut wazan اَفْعَالُ atau فَعْلاَنُ dan lafadh-lafadh yang menyerupainya

وَأَلِفُ التَّأْنِيثِ حَيْثُ مُدَّا    840    وَتَاؤُهُ مُنْفَصِلَيْنِ عُدَّا

كَذَا الْمَزِيدُ آخِراً لِلنَّسَبِ    
  *      وَعَجُزُ الْمُضَافِ وَالْمُرَكَّبِ

وَهَكَذَا زِيَادَتَا فَعْلَانَا    
  *      مِنْ بَعْدِ أرْبَعٍ كَزَعْفَرَاناَ


9.             Isim-isim yang diakhiri alif ta’nits mamdudah atau ta’ ta’nits,ketika ditashghirkan maka ta’ atau alif mamdudah terhitung munfashil
10.         Begitu pula terhitung munfashil lafadh yang diakhiri ya’ nisbat,mudlof ilaih,tarqib majzi ( ajuzul murokkab )
11.         Begitu pula terhitung munfashil lafadh yang ziyadah alif nun serta berada setelah 4 huruf seperti جُعَيْفِرَانُ جَعْفَرَانُ

وَقَدِّرِ انْفِصَال مَا دَلَّ عَلَى      *      تَثْنِيَةٍ أوْ جَمْعِ تَصْحِيحٍ جَلَا

12.         Isim tasniyah dan jama’ tashih,ketika ditashghirkan itu alamat ( tanda ) tasniyah dan jama’ dikira-kirakan infishol
وأَلِفُ التَّأنيثِ ذُو الْقَصْرِ مَتَى      *      زَادَ عَلَى أرْبَعَةٍ لَنْ يَثْبُتَا

13.         Alif ta’nits maqshuroh yang berada melebihi 4 huruf ,ketika ditashghirkan harus dibuang

وَعِنْدَ تَصْغِيْرِ حُبَارَى خَيِّرِ    845    بَيْنَ الْحُبَيْرَى فَادْرِ وَالْحُبَيِّرِ

14.         Apabila alif ta’nits maqshuroh didahului oleh mad,maka ketika ditashghirkan boleh memilih antara membuang alif maqshuroh atau membuang huruf mad

وَارْدُدْ لِأَصْلِ ثَانِياً لَيْناً قُلِبْ      *      فَقِيْمَةً صَيِّرْ قُوَيْمَةً تُصِبْ

15.         Isim-isim yang huruf kedua berupa huruf len,maka jika ditashghirkan dikembalikan pada asalnya seperti قُوَيْمَةٌ قِيْمَةٌ

وَشَذَّ في عِيْدٍ عُبَيدٌ وَخُتِمْ      *      لِلْجَمْعِ مِنْ ذَا مَا لِتَصْغِيْرٍ عُلِمْ

16.         Jika huruf len berada pada urutan kedua dan merupakan gantian dari huruf asal ,maka ketika ditashghirkan itu ada yang tidak dikembalikan pada asalnya akan tetapi hukumnya syad
Hukum mengembalikan pada huruf asalnya yang terdapat pada shighot tashghir juga ditetapkan dalam jama’ taksir

وَاْلأَلِفَ الثَّانِى الْمَزيدُ يُجْعَلُ      *      وَاواً كَذَا مَا اْلأَصْلُ فِيْهِ يُجْهَلُ

17.         Isim-isim yang huruf kedua itu berupa alif zaidah atau berupa alif yang tidak diketahui asalnya,maka bila ditashghirkan harus diganti dengan wawu

وَكَمِّلِ الْمَنْقُوصَ فِي التَّصْغِيْرِ مَا     *       لَمْ يَحْوِ غَيْر التَّاءِ ثَالِثاً كَمَا

18.         Isim yang salah satu huruf asalnya dibuang ketika ditashghirkan,itu harus disempurnakan jika isim tersebut terdiri dari 2 huruf atau 3 huruf tapi yang ke 3 ( terakhir ) berupa ta’

وَمَنْ بِتَرْخِيمٍ يُصَغَّرُ اكْتَفَى    850    بِالأَصْلِ كَالْعُطَيْفِ يَعْني الْمِعْطَفَا

19.         Tashghir tarhim adalah menyamakan isim pada wazan tashghir dengan huruf asal seperti عُطَيْفٌ مِعْطَفٌ

واخْتِمْ بِتَا التَّأْنِيثِ مَا صَغَّرْتَ مِنْ     *       مُؤنَّثٍ عَارٍ ثُلَاثيٍّ كَسِنْ

مَا لَمْ يَكُنْ بِالتَّا يُرَى ذَا لَبْسِ    
  *      كَشَجَرٍ وَبَقَرٍ وَخَمْسِ

20.         Isim mu’anats tsulasi yang sepi ( tidak ada ) ta’ ta’nits,itu ketika ditashghirkan harus diakhiri dengan ta’ ta’nits seperti سُنَيْنَةٌ - سِتٌّ
21.         Demikian tersebut bila tidak ada iltibas ( serupa ),bila ada iltibas maka tidak boleh diakhiri ta’ ta’nits seperti خُمَيْسٌ - خَمْسٌ , بُقَيْرٌ - بَقَرٌ , شُجَيْرٌ شَجَرٌ

وَشَذَّ تَرْكٌ دُونَ لَبْسٍ وَنَدَرْ      *      لَحَاقُ تَا فِيمَا ثُلَاثِيّاً كَثَرْ

22.         Mentiadakan ta’ pada isim yang tidak ada iltibas,itu hukumnya syad dan hukumnya nadir bila isim yang lebih dari 3 huruf yang akhirnya diberi ta’ ketika ditashghirkan

وَصَغَّرُوا شُذُوذاً الَّذِي الَّتي      *      وَذَا مَعَ الفُرُوعِ مِنْهَا تَا وَتي
23.         Mentashghirkan  isim  mabni  itu  hukumnya  syad  seperti  الَّذِى - الُّلذَىَّ الّتِى- اللُّتَيَّا
النسب
يَاءً كَيَا الْكُرْسِيِّ زَادُوا لِلنَّسَبْ  
  855    وَكُلُّ مَا تَلِيهِ كَسْرُهُ وَجَبْ
NISBAT

24.         Isim yang dinisbatkan itu harus diberi ya’ musyaddadah seperti الْكُرْسِيُّ,adapun huruf sebelum ya’ dibaca kasroh

وَمِثْلَهُ مِمَّا حَوَاهُ احْذِفْ وَتَا      *      تَأْنِيْثٍ أَوْ مَدَّتَهُ لَا تُثْبِتَا

25.         Isim-isim yang diakhiri ya’ musyaddadah,ketika dinisbatkan harus dibuang,begitu juga isim yang diakhiri ta’ ta’nits atau alif ta’nits maqshuroh itu bila dinisbatkan juga harus dibuang

وَإنْ تَكُنْ تَرْبَعُ ذَا ثَانٍ سَكَنْ      *      فَقَلْبُهَا وَاواً وَحَذْفُهَا حَسَنْ

26.         Alif ta’nits maqshuroh,jika berada pada huruf yang ke 4,sedangkan huruf yang ke 2 mati ( sukun ),maka bila dinisbatkan boleh wajah 2 yaitu boleh membuang wawu atau mengganti,tapi membuang itu lebih baik

لِشِبْهِهَا الْمُلْحِقِ وَالأَصْلِيِّ مَا      *      لَهَا ولِلأَصْليِّ قَلْبٌ يُعْتَمَى

27.         Alif lil ilhaq maqshuroh dan alif asli,ketika dinisbatkan seperti alif maqshuroh,tapi alif asli lebih baik diganti wawu daripada dibuang

وَاْلأَلِفَ الْجَائِزَ أَرْبَعَا أَزِلْ      *      كَذَاكَ يَا الْمَنْقُوصِ خَامِساً عُزِلْ
28.         Alif maqshuroh dan ya’nya isim manqus,jika pada huruf yang ke 5 keatas ketika dinisbatkan,maka harus dibuang

وَالْحَذْفُ فِي الْيَا رَابِعاً أَحَقُ مِنْ    860    قَلْبٍ وَحَتْمٌ قَلْبُ ثَالِثٍ يَعِنّ

29.         Membuang ya’nya isim manqus yang berada pada huruf yang ke 4,ketika dinisbatkan itu lebih baik daripada mengganti wawu
Bila berada pada huruf yang ke 3,maka harus diganti wawu ketika dinisbatkan

وَأَوْلِ ذَا الْقَلْبِ انْفِتَاحاً وَفَعِلْ      *      وَفُعِلٌ عَيْنَهُمَا افْتَحْ وَفِعِلْ

30.         Ya’nya isim manqus yang diganti wawu,ketika dinisbatkan itu huruf sebelum wawu itu harus diberi harokat fathah
Isim yang ikut wazan فَعِلٌ, فُعِلٌdan فِعِلٌ itu ketika dinisbatkan a’in fi’ilnya harus dibaca fathah

وَقِيلَ في الْمَرْمِيِّ مَرْمَوِيُّ      *      وَاْختِيْرَ في اسْتِعْمَالِهِمْ مَرْمِيٌّ

31.         Isim-isim yang diakhiri ya’ musyaddadah yang salah satunya berupa huruf zaidah dan didahului 3 huruf atau lebih,maka ketika dinisbatkan boleh wajah 2 yaitu membuang huruf zaidah dan mengganti huruf asal dengan wawu serta membuang ya’ musyaddadah sepertiمَرْوِيٌّ - مَرْمِيٌّ  مَرْمِيٌّ مَرْمِيٌّ ,  ( sering berlaku )

وَنَحْوُ حَيٍّ فَتْحُ ثَانِيهِ يَجِبْ      *      وَارَدُدْهُ وَاواً إنْ يَكُنْ عَنْهُ قُلِبْ

32.         Isim-isim yang diakhiri ya’ musyaddadah dan sebelumnya berupa satu huruf,jika dinisbatkan maka huruf yang kedua harus dibaca fathah dan bila huruf yang kedua berupa wawu , maka harus dikembalikan pada asalnya seperti  حَيَوِيٌّ- حَيٌّ

وَعَلَمَ التَّثْنِيَةِ احْذِفْ لِلنَّسَبْ   *   وَمِثْلُ ذَا في جَمْعِ تَصْحِيحٍ وَجَبْ

33.         Isim tasniyah dan jama’ tashih ( jama’ mudzakar salim atau jama’ mu’anats salim ),jika dinisbatkan maka alamat ( tanda ) tasniyah atau jama’ harus dibuang

وَثَالِثٌ مِنْ نَحْوِ طَيِّبٍ حُذِفْ    865    وَشَذَّ طَائِيٌّ مَقُولاً بِالأَلِفْ

34.         Isim-isim yang huruf ketiga berupa ya’ yang dibaca kasroh serta menjadi mudghom fih ( yang diidghomi ) ,ketika dinisbatkan maka ya’ mudghom fih harus dibuang,adapun ya’ yang diidghomkan harus ditetapkan seperti طَيْبٌ - طَيْبِيٌّ dan lafadh طَيْءٌ jika dinisbatkan menjadi طَائِيٌّ itu hukumnya syad

وَفَعَلِيٌّ في فَعِيلَةَ الْتُزِمْ      *      وَفُعَليٌّ فِي فُعَيْلَةٍ حُتِمْ

35.         Isim-isim yang diikutkan wazan فَعِيْلَةٌ itu jika dinisbatkan itu diikutkan wazan فَعَلِىٌّ dan lafadh yang ikut wazan فُعَيْلَةٌ itu jika dinisbatkan فُعَيْلِىٌّ

وأَلْحَقُوا مُعَلَّ لَامٍ عَرِيَا      *      مِنَ الْمِثَاليْنِ بِمَا التَّا أُوْلِيَا

36.         Isim-isim yang wazan فَعِيْلٌ dan فُعَيْلٌ yang mu’tal lam,ketika dinisbatkan diikutkan wazan فَعِيْلَةٌ dan فُعَيْلَةٌ

وَتَمَّمُوا مَا كَانَ كَالطَوِيلَةْ      *      وَهَكَذَا مَا كَانَ كَالْجَلِيْلَةْ
37.         Isim-isim yang ikut wazan فَعِيْلَةٌ yang mu’tal a’in seperti طَوِيْلَةٌ menjadi طَوِيْلِىٌّ atau mudlo’af seperti جَلِيْلَةٌ menjadi جَلِيْلِىٌّ,maka ketika dinisbatkan harus disempurnakan

وَهَمْزُ ذِي مَدٍّ يُنَالُ فِي النَّسَبْ      *      مَا كَانَ في تَثْنِيةٍ لَهُ انْتَسِبْ

38.         Hamzah mamdudah itu ketika dinisbatkan seperti hamzah mamdudah ketika ditasniyahkan

وَانْسُبْ لِصَدْرِ جُمْلَةٍ وَصَدْرِ مَا    870    رُكِّبَ مَزْجاً وَلِثَانٍ تَمَّمَا

إضَافَةً مَبْدُوْءَةً بِابْنٍ أَوَ ابْ    
  *      أوْ مَالَهُ التَّعْرِيفُ بِالثَّانِي وَجَبْ

39.         Tarqib isnadi dan majzi itu ketika dinisbatkan cukup dengan menggunakan shodrul murokkab
40.         Adapun tarqib idlofi yang dimulai lafadh اِبْنٌ atau اَبٌ dan lafadh yang bisa mema’rifatkan,itu jika dinisbatkan cukup menggunakan ajuzul murokkab

فِيمَا سِوَى هَذَا انْسُبَنْ لِلأَوَّلِ      *      مَا لَمْ يُخَفْ لَبْسٌ كَعَبْدِ الأشْهَلِ

41.         Tarqib idlofi yang selain tersebut diatas,jika dinisbatkan maka cukup menggunakan lafadh yang pertama,demikian itu jika tidak ada iltibas dan jika ada iltibas maka lafadh yang kedua seperti عَبْدُالْاَشْهَلِ

وَاجْبُرْ بِرَدِّ اللَّامِ مَا مِنْهُ حُذِفْ      *      جَوَازاً إنْ لَمْ يَكُ رَدُّهُ أُلِفْ

فِي جَمْعَيِ التَّصْحِيحِ أَوْ فِيْ التَّثْنِيَةِ    
  *      وَحَقُّ مَجْبُورٍ بِهَذِي تَوْفِيَهْ
42.         Isim yang lam fi’ilnya dibuang itu ketika dinisbatkan boleh dikembalikan lam fi’ilnya,demikian itu jika lam fi’ilnya tidak dikembalikan pada jama’ tashih dan isim tasniyah
43.         Bila dikembalikan dalam jama’ tashih dan isim tasniyah,maka ketika dinisbatkan lam fi’ilnya harus dikembalikan

وَبِأَخٍ أُخْتاً وَبِابْنٍ بِنْتَا    875    أَلْحِقْ وَيُونُسُ أبَى حَذْفَ التَّا

44.         Nisbatnya lafadh اُخْتٌ dan بِنْتٌ itu seperti اِبْنٌ dan اَخٌ menurut jumhurul ‘ulama’ ( Imam syibawaih dan Imam Kholil ),tapi menurut Imam Yunus ta’nya tidak harus dibuang

وَضَاعِفِ الثَّانِيَ مِنْ ثُنَائِي      *      ثَانيهِ ذُولينٍ كَلا وَلَائِي

45.         Isim-isim yang terdiri dari 2 huruf yang mana huruf yang kedua berupa huruf  len , maka jika dinisbatkan harus dilipatkan huruf yang kedua seperti  لاَئِيٌّ لاَ

وَإِنْ يَكُنْ كَشِيَةٍ مَا الْفَا عَدِمْ      *      فَجَبْرُهُ وَفَتْحُ عَيْنِهِ الْتُزِمْ

46.         Isim-isim yang fa’ fi’ilnya dibuang serta mu’tal lam,jika dinisbatkan maka harus dikembalikan dan a’in fi’ilnya dibaca fathah ( menurut Imam Syibawaih ) seperti وِشَوِيٌّ - شِيَةٌ

وَالْوَاحِدَ اذْكُرْ نَاسِباً لِلْجَمْعِ      *      إنْ لَمْ يُشَابِهْ وَاحِداً بِالْوَضْعِ

47.         Jama’ ketika dinisbatkan cukup dengan menyebutkan mufrodnya,jika tidak serupa dengan mufrodnya
وَمَعَ فَاعِلٍ وَفَعَّالٍ فَعِلْ      *      فِي نَسَبٍ أَغْنَى عَنِ اليَا فَقُبِلْ

48.         Cara menisbatkan isim ada yang diikutkan pada wazan فَاعِلٌ,فَعَّالٌ dan فَعِلٌ yaitu tidak menyebutkan ya’ nisbat

وَغَيْرُ مَا أَسْلَفُتُهُ مُقَرَّرَا    880    عَلَى الَّذِيْ يُنْقَلُ مِنْهُ اقْتُصِرَا

49.         Isim-isim yang tidak menetapi ketentuan diatas dalam tingkah nisbat itu dihukumi syad
الوقف
تَنْوِيناً إِثْرَ فَتْحٍ اجْعَلْ ألِفَا    
  *      وَقْفاً وَتِلْوَ غَيْرِ فَتْحٍ احْذِفَا


WAQOF

50.         Tanwin yang berada setelah harokat fathah,ketika waqof itu diganti alif dan jika berada selain fathah maka harus dibuang

وَاحْذِفْ لِوَقْفٍ فِي سِوَى اضْطِرَارِ      *      صِلَةَ غَيْرِ الْفَتْحِ فِي اْلإِضْمَارِ

51.         Ha’ dlomir yang diharokati selain fathah,jika keadaan waqof maka shilahnya ( huruf setelahnya ) harus dibuang

وَأَشْبَهَتْ إذَنْ مُنَوَّناً نُصِبْ      *      فَأَلِفاً فِي اْلوَقْفِ نُوْنُهَا قُلِبْ

52.         اِذًا/اِذَنْ ketika waqof itu dihukumi seperti isim munawwan yang manshub yaitu nunnya diganti dengan alif

وَحَذْفُ يَا الْمَنْقُوصِ ذِي التَّنْوِيْنِ مَا  *  لَمْ يُنْصَبْ أَوْلَى مِنْ ثُبُوْتٍ فَاعْلَمَا

53.         Membuang ya’nya isim manqus yang ditanwin,ketika keadaan waqof selain dibaca nashob itu lebih baik daripada menetapkan 
وَغَيْرَ ذِيْ التَّنْوِيْنِ بِالْعَكْسِ وَفِي     885    نَحْوِ مُرٍ لُزُومُ رَدِّ الْيَا اقْتُفِي

54.         Adapun  isim  manqus  yang  tidak  ditanwin  itu  hukumnya  sebaliknya ( lebih baik menetapkan )
Isim manqus yang a’in fi’ilnya dibuang,ketika keadaan waqof ya’nya isim manqus harus dikembalikan seperti هَذَا مُرِى 

وَغَيْرِ هَا التَّأْنِيثِ مِنْ مُحَرَّكِ       *      سَكِّنْهُ أَوْ قِفْ رَائِمَ التَّحَرُّكِ

 أَوْ أَشْمِمِ الضَّمَّةَ أَوْ قِفْ مُضْعِفاَ     
  *      مَا لَيْسَ هَمْزاً أوْ عَلِيلاً إنْ قَفَا

مُحَرَّكاً وَحَرِكَاتٍ انْقُلَا     
  *      لِسَاكِنٍ تَحْرِيكُهُ لَنْ يُحْظَلَا

55.         Huruf yang hidup selain ha’ ta’nits,ketika waqof boleh wajah 5 yaitu :
1- Taskin yaitu mematikan huruf akhir tanpa berisyaroh,tanpa melipatkan
    dan tanpa bersuara
2- Rum  yaitu  waqof  yang  bermaksud  atau  menuju harokat huruf akhir
    dengan suara pelan
56.         3- Isymam    yaitu   waqof  dengan   mengumpulkan   dua   bibir   setelah  
    membaca sukun pada huruf akhir
4-Tadl’if  yaitu  waqof  dengan  melipatkan  huruf  akhir , kalau  memang
    huruf yang akhir tidak berupa hamzah atau berupa huruf ilat dan huruf
    sebelum akhir itu hidup
57.         5-Waqof   naqol   yaitu   waqof   dengan   mematikan   huruf  akhir   serta
    memindah harokat akhir pada huruf sebelum akhir yang mati

وَنَقْلُ فَتْحٍ مِنْ سِوَى الْمَهْمُوْزِ لَا       *      يَرَاهُ بَصْرِيٌّ وَكُوفٍ نَقَلَا

58.         Memindah harokat fathah selain pada huruf hamzah itu tidak diperbolehkan menurut ‘ulama’ Bashroh dan menurut ‘ulama Kufah diperbolehkan

والنَّقْلُ إنْ يُعْدَمْ نَظِيرٌ مُمْتَنِعْ    890    وَذَاكَ فِي الْمَهْمُوزِ لَيْسَ يَمْتَنِعْ

59.         Waqof   naqol   itu  tidak  diperbolehkan , jika  tidak  mempunyai  nadlir ( lafadh yang menyamai lafadh lain dalam segi wazan ),dan bila huruf akhir berupa hamzah diperbolehkan meskipun tidak ada nadlir

في الْوَقْفِ تَا تَأْنِيثِ الْاِسْمِ هَا جُعِلْ   *    إنْ لَمْ يَكُنْ بِسَاكِنٍ صَحَّ وُصِلْ

60.         Isim yang akhirnya berupa ta’ ta’nits ketika dalam keadaan waqof ,maka diganti dengan ha’,demikian itu jika huruf sebelum akhir berupa huruf shohih yang hidup

وَقَلَّ ذَا فِي جَمْعِ تَصْحِيحٍ وَمَا       *      ضَاهَى وَغَيْرُ ذَيْنِ بِالْعَكْسِ انْتَمَى

61.         Mengganti ta’ ta’nits dengan ha’ ketika waqof dalam jama’ tashih,itu diperbolehkan tapi hukumnya sedikit,adapun lafadh yang menyerupai dan lainnya itu sebaliknya

وَقِفْ بِهَا السَّكْتِ عَلَى الفِعْلِ الْمُعلّ       *      بِحَذْفِ آخِرٍ كَأَعْطِ مَنْ سَألْ

 وَلَيْسَ حَتْماً فِي سِوَى مَا كَعِ أوْ   
  *     كَيَعِ مَجْزُوماً فَرَاعِ مَا رَاعَوا

62.         Fi’il yang mu’tal akhir yang dibuang huruf akhirnya ,maka ketika tingkah waqof harus diberi ha’ sakat
63.         Demikian itu tidak wajib,kecuali lafadh yang tinggal satu huruf atau dua huruf yang satu berupa huruf zaidah seperti لَمْ يَعِهْ - لَمْ يَعِ , عِهْ عِ
وَمَا فِي الاسْتِفْهَامِ إنْ جُرَّتْ حُذِفْ    895    أَلِفُهَا وَأوْلِهَا ألْهَا إنْ تَقِفْ

64.         ما istifhamiyah itu ketika dijerkan alifnya harus dibuang dan ketika waqof harus diberi ha’ sakat

وَلَيْسَ حَتْماً فِي سِوَى مَا انْخَفَضَا       *      بِاسْمٍ كَقَوْلِكَ اقْتِضَاءَ مَ اقْتَضَى

65.         Pemberiaan ha’ sakat pada ما istifhamiyah,ketika tingkah waqof itu tidak  wajib   kecuali   ,  jika   ما   istifhamiyah  itu  dijerkan  oleh isim seperti بِمَهْ - بِمَ  : بِمَ  , اِقْتِضَاءَ مَهْ - اِقْتِضَاءَ مَ

وَوَصْلَ ذِيْ الْهَاءِ أَجِزْ بِكُلِّ مَا       *      حُرِّكَ تَحْرِيْك بِنَاءٍ لَزِمَا
 
66.         Setiap kalimah isim mabni yang berupa harokat yang tetap kemabniannya,itu boleh diberi ha’ sakat ketika tingkah waqof

وَوَصْلُهَا بِغَيْرِ تَحْرِيكِ بِنَا       *      أُدِيْمَ شَذَّ فِي الْمُدَامِ اسْتُحْسِنَا

67.         Memasang ha’ sakat pada isim yang mabni dengan harokat yang tidak tetap kemabniannnya itu dihukumi syad

ورُبَّمَا أُعْطِيَ لَفْظُ الْوَصْلِ مَا      *       لِلْوَقْفِ نَثْراً وَفَشَا مُنْتَظِمَا

68.         Lafadh ketika tingkah washol itu kadang-kadang diberi hukum waqof,akan tetapi hukumnya sedikit dalam kalam natsar (bukan nadlom) dan hukumnya masyhur jika dalam nadlom



اْلإِماَلَةُ
الألِفَ الْمُبْدَلَ مِنْ يَا فِي طَرِفْ 
  900     أَمِلْ كَذَا الْوَاقِعُ مِنْهُ الْيَا خَلَفْ

IMALAH
69.         Alif yang menjadi ganti dari ya’ dan bertempat diakhir kalimah itu boleh diimalahkan

دُونَ مَزِيدٍ أَوْ شُذُوذٍ وَلِمَا        *      تَلِيهِ هَا التَّأنِيثِ مَا الْهَا عَدِمَا

70.         Begitu pula alif yang diganti ya’,ketika tasniyah,jama’ atau lainnya serta tidak berupa zaidah dan tidak syad
Alif yang bersamaan dengan ha’ ta’nits itu dihukumi sebagaimana alif yang tidak bersamaan dengan ha’ ta’nits ( ha’ ta’nits tidak menjadi pencegah imalah ) 

وَهَكَذَا بَدَلُ عَيْنِ الْفِعْلِ إنْ    *    يَؤلْ إلَى فِلْتُ كَمَاضِي خَفْ وَدِنْ

كَذَاكَ تَالِي الْيَاءِ وَالْفَصْلُ اغْتُفِرْ   
  *     بِحَرْفٍ أوْ مَعْ هَا كَجَيْبَهَا إدِرْ

71.         Begitu pula boleh dibaca imalah yaitu alif yang menjadi ganti a’in fi’il yang ikut wazan فِلْتُ yakni fa’ fi’ilnya dikasroh dan a’in fi’ilnya dibuang seperti madlinya lafadh خَفْ  dan دِنْ ( yaitu  خَافَ dan دَانَ ) yang bertemu ya’ muttakallim
72.         Begitu pula boleh dibaca imalah yakni alif yang berada setelah ya’ yang muttasil atau munfashil ( terpisah ) satu huruf atau 2 huruf yang salah satunya berupa ha’

كَذَاكَ مَا يَلِيهِ كَسْرٌ أوْ يَلي      *      تَالِيَ كَسْرٌ أوْ سُكُونٍ قَدْ وَلِي
73.         Begitu pula boleh dibaca imalah alif yang berada sebelum kasroh atau alif yang berada setelah huruf yang setelah kasroh atau alif yang setelah sukun yang berada setelah kasroh

كَسْراً وَفَصْلُ الْهَا كَلَا فَصْلٍ يُعَدْ    905    فَدِرْهَمَاكَ مَنْ يُمِلْهُ لَمْ يُصَدْ

74.         Alif yang berada setelah sukun yang berada setelah kasroh serta dipisah oleh ha’ itu dihukumi seperti tidak terpisah seperti دِرْهَمَاكَ

وَحَرْفُ الاِستِعْلَا يَكُفُّ مُظْهَرَا   *   مِنْ كَسْرٍ أوْ يَا وَكَذاَ تَكُفُّ رَا

إنْ كَانَ مَا يَكُفُّ بَعْدَ مَتَّصِلْ  
  *    أَوْ بَعْدَ حَرْفٍ أَوْ بِحَرْفَيْنِ فُصِلْ

75.         Huruf isti’la’ dan ro’ itu bisa mencegah sebab-sebab dibaca imalah
76.         Kalau memang huruf isti’la’ dan ro’ tersebut berada setelah alif serta muttasil atau munfashil ( terpisah ) akan tetapi terpisah satu huruf atau dua huruf

كَذَا إذَا قُدِّمَ مَا لَمْ يَنْكَسِرْ   *   أوْ يَسْكُنِ أثْرَ الْكَسْرِ كَالْمِطْوَاعَ مِرْ

77.         Begitu pula bisa mencegah sebab imalah yakni huruf isti’la’ atau ro’ yang mendahului alif serta jika tidak dikasroh atau berada sesudah kasroh

وَكَفُّ مُسْتَعْلٍ وَرَا يَنْكَفُّ    *     بِكَسْرِ رَا كَغَارِماً لاَ أَجْفُوْ

78.         Huruf isti’la’ atau ro’ yang berlaku sebagai pencegah sebab imalah,itu bisa ditolak dengan ro’ yang dikasroh seperti  غَارِمًا  

وَلا تُمِلْ لِسَبَبٍ لَمْ يَتَّصِلْ    910    وَالْكَفُّ قَدْ يُوجِبُهُ مَا يَنْفَصِلْ

79.         Sebab imalah yang tidak muttasil itu tidak berlaku sebagai sebab imalah
Akan tetapi kalau mani’ ( pencegah ) tidak berkumpul dalam satu kalimah ( munfasil ) tetap sebagai mani’ sebagai imalah

وَقَدْ أَمَالُوْا لِتَنَاسُبٍ بِلاَ     *    دَاعٍ سِوَاهُ كَعِمَادَا وَتَلاَ

80.         Alif yang tidak mempunyai sebab imalah itu ada yang dibaca imalah hanya karena menyesuaikan seperti  عِمَادًا dan  تَلاَ

وَلَا تُمِلْ مَا لَمْ يَنلْ تَمَكُّنَا     *    دُونَ سَمَاعٍ غَيْرَهَا وَغَيْرَنَا

81.         Isim yang mabni selain ها dan نا itu tidak bisa dibaca imalah kecuali sama’i

وَالْفَتْحَ قَبْلَ كَسْرِ رَاءٍ فِي طَرَفْ  *  أَمِلْ كَلِلْأَيْسَرِ مِلْ تُكْفَ الْكُلَفْ

82.         Fathah yang berada sebelumnya ro’ yang dikasroh itu boleh dibaca imalah seperti مِلْ لِلْلأَيْسَرِتُكْفَ اْلكُلَفَ

كَذَا الَّذِي تَلِيهِ هَا التَّأْنِيثِ في     *    وَقْفٍ إذَا مَا كَانَ غَيْرَ أَلِفِ

83.         Fathah yang berada sebelum ha’ ta’nits itu ketika diwaqofkan ,boleh dibaca imalah kalau memang sebelum ha’ ta’nits tidak berupa alif
التَّصْرِيْفُ
حَرْفٌ وَشِبْهُهُ مِنَ الصَّرْفِ بَرِي  
  915    وَمَا سِوَاهُمَا بَتَصْرِيْفٍ حَرِي
TASHRIF

84.         Kalimah huruf dan lafadh yang menyerupainya itu tidak bisa ditashrif,sedangkan lainnya ( isim mu’rof dan fi’il muttashorif ) itu bisa ditashrif

وَلَيْسَ أَدْنَى مِنْ ثُلَاثيٍّ يُرَى    *     قَابِلَ تَصْرِيفٍ سِوَى مَا غُيِّرَا

85.         Kalimah yang kurang dari tiga huruf itu tidak bisa ditashrif,kecuali kurangnya huruf tersebut dikarenakan ada perubahan

وَمُنْتَهَى اسْمٍ خَمْسٌ اِنْ تَجَرَّدَا     *    وَإنْ يُزَدْ فِيهِ فَمَا سَبْعاً عَداَ

86.         Isim mujarrod itu hurufnya paling banyak ada 5 huruf,sedangkan isim mazid hurufnya paling banyak itu ada 7 huruf

وَغَيْرَ آخِرِ الثُّلَاثِي افْتَحْ وَضُمْ     *    وَأكسِرْ وَزِدْ تَسْكِينَ ثَانِيْهِ تَعُمْ

87.         Selain akhirnya isim tsulasi ( fa’ dan a’in fi’il ) itu boleh dibaca fathah,kasroh dan dlomah,sedangkan untuk a’in fi’ilnya khusus dibaca sukun

وَفِعُلٌ أُهْمِلَ وَالْعَكْسُ يَقِلْ     *    لِقَصْدِهِم تَخْصِيصَ فِعْلٍ بِفُعِلْ

88.         Wazan فِعُلٌ itu berlaku muhmal dan sebaliknya ( wazan فُعِلٌ ) berlaku sedikit karena dikhususkan untuk wazan fi’il mabni majhul

وَافْتَحْ وَضُمَّ وَاكْسِرِ الثَّانِيَ مِنْ    920    فِعْلٍ ثُلَاثِيٍّ وَزِدْ نَحْوَ ضُمِنْ

89.         A’in fi’ilnya fi’il tsulasi itu boleh dibaca fathah,dlomah dan kasroh ( فَعَلُ, فَعُلَ dan فَعِلَ )
وَمُنْتَهَاهُ أَرْبَعٌ إنْ جُرِّدَا     *    وَإِنْ يُزَدْ فِيْهِ فَمَا سِتّاً عَدَا

90.         Fi’il mujarrod hurufnya paling banyak itu ada 4 huruf ,sedangkan fi’il mazid itu hurufnya paling banyak ada 6 huruf

لِاسْمٍ مُجَرَّدٍ رُبَاعٍ فَعْلَلُ    *     وَفِعْلِلٌ وَفِعْلَلٌ وَفُعْلُلُ

91.         Isim ruba’i mujarrod itu wazannya ada 6 yaitu : فَعْلَلٌ, فِعْلِلٌ, فِعْلَلٌ, فُعْلُلٌ, فِعَّلٌ dan فُعْلَلٌ

وَمَعْ فِعَلٍّ فُعْلَلٌ وَإنْ عَلَا    *    فَمَعْ فَعَلَّلٍ حَوَى فَعْلَلِلاَ

92.         Isim khumasi mujarrod itu punya 4 wazan yaitu : فَعَلَّلٌ, فَعْلَلِلٌ, فُعَّلِلٌ dan فِعْلَلٌ
كَذَا فُعَلِّلٌ وَفِعْلَلٌ وَمَا     *    غَايَرَ لِلزَّيْدِ أَوِالنَّقْصِ انْتَمَى

93.         Sedangkan lafadh-lafadh yang tidak menetapi wazan tersebut pasti ada tambahan atau pengurangan

وَالْحَرْفُ إنْ يَلْزَم فَأَصْلٌ وَالَّذي    925    لاَ يَلْزَمُ الزَّائِدُ مِثْلَ تَا احْتُذِي

94.         Huruf yang tetap selamanya itu disebut huruf asal,sedangkan huruf yang tidak tetap itu disebut huruf zaidah ( tambahan ) seperti اُحْتُذِىَ

بضِمْنِ فِعْلٍ قَابِلِ الْأُصُوْلِ فيِ    *     وَزْنٍ وَزَائدٌ بِلَفْظِهِ اكْتُفِي

95.         Untuk membanding huruf asal ,itu cukup dengan fa’ fi’il,a’in fi’il dan lam fi’il,sedangkan huruf zaidah dalam mauzun itu sama yang ada dalam wazan

وَضَاعِفِ اللَّامَ إذَا أصْلٌ بِقِي    *    كَرَاءِ جَعْفَرٍ وَقَافِ فُسْتُقِ

96.         Lam fi’ilnya wazan itu harus dilipatkan,jika huruf asalnya mauzun itu masih tetap ada setelah dibanding seperti ro’nya lafadh جَعْفَرٌ dan qofnya lafadh فُسْتُقٌ

وَإِنْ يَكُ الزَّائِدُ ضِعْفَ أَصْلِ    *     فَاجْعَلْ لَهُ فيِ الْوَزْنِ مَا لِلأَصْلِ

97.         Bila huruf zaidahnya mauzun itu lipatan huruf asal,maka huruf asalnya wazan harus dilipatkan seperti قَتَّلَ ikut wazan فَعَّلَ

وَاحْكُمْ بِتَأصِيلِ حُرُوفِ سِمْسِمِ    *     وَنَحْوِهِ وَالْخُلْفُ في كَلَمْلِمِ

98.         Lafadh yang terdiri dari empat huruf,sedangkan fa’ dan a’in fi’ilya dimukarrorkan ( diulangi ) dan tidak dapat dibuang salah satunya,maka dihukumi huruf asal seperti سِمْسِمٌ dan jika boleh dibuang maka masih ada khilaf seperti لَمْلِمٌ

فَأَلِفٌ أَكَثَرَ مِنْ أَصْلَينِ    930    صَاحَبَ زَائِدٌ بِغَيْرِ مَيْنِ

99.         Alif yang bersamaan dengan huruf asal yang lebih dari dua itu dihukumi zaidah

وَالْيَا كَذَا وَالْوَاوُ إِنْ لَمْ يَقَعَا     *    كَمَا هُمَا فِي يُؤْيُؤٍ وَوَعْوَعَا

100.     Ya’ dan wawu dihukumi zaidah tidak mukarror ( a’in dan fa’ fi’ilnya ) seperti lafadh يُؤْيُؤِ dan وَعْوَعَ itu dihukumi asal

وَهَكَذَا هَمْزٌ وَمِيمٌ سَبَقَا     *    ثَلاثَةً تَأْصِيْلُهَا تَحَقَّقَا

كَذَاكَ هَمْزٌ آخِرٌ بَعْدَ أَلِفْ   
  *    أَكْثَرَ مِنْ حَرْفَينِ لَفْظُهَا رَدِفْ

101.     Hamzah dan mim itu dihukumi zaidah ,jika mendahului 3 huruf asal
102.     Hamzah yang berada diakhir kalimah dan berada setelah alif yang didahului oleh huruf yang lebih dari 2 itu dihukumi zaidah

وَالنُّوْنُ فِي اْلآخِرِ كَالْهَمْزِ وَفِي    *     نَحْوِ غَضَنْفَرٍ أَصَالَةً كُفِي

103.     Nun yang berada diakhir setelah alif serta didahului oleh huruf yang lebih dari 2 itu dihukumi zaidah ,begitu pula dihukumi zaidah yaitu nun yang bertempat diantara empat huruf ( sebelum nun 2 huruf dan sesudah nun 2 huruf ) seperti غَضَنْفَرٌ

وَالتَّاءُ فِي التَّأْنِيْثِ وَالْمُضَارَعهْ    935    وَنَحْوِ اْلاِسْتِفْعَالِ وَالْمُطَاوَعَهْ

104.     Ta’ ta’nits,ta’ muthowa’ah,ta’ mudloro’ah dan ta’nya اِسْتَفْعَالَ itu dihukumi zaidah

وَالْهَاءُ وَقْفاً كَلِمَهْ وَلَمْ تَرَهْ     *    وَاللَّامُ فيِ اْلإِشَارَةِ الْمُشْتَهِرَهْ

وَامْنَعْ زِيَادَةً بِلَا قَيْدٍ ثَبَتْ     *    إنْ لَمْ تَبَيَّنْ حُجَّةٌ كَحَظِلَتْ

105.     Ha’ ketika tingkah waqof itu dihukumi zaidah seperti لَمْ تَرَهْ
106.     Begitu pula lam yang terdapat pada isim isyaroh dihukumi zaidah
Huruf-huruf yang tidak menetapi ketentuan-ketentuan diatas itu tidak dikataka zaidah kecuali jika ada dalil seperti حَظِلَتِ اْلاِبِلُ
فَصْلٌ فِي زِيَادَةِ هَمْزَةِ الْوَصِلِ
لِلْوَصْلِ هَمْزٌ سَابِقٌ لَا يَثْبُتُ 
  *    إِلاَّ إذَا ابْتُدِى بِهِ كَاسْتَثْبِتُوا
ZIYADAH HAMZAH WASHOL
 
107.     Hamzah washol itu tidak boleh ditetapkan kecuali dibuat permulaan seperti اِسْتَثْبِتُوْا

وَهْوَ لِفِعْلٍ مَاضٍ احْتَوَى عَلَى    *     أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعَةٍ نَحْوُ انْجَلَى

وَالأَمْرِ وَالْمَصْدَرِ مِنْهُ وكَذَا    940    أَمْرُ الثُّلَاثِي كَاخْشَ وَامْضِ وَانْفُذَا

108.     Hamzah washol itu ada yang bertempat pada fi’il madli yang hurufnya lebih dari empat seperti اِنْجَلَى
109.     Serta fi’il amar dan masdarnya,begitu pula terdapat pada fi’il amar dari fi’il tsulasi mujarrod seperti اُنْفُذْ , اِمْضِ , اِخْشَ

وَفِي اسْمٍ اسْتٍ ابْنٍ ابْنِم سُمِعْ    *     وَاثْنَيْن وَامْرِىءٍ وَتَأْنِيْثٍ تَبِعْ

وَايْمُنِ هَمْزُ ألْ كَذَا وَيُبْدَلُ 
  *     مَدّاً فِي الاْستِفْهَامِ أوْ يُسَهَّلُ

110.     Hamzahya lafadh اِسْمٌ,اِسْتٌ,اِبْنٌ,اِبْنَمٌ,اِسْنَيْنِ,اِمْرُئٌ ( serta mu’anats ) اَيْمَنٌ (qosam /sumpah ),hamzahnya اَلْ itu disebut hamzah washol,sedangkan hamzahnya اَلْ itu dihukumi sama’i
111.     Begitu pula hamzahnya اَلْ yang berada setelah hamzah istifham itu boleh dibaca mad dan boleh dibaca tashil
الإبْدَالُ

أَحْرُفُ الإبْدَالِ هَدَأْتَ مُوْطِيَا   
  *    فَأَبْدِلِ الْهَمْزَةَ مِنْ وَاوٍ وَيَا

IBDAL

112.     Huruf ibdal itu ada 9 yang terkumpul dalam lafadh هَدَأْتُ مُوْطِيَا

آخِراً إِثْرَ أَلِفٍ زِيدَ وَفِي     *    فَاعِلِ مَا أُعِلَّ عَيْناً ذَا اقْتُفِي

113.     Wawu atau ya’ yang berada diakhir kalimah dan berada setelah alif,maka harus diganti dengan hamzah
Wawu atau ya’ yang menjadi a’in fi’ilnya isim fa’il,yang mana fi’ilnya dii’lal dan berada setelah alif zaidah itu harus diganti dengan hamzah

وَالْمَدُّ زِيدَ ثَالِثاً فِي الْوَاحِدِ    945    هَمْزاً يُرَى فِي مِثْلِ كَالْقَلَائِدِ

كَذَاكَ ثَانِي لَيّنَيْنِ اكْتَنَفَا 
  *     مَدَّ مَفَاعِلَ كَجَمْعٍ نَيِّفَا

114.     Isim mufrod yang huruf ketiga berupa huruf mad,jika dijama’kan  muntahal jumu’,maka mad tersebut harus diganti dengan hamzah seperti قَلاَئِدُ قَلاَدَةٌ
115.     Apabila ada 2 huruf len yang mengapit madnya wazan مَفَاعِلَ,maka huruf len yang kedua harus diganti dengan hamzah

وَافْتَحْ وَرُدَّ الْهَمْزَ يَا فِيْمَا أُعِلْ    *     لاماً وَفِي مِثْلِ هِرَاوَةًجُعِلْ
116.     Hamzah yang menjadi ganti huruf mad atau ya’ yang berada pada isim mu’tal lam,maka hamzah tersebut harus diganti ya’ yang difathah seperti     هَرَاوَى - هِرَاوَةٌasalnya هَرَاءِوُ
وَاواً وَهَمْزاً أَوَّلَ الْوَاوَيْنِ رُدّْ    *    فِي بَدْءِ غَيْرِ شِبْهِ وُوْفِيَ اْلأَشَدْ
117.     Apabila ada dua wawu yang berada pada permulaan kalimah dan wawu yang kedua tidak merupakan gantian dari alifnya wazan فَاعَلَ,maka wawu yang pertama harus diganti dengan hamzah

وَمَدّاً ابْدِلْ ثَانِيَ الْهَمْزَيْنِ مِنْ     *    كِلْمَةٍ انْ يَسْكُنْ كَآثِرِْ وائْتَمِنْ

118.     Apabila ada dua hamzah yang berkumpul dalam satu kalimah,sedangkan hamzah yang kedua itu mati ( sukun ) ,maka hamzah yang kedua tersebut harus diganti dengan huruf mad seperti أثِرٌ asalnya أَأْثِرٌ dan أُوْتُمِنَ asalnya أُؤْتُمِنَ

إنْ يُفْتَح اثْرَ ضَمٍّ اوْ فَتْحٍ قُلِبْ    950    وَاواً وَيَاءً إثْرَ كَسْرٍ يَنْقَلِبْ

119.     Apabila hamzah yang kedua itu dibaca fathah,yang berada setelah dlomah atau fathah maka harus diganti wawu  dan bila berada setelah kasroh maka diganti ya’

ذُو الْكَسْرِ مُطْلَقاً كَذَا وَمَا يُضَمّْ     *    وَاواً أَصِرْ مَا لَمْ يَكُنْ لَفْظاً أتَمْ

120.     Apabila hamzah yang kedua dibaca kasroh itu harus diganti ya’ secara mutlak,baik berada setelah fathah,dlomah atau kasroh
Apabila hamzah dibaca dlomah ,maka diganti wawu secara mutlak asalkan hamzah tidak diakhir kalimah seperti اِوُمٌّ اُوُمٌّ
فَذَاكَ يَاءً مُطْلَقاً جَا وَأَؤُمّْ     *    وَنَحْوُهُ وَجْهَيْنِ في ثَانِيْهِ أُمّْ

121.     Apabila hamzah kedua diakhir kalimah ,maka diganti ya’ secara mutlak
Apabila hamzah pertama termasuk hamzah mudloroah,maka hamzah yang  kedua  boleh  wajah  2  yaitu  ibdal  (  diganti  ya’  )  seperti  اِوُمٌّ اُمٌّ  dan tahqiq seperti اُؤُمٌّ - اُمْ

وَيَاءً اقْلِبْ أَلِفاً كَسْراً تَلَا     *    أوْ يَاءَ تَصْغِيرٍ بِوَاوٍ ذَا افْعَلَا

122.     Apabila ada alif berada setelah harokat kasroh atau ya’ tashghir,maka harus diganti dengan ya’

في آخِرٍ أَوْ قَبْلَ تَا التَّأْنِيْثِ أَوْ    *     زِيَادَتَي فَعْلَانَ ذَا أيْضاً رَأَوْا

123.     Apabila ada wawu berada diakhir kalimah yang setelah kasroh, ya’ tashghir,berada sebelum ta’ ta’nits atau dua huruf ziyadahya wazan فَعْلاَنَ,maka harus diganti ya’

فِي مَصْدَرِ الْمُعْتَلِّ عَيْنَاً وَالْفِعَلْ    955    مِنْهُ صَحِيْحٌ غَالِباً نَحْوُ الْحِوَلْ

124.     Wawu yang bertempat pada a’in fi’ilnya masdar yang dii’lal fi’ilnya itu harus diganti ya’ dan masdar yang ikut wazan فِعَلُ itu biasanya ditashihkan seperti حِوَالاً حَالَ

وَجَمْعُ ذِي عَيْنٍ أعِلَّ أَوْ سَكَنْ    *    فَاحْكُمْ بِذَا الإِعْلَالِ فِيْهِ حَيْثُ عَنْ

125.     Wawu yang menjadi a’in fi’ilnya jama’ yang dii’lal ketika mufrodnya atau wawu mati itu harus diganti dengan ya’

وَصَحَّحُوا فِعَلَةً وَفِيْ فِعَلْ     *    وَجْهَانِ وَالإِعْلَالُ أَوْلَى كَالْحِيَلْ

126.     Wawu yang menjadi a’in fi’ilnya jama’ taksir yang ikut wazan فِعَالَةٌ itu harus ditashih seperti حِيْلَةٌ حِيَلٌ
Wawu yang menjadi a’in fi’ilnya jama’ tashih yang ikut wazan فِعَلٌ itu boleh wajah 2 yaitu i’lal dan tashih tapi i’lal itu lebih baik

وَالْوَاوُ لَاماً بَعْدَ فَتْحٍ يَا انْقَلِبْ     *    كَالْمُعْطَيَانِ يُرْضَيَانِ وَوَجَبْ

127.     Wawu yang menjadi lam fi’il yang berada pada huruf ke empat atau lebih dan setelah fathah,maka harus diganti dengan ya’ seperti  مُعْطَيَانِ asalnya مُعْطَوَانِ ,  يُرْضَيَانِ  asalnya   يُرْضَوَانِ

إبْدَالُ وَاوٍ بَعْدَ ضَمٍّ مِنْ أَلِفْ     *    وَيَا كَمُوقِنٍ بِذَا لَهَا اعْتُرِفْ

128.     Apabila ada alif yang berada setelah dlomah,maka harus diganti dengan wawu 
Apabila ada ya’ mati yang berada setelah dlomah maka harus diganti wawu seperti  مُوْقِنٌ asalnya   مُيْقِنٌ

وَيُكْسَرُ الْمَضْمُومُ فِي جَمْعٍ كَمَا    960    يُقَالُ هِيمٌ عِنْدَ جَمْعٍ أَهْيَمَا

129.     Ya’ mati ( sukun ) yang berada setelah dlomah dalam jama’ serta ikut wazan فُعْلٌ,maka ya’ tersebut ditetapkan dan fa’ fi’ilnya yang didlomah tersebut harus dibaca kasroh seperti هِيْمٌ  -  اَهْيَمٌ asalnya هُيْمٌ

وَوَاواً اثْرَ الضَّمِّ رُدَّا الْيَا مَتَى     *    أُلْفِيَ لَامَ فِعْلٍ أوْ مِنْ قَبْلِ تَا
كَتَّاءِ بَانٍ مِنْ رَمَى كَمَقْدُرَهْ     *    كَذَا إذَا كَسَبُعَانَ صَيَّرَهْ

130.     Ya’ yang berada setelah dlomah serta menjadi lam fi’il atau berada sebelum ta’ seperti رَمَى yang diikutkan wazan مَقْدُرَةٌ atau سَبُعَانُ
131.     itu ya’nya harus diganti dengan wawu

وَإِنْ تَكُنْ عَيْناً لِفُعْلَى وَصْفَا     *    فَذَاكَ بالْوَجْهَيْنِ عَنْهُمْ يُلْفَى

132.     Ya’ yang menjadi a’in fi’ilnya isim sifat yang ikut wazan فُعْلَى,maka boleh wajah 2 yaitu i’lal dan tashih

فَصْل
 مِنْ لاَمِ فَعْلَى اسْماً أَتَى الْواوُ بَدَلْ   
  *    يَاءٍ كَتَقْوَى غَالِباً جَا ذَا الْبَدَلْ

FASHL ( MENGGANTI WAWU YANG ASALNYA DARI YA’ )
133.     Ya’ yang menjadi lam fi’ilnya isim yang ikut wazan فَعْلَى,maka biasanya diganti wawu seperti تَقْوَى  asalnya وَقْياً

بِالْعَكْسِ جَاءَ لَامُ فُعْلَى وَصْفَا    965    وَكَوْنُ قُصْوَى نَادِراً لا يَخْفَى

134.     Wawu yang menjadi lam fi’ilnya isim sifat yang ikut wazan فُعْلَى,itu harus diganti dengan ya’jika tidak diganti maka hukumnya nadir seperti قُصْوَى
فَصْل

إنْ يَسْكُنِ السَّابِقُ مِنْ وَاوٍ وَيَا   
  *    وَاتَّصَلَا وَمِنْ عُرُوضٍ عَرِيَا

FASHL ( BERKUMPULNYA WAWU DAN YA’ )

135.     Apabila wawu dan ya’ berkumpul dalam satu kalimah serta yang pertama mati asal,maka wawu harus diganti dengan ya’

فَيَاءً الْوَاوَ اقْلِبَنَّ مُدْغِمَا     *    وَشَذَّ مُعْطىً غَيْرَ مَا قَدْ رُسِمَا

136.     Memberi hukum pada lafadh yang tidak menetapi syarat,itu hukumnya syad

مِنْ وَاوٍ أوْ يَاءٍ بِتَحْرِيكٍ أُصِلْ     *    أَلِفاً ابْدِلْ بَعْدَ فَتْحٍ مُتَّصِلْ

 إنْ حُرِّكَ التَّالِي وَإنْ سُكِّنَ كَفّْ 
  *     إعْلاَلُ غَيْرِ الَّلامِ وَهْيَ لاَ يُكَفّْ

إعْلَالُهَا بِسَاكِنٍ غَيْرِ أَلِفْ  
  970    أوْ يَاءٍ التَّشْدِيْدُ فِيْهَا قَدْ أُلِفْ

137.     Apabila ada wawu atau ya’ hidup asal yang berada setelah fathah dan muttasil itu harus diganti dengan alif
138.     Demikian itu apabila berada setelah huruf yang hidup dan jika berada setelah huruf yang mati ,maka tidak boleh diganti dengan alif,kalau memang wawu atau ya’ tidak menjadi lam fi’il dan bila menjadi lam fi’il maka boleh diganti dengan alif
139.     Meskipun berada setelah huruf yang mati selain huruf alif atau ya’ yang ditasydid

وَصَحّ عَيْنُ فَعَلٍ وَفَعِلَا    *     ذَا أَفْعَلِ كَأَغْيَدٍ وَأَحْوَلَا

140.     Apabila wawu atau ya’ itu menjadi lam fi’ilnya isim yang ikut wazan فَعَلٌ atau madlinya ikut wazan فَعِلَ serta mempunyai isim fa’il اَفْعَلٌ,maka harus ditashih seperti اَغْيَدٌ - غَيَدٌ - غَيِدَ  , اَحْوَلٌ - حَوَلٌ حَوِلَ

وَإنْ يَبِنْ تَفَاعُلُ مِنِ افْتَعَلْ    *     وَالْعَيْنُ وَاوٌ سَلِمَتْ وَلَمْ تُعَلْ

141.     Wawu yang menjadi a’in fi’ilnya fi’il yang ikut wazan اِفْتِعَلَ yang bermakna تَفَاعَلَ ( musyarokah ),maka wawu harus ditashih

وَإِنْ لِحَرْفَيْنِ ذَا اْلإِعْلَالُ اسْتُحِقّْ     *    صُحِّحَ أَوَّلٌ وَعَكْسٌ قَدْ يَحِقّْ

142.     Apabila ada dua huruf yang sama-sama berhak dii’lal,maka huruf pertama harus  ditashih (  tidak dii’lal  )  akan  tetapi ada yang sebaliknya ( huruf yang kedua ditashih )

وَعَيْنُ مَا آخِرَهُ قَدْ زِيْدَ مَا    *    يَخُصُّ اْلاِسْمَ وَاجِبٌ أَنْ يَسْلَمَا

وَقَبْلَ بَا اقْلِبْ مِيماً النُّونَ إِذَا  
  975    كَانَ مُسَكَّناً كَمَنْ بَتَّ انْبِذَا

143.     Wawu atau ya’ yang menjadi a’in fi’ilnya isim yang akhirnya dialamati dengan alamat yang khusus masuk pada kalimah isim,maka wawu atau ya’ tersebut harus ditashih
144.     Nun yang mati serta berada sebelum ba’,maka harus diganti dengan mim seperi مَنْ بَتَّ انْبَذَا ( dalam segi bacaan )
فصْلٌ
لِسَاكِنٍ صَحَّ انْقُلِ التَّحْرِيكَ مِنْ   
  *    ذِي لِينٍ آتٍ عَيْنَ فِعْلٍ كَأَبِنْ
مَا لَمْ يَكُنْ فِعْلَ تَعَجُّبٍ وَلَا     *    كَابْيَضَّ أَوْ أَهْوَى بِلَامٍ عُلِّلَا

FASHL ( MEMINDAH HAROKAT PADA HURUF YANG MATI SEBELUMNYA )
145.     Apabila ada wawu atau ya’ yang menjadi a’in fi’ilnya fi’il yang berada sebelum huruf shohih mati,maka harokatnya wawu atau ya’ dipindah pada huruf sebelumnya seperti اَبِنْ asalnya اَبْيِنْ
146.     Demikian itu apabila itu apabila tidak berupa fi’il ta’ajub,mudlo’af seperti اَبْيَضُّ dan mu’tal lam seperti اَهْوَى

ومِثْلُ فِعْلٍ فِي ذَا الاعْلَالِ اسْمُ    *     ضَاهَى مُضَارِعاً وَفِيْهِ وَسْمُ

147.     Kalimah isim yang serupa dengan fi’il mudlori’ dalam segi wazan dan ziyadahnya itu bisa dii’lal naqol sebagaimana kalimah fi’il

وَمِفْعَلٌ صُحِّحَ كالْمِفْعَالِ    *    وَأِلِفَ الإفْعَالِ وَاسْتِفْعَالِ

أَزِلْ لِذَا الإِعْلَالِ وَالتَّا الْزَمْ عِوَضْ    980    وَحَذْفُهَا بِالنَّقْلِ رُبَّمَا عَرَضْ

148.     Wawu atau ya’ yang menjadi a’in fi’ilnya isim yang ikut wazan مِفْعَلٌ dan مِفْعَالٌ itu harus ditashih
149.     Alifnya wazan اِفْعَالٌ dan اِسْتِفْعَالٌ itu harus dibuang,jika a’in fi’ilnya berupa huruf ilat,kemudian mendatangkan ta’ ta’nits pada akhir kalimah sebagai ganti huruf yang terbuang
Kadang-kadang membuang ta’ ta’nits akan tetapi hukumnya sama’i

وَمَا لإفْعَالٍ مِنَ الْحَذْفِ وَمِنْ     *    نَقْلٍ فَمَفْعُولٌ بِهِ أَيْضاً قَمِنْ
150.     Isim maf’ul yang ikut wazan مَفْعُوْلٌ yang mu’tal a’in,itu bisa dii’lal naqol dan i’lal hadf ( membuang ) sebagaimana i’lal wazan اَفْعَالٌ

نَحْوُ مَبِيعٍ وَمَصُونٍ وَنَدَرْ    *     تَصْحِيحُ ذِيْ الْوَاوِ وَفي ذِيْ الْيَا اشْتَهَرْ

151.     Hukumnya nadir mentashih isim maf’ul yang a’in fi’ilnya berupa wawu dan jika berupa ya’,maka hukumnya masyhur

وَصَحِّحِ الْمَفْعُولَ مِنْ نَحْوِ عَدَا     *    وَأَعْلِلِ اِنْ لَمْ تَتَحَرَّ الأَجْوَدَا

152.     Isim maf’ul dari wazan مَفْعُوْلٌ yang madlinya ikut wazan فَعَلَ serta lam fi’ilnya berupa wawu itu boleh wajah 2 yaitu tashih dan i’lal,tapi yang lebih baik adalah tashih seperti مَعْدِىٌّ - مَعْدُوٌّ عَدًا

كَذَاكَ ذَا وَجْهَيْنِ جَا الْفُعُولُ مِنْ  *  ذِي الْوَاوِ لَامَ جَمْعٍ أوْ فَرْدٍ يَعِنْ

153.     Wawu yang menjadi lam fi’ilnya jama’ atau mufrod yang diikutkan wazan فُعُوْلٌ itu boleh wajah 2 yaitu tashih dan i’lal

وَشَاعَ نَحْوُ نُيَّمٍ فِي نُوَّم ِ   985    وَنَحْوُ نُيَّامٍ شُذُوذُهُ نُمِي

154.     Hukumnya banyak mengganti wawu dengan ya’,ketika menjadi a’in fi’ilnya isim yang ikut wazan فُعَّلٌ yang lam fi’ilnya berupa huruf shohih,bila diikutkan wazan فُعَّالٌ maka harus ditashih dan bila dii’lal hukumnya syad seperti نُوَّامٌ - نِيَّامٌ نُوَّمٌ


فصْلٌ
ذُو اللِّينِ فَا تَا فِي افْتِعَالٍ أُبْدِلا   
  *    وَشَذَّ فِي ذِي الْهَمْزِ نَحْوُ ائْتِكَلَا

FASHL ( MENGGANTI FA’ اِفْتِعَالٌ DENGAN TA’ )
155.     Wawu dan ya’ yang menjadi fa’ fi’ilnya wazan اِفْتِعَلَ itu harus diganti ta’ , jika wawu atau ya’ tersebut asalnya hamzah bila diganti dengan ya’,maka hukumnya syad seperti اِئْتَكَلَ اِيْتَكَلَ اِتَّكَلَ

طَا تَا افْتِعَالٍ رُدَّ إِثْرَ مُطْبَقِ    *     فِي ادَّانَ وَازْدَدْ وَادَّكِرْ دَالاًّ بَقِي

156.     Ta’nya wazan اِفْتِعَالٌَ itu harus diganti dengan tho’ bila berada setelah huruf ithbaq dan jika berada setelah huruf dal,dzal dan za’ maka harus diganti dengan dal
فصل
فَا أَمْرٍ مُضَارِعٍ مِنْ كَوَعَدْ   
  *    اِحْذِفْ وَفِي كَعِدَةٍ ذَاك اطَّرَدْ

FASHL ( MEMBUANG FA’ AMAR DAN MUDLORI’ )
157.     Fi’il madli yang ikut wazan فَعَلَ yang fa’ fi’ilnya berupa wawu dalam mudlori’ dan amarnya maka harus dibuang seperti وَعَدَ يَعِدَ  ,begitu pula dalam  masdarnya  tapi  akhirnya  harus  ditambah  dengan  ta’ seperti عِدَةً عِدْ

وَحَذْفُ هَمْزِ أفْعَلَ اسْتَمَرَّ فِي     *    مُضَارِعٍ وَبِنْيَتَيْ مُتَّصِفِ

158.     Hamzahnya lafadh yang ikut wazan اَفْعَلَ itu ketika mudlori’nya dan isim maf’ul serta isim fa’ilnya itu harus dibuang
ظِلْتُ وَظَلْتُ فِي ظَلِلْتُ اسْتُعمِلَا    990    وَقِرْنَ في اقْرِرْنَ وَقَرْنَ نُقِلَا

159.     Fi’il madli yang ikut wazan فَعِلَ,mudlo’af serta diisnadkan ( muttasil ) pada dlomir rofa’ mutaharri’ itu boleh wajah 3 yaitu اِتمَامٌ  seperti ظَلِلْتُ,membuang lam fi’ilnya setelah harokat a’in fi’il dipindah pada fa’ fi’il seperti ظِلْتُ dan membuang lam fi’ilya tanpa memindah harokat seperti ظُلْتُ
Sedangkan fi’il mudlori’ dan fi’il amar yang mudlo’af serta ikut wazan يَفْعِلُ dan muttasil dengan jama’ inats,maka a’in fi’ilnya boleh dibuang,sedangkan jika diikutkan wazan يَفْعَلُ membuang a’in fi’ilnya itu hukumnya syad

الإدغام

أَوَّلَ مِثْلَينِ مُحَرَّكَيْنِ فِي   
  *    كِلْمَةٍ ادْغِمْ لَا كَمِثْلِ صُفَفِ

 وَذُلُلِ وَكِلَلٍ وَلَبَبِ   
  *    وَلَا كَجُسَّسٍ وَلَا كَاْخْصُصَ بِي

 وَلَا كَهَيْلَلٍ وَشَذَّ فِي أَلِلْ   
  *    وَنَحْوِه فَكٌ بِنَقْلٍ فَقُبِلْ


IDGHOM
160.     Apabila ada dua huruf yang sama serta hidup keduanya,maka huruf yang pertama harus diidghomkan
161.     Kalau memang tidak ikut wazan فُعَلٌ, فُعُلٌ, فِعَلٌ dan فَعَلٌ serta lafadh yang pertama tidak ditasydid atau lafadh yang kedua tidak berupa harokat عَارِضِى ( harokat yang baru  )
162.     Serta tidak berupa lafadh yang mulhak
Hukumnya syad bila tidak mengidghomkan lafadh yang telah memenuhi syarat seperti اُلِلٌ

وَحَيِيَ افْكُكْ وَادّغِمْ دَونَ حَذَرْ     *    كَذَاكَ نَحْوُ تَتَجَلَّى وَاسْتَتَرْ

163.     Apabila ada dua ya’ yang berkumpul dalam satu kalimah yang hidup dan lazimah,maka boleh wajah 2 yaitu idghom dan tidak ( فَكُّ اْلاِدْغَامِ ) seperti حَيَّ - حَيِيَ
Begitu juga ta’ yang terkumpul serta menjadi permulaan kalam atau ta’ yang terkandung dalam wazan اِفْتَعَلَ seperti اِتَّجَلَى - تَتَجَلَّى  , - اِسْتَتَر سَتَّرَ

وَمَا بِتَاءَيْنِ ابْتُدِي قَدْ يُقْتَصَرْ    995    فِيهِ عَلَى تَاكَتَبَيَّنُ الْعِبَرْ

164.     Fi’il mudlori’ yang didahului dua ta’ itu salah satunya boleh dibuang seperti تَتَبَيَّنَ - تَبَيَّنَ

وَفُكَّ حَيْثُ مُدْغَمٌ فِيْهِ سَكِنْ    *     لِكَوْنِهِ بِمُضْمَرِ الرَّفْعِ اقْتَرَنْ

نَحْوُ حَلَلْتُ مَا حَلَلْتَهُ وَفِي   
  *    جَزْمٍ وَشِبْهِ الْجَزْمِ تَخْيِيرٌ قُفِي

165.     Apabila ada mudghom fih itu mati dikarenakan bertemu dengan dlomir rofa’ mutaharri’ maka tidak boleh diidghomkan
166.     Seperti حَلَلْتُ مَا حَلَلْتَهُ
Apabila matinya itu karena jazm atau syibhil jazm ( شبه الجزم ) maka boleh wajah 2 yaitu idghom dan tidak idghom seperti لَمْ يَحُلَّ - لَمْ يَحْلُلْ

وَفَكُّ أفْعِلْ فِي التَّعَجُّبِ الْتُزِمْ     *    وَالْتُزِمَ الإدْغَامُ أيْضاً فيِ هَلُمْ

167.     Apabila ada dua huruf yang sejenis serta terdapat pada shighot ta’ajub yang ikut wazan اَفْعِلْ itu tidak boleh diidghomkan
Adapun lafadh هَلُمَّ ( isim fi’il amar ) itu wajib diidghomkan

خاتمة الألفية

 وَمَا بِجَمْعِهِ عُنِيتُ قَدْ كَمَلْ    *    نَظْماً عَلَى جُلِّ الْمُهِمَّاتِ اشْتَمَلْ

168.     Apa yang menjadi kehendak saya ( syekh Ibnu Malik ) mengumpulkan masalah-masalah nahwu,sekarang sudah sempurna berupa nadhom yang memuat masalah-masalah nahwu yang penting

أَحْصَى مِنَ الْكَافِيَةِ الْخُلَاصَهْ   1000  كَمَا اقْتَضَى غِنىً بِلَا خَصَاصَهْ

169.     Nadhom saya ( Syekh Ibnu Malik ) ini memuat sari-sarinya kitab Kafiyah maka pantas diberi nama Khulashoh ,sengaja untuk mencukupi segala macam masalah nahwiyah sehingga tidak membutuhkan pada kitab lain

فَأَحْمَدُ اللهَ مُصَلِّياً عَلَى      *    مُحَمَّدٍ خَيْرِ نَبِيٍّ أُرْسِلَا

170.     Maka saya memuji kepada Alloh seraya memohon rohmat ta’dhim kepada nabi Muhammad yang sebaik-baik nabi yang diutus

وَآلِهِ الْغُرِّ الْكِرَامِ الْبَرَرَهْ      *    وَصَحْبِهِ اْلمُنْتَخَبِيْنَ الْخِيَرَهْ

171.     Dan semoga juga terlimpahkan kepada keluarganya yang bercahaya,yang mulia-mulia serta yang baik dan kepada sahabat-sahabatnya yang terpilih                                                                           


تمت


          By MA.FADLLY
        LANGITAN,Snkli,14 R.Akhir   1434 H.
                                                                                                                                                                                                                                                                                              25 Pebruari  2013 M.

0 komentar :

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS