Home » , » Terjemah Maqshud

Terjemah Maqshud


 


 بسم الله الرحمن الرحيم


KATA PENGANTAR

اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ اَشْرَفِ اْلمـُــرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ


Segala puji bagi Alloh SWT, Tuhan semesta alam, Dialah dzat Yang Maha Pengasih tak pilih kasih Maha Penyayang yang sayangNya tiada terbilang, setinggi arti sholawat dan sedalam makna salam semoga tercurahkan kepada semulia-mulianya utusan beliau baginda Rosulillah SAW, keluarga, para sahabat dan pengikutnya semua.

Buku terjemah nadlhom Maqshud  ini kami susun dengan maksud untuk dapat dijadikan sebagai bahan muqobalah bagi teman-teman  santri khususnya dan kaum muslimin wal muslimat secara umum, oleh karenanya buku ini sangat sederhana baik bentuk ,bahasa maupun isinya dan buku terjemah nadlhom Maqshud ini kami beri nama “ PENGANTAR MEMAHAMI ILMU SHOROF “ kami berharap banyak barokah dan  bermanfa’at  bagi umat.

Pada akhirnya kami menyadari bahwa terjemah ini belum sempurna dan jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala kritik yang membangun dan saran-saran untuk perbaikan terjemah ini senantiasa kami harapkan dan hanya mengharap ridlo Alloh SWT, senantiasa kami harapkan, semoga terjemah ini dapat mendatangkan manfa’at dan maslahah  fiddiini waddunya wal akhiroh. Amin Ya Robbal Alamin.

Langitan-Rojab 1435 H.
                                       Penulis,




 بسم الله الرحمن الرحيم

 
يَقُوْلُ بَعْدَ حَمْدِ ذِي اْلجَلاَلِ      $     مُصَلِّياً عَلَى النَّبِيِّ وَاْلآلِ
عَبْدٌ اَسِيْرُ رَحْمَةِ الْكَرِيْمِ     $    اَيْ اَحْمَدُابْنُ عَابِدِالرَّحِيْمِ
1.    Syekh Ahmad bin Abdurrohim  seorang hamba yang menjadi tawanan rohmat Alloh setelah memuji Alloh yang Maha Agung
2.    seraya membaca sholawat dan salam untuk Nabi dan semua keluarganya


اَبْوَابُ الْفِعْلِ الثُّلاَثِيِّ
فِعْلٌ ثُلاَثِيٌّ اِذَا يُجَرَّدُ     $    اَبْوَابُهُ سِتٌّ كَمَا سَتُسْرَدُ
فَالْعَيْنُ اِنْ تُفْتَحْ بَمَاضٍ فَاكْسِرِ     $    اَوْضُمَّ اَوْ فَافْتَحْ لهَاَ فِي اْلغَابِرِ

BAB FI’IL TSULASI
3.    Fi’il tsulasi mujarrod ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal dan tanpa ( sunyi ) huruf  tambahan ( ziyadah ) itu babnya itu ada 6 yang akan diterangkan dengan tertib
4.    Apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca fathah  ( فَعَلَ ) maka ‘ain fi’il      dari    fi’il   dari  fi’il  mudlori’  itu  boleh   wajah   3  yaitu   :  1  )   kasroh  ( فَعَلَ- يَفْعِلُ )    2  )  dlomah  ( فَعَلَ- يَفْعُلُ )   3  )   fathah  ( فَعَلَ- يَفْعَلُ )

وَاِنْ تُضَمَّ فَاضْمُمَنْهَا فِيْهِ     5    اَوْتَنْكَسِرْ فَافْتَحْ وَكَسْرًا عِيْهِ
5.    Apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca dlomah  ( فَعُلَ ) maka ‘ain fi’il      dari  fi’il  mudlori’  itu  hanya dibaca dlomah saja   (يَفْعُلُ ) dan apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca kasroh  ( فَعِلَ ) maka ‘ain fi’il dari  fi’il  mudlori’  itu  boleh dibaca fathah (يَفْعَلُ )  dan kasroh (يَفْعِلُ )
وَلَامٌ اَوْعَيْنٌ بِمَا قَدْ فُتِحَا     $    حَلْقِي سِوَى ذَا باِلشُّذُوْذِ اتَّضَحَا
6.    Fi’il tsulasi mujarrod  yang ikut wazan فَعَلَ- يَفْعَلُ itu disyaratkan ‘ain fi’il atau   lam   fi’ilnya   harus   berupa   salah   satu   huruf    halqi  yang  ada  6 ( غ,ع,خ,ح,هـ ,ء  (  dan   jika  tidak berupa huruf halqi maka hukumnya syad ( menyimpang dari qoidah yang telah ditentukan )
فَصْلٌ فِي اَبْوَابِ الرُّبَاعِي اْلمُجَرَّدِ وَاْلمُلْحَقِ بِهِ
ثُمَّ الرُّبَاعِي بِبَابٍ وَاحِدِ     $    وَاْلحِقْ بِهِ سِتّاً بِغَيْرِ زَائِدِ
فَوْعَـلَ فَـعْـوَلَ كذاك فَيْـعَلاَ     $    فَعْـيَلَ فَعْــلَى وكذاك فَعْــلَلاَ

FASAL BAB RUBA’I DAN RUBA’I MULHAQ
7.    Fi’il ruba’i mujarrod ( fi’il yang huruf asalnya ada 4 dan tanpa huruf tambahan ) itu babnya ada satu yaitu - يُفَعْلِلُ فَعْلَلَ ,sedangkan fi’il ruba’i mulhaq mujarrod ( fi’il yang huruf  asalnya ada 3 dan di tambah satu huruf untuk    disamakan  dengan  ruba’i  mujarrod )   itu   babnya  ada   6 yaitu  :
8.    1 )     - يُفَوْعِلُ فَوْعَلَ         2 )  -  يُفَعْوِلُ فَعْوَلَ          3 )   -   يُفَيْعِلُ   فَيْعَلَ        4 )      - يُفَعْيِلُ فْعْيَلَ          5 )   - يُفَعْلِى فَعْلَى          6 )  - يُفَعْلِلُ فَعْلَلَ

فَصْلٌ  فِي اَبْوَابِ الثُّلَاثِيِّ الْمَزِيْدِ
زَيْدُ الثُّلاَثِي اَرْبَعٌ مَعْ عَشْرِ     $     وَهِيَ لِاَقْسَامٍ ثَلَاثٍ تَجْرِي
اَوَّلُهَا الرُّبَاعِي مِثْلُ اَكْرَمَا    10    وفَعَّلَ وفَاعَل كخَاصَمَا
FASAL
 BAB TSULASI MAZID
9.        Fi’il tsulasi mazid ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu menerima huruf tambahan ) itu babnya ada 14 dan terbagi menjadi 3 yang akan diterangkan pada bait berikut
10.    Yang pertama adalah fi’il tsulasi mazid ruba’i ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu ditambah satu huruf ) adapun babnya itu ada 3 yaitu :          1 )    - يُفْعِلُ اَفْعَلَ  seperti    اَكْرَمَ يُكْرِمُ  2 )    - يُفَاعِلُ فَاعَلَ  seperti    خاَصَمَ يُخاَصِمَ     3 )    - يُفَعِّلُ فَعَّلَ  seperti   فَرَّحَ يُفَرِّحَ   

وَاخْصُصْ خَمَاسِيًّا بِذِي الْاَوْزَانِ     $     فَبَدْؤُهَا كاَنْكَسَرَ وَالثَّانِي
افْتَعَـلَ افْعـَلَّ كـَذَا تَفَعَّلاَ     $     نَحْوَ تَعَلَّمَ وَزِدْ تَفَاعَلَا
11.    Yang kedua adalah fi’il tsulasi mazid khumasi ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu mendapat dua huruf tambahan ) adapun babnya itu ada 5
12.    yaitu :      1 )     - يَنْفَعِلُ اِنْفَعَلَ  seperti                         اِنْكَسَرَ   يَنْكَسِرَ                  2 )    - يَفْتَعِلَ اِفْتَعَلَ  seperti    اِجْتَمَعَ يَجْتَمِعُ                                             3 )    - يَفْعَلُّ اِفْعَلَّ  seperti   اِحْمَرَّ يَحْمَرُّ                                                      4 )    - يَتَفَعَّلُ تَفَعَّلَ  seperti   تَعَلَّمَ يَتَعَلَّمُ                                                 5 )    - يَتَفَاعَلُ تَفَاعَلَ  seperti   تَخَاصَمَ يَتَخَاصَمُ   
ثُمَّ السُّدَاسِى اسْتَفّعَلَ وَافْعَوْعَلَ     $     وَافْعَوَّلَ افْعَنْلَى يَلِيْهِ افْعَنْلَلَا
وَافْعَالَّ مَا قَدْ صَاحَبَ اللَّامَيْنِ     $     
13.    Yang ketiga adalah fi’il tsulasi mazid sudasi ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu mendapat tiga huruf tambahan ) adapun babnya itu ada 6 yaitu :
14.     1 )     - يَسْتَفْعِلُ اِسْتَفْعَلَ  seperti                         اِسْتَغْفَرَ   يَسْتَغْفِرَ              2 )    - يَفْعَوْلَ اِفْعَوْلَ  seperti    اِعْشَوْشَبَ يَعْشَوْشِبُ                                  3 )    - يَفْعَوِّلُ اِفْعَوَّلَ  seperti   اِجْلَوَّذَ يَجْلَوِّذُ                                              4 )    - يَفْعَنْلِى  اِفْعَنْلَى  seperti   اِسْلَنْقَى يَسْلَنْقِىْ                                        5 )    - يَفْعَنْلِلُ اِفْعَنْلَلَ  seperti   اِقْعَنْسَسَ يَقْعَنْسِسُ 
   6 )    - يَفْعَالُّ اِفْعَالَّ  seperti   اِحْمَارَّ يَحْمَارُّ 
                                                 $    زَيْدُالرُّبَاعِي عَلَى نَوْعَيْنِ

ذِيْ سِتَّةٍ نَحْوُافْعَلَـلَّ افْعَنْلَـلاَ   15    ثُمَّ الْخُمَاسِي وَزْنُهُ تَفَعْلَـلاَ
Fi’il ruba’i mazid ( fi’il yang terdiri dari 4 huruf asal lalu mendapatkan tambahan huruf ) itu ada 2 macam :
15.    1 ) Fi’il  ruba’i  mazid  khumasi ( fi’il  yang  terdiri  dari 4 huruf asal lalu
     mendapatkan tambahan  satu huruf ) yang babnya ada satu yaitu : تَفَعْلَلَ يَتَفَعْلَلُ      seperti  تَدَخْرَجَ يَتَدَخْرَجُ            
       2 ) Fi’il  ruba’i   mazid  sudasi  ( fi’il  yang  terdiri  dari  4 huruf asal lalu
            mendapatkan tambahan dua huruf ),sedangkan wazannya ada 2 yaitu: 
  اِقْشَعَرَّ يَقْشَعِرُّ   seperti  اِفْعَلَلَّ - يَفْعَلِلُّ          1 )   
  اِخْرَنْجَمَ يَخْرَنْجِمُ   seperti  اِفْعَنْلَلَ - يَفْعَنْلِلُ          2 )   
بَابُ الْمَصْدَرِ وَمَايُشْتَقُّ مِنْهُ
وَمَصْدَرٌ عَلَى ضَرْبَيْنِ     $     مِيْمِي وَغَيْرِهِ عَلَى قِسْمَيْنِ
مِنْ ذِي الثَّلاَثِ فَالْزَمِ الَّذِي سُمِعْ      $     وَمَاعَدَاهُ فالْقِيَاسَ تَــتَّبِعْ
BAB MASDAR DAN MUSYTAQ MINHU
16.    Masdar itu dibagi menjadi 2 macam yaitu :
1 ) Masdar mim ( masdar yang huruf pertamanya berupa mim zaidah )   2 ) Masdar   ghoiru mim (  masdar  yang  huruf pertamanya tidak  berupa
     mim zaidah )  
17.    Sedangkan  masdar ghoiru mim itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
1 ) Masdar  ghoiru  mim  dari fi’il tsulasi mujarrod itu hukumnya sama’i
    (ketentuan dari orang Arab dan tidak bisa disamakan dengan wazannya )  2 ) Masdar  ghoiru     mim     dari    selain    fi’il     tsulasi    mujarrod ( fi’il 
    ruba’i , khumasi  dan  sudasi  )  itu  hukumnya qiyasi ( bisa disamakan
    dengan wazannya )

مِيْمِي الثُّلاَثِي اِنْ يَكُنْ مِنْ اَجْوَفِ     $     صَحِيْحٍ اَوْمَهْمُوْزٍ اَوْ مُضَعَّفِ
اَتَى كَمَفْعَـلٍ بِـفَتْحَـتَيْنِ     $     وَشَـذَّ مِنْهُ مَابِكَسْرِ الْعَيْـنِ
18.    Masdar mimnya fi’il tsulasi mujarrod dari bina’ ajwaf,shohih,mahmuj atau mudlo’af itu harus mengikuti wazan  مَفْعَلٌ ( mim dan a’in difathah ) dan
19.    Apabila ikut wazan    مَفْعِلٌ( a’innya difathah ) maka hukumnya syad
كَذَاا سِمُ الزَّمَانِ وَالْمَكاَنِ مِنْ    20    مُضَارِعٍ اِلاَّ بِكَسْرِهَا يَبِنْ

20.    Isim zaman dan isim makannya  fi’il tsulasi mujarrod dari bina’ ajwaf,shohih,mahmuj atau mudlo’af  yang a’in mudlori’nya dibaca dlomah   (    ( يَفْعُلُatau dibaca fathah (    ( يَفْعَلُitu juga ikut wazan مَفْعَلٌ  jika a’in mudlori’nya dibaca kasroh maka isim zaman dan isim makannya ikut wazan مَفْعِلٌ

وَافْـتَـحْ لَهَـا مِنْ نَاقِـصٍ وَمَاقُرِنْ     $     وَاعْكِسْ بِمُعْتَـلٍّ كَمَفْرُوقٍ يَعِــنْ
21.    Masdar mim,isim zaman dan isim makan dari fi’il tsulasi mujarrod yang terdiri dari bina’ naqish dan lafif maqrun itu harus mengikuti wazan مَفْعَلٌ
( fathah a’in fi’ilnya ) dan jika dari bina’ mu’tal mitsal atau bina’ lafif mafruq maka harus mengikuti wazan مَفْعِلٌ ( kasroh a’in fi’ilnya )

وَمَاعَدَ الثُّلاَثِيْ كُلاَّ  اجْعَــلاَ     $     مِثْلَ مُضَارِعٍ لَهَا قَدْ جُهِـلاَ
كَذَا اسْمُ مَفْعُوْلٍ وَفَاعِلٍ كُسِرْ     $     عَيْنًا لَهـَا وَاَوَّلٌ مِيْمًا يَصِرْ

22.    Wazannya masdar mim,isim zaman dan isim makan dari fi’il selain tsulasi mujarrod ( ruba’i,khumasi dan sudasi ) itu seperti mudlori’nya ketika mabni majhul (huruf pertama didlomah dan huruf sebelum akhir di fathah)
23.    Begitu juga isim maf’ul dan isim fa’ilnya hanya saja untuk isim fa’il itu a’in fi’ilnya ( huruf sebelum akhir ) dikasroh dan huruf mudloro’ahnya diganti dengan huruf mim

فَصْلٌ فِي هَيْئَةِ اْلفِعْلِ الْمَاضِي مَعْلُوْمًا وَمَجْهُوْلًا وَاْلَامْرِ وَهَمْزَةِ الْوَصْلِ

وَآخِرَالْمَاضِي افْتَحَنْهُ مُطْــلَــقًا     $     وَضُـمَّ اِنْ بِوَاوٍجَمعٍ اُلْحِـــقَـا
              وَسَـكِّـنْ اِنْ ضَمِيـرَرَفْعٍ حُرِّكَا    25    

FASAL KEADAAN FI’IL MADLI,FI’IL AMAR DAN
HAMZAH WASHOL
24.    Akhirnya f’il madli itu dimabnikan fath secara mutlak ( fi’il tsulasi mujarrod atau ghoiru tsulasi mujarrod ),jika tidak bertemu dengan wawu
25.    jama’ atau dlomir rofa’ mutaharrik dan jika bertemu dengan wawu jama’ maka mabni dlom dan bila bertemu dlomir rofa’ mutaharrik maka mabni sukun

  وَبَــدْء مَعْــلُومٍ بَفَــتْـحٍ سُلِــكَا             $     
اِلاَّالْخُمَاسِي وَالسُّدَاسِي فَاكْسِرَنْ     $      اِنْ بُـدِئَـا بِهَمْـزِوَصْـلٍ كَامْتَـحَـنْ
Fi’il madli yang mabni ma’lum itu huruf pertamanya harus dibaca fathah secara mutlak ( fi’il tsulasi mujarrod atau ghoiru tsulasi mujarrod )
26.    kecuali fi’il khumasi dan sudasi yang dimulai dengan hamzah washol maka huruf pertamanya harus dibaca kasroh seperti اِمْتَحَنَ

ثُبُوْتُهَافِي الْاِبْـتِـدَاقَـدِ الْتُـزِمْ     $     كَحَـذْفِها فِيْ دَرْجِـهَا مَـعَ الْـكَـلِمْ

27.    Hamzah washol adalah hamzah yang dibaca ( ditetapkan ) jika berada dipermulaan kalimah dan tidak dibaca ( dibuang ) jika berada ditengah-tengah kalimah 

كَهَمْــزِاَمْـرٍلَهُـمَاوَمَصْدَرِ      $      وَاَلْ وَاَيْـمُـنٍ وَهَـمْزٍكَاجْهَـرِ
وَابْنِنابْـنِ ابْــنَـةٍ وَاثْـنَيْـنِ      $      وَامْرِئٍ امْرأَةٍ اثْــنَــتَـيْـنِ
كَـذَااسْمُ اسْتُ فِي الْجَمِيْعِ فَاكْسِرَنْ   30   لَهَـاسِوَى فِي اَيْـمُنٍ اَلْ فَافْتَحَـنْ

28.    Hamzah washol tersebut berada pada : fi’il amar dan masdarnya fi’il khumasi dan sudasi ,lafadh اَلْ,اَيْمُنٌ,fi’il amarnya tsulasi mujarrod yang huruf kedua dari mudlori’nya mati ( sukun ) seperti اِجْهَرْ
29.    Lafadh اِبْنُمٌ  , اِبْنٌ , اِبْنَةٌ اِثْنَتَيْنِ , اِمْرَأَةٌ , اُمْرُئٌ , اِثْنَيْنِ ,
30.    Lafadh اِسْمٌ  dan اِسْتٌ
Semua hamzah washol itu harus dibaca kasroh kecuali hamzah yang berada pada lafadh اَلْ  dan  اَيْمُنٌ maka harus dibaca fathah
31.    Hamzah yang berada pada fi’il amar dari fi’il tsulasi mujarrod yang ikut wazan اُفْعُلْ ( a’in fi’ilnya didlomah ) yang a’in fi’il mudlori’nya didlomah dan yang bertempat pada fi’il khumasi dan sudasi yang dimabnikan majhul itu harus dibaca dlomah seperti  اُمْتُحِنَ,اُسْتُخْرِجَ
وَبَـدْءُ مَـجْـهُـوْلٍ بِضَــمٍّ حُـتِـمَا     $    كَكَسْرِسَابِـقِ الَّـذِيْ قٌــدْ خُـتِـمَا
32.    Fi’il madli mabni majhul itu huruf yang pertama didlomah dan huruf sebelum akhir dikasroh

فَصْلٌ فِي اَبْنِيَةِ الْمُضَارِعِ اْلمَعْلُوْمِ وَالْمَجْهُـوْلِ
مُضَارِعًا سِـمْ بِحُرُوْفِ نَأْتِيْ     $     حَيْثُ لِمَشْهُـورِالْمَـعَـانِيْ تَـأْتِي

FASAL MENERANGKAN BINA’ FI’IL MUDLORI’ MABNI MA’LUM DAN MABNI MAJHUL
33.    Tandanya fi’il mudlori’ adalah dimulai dengan huruf mudloro’ah yang dikumpulkan dalam lafadh نَأْتِيْ  ( ن,ء,ت dan ي ) dengan ketentuan menunjukkan arti yang telah masyhur ( populer )

فَاِنْ بِمَعْـلُـوْمٍ فَـفَـتْـحُـهـا وَجَبْ     $     الاَّالرُّبَاعِيْ غَيْرُ ضَمٍّ مُجْتَـنَبْ
34.    Fi’il mudlori’ mabni ma’lum itu huruf mudloro’ahnya ( نَأْتِيْ ) itu harus dibaca fathah ,kecuali fi’il ruba’i maka huruf mudloro’ahnya dibaca dlomah

وَمَاقُبَــيْـلَ الآخِرِاكْسِـرْ آبَـدَا      35     مِنَ الَّـذِي عَلَى ثَلاَثَـةٍ عَــدَا
فِيْـمَا عَـدَ ا مَاجَاءَ مِنْ تَفَعَّـلاَ     $     كِاللآتِـي مِنْ تَـفَاعَلَ اوْتَـفَاعَلاَ
35.    Huruf sebelum akhir dari fi’il mudlori’ mabni ma’lum selain tsulasi mujarrod ( ruba’i,khumasi dan sudasi ) itu harus dibaca kasroh
36.    kecuali fi’il yang ikut wazan تَفَعَّلَ , تَفَاعَلَ dan تَفَعْلَلَ ,maka huruf sebelum akhir harus dibaca fathah

وَاِنْ بِمَـجْهُولٍ فَضَـمُّـهَا لَزِمْ     $     كَفَـتْـحِ سَابِقِ الَّـذِي بِـهِ اخْتُـتِـمْ
37.    Fi’il mudlori’ mabni majhul itu huruf mudloro’ahnya ( نَأْتِيْ ) harus dibaca dlomah dan huruf sebelum akhir dibaca fathah

وَآخِرٌ لَـهُ بِمُقْتَـضَى الْعَــمَلْ     $     مِنْ رَفْـعٍ اوْنَصْبٍ كَذَا جَزْمٍ حَصَـلْ

38.    Akhirnya fi’il mudlori’ itu dii’robi menurut kebutuhan amil yang masuk pada fi’il tersebut yaitu wajib dibaca rofa’ jika sunyi dari amil nawashib dan jawazim dan jika kemasukan amil jawazim maka harus dibaca jazm

اَمْرٌوَنَهْيٌ اِنْ بِهِ لاَمًا تَصِلْ      $     اَوْلاَ وَسَــكِّنْ اِنْ يَصِـحْ كَلِتَــمِـلْ
39.    Fi’il mudlori’ yang dimasuki لام امر itu disebut amar ghoib,sedangkan jika dimasuki لا الناهية  maka disebut fi’il nahi

                            وَالآخِرَاحْـذِفْ اِنْ يُـعَلْ كَاالنُّوْنِ فِي      40  اَمْـثِـلَةٍ وَنُوْنُ نِسْوَةٍ تَفِـي
40.    Akhirnya fi’il mudlori’ yang kemasukan  لام امر atau لا الناهية ,itu harus disukun jika berupa huruf shoheh seperti لِتَمِلْ , لَاتَمِلْ dan لَايَمِلْ dan jika akhirnya berupa huruf ilat maka huruf ilatnya harus dibuang seperti لِيَغْزُ ,  لِيَرْمِ, لِيَخْشَ, لَاتَخْشَ dan jika berupa af’alul khomsah maka nunnya harus dibuang seperti لِيَنْصُرُوْا,sedangkan nun jama’ inats itu harus ditetapkan seperti   لِتَنْصُرْنَ , لِيَنْصُرْنَ

فَصْلٌ فِي اَبْنِيَةِ فِعْلِ اْلاَمْرِ الْحَاضِرِ وَاسْمِ الْفَاعِلِ وَاْلمَفْعُوْلِ وَصِيْغَةِ اْلُمبَالَغَةِ

وَبَــدْأَهُ احْذِفْ يَكُ اَمْرَ حَاضِرِ      $     وَهَمْزَ اِنْ سُكِّنَ تَالٍ صَـيَّرِ

41.    Cara  membuat amar hadir adalah dengan mendatangkan fi’il mudlori’ lalu huruf mudloro’ahnya dibuang kemudian bila huruf yang berada setelah huruf mudloro’ah itu mati,maka harus mendatangkan hamzah washol seperti  اُنْصُرْ  ,  اِضْرِبْ   ,   اِعْلَمْ  ,   اِنْطَلِقْ  , اِسْتَغْفِرْ  dan jika setelah huruf mudloro’ah berupa huruf yang berharokat ( hidup ), maka harus ditetapkan tanpa mendatangkan hamzah washol seperti عِدْ , قُمْ  

اَوْاَبْـقِ اِنْ مُحَرَّكًا ثُـمَّ الْتَزِمْ      $     بِـنَـاءَهُ مِثْـلَ مُضَارِعٍ جُـزِمْ

42.    Adapun akhirnya fi’il amar hadlir itu dimabnikan menurut fi’il mudlori’nya ketika tingkah jazm

كَفَـاعِـلٍ جِئْ بِاسْمِ فَاعِلٍ كَـمَا     $     يُـجَـاءُ مِنْ عَلِـمَ اَوْمِن عَـزَمَا

43.    Isim fa’il tsulasi mujarrod yang fi’ilnya ikut wazan فَعِلَ ( a’in fi’il dikasroh ) yang muta’adi atau ikut wazan فَعَلَ ( a’in fi’il difathah ) baik muta’adi atau lazim itu ikut wazan فَاعِلَ seperti عَلِمَ isim fa’ilnya عَالِمٌ dan lafadh عَزَمَ  isim fa’ilnya  عَازِمٌ

وَمَاضٍ اِنْ بِضَــمِّ عَيْنِ اسْتَقَـرْ     $     كَضَحْـمٍ اَوظَرِيْفٍ الاَّ مَانّـذّر
44.    Fi’il tsulasi mujarrod yang ikut wazan فَعُلَ ( a’in fi’il didlomah ) itu isam fa’ilnya ikut wazan فَعْلٌ atau فَعِيْلٌ seperti ضَحُمَ isim fa’ilnya  ضَحْمٌ ,ظَرُفَ  isim fa’ilnya ظَرِيْفٌ ,jika tidak mengikuti salah satu dari wazan tersebut  maka  hukumnya  nadir  ( langka )  seperti  حَسُنَ فَهُوَ   حَسَنٌ, نَعُمَ فَهُوَ  نَاعِمٌ, شَجُعَ فَهُوَ  شُجَاعٌ, طَهُرَ فَهُوَ  طَاهِرٌ, بَطُلَ فَهُوَ  اَبْطَلُ

وِاِنْ بِكَسْـرٍ لاَزِمًا جَاكَالْـفَعِـلْ      45     وَالْاَفْـعَـلِ الْفَـعْلاَنُ وَاحْفَـظْ مَانُقِـلْ

45.    Fi’il tsulasi mujarrod yang ikut wazan فَعِلَ yang lazim itu isim fa’ilnya itu mengikuti  salah  satu  dari  3  wazan  yaitu  : فَعْلاَنُ , اَفْعَلَ , فَعِلَ   seperti فَرِحٌ فهو فَرِحَ , اَحْمَرُ فهو حَمِرَ , عَطْشَانُ فهو عَطِشَ dan jika tidak  mengikuti salah satu dari wazan tersebut maka hukumnya sama’i seperti سَالِمٌ فهو سَلِمَ

بِـوَزْنِ مـَفْـعُولٍ كَـذَافَعِـيْلُ     $     جَاءَاسْمُ مَفْعُولٍ كَـذَا قَتِـيْلُ

46.    Wazannya isim maf’ul dari tsulasi mujarrod itu ada 2 yaitu : 1 ) مَفْعُوْلٌ seperti مَنْصُوْرٌ   2 ) فَعِيْلٌ seperti قَتِيْلٌ

لِكَثْــرَةٍ فَعَّـالٌ اَوْفَعُـوْلُ     $     فَعِـلٌ اَوْمِفْـعَـالٌ اَوْ فَعِـيْلُ

47.    Wazannya  shighot  mubalaghoh  atau  shighot  katsroh  itu  ada  5 yaitu : 1 )  فَعَّالٌ   seperti  فَتَّاحٌ   2 )   فَعُوْلٌ seperti شَكُوْرٌ   3 )   فَعِلٌ seperti غَفِلٌ  4 ) مِفْعَالٌ seperti مِسْقاَمٌ  5 ) فَعِيْلٌ seperti عَلِيْمٌ


فَصْلٌ فِي تَصْرِيْفِ الصَّحِيْحِ

وَمَاضٍ اوْمُضَارِعٌ تَصَـــرَّفَـا     $     لِاَوْجُــهٍ كَاْلاَمْـرِ وَالنَّهْيِ اعْـرِفَا
ثَلاَثَـةٌ لِغَـائِبٍ كَالْغَـائِبَـة     $     كَـذَا مُـخَـاطَبٌ كَالْمُخَاطَبَةْ


وَمُتَـكَـلِّـمٌ لَـهُ اثْنَـانِ هُـمَا      50      فِي غَيْرِ اَمْـرٍ ثُـمَّ نَـهْـيٍ عُـلِـمَا  

  
FASAL TASHRIFNYA FI’IL SHOHIH
48.    Fi’il madli dan fi’il mudlori’ baik yang mabni ma’lum atau majhul itu bisa ditashrif menjadi 14 bentuk ( waqi’ ) begitu juga fi’il amar dan fi’il nahi yang mabni majhul itu juga bias ditashrif menjadi 14 bentuk ( wajah ) dengan perincian :
49.    3 bentuk menunjukkan arti ghoib 3 bentuk menunjukkan arti ghoibah 3 bentuk menunjukkan arti mukhotob 3 bentuk menunjukkan arti mukhothobah
50.    dan 2 bentuk menunjukkan arti muttakalim,sedangkan fi’il amar dan fi’il nahi yang mabni ma’lum itu tidak ada waqi’ muttakalimnya ( hanya bias ditashrif menjadi 12 wajah )

لعَـشْـرَةٍ يُصَـرَّفُ اسْمُ الْفَـاعِلِ     $     فَعَـلَةٍ وَفَاعِـلَـيْنِ فَاعِــلِ
وَفَاعِـلِـيْنَ فُـعَّـلٍ فُعَّـالِ     $     وَفِـيْـهِمَا اضْمُـمْ فَاوَشُــدَّالتَّـالِي
فَاعِلَــةٍ فَاعِـلَـتَيْـنِ فَاعِــلاَ      $     تٍ وَفَـوَاعِـلُ كَـمَا قَـدْ نُـقِــلاَ

51.    Isim fa’il dari tsulasi mujarrod itu bisa ditashrif menjadi 10 wajah :
1 ) فَاعِلٌ untuk mufrod mudzakar          
2 ) فَاعِلاَنِ untuk tatsniyah mudzakar    
3 ) فَاعِلُوْنَ untuk jamak mudzakar         
52.    4 ) فُعَّالٌ untuk jamak taksir                  
5 ) فُعَّلٌ untuk jamak taksir
6 ) فَعَلَةٌ untuk jama’ taksir
53.    7 ) فَاعِلَةٌ untuk mufrod mu’anats
8 ) فَاعِلَتَانِ untuk tatsniyah mu’anats
9 ) فَاعِلَاتٌ untuk jamak mu’anats
10 ) فَوَاعِلُ untuk jama’ muntahal jumu’

ثُــمَّ اسْمُ مَفْـعُولٍ لِسَـبْـعٍ يَأْتِـي     $      مَفْـعُولَـةٍ وثَــنِّ مَفْـعُـولَاَتٍ
كَـذَا  مَفْـعُولٌ مُـثَـنَّاهُ وَمَــــفْ      55     ـعُولُونَ ثُــمَّ جَمْـعُ تَكْسِـيْرٍ يُـضَفْ

54.    Isim maf’ul dari fi’il tsulasi mujarrod itu bisa ditashrif menjadi 7 wajah dengan perincian yaitu :
1 ) مَفْعُوْلٌ untuk mufrod mudzakar
2 ) مَفْعُلَانِ untuk tatsniyah mudzakar
3 ) مَفْعُوْلُوْنَ untuk jamak mudzakar
55.    4 ) مَفْعُوْلَةٌ untuk mufrod mu’anats
5 ) مَفْعُوْلَتَانِ untuk tatsniyah mu’anats
6 ) مَفْعُوْلَاتٌ untuk jamak mu’anats
7 ) مَفَاعِيْلٌ untuk shighot muntahal jumu’

وَنُـونَ تَوْكِـيْـدٍ بِالْاَمْرِالنَّهْيِ صِـلْ     $      وَذَاتَ خِـفٍّ مَـعْ سُكُـونٍ لاَتَصِلْ

56.    Fi’il amar dan fi’il nahi baik hadlir atau ghoib yang mabni ma’lum atau majhul itu bias diberi nun taukid tsaqilah ( yang ditasydid ) atau nun taukid khofifah ( yang disukun ) ,namun untuk amar dan nahi yang tasniyah dan jama’ inats itu tidak boleh bertemu dengan nun taukid khofifah seperti لِيَنْصُرَنَّ, اُنْصُرَنَّ, لَايَنْصُرَنَّ, لَاتَنْصُرَنَّ,اُنْصُرَنْ, لَاتَنْصُرَنْ
                           
فَصْلٌ فِي اْلفَوَائِــدِ

بِالْهَـمْـزِ وَالتَّضْـعِـيْفِ عَـدِّمَالَـزِمْ      $      وَحَـرْفِ جَـرٍّاِنْ ثُلاَثِـيًـا وُسِــمْ

FASAL MENERANGKAN TENTANG FAWAID
( BEBERAPA FAIDAH )
57.    Fi’il tsulasi mujarrod yang lazim itu bisa dijadikan muta’adi dengan 3 cara yaitu :
1 ) Di   muta’adikan     dengan   menambah   hamzah   naqol    seperti اَكْرَمَ زَيْدٌ بَكْرًا asalnya كَرُمَ زَيْدٌ
2 ) Di muta’adikan dengan menambah tasydid seperti فَرَّحَ زَيْدٌ خَالِدًا asalnya فَرِحَ زَيْدٌ
3 ) Di  muta’adikan  dengan  huruf  jer  seperti ذَهَبَ زَيْدٌ بِعَمْرٍ  asalnya ذَهَبَ زَيْدٌ

وَغَيْرَهُ عَدِّ بِمَا تَأَخَّرَا     $     وَاِنْ حَذَفْتَهَا فَلاَزِمًايُرَى

58.    Adapun fi’il lazim dari selain fi’il tsulasi mujarrod itu hanya bisa dimuta’adikan   dengan   huruf   jer  seperti اِنْطَلَقَ زَيْدٌ بِخَالِدٍ asalnya اِنْطَلَقَ زَيْدٌ dan jika اَدَوَاتُ التَّعْدِيَةِ ( alat untuk memuta’adikan ) itu dibuang maka fi’ilnya menjadi lazim kembali seperti اِنْطَلَقَ, ذَهَبَ,كَرُمَ
لِصَـادِرٍ مِنِ امْـرَأَيْنِ فَـاعَــلاَ      $     وقَــلَّ كَالاِلَـهُ زَيْــدًاقَـاتَـلاَ
59.    Fi’il tsulasi mazid ruba’i yang ikut wazan فَاعَلَ itu yang banyak berfaidah  مُشَارَكَةْ بَيْنَ اثْنَيْنِ ( musyarokah bainas naini ) seperti ضَارَبَ زَيْدٌ عَمْرًا dan sedikit yang tidak berfaidah مُشَارَكَةْ بَيْنَ اثْنَيْنِ ( musyarokah bainas naini )   seperti قَاتَلَ اْلِالَهُ زَيْدًا

وَلَهُـمَا اوْزَائــدٍ تَفَاعَـلاَ      60     وَقَــدْ اَتَـى لِغِـيْرِ وَاقِـعٍ جَلا
60.    Fi’il  yang  ikut  wazan تَفَاعَلَ  itu  yang  banyak مُشَارَكَةْ بَيْنَ اثْنَيْنِ فَاَكْثَرَ ( satu pekerjaan yang dilakukan oleh oleh dua orang atau lebih ) seperti تَضَارَبَ زَيْدٌ عَمْرٌوَبَكْرٌ   ,   تَصَالَحَ اْلقَوْمُ   dan   terkadang   berfaidah اِظْهَارُ مَا لَيْسَ فِى اْلوَاقِعِ ( menampakkan sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi atau pura-pura ) seperti تَمَارَضَ زَيْدٌ

وَابْــدِلْ لِتَـاء الاِفْتِـعَـال طَاءَ اِنْ      $      فَــاءٌ مِنْ اَحْرُفٍ لاطْبَاقٍ تَبِنْ
61.    Fi’il tsulasi mazid khumasi yang ikut wazan اِفْتَعَلَ itu apabila fa’ fi’ilnya itu berupa huruf  ithbaq ( shod,dlod,tho’ dan dho’ ) maka ta’ اِفْتَعَلَ nya harus diganti dengan tho’ seperti اِضْطَرَبَ, اِصْطَبَرَ اِطْطَهَرَ,  dan اِظْظَهَرَ  asalnya اِضْتَرَبَ, اِصْتَبَرَ اِطْتَهَرَ, dan اِظْتَهَرَ
كَما تَصِيْـرُدَالاً اِنْ زَايًا تَــكُنْ     $      اَوْدَلاً اوْذَالاً كَالاِزْدِجَارِ صُــنْ
62.    Fi’il yang ikut wazan اِفْتَعَلَ jika fa’ fi’ilnya za’,dzal dan dal  د,ذ,ز ) ( maka ta’ اِفْتَعَلَ nya harus diganti dengan dal seperti   اِزْدَجَرَ , اِذْدَكَرَ, اِدَّعَى asalnya  اِزْتَجَرَ , اِذْتَكَرَ, اِدْتَعَى 

وَاِنْ تَكُــنْ فَااْلاِفْتِعَالِ يَاسَــكَنْ     $      اَوْوَاوًا اَوْثَـا صَـيِّرَنْ تَاوَادْغِمَـنْ

63.    Dan jika fi’il yang ikut wazan اِفْتَعَلَ itu fa’ fi’ilnya berupa ya’,wawu atau tsa’)  ( ث,و,ي yang mati maka fa’ fi’ilnya harus diganti dengan ta’ kemudian ta’ tersebut harus diidghomkan pada ta’ ifti’alnya seperti اِثَّغَرَ,اِتَّسَرَ,اِتَّصَلَ  asalnya اِثْتَغَرَ,اِيْتَسَرَ,اِوْتَصَلَ  

وَاحْكُـمْ بِزَيـدٍ مَنْ اُوَيْـسًا هَـلْ تَـنَمْ     $      فَوْقَ الثَّلاَثِ اِنْ بِـذِي الْمَرَامُ تَـمْ
64.    Huruf    zaidah  ( tambahan )  itu    ada   10  yaitu م,ن,ت,ل,هـ ,ا,س,ي,و,أ  ( hamzah,wawu,ya’, sin,alif,ha’,lam,ta’,nun dan mim ) yang terkumpul dalam lafadh اُوَيْساً هَلْ تَنَمْ  dengan syarat berada pada kalimah yang huruf asalnya ada 3 atau lebih dan kalimah tersebut sudah mempunyai makna yang sempurna sebelum dimasuki huruf ziyadah tersebut seperti اِنْكَسَرَ,قَاتَلَ,اَكْرَمَ

وَغَالِبَ الرُّبَاعِي عَــدِّ مَاعَــدَا      65     فَعْلَلَ فَاعْكِسَنْ كَدَرْبَجَ اهْــتَـدَى
65.    Fi’il ruba’i baik ruba’i mujarrod ,ruba’i mulhaq atau tsulasi mazid ruba’i itu yang banyak adalah muta’adi kecuali yang ikut wazan فَعْلَلَ maka yang banyak adalah lazim seperti دَرْبَجَ زَيْدٌ
كُلُّ الْخُمَاسِي لاَزِمٌ الَّاافْتَعَلْ     $     تَفَعَّل اوْتَفَاعَلاَ قَدِاحْتَمَلْ

66.    Semua fi’il khumasi baik tsulasi mazid khumasi atau ruba’i mazid khumasi itu yang banyak berlaku lazim kecuali yang ikut تَفَعَّلَ,اِفْتَعَلَ dan تَفَاعَلَ maka ada yang lazim dan muta’adi

كَذَاالسُّدَاسِي غَيْرَبَابِ اسْتَفْعَلَا     $     واسْرَنْدَى وَاغْرَنْدَى بِمَفْعُولٍ صِلاَ

67.    Begitu juga berlaku lazim semua fi’il sudasi baik tsulasi mazid sudasi atau ruba’i mazid sudasi kecuali yang ikut wazan اِسْتَفْعَلَ maka ada yang muta’adi dan ada yang lazim serta dikecualikan lagi lafadh اِسْرَنْدَى yang menunjukkan arti غَلَبَ ( mengalahkan ) dan lafadh اِغْرَنْدَى  yang menunjukkan arti قَهَرَ ( memaksa ) maka harus dimuta’adikan maf’ul satu

لِهَمْزِ اِفْعَالٍ مَعَـانٍ سَبْعَةُ      $     تَعْدِيَةٌ صَيْرُورَةٌ وَكَثــْرَة
حَيْنُوْنَةٌ اِزَالَـةٌ وِجْـدَانُ      $     كَـذَاكَ تَعْــرِيْضٌ فّــذَاالْبَيَــانُ

68.    Hamzahnya wazan اَفْعَلَ itu mempunyai 7 arti sebagai berikut :
1) تعدية  (Ta’diyah) 
2) صيرورة (Shoiruroh)
3) كثرة (Katsroh)  
69.    4) حينونة   (Haenunah)                6 )  وجدان ( Wijdan ) 
5) ازالة (Izalah)                            7) تعريض (Ta’ridl)

لِسِيْنِ الْاِسْتِفْعَالِ جَامَعَــانِ       70     لِطَلَبٍ صَيْرُورَةٍ وِجْــدَانِ
كَــذَا اعْتِـقَادٌ بَـعْـدَهُ التَّسْـلِيْمُ      $     سُؤَالُـهُمْ كَاسْتَخْبَرَ الْكَرِيْمُ

70.    Syin wazan اِسْتَفْعَلَ itu mempunyai 6 arti yaitu :
71.    1)   طلب( Tholab )           3)  وجدان( Wijdan )    5) تسليم  ( Taslim )
2)   صيرورة(Shoiruroh)    4)   اعتقاد( I’tiqod )    6)سؤال  ( Su’al )

فَصْلٌ فِى حُرُوْفِ اْلعِّلَةِ وَاَحْكَامِهَا

حُرُوفُ وَايٍ هِـيَ حُرُوفُ الْـعِـلَّةِ      $     وَالْمَــدِّ ثُـمَّ اللِّيْنُ وَالزِّيَـــادَة

FASAL MENERANGKAN HURUF ILAT DAN HUKUM-HUKUMNYA
72.    Huruf-huruf  yang terdapat dalam  واى  itu dalam istilah shorof  disebut :
1) Huruf   علّة( ilat )                    3) Huruf   مد( mad )
2) Huruf   لين( len )                     4) Huruf   زيادة( ziyadah )

فَاِنْ يَكُنْ بِبَـعْضِـهَا الْمَاضِي افْتَتَحْ      $     فَسَـمِّ مُعْـتَلاًّ مِثَالاَ كَوَضَحْ

73.    Setiap fi’il madli yang fa’ fi’ilnya berupa salah satu dari huruf-huruf tersebut (واى  ) itu disebut fi’il bina’ mu’tal,kalau berupa wawu maka disebut fi’il bina’ mu’tal fa’ wawi seperti وَضَحَ  dan  kalau berupa ya’ maka disebut fi’il bina’ mu’tal fa’ ya’i seperti يَسَرَ

وَنَاقِـصًا قُلْ كَـغَزَا اِنِ اخْتُـتِـمْ      $     بِـهِ وَاِنْ بِجَـوْفِـهِ اجْـوفًا عُلِـمْ

74.    Fi’il bina’ naqish adalah tiap-tiap fi’il yang lam fi’ilnya ( huruf akhir ) berupa huruf ilat (واى  ) kalau berupa huruf ilat wawu disebut fi’il bina’ naqish wawi seperti غَزَا asalnya  غَزَوَ, kalau berupa huruf ilat ya’ disebut fi’il bina’ naqish ya’i seperti مَشَى asalnya مَشَىَ ,sedangkan fi’il bina’ ajwaf adalah tiap-tiap fi’il yang a’in fi’ilnya ( huruf tengah ) berupa huruf ilat (واى  ) kalau berupa huruf ilat wawu disebut fi’il bina’ ajwaf wawi seperti قَالَ asalnya قَوَلَ, kalau berupa huruf ilat ya’ disebut fi’il bina’ ajwaf  ya’i seperti بَاعَ asalnya بَيَعَ

وَبِلَـفِيْـفٍ ذِي اقْتِرَانٍ سَـمِّ اِنْ      75     عَيْنٌ لَـهُ مِنْـهَا كَلاَمٍ تَسْتَـبِنْ

75.    Fi’il madli yang a’in dan lam fi’ilnya berupa huruf ilat itu disebut fi’il bina’ lafif maqrun seperti, قَوِيَ شَوَى

وَاِنْ تَكُــنْ فَاءٌ لَـهُ وَلاَمُ      $     فَـذُوافْـتِـرَاقٍ كَوَفَى الْغُـلاَمُ

76.    Sedangkan apabila fa’ fi’il dan lam fi’ilnya berupa huruf ilat itu disebut fi’il bina’ lafif mafruq seperti وَفَى,وَقَى


وَادْغِـمْ لِمِثْـلَيْ نَحْوِ يَازَيْدُ اكْفُـفَا      $     فَكُــفَّ قُلْ وَسَـمِّهِ الْمُضَاعَفَا

77.    Apabila ada fi’il yang a’in dan lam fi’ilnya terdiri dari huruf sejenis maka huruf yang pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua ( diganti dengan tasydid ) dan disebut fi’il bina’ mudlo’af

مَهْـمُـوزُ الَّـذِي عَلَى الْهَـمْزَاشْتَـمِلْ      $     نَحْوُقَـرَاسَأَلَ قَبْلَ مَااَفَـلْ

78.    Fi’il bina’ mahmuj adalah tiap-tiap fi’il madli yang fa’,a’in dan lam fi’ilnya berupa hamzah kalau fa’ fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj fa’ , kalau a’in fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj a’in dan kalau lam fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj lam seperti قَرَأَ,سَأَلَ,أَفَلَ

ثُـمَّ الصَّحِيْحُ مَاعَـدَا الَّذِي ذُكِــرْ      $     كَاغْفِـرْ لَنَـا رَبِّـي كَمَـنْ لَهُ غُفِـرْ

79.    Selain bina’ tersebut diatas ( mitsal,ajwaf,naqish,lafif,mahmuj dan mudlo’af ) itu disebut bina’ shohih yaitu tiap-tiap fi’il madli yang fa’,a’in dan lam fi’ilnya tidak berupa huruf ilat,tidak berupa hamzah serta a’in dan lam fi’ilnya tidak berupa huruf yang sejenis seperti غَفَرَ,فَتَحَ,ضَرَبَ

بَابُ الْمُعْتَلاَّتِ وَالْمُضَاعَفِ وَالْمَهْمُوْزِ

وَوَاوُا اَوْيَــا حُـرِّكَااقْلِـبْ اَلِـفَا      80     مِنْ بَعْـدِ فَتْـحٍ كَغَـزَا الَّذِي كَـفَى

BAB FI’IL MU’TAL,MUDLO’AF DAN MAHMUJ
80.    Kalau ada wawu atau ya’ yang hidup berada setelah harokat fathah maka harus diganti dengan alif seperti كَفَى,غَزَا asalnya كَفَىَ,غَزَوَ

ثُـمَّ غَـزَوَاوَغَـزَتَا كَـذَا غَـزَتْ      $     وَآلِفٌ لِلسَّاكِـنَـيْـنِ حُـذِفَتْ

81.    Fi’il bina’ naqish wawi dan ya’i yang bertemu dengan wau jama’ atau ta’ ta’nits sakinah itu alif yang gantian dari wawu atau ya’ harus dibuang karena bertemu dua huruf yang mati seperti غَزَوْا asalnya غَزَاوْا dari ,غَزَوَوْا غَزَتْ asalnya غَزَاتْ dari غَزَتَا, غَزَوَتْ asalnya غَزَاتَا dari غَزَوَتَا

وَالْقَلْـبُ فِي جَمْـعِ الْاِنَـاثِ مُنْـتَفِي      $     وَغَـزَوَا كَـذَا غَـزَوْتَ فَاقْـتَـفِ

82.    Fi’il bina’ naqish tersebut baik wawi atau ya’i jika bertemu dengan nun jama’ inats ,alif tasniyah dan dlomir ( muttakalim,mukhotob atau mukhotobah ) maka wawu atau ya’ tersebut itu tidak diganti alif seperti      غَزَوْنَ  /  رَمَيْنَ ,  غَزَوَا  /  رَمَياَ ,   غَزَوْتُِ  /  رَمَيْتُِ   

وَانْسُبْ لِاَجْوَفٍ كَـقَالَ كَالَ مَا      $     لِكَـغَـزَاثُـمَّ كَـفَى قَـدِانْتَـمَى

83.    Wawu dan ya’ yang hidup berada pada fi’il bina’ ajwaf serta berada setelah harokat fathah itu seperti yang berada pada fi’il bina’ naqish yakni harus diganti alif seperti كَالَ,قَالَ asalnya كَيَلَ,قَوَلَ
كَغَـزَتِ احْـذِفْ اَلِـفًا مِنْ قُـلْنَ اَوْ      $     كِلْـنَ بِضَـمَّ فَا وَكَسْرِهَا رَوَوْا

84.    Fi’il bina’ ajwaf itu apabila disandarkan pada nun jama’ inats maka alifnya yang  gantian dari wawu atau ya’ itu harus dibuang sebagaimana alifnya fi’il bina’ naqish ketika disandarkan ( bertemu ) dengan ta’ ta’nits sakinah kemudian fa’ fi’il bina’ ajwaf tersebut didlomah jika berupa ajwaf wawi seperti قُمْنَ asalnya قَوَمْنَ dan dikasroh jika berupa bina’ ajwaf yai seperti سِرْنَ asalnya سَيَرْنَ
وَالْيَاءُ اِنْ مَاقَبْلَـهَا قَـدِانْكَسَرْ      85     فَابْقِ مِثَـالُهُ خَشِيْتُ لِلضَّـرَرْ
اَوْضُـمَّ مَعْ سُكُونِهَا فَصَـيِّرِ       $     وَاوً فَـقُـلْ يُوْسِـرُ فِي كَيُيْسِرِ

85.    Kalau ada  ya’ mati atau hidup berada setelah harokat kasroh maka harus ditetapkan ( tidak diganti dengan alif ) seperti خَشِيْتُ رَبِّى, خَشِىَ مُحَمَّدٌ رَبَّهُ
86.    Kalau ya’ tersebut mati dan berada setelah harokat dlomah maka harus diganti dengan wawu seperti يُوْقِنُ,يُوْسِرُ asalnya يُيْقِنُ,يُيْسِرُ
وَوَاوًااِثْـرَ كَسْرِاِنْ تَسْكُنْ تَصِـرْ      $      يَاءً كَجِيْرَ بَعْـدَ نَقْلٍ فِي جُوِرْ

87.    Apabila ada wawu mati yang berada setelah harokat kasroh maka harus diganti dengan ya’ seperti جِيْرَ asalnya جِوْرَ

وَاِنْ تُحَـرَّكْ وَهْيَ لاَمُ كِلْمَةْ      $     كَــذَا فَـقُـلْ غَبِي مِنَ الْغَبَـاوَةْ

88.    Apabila ada wawu hidup menjadi lam fi’il yang berada setelah harokat kasroh maka harus diganti dengan ya’ seperti غَبِىَ asalnya غَبِوَ

حَرَكَةٌ لِيَاكَـوَاوٍاِنْ عَقِـبْ      $     مَاصَـحَّ سَاكِـنًا فَنَـقْلُـهَا يَجِبْ
مِثَالُ ذَا يَقُـوْلُ اَوْيَكِـيْلُ ثُمْ      90     يَخَافُ وَالْاَلِفُ عَنْ وَاوٍ تَقُـمْ

89.    Apabila ada wawu atau ya’ hidup sedangkan huruf sebelumnya berupa huruf  shohih yang mati maka harokatnya wawu atau ya’ tersebut harus dipindahkan pada huruf shohih yang mati tersebut,kemudian kalau yang dipindah itu harokat fathah maka wawu atau ya’ tersebut harus diganti dengan alif
90.    Seperti يَقُوْلُ  يَكِيْلُ, asalnya  يَكْيِلُ,يَقْوُلُ dan يَخَافُ  يَهَابُ, asalnya  يَخْوَفُ  يَهْيَبُ,

وَاِنْ هُـمَا مُحَـرَّكَيْنِ فِي طَـرَفْ      $      مُضَارِعٍ لَمْ يَنْتَصِبْ سَكِّنْ تُحَفْ
نَحْوَالَّـذِي جَامِـنْ رَمَى اَوْمِـنْ عَفَا      $     اَوْمِـنْ خَشِي وَيَـاء ذَا اقْلِبْ اَلِـفَا

91.    Apabila ada wawu atau ya’ berharokat dlomah yang dibaca rofa’ dan berada diakhir fi’il mudlori’ ( menjadi lam fi’il ) maka harus disukun karena dianggap beratnya dlomah pada wawu atau ya’ tersebut
92.    Seperti يَرْمِى  يَخْشَى, يَعْفُوْ , asalnya  يَرْمِىُ  يَخْشَىُ, يَعْفُوُ ,
وَاحْـذِفْهُـمَا فِي جَمْعِهِ لاَالتَّثْنِيَة        $     وَمَاكَتَـغْزِيْنَ بِـذَا مُسْتَـوِيَة

93.    Fi’il mudlori’ yang akhirnya ( lam fi’il ) berupa wawu atau ya’ itu apabila bertemu dengan wawu jama’ atau ya’ mu’anats mukhothobah maka wawu atau ya’ tersebut harus dibuang seperti تَغْزِيْنَ, يَمْشُوْنَ,يَغْزُوْنَ dan تَمْشِيْنَ   asalnya تَغْزُوِيْنَ, يَمْشِيُوْنَ,يَغْزُوُوْنَ dan تَمْشِيِيْنَ   
Sedangkan jika bertemu dengan alif tasniyah maka tidak boleh dibuang akan tetapi harus diharokati fathah seperti seperti يَمْشِيَانَ,يَغْزُوَانَ

وَفِي اسْمِ فَاعِـلٍ اجْوَفٍ قُلْ قَائِلاَ      $     بِأَلِفِ زَيْــدٍ وَهَمْــزِمَاتَــلاَ

94.    Apabila wawu atau ya’ nya isim fa’il dari bina’ ajwaf yang berada setelah alif zaidah ( tambahan ) maka harus diganti dengan hamzah seperti قَائِلٌ,سَائِرٌ,نَائِمٌ asalnya قَاوِلٌ,سَايِرٌ,نَاوِمٌ

فِي نَاقِصٍ قُلْ غَازٍاِنْ لَمْ يَنْتَصِبْ      95     وَلاَبِأَلْ وَحَــذْفُ يَـائِهِ يَجِبْ

95.    Ya’nya isim fa’il dari bina’ naqish yang tidak dibaca nashob ( dibaca rofa’ atau jer )  dan  tidak bersamaan dengan  al  (اَلْ) itu  harus dibuang  seperti غَازٍ , رَامٍ asalnya    ,  غَازِوٌ  ,  رَامِىٌ      مَرَرْتُ   بِغَازٍ   ,   مَرَرْتُ  بِرَامٍ  asalnya مَرَرْتُ  بِغَازِوٍ , مَرَرْتُ بِرَامِىٍ
Adapun jika dibaca nashob atau bersamaan dengan al maka harus ditetapkan seperti جَاءَ الرَّامِى,جَاءَ الْغَازِى,رَاَيْتُ غَازِيًا,رَاَيْتُ رَامِيًا

وَكَمَقُـوْلٍ اِسْمَ مَفْـعُـولٍ خُـذَا      $     بِالنَّـقْـلِ كَالْمَكِيْلِ وَاكْسِرْ فَاءَ ذَا

96.    Harokatnya wawu atau ya’ isim maf’ul dari bina’ ajwaf  itu harus dipindahkan pada huruf shohih yang mati sebelumnya untuk meringankan ,maka  huruf shohih tersebut dikasroh jika yang dibuang itu huruf ya’ lalu maf’ulnya dibuang  karena bertemunya dua huruf yang mati dalam satu kalimah sepertiمَكِيْلٌ     asalnya    مَكْيُوْلٌ

وَمِثْـلَيِ الْمَغْـزُوِّحَتْـمًا اَدْغِـمَا      $     كَـذَاكَ مَخْشِي بَعْـدَ قَلْـبٍ قُـدِّمَا

97.    Apabila ada dua wawu atau dua ya’ yang berkumpul pada isim maf’ulnya bina’ naqish ,sedangkan huruf yang pertama mati dan yang kedua maka huruf yang pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua seperti مَغْزُوٌّ danمَخْشِىٌّ  asalnya   مَغْزُوْوٌdan مَخْشِىْيٌ

وَاَمْرُ غَائِبٍ اَتَى مِـنْ اَجْـــوَفِ      $     كَلِيَـقُـلْ وَاَصْـلُهُ غَيْرُخَــفِي

98.    Harokatnya wawu atau ya’ dalam fi’il amar hadlir dari bina’ ajwaf itu harus dipindah pada huruf shohih sebelumnya yang mati,lalu wawu atau ya’ yang mati tersebut dibuang karena berkumpulnya dua huruf yang mati dalam satu kalimah seperti لِيَقُلْ danلِيَمِلْ  asalnya لِيَقْوُلْ danلِيَمْيِلْ  
مُخَاطَبٌ مِنْـهُ كَـقُـلْ بِالنَّـقْلِ      $     وَحَـذْفَ هَمْزِهِ وَعَيْنِ الْاَصْلِ

99.    Begitu juga harokatnya  wawu atau ya’ pada fi’il amar hadlir dari fi’il bina’ ajwaf itu harus dipindah pada huruf shohih sebelumnya yang mati dengan membuang hamzah washol karena sudah tidak dibutuhkan lagi , lalu wawu atau ya’ tersebut yang menjadi a’in fi’il harus dibuang karena bertemunya  dua  huruf  yang  mati  dalam  satu  kalimah   seperti قُلْ asalnya اُقْوُلْ  

وَثَــنِّهِ عَلَى كَقُــوْلَا وَالْتَــزِمْ      100     مِنْ نَاقِصٍ فِيْ ذَيْنِ حَـذْفًـا لِـلْمُـتِمْ

100.Wawu atau ya’ yang dibuang dalam fi’il amar hadlir dan amar ghoib dari bina’ ajwaf tersebut harus dikembalikan lagi jika menunjukkan tasniyah atau jama’ mudzakar seperti لِيَقُوْلُوْا,لِيَقُوْلاَ,قُوْلُوْا,قُوْلاَ
Sedangkan wawu,ya’ atau alif yang menjadi huruf akhir fi’il amar hadlir atau amar ghoib dari fi’il bina’ naqish mufrod itu harus dibuang seperti لِيَغْزُ  لِيَرْمِ,  danلِيَخْشَ   asalnya  لِيَغْزُوْ   لِيَرْمِى, dan  لِيَخْشَى   ( Ghoib ) اُغْزُ  اِرْمِ,danاِخْشَ  asalnya اُغْزُوْ  اِرْمِى,danاِخْشَى  ( Hadlir )

وَحَـذْفَ فَاالْمُعْتَـلِّ فِيْ مُسْتَـقْـبَلِ      $     وَاَمْـرٍ اَونَهْـيٍ مَتَى تُـعْلَمْ جَـلِي

101.Fa’ fi’ilnya fi’il bina’ mu’tal mitsal wawi pada fi’il mudlori’,amar atau nahi  (  hadlir  atau ghoib ) dari bab وَهَبَ   وَعَدَ, dan  وَرِثَ yaitu ikut wazan يَفْعَلُ- فَعَلَ

    بِبـَابٍ مَاكَــوَهَـبَ اوْكَوَعَـدَ      $      وَرِثَ زِدْ وَقُـلَّ مَا قَـدْ وَرَدَ

102.  يَفْعِلُ- فَعَلَdan  يَفْعِلُ- فَعِلَ  itu harus dibuang juga bab وَسِعَ yaitu yang ikut wazan يَفْعِلُ- فَعِلَ akan tetapi sedikit

ثُمَّ الَّلفِيْـفُ لاَبِقَـيْـدٍ قَـدْ حُكـِمْ       $     لِلاَمِـهِ بِمَـالِنَاقَصٍ عُـلِمْ

103. Lam fi’ilnya ( huruf akhir ) fi’il mudlori’ yang dijazmkan ,fi’il amar dan fi’il nahi dari bina’ lafif maqrun atau lafif mafruq itu seperti lam fi’ilnya fi’il bina’ naqish yaitu harus dibuang seperti لَمْ يَطْوِ   اِطْوِ, dan  لاَتَطْوِ   asalnya  لَمْ يَطْوِى   اِطْوِى, dan ى لاَتَطْوِ     ( Lafif maqrun  )  ,
لَمْ يَقِ   قِ, dan  لاَتَقِ   asalnya  لم يَقِى  اِوْقِى,  dan  لاَتَقِى ( Lafif maqrun  )

اَوْكَالصَّحِيْحِ احْكُـمْ لِعَيْنِ مَاقُـرِنْ      $     وَفَـاءُ مَفْرُوقٍ كَمُعْتَــلٍّ زُكِـنْ

104.A’in fi’ilnya bina’ lafif maqrun itu seperti a’in fi’ilnya bina’ shohih yaitu tidak dirubah dan tidak dibuang seperti لَمْ يَشْوِ,اِشْوِ (lafif maqrun) sebagaimana  لاَيَضْرِبْ,اِضْرِبْ ( bina’ Shohih )
Sedangkan fa’ fi’ilnya bina’ lafif mafruq itu hukumnya seperti fa’ fi’ilnya bina’ mu’tal mitsal wawi yakni harus dibuang pada fi’il mudlori’,fi’il amar dan    fi’il   nahi   yang  ikut   wazan , يَفْعِلُ- فَعَلَ  ,  يَفْعَلُ- فَعَلَ      يَفْعِلُ- فَعِلَ seperti  يَمِقُ- وَمِقَ , يَلِى- وَلَى , يَقِى- وَقَى  ( lafif Mafruq ) يَرِثُ- وَرِثَ , يَعِدُ- وَعَدَ, يَضَعُ- وَضَعَ  ( Mitsal wawi ) sedangkan yang ikut wazan يَفْعَلُ- فَعِلَ  maka tidak dibuang seperti يَوْجَى- وَجِىَ sebagaimana  يَوْجَلُ- وَجِلَ ( bina’ Shohih )
وَاَمْرُ ذَا لِلْفَـرْدِ قِهْ وَقِيْ قِيَـا      105     لاِثْنَيْــنِ قُوْا وَقِيْنَ لِلْجَـمْعِ ائْتِـيَـا

105.Tashrifannya fi’il amar hadlir dari bina’ lafif mafruq ialah قِيْنَ,قِيَا,قِى,قُوْ,قِيَا,قِهْ yakni hamzah washol dan fa’ fi’ilnya fi’il amar hadlir dari bina’ mitsal wawi yang ikut wazan , يَفْعِلُ- فَعَلَ  ,  يَفْعَلُ- فَعَلَ يَفْعِلُ- فَعِلَ    perinciannya    sebagai     berikut (للمفرد المذكر) قِهْ (للمفردة المؤنث)  قِى   ,  (لجمع المذكر)  قُوْ   ,  (للمثنى المذكر والمؤنث)   قِيَا    (لجمع المؤنث) قِيْنَ,  

وَمَا كَمَدٍّ مَصْـدَرًااَوْمَــدَّ مِنْ       $     مُضَاعَفٍ فَهُـوَ بِــإِدْغَـامٍ قُـمِـنْ

106.Apabila ada lafadh yang a’in dan lam fi’ilnya berupa huruf yang sama,sedangkan huruf yang pertama mati dan yang kedua hidup atau hidup keduanya maka huruf yang pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua seperti مَدَّ danمَدٌّ  asalnya مَدَدَ danمَدْدٌ  

  اَوْ كَمَــدَدْنَ اَوْمَــدَدْنَا فَاظْهِرِ      $     وَفِي كَـلَـمْ يَمُــدَّ جَــوِّزْ كَافْرِرِ

107.Akan tetapi kalau a’in fi’ilnya yang hidup sedangkan lam fi’ilnya mati maka  tidak  boleh  diidghomkan  yakni   harus  dibaca  idhar seperti مَدَدْتُ الْحَبْلَ dan مَدَدْنَ الْحَبْلَ dan  apabila  matinya  lam  fi’ilnya tersebut ( huruf yang kedua ) karena jazm baik untuk fi’il amar atau fi’il mudlori’ yang    dijazemkan     maka     boleh     idghom     dan      boleh       idhar مُدَّ   /  اُمْدُدْ     لَمْ يَفِرَّ   , /    لَمْ يَفْرِرْ

مَهْــمُوْزُ ابْـدِلْ هَمْـزَهُ مَتَى      $     سَـكَنْ بِمُـقْتَـضَى حَرَكَـةٍ اَوِاتْـرُكَنْ
           كَـيَـأْكُـلُ ائْـذَنْ يُوْمِـنُوْا  . . . . . . . . . .    

108.Hamzahnya fi’il bina’ mahmuj itu apabila mati ( disukun ) maka boleh diganti huruf mad yang sesuai dengan harokat huruf sebelumnya yaitu kalau harokat huruf sebelumnya fathah maka hamzah tersebut diganti alif   
109.kalau dlomah maka hamzah tersebut diganti wawu dan kalau kasroh maka hamzah diganti dengan ya’ dan juga boleh ditetapkan ( tidak diganti ) seperti يَاكُلُ   يُوْمِنُوْنَ, dan  إِيْذَنْ   asalnya  يَأْكُلُ   يُؤْمِنُوْنَ, dan  إِئْذَنْ   

. . . . . . . . . . وَاتْـرُكْ مَتَى      $     حَـرَّكْتَـهُ وَسَابِقٌ كَـذَا اَتَـى
نَحْـوَ قَـرَا وَاِنْ يُـحَــرِّ هُـوَ فَـقَطْ      110     كَاسْأَلْ كَـذَا وَسَـلْ اَجِزْكَمَاانْضَبَطْ

110.Apabila hamzah fi’il bina’ mahmuj tersebut hidup dan huruf sebelumnya juga hidup maka tidak boleh diganti huruf mad seperti قَرَأَ dan  سَأَلَ   akan tetapi kalau huruf sebelumnya mati maka hamzah boleh diganti huruf mad dan boleh ditetapkan  seperti سَلْ dan  اِسْأَلَ

وَحَـذْفَ هَمْـزِ خُـذْ وَمُرْكُلْ لاَتَقِسْ      $     وَكَالصَّحٍيْحِ غَيْرَهُ صَرِّفْ وَقِسْ

111.Membuang hamzahnya fi’il bina’ mahmuj yang berada pada fi’il amar seperti lafadh خُذْ   مُرْ, dan  كُلْ itu hukumnya syad yaitu tidak sesuai dengan qoidah yang berlaku,adapun tashrifannya fi’il selain fi’il bina’ shohih sebagaimana bina’ mitsal,ajwaf,naqish,mahmuj,mudlo’af dan lafif itu seperti tasyrifannya bina’ shohih


قَـدْتَــمَّ مَارُمْنَا مِنَ الْمَقْصُوْدِ      $     فَاعْـذَرْحَـدِيثَ السِّنِّ يَاذاالْجُوْدِ

وَاَحْمَدُ اللهَ مُصَلِّيًا عَلَى      113     مُحَــمَّدٍ وَآلِهِ وَمَنْ تَــلاَ

112.Kami telah sempurna dan selesai menyusun nadhom al maqshud dalam ilmu shorof ,kami selaku pengarang yang masih muda usianya mohon ma’af kepada Yang Maha Pemurah atas kekurangan pada kitab ini
113.Saya memuji kepada kehadirat Alloh SWT,seraya membaca sholawat dan salam kepada nabi Muhammad SAW,keluarga serta orang-orang yang membaca kitab ini




والله اعلم بالصواب
 الحمد لله  رب العالمين
م



By M.Asyrofi Fadlly S.Pd.I
Langitan,19 Rojab 1435 H
                                                                                                                                19 Mei 2014 H 



16 komentar :

  1. biografi syekh abdur rahim??

    BalasHapus
  2. assalamualaikum... izin copas ya. semoga berkah dan bermanfaat..

    BalasHapus
  3. Izin shar ust.
    Moga manfaat buat kami dan masyarakat luas.

    BalasHapus
  4. ijin download ustadz...jazakallah..khoirol jazaa'

    BalasHapus
  5. Syukron Akhil Kariim
    Jazakumullah...Khairan Katsira
    Izin download ya akhi.

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Ustad saya ikut belajar mohon izin ustad.semoga manfaat dunia akhirat aaamiin

      Hapus
  7. minta ijin copy dan sebar luaskan

    BalasHapus
  8. ijin copy paste , Ustadz
    terima kasih

    BalasHapus
  9. Terima kasih ustazd semoga bermanfaat dunia akhirat aamiin

    BalasHapus
  10. Asslmualaikum wr wb. Bsa dijelaskanlg pustdz Penjelasar dr Makna Wajan Idtaf'ala dst seperti Soirurroh (Artinya) , Tlolab(Artinya) Wsslm

    BalasHapus

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS