بسم الله الرحمن الرحيم
KATA
PENGANTAR
اَلْحَمْدُ
للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ اَشْرَفِ
اْلمـُــرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ
Segala
puji bagi Alloh SWT, Tuhan semesta alam, Dialah dzat Yang Maha Pengasih tak
pilih kasih Maha Penyayang yang sayangNya tiada terbilang, setinggi arti
sholawat dan sedalam makna salam semoga tercurahkan kepada semulia-mulianya
utusan beliau baginda Rosulillah SAW, keluarga, para sahabat dan pengikutnya
semua.
Buku
terjemah nadlhom Maqshud ini kami susun
dengan maksud untuk dapat dijadikan sebagai bahan muqobalah bagi teman-teman santri khususnya dan kaum muslimin wal
muslimat secara umum, oleh karenanya buku ini sangat sederhana baik bentuk ,bahasa
maupun isinya dan buku terjemah nadlhom Maqshud ini kami beri nama “ PENGANTAR
MEMAHAMI ILMU SHOROF “ kami berharap banyak barokah dan bermanfa’at
bagi umat.
Pada
akhirnya kami menyadari bahwa terjemah ini belum sempurna dan jauh dari
kesempurnaan, oleh karena itu segala kritik yang membangun dan saran-saran
untuk perbaikan terjemah ini senantiasa kami harapkan dan hanya mengharap ridlo
Alloh SWT, senantiasa kami harapkan, semoga terjemah ini dapat mendatangkan
manfa’at dan maslahah fiddiini waddunya
wal akhiroh. Amin Ya Robbal Alamin.
Langitan-Rojab
1435 H.
Penulis,
بسم الله الرحمن الرحيم
يَقُوْلُ
بَعْدَ حَمْدِ ذِي اْلجَلاَلِ $ مُصَلِّياً عَلَى النَّبِيِّ وَاْلآلِ
عَبْدٌ
اَسِيْرُ رَحْمَةِ الْكَرِيْمِ $ اَيْ اَحْمَدُابْنُ عَابِدِالرَّحِيْمِ
1. Syekh
Ahmad bin Abdurrohim seorang hamba yang
menjadi tawanan rohmat Alloh setelah memuji Alloh yang Maha Agung
2. seraya
membaca sholawat dan salam untuk Nabi dan semua keluarganya
اَبْوَابُ
الْفِعْلِ الثُّلاَثِيِّ
فِعْلٌ
ثُلاَثِيٌّ اِذَا يُجَرَّدُ $ اَبْوَابُهُ سِتٌّ كَمَا سَتُسْرَدُ
فَالْعَيْنُ اِنْ تُفْتَحْ بَمَاضٍ فَاكْسِرِ $ اَوْضُمَّ اَوْ فَافْتَحْ
لهَاَ فِي اْلغَابِرِ
BAB FI’IL TSULASI
3. Fi’il tsulasi mujarrod ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf
asal dan tanpa ( sunyi ) huruf tambahan
( ziyadah ) itu babnya itu ada 6 yang akan diterangkan dengan tertib
4. Apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca
fathah ( فَعَلَ ) maka ‘ain fi’il dari fi’il
dari fi’il mudlori’
itu boleh wajah
3 yaitu :
1 ) kasroh
( فَعَلَ-
يَفْعِلُ ) 2
) dlomah ( فَعَلَ- يَفْعُلُ ) 3 )
fathah ( فَعَلَ- يَفْعَلُ )
وَاِنْ
تُضَمَّ فَاضْمُمَنْهَا فِيْهِ 5 اَوْتَنْكَسِرْ فَافْتَحْ وَكَسْرًا عِيْهِ
5.
Apabila
‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca dlomah ( فَعُلَ ) maka ‘ain fi’il
dari fi’il mudlori’
itu hanya
dibaca dlomah saja (يَفْعُلُ ) dan apabila ‘ain fi’il dari fi’il madli itu dibaca
kasroh ( فَعِلَ ) maka ‘ain fi’il dari
fi’il mudlori’ itu boleh
dibaca fathah (يَفْعَلُ ) dan kasroh (يَفْعِلُ )
وَلَامٌ اَوْعَيْنٌ بِمَا قَدْ فُتِحَا $ حَلْقِي سِوَى ذَا باِلشُّذُوْذِ
اتَّضَحَا
6.
Fi’il
tsulasi mujarrod yang ikut wazan فَعَلَ- يَفْعَلُ itu
disyaratkan ‘ain fi’il atau lam fi’ilnya harus berupa salah satu huruf halqi yang ada 6 ( غ,ع,خ,ح,هـ ,ء ( dan jika tidak berupa huruf halqi maka hukumnya syad (
menyimpang dari qoidah yang telah ditentukan )
فَصْلٌ فِي اَبْوَابِ الرُّبَاعِي اْلمُجَرَّدِ
وَاْلمُلْحَقِ بِهِ
ثُمَّ الرُّبَاعِي بِبَابٍ وَاحِدِ $ وَاْلحِقْ بِهِ سِتّاً
بِغَيْرِ زَائِدِ
فَوْعَـلَ
فَـعْـوَلَ كذاك فَيْـعَلاَ $ فَعْـيَلَ فَعْــلَى وكذاك فَعْــلَلاَ
FASAL BAB RUBA’I DAN RUBA’I MULHAQ
7. Fi’il
ruba’i mujarrod ( fi’il yang huruf asalnya ada 4 dan tanpa huruf tambahan ) itu
babnya ada satu yaitu - يُفَعْلِلُ فَعْلَلَ ,sedangkan fi’il ruba’i mulhaq mujarrod ( fi’il yang huruf asalnya ada 3 dan di tambah satu huruf
untuk disamakan dengan
ruba’i mujarrod ) itu
babnya ada 6 yaitu
:
8. 1
) - يُفَوْعِلُ فَوْعَلَ 2 )
- يُفَعْوِلُ فَعْوَلَ 3 )
- يُفَيْعِلُ فَيْعَلَ 4 )
- يُفَعْيِلُ فْعْيَلَ 5 ) - يُفَعْلِى فَعْلَى 6 ) - يُفَعْلِلُ فَعْلَلَ
فَصْلٌ فِي اَبْوَابِ الثُّلَاثِيِّ الْمَزِيْدِ
زَيْدُ الثُّلاَثِي اَرْبَعٌ مَعْ عَشْرِ $ وَهِيَ لِاَقْسَامٍ ثَلَاثٍ
تَجْرِي
اَوَّلُهَا
الرُّبَاعِي مِثْلُ اَكْرَمَا 10 وفَعَّلَ وفَاعَل كخَاصَمَا
FASAL
BAB TSULASI MAZID
9.
Fi’il tsulasi
mazid ( fi’il yang terdiri dari 3 huruf asal lalu menerima huruf tambahan ) itu
babnya ada 14 dan terbagi menjadi 3 yang akan diterangkan pada bait berikut
10. Yang pertama adalah fi’il tsulasi mazid ruba’i ( fi’il
yang terdiri dari 3 huruf asal lalu ditambah satu huruf ) adapun babnya itu ada
3 yaitu : 1 ) - يُفْعِلُ اَفْعَلَ seperti
اَكْرَمَ – يُكْرِمُ 2 ) - يُفَاعِلُ فَاعَلَ seperti خاَصَمَ –
يُخاَصِمَ 3 ) - يُفَعِّلُ فَعَّلَ seperti فَرَّحَ – يُفَرِّحَ
وَاخْصُصْ خَمَاسِيًّا بِذِي الْاَوْزَانِ $ فَبَدْؤُهَا كاَنْكَسَرَ
وَالثَّانِي
افْتَعَـلَ افْعـَلَّ كـَذَا تَفَعَّلاَ $ نَحْوَ تَعَلَّمَ وَزِدْ
تَفَاعَلَا
11. Yang kedua adalah fi’il tsulasi mazid khumasi ( fi’il
yang terdiri dari 3 huruf asal lalu mendapat dua huruf tambahan ) adapun
babnya itu ada 5
12. yaitu :
1 ) - يَنْفَعِلُ اِنْفَعَلَ seperti
اِنْكَسَرَ –
يَنْكَسِرَ 2 ) - يَفْتَعِلَ اِفْتَعَلَ seperti اِجْتَمَعَ – يَجْتَمِعُ 3 ) - يَفْعَلُّ اِفْعَلَّ seperti
اِحْمَرَّ – يَحْمَرُّ 4 ) - يَتَفَعَّلُ تَفَعَّلَ seperti
تَعَلَّمَ – يَتَعَلَّمُ 5 ) - يَتَفَاعَلُ تَفَاعَلَ seperti
تَخَاصَمَ– يَتَخَاصَمُ
ثُمَّ السُّدَاسِى اسْتَفّعَلَ وَافْعَوْعَلَ $ وَافْعَوَّلَ افْعَنْلَى
يَلِيْهِ افْعَنْلَلَا
وَافْعَالَّ
مَا قَدْ صَاحَبَ اللَّامَيْنِ $
13. Yang ketiga adalah fi’il tsulasi mazid sudasi ( fi’il
yang terdiri dari 3 huruf asal lalu mendapat tiga
huruf
tambahan ) adapun babnya itu ada 6 yaitu :
14. 1 ) - يَسْتَفْعِلُ اِسْتَفْعَلَ seperti
اِسْتَغْفَرَ –
يَسْتَغْفِرَ 2 ) - يَفْعَوْلَ اِفْعَوْلَ seperti اِعْشَوْشَبَ – يَعْشَوْشِبُ 3 ) - يَفْعَوِّلُ اِفْعَوَّلَ seperti
اِجْلَوَّذَ – يَجْلَوِّذُ 4 ) - يَفْعَنْلِى اِفْعَنْلَى seperti
اِسْلَنْقَى – يَسْلَنْقِىْ 5 ) - يَفْعَنْلِلُ اِفْعَنْلَلَ seperti
اِقْعَنْسَسَ– يَقْعَنْسِسُ
6 )
- يَفْعَالُّ اِفْعَالَّ seperti
اِحْمَارَّ– يَحْمَارُّ
$ زَيْدُالرُّبَاعِي عَلَى
نَوْعَيْنِ
ذِيْ سِتَّةٍ نَحْوُافْعَلَـلَّ
افْعَنْلَـلاَ 15 ثُمَّ الْخُمَاسِي وَزْنُهُ تَفَعْلَـلاَ
Fi’il ruba’i mazid ( fi’il yang terdiri dari 4 huruf asal
lalu mendapatkan tambahan huruf ) itu ada 2 macam :
15. 1 ) Fi’il ruba’i mazid khumasi ( fi’il yang terdiri dari 4 huruf asal lalu
mendapatkan
tambahan satu huruf ) yang babnya ada
satu yaitu : تَفَعْلَلَ –
يَتَفَعْلَلُ seperti تَدَخْرَجَ – يَتَدَخْرَجُ
2 ) Fi’il ruba’i mazid sudasi ( fi’il yang terdiri dari 4 huruf asal lalu
mendapatkan tambahan dua huruf ),sedangkan wazannya ada 2
yaitu:
اِقْشَعَرَّ –
يَقْشَعِرُّ seperti اِفْعَلَلَّ
- يَفْعَلِلُّ 1 )
اِخْرَنْجَمَ –
يَخْرَنْجِمُ seperti اِفْعَنْلَلَ
- يَفْعَنْلِلُ 2
)
بَابُ الْمَصْدَرِ وَمَايُشْتَقُّ مِنْهُ
وَمَصْدَرٌ عَلَى ضَرْبَيْنِ $ مِيْمِي وَغَيْرِهِ عَلَى
قِسْمَيْنِ
مِنْ
ذِي الثَّلاَثِ فَالْزَمِ الَّذِي سُمِعْ
$ وَمَاعَدَاهُ فالْقِيَاسَ
تَــتَّبِعْ
BAB MASDAR DAN MUSYTAQ MINHU
16. Masdar
itu dibagi menjadi 2 macam yaitu :
1 )
Masdar mim ( masdar yang huruf pertamanya berupa mim zaidah ) 2 ) Masdar
ghoiru mim ( masdar yang
huruf pertamanya tidak berupa
mim zaidah )
17.
Sedangkan masdar ghoiru mim itu terbagi menjadi 2 bagian
yaitu :
1 ) Masdar ghoiru
mim dari fi’il tsulasi mujarrod
itu hukumnya sama’i
(ketentuan dari orang Arab dan tidak bisa
disamakan dengan wazannya ) 2 )
Masdar ghoiru mim
dari selain fi’il
tsulasi mujarrod ( fi’il
ruba’i , khumasi dan
sudasi ) itu
hukumnya qiyasi ( bisa disamakan
dengan wazannya )
مِيْمِي
الثُّلاَثِي اِنْ يَكُنْ مِنْ اَجْوَفِ
$ صَحِيْحٍ اَوْمَهْمُوْزٍ
اَوْ مُضَعَّفِ
اَتَى
كَمَفْعَـلٍ بِـفَتْحَـتَيْنِ $ وَشَـذَّ مِنْهُ مَابِكَسْرِ
الْعَيْـنِ
18.
Masdar
mimnya fi’il tsulasi mujarrod dari bina’ ajwaf,shohih,mahmuj atau mudlo’af itu
harus mengikuti wazan مَفْعَلٌ ( mim dan a’in
difathah ) dan
19.
Apabila ikut wazan مَفْعِلٌ( a’innya difathah ) maka hukumnya syad
كَذَاا سِمُ الزَّمَانِ وَالْمَكاَنِ مِنْ 20
مُضَارِعٍ اِلاَّ بِكَسْرِهَا يَبِنْ
20.
Isim
zaman dan isim makannya fi’il tsulasi
mujarrod dari bina’ ajwaf,shohih,mahmuj atau mudlo’af yang a’in mudlori’nya dibaca dlomah ( ( يَفْعُلُatau
dibaca fathah ( ( يَفْعَلُitu juga ikut wazan مَفْعَلٌ jika a’in mudlori’nya dibaca kasroh maka isim
zaman dan isim makannya ikut wazan مَفْعِلٌ
وَافْـتَـحْ لَهَـا
مِنْ نَاقِـصٍ وَمَاقُرِنْ $ وَاعْكِسْ بِمُعْتَـلٍّ
كَمَفْرُوقٍ يَعِــنْ
21.
Masdar
mim,isim zaman dan isim makan dari fi’il tsulasi mujarrod yang terdiri dari
bina’ naqish dan lafif maqrun itu harus mengikuti wazan مَفْعَلٌ
( fathah
a’in fi’ilnya ) dan jika dari bina’ mu’tal mitsal atau bina’ lafif mafruq maka
harus mengikuti wazan
مَفْعِلٌ ( kasroh a’in
fi’ilnya )
وَمَاعَدَ
الثُّلاَثِيْ كُلاَّ اجْعَــلاَ $ مِثْلَ مُضَارِعٍ لَهَا
قَدْ جُهِـلاَ
كَذَا
اسْمُ مَفْعُوْلٍ وَفَاعِلٍ كُسِرْ $ عَيْنًا لَهـَا وَاَوَّلٌ
مِيْمًا يَصِرْ
22.
Wazannya
masdar mim,isim zaman dan isim makan dari fi’il selain tsulasi mujarrod (
ruba’i,khumasi dan sudasi ) itu seperti mudlori’nya ketika mabni majhul (huruf
pertama didlomah dan huruf sebelum akhir di fathah)
23.
Begitu
juga isim maf’ul dan isim fa’ilnya hanya saja untuk isim fa’il itu a’in
fi’ilnya ( huruf sebelum akhir ) dikasroh dan huruf mudloro’ahnya diganti
dengan huruf mim
فَصْلٌ فِي هَيْئَةِ
اْلفِعْلِ الْمَاضِي مَعْلُوْمًا وَمَجْهُوْلًا وَاْلَامْرِ وَهَمْزَةِ الْوَصْلِ
وَآخِرَالْمَاضِي
افْتَحَنْهُ مُطْــلَــقًا $ وَضُـمَّ اِنْ
بِوَاوٍجَمعٍ اُلْحِـــقَـا
وَسَـكِّـنْ اِنْ ضَمِيـرَرَفْعٍ
حُرِّكَا 25
FASAL KEADAAN
FI’IL MADLI,FI’IL AMAR DAN
HAMZAH
WASHOL
24.
Akhirnya
f’il madli itu dimabnikan fath secara mutlak ( fi’il tsulasi mujarrod atau
ghoiru tsulasi mujarrod ),jika tidak bertemu dengan wawu
25.
jama’
atau dlomir rofa’ mutaharrik dan jika bertemu dengan wawu jama’ maka mabni dlom
dan bila bertemu dlomir rofa’ mutaharrik maka mabni sukun
وَبَــدْء مَعْــلُومٍ بَفَــتْـحٍ سُلِــكَا $
اِلاَّالْخُمَاسِي
وَالسُّدَاسِي فَاكْسِرَنْ $ اِنْ بُـدِئَـا
بِهَمْـزِوَصْـلٍ كَامْتَـحَـنْ
Fi’il
madli yang mabni ma’lum itu huruf pertamanya harus dibaca fathah secara mutlak
( fi’il tsulasi mujarrod atau ghoiru tsulasi mujarrod )
26.
kecuali
fi’il khumasi dan sudasi yang dimulai dengan hamzah washol maka huruf
pertamanya harus dibaca kasroh seperti اِمْتَحَنَ
ثُبُوْتُهَافِي الْاِبْـتِـدَاقَـدِ
الْتُـزِمْ $ كَحَـذْفِها فِيْ
دَرْجِـهَا مَـعَ الْـكَـلِمْ
27.
Hamzah
washol adalah hamzah yang dibaca ( ditetapkan ) jika berada dipermulaan kalimah
dan tidak dibaca ( dibuang ) jika berada ditengah-tengah kalimah
كَهَمْــزِاَمْـرٍلَهُـمَاوَمَصْدَرِ $ وَاَلْ وَاَيْـمُـنٍ
وَهَـمْزٍكَاجْهَـرِ
وَابْنِنابْـنِ
ابْــنَـةٍ وَاثْـنَيْـنِ $ وَامْرِئٍ امْرأَةٍ
اثْــنَــتَـيْـنِ
كَـذَااسْمُ اسْتُ
فِي الْجَمِيْعِ فَاكْسِرَنْ 30 لَهَـاسِوَى فِي اَيْـمُنٍ اَلْ فَافْتَحَـنْ
28.
Hamzah
washol tersebut berada pada : fi’il amar dan masdarnya fi’il khumasi dan sudasi
,lafadh اَلْ,اَيْمُنٌ,fi’il amarnya
tsulasi mujarrod yang huruf kedua dari mudlori’nya mati ( sukun ) seperti اِجْهَرْ
29.
Lafadh اِبْنُمٌ , اِبْنٌ , اِبْنَةٌ اِثْنَتَيْنِ , اِمْرَأَةٌ , اُمْرُئٌ , اِثْنَيْنِ ,
30.
Lafadh اِسْمٌ dan اِسْتٌ
Semua
hamzah washol itu harus dibaca kasroh kecuali hamzah yang berada pada lafadh اَلْ dan اَيْمُنٌ maka harus
dibaca fathah
31.
Hamzah
yang berada pada fi’il amar dari fi’il tsulasi mujarrod yang ikut wazan اُفْعُلْ ( a’in
fi’ilnya didlomah ) yang a’in fi’il mudlori’nya didlomah dan yang bertempat
pada fi’il khumasi dan sudasi yang dimabnikan majhul itu harus dibaca dlomah
seperti اُمْتُحِنَ,اُسْتُخْرِجَ
وَبَـدْءُ
مَـجْـهُـوْلٍ بِضَــمٍّ حُـتِـمَا $ كَكَسْرِسَابِـقِ
الَّـذِيْ قٌــدْ خُـتِـمَا
32.
Fi’il
madli mabni majhul itu huruf yang pertama didlomah dan huruf sebelum akhir
dikasroh
فَصْلٌ فِي اَبْنِيَةِ الْمُضَارِعِ اْلمَعْلُوْمِ
وَالْمَجْهُـوْلِ
مُضَارِعًا سِـمْ بِحُرُوْفِ
نَأْتِيْ $ حَيْثُ
لِمَشْهُـورِالْمَـعَـانِيْ تَـأْتِي
FASAL
MENERANGKAN BINA’ FI’IL MUDLORI’ MABNI MA’LUM DAN MABNI MAJHUL
33.
Tandanya
fi’il mudlori’ adalah dimulai dengan huruf mudloro’ah yang dikumpulkan dalam
lafadh نَأْتِيْ ( ن,ء,ت dan ي ) dengan
ketentuan menunjukkan arti yang telah masyhur ( populer )
فَاِنْ
بِمَعْـلُـوْمٍ فَـفَـتْـحُـهـا وَجَبْ $ الاَّالرُّبَاعِيْ
غَيْرُ ضَمٍّ مُجْتَـنَبْ
34.
Fi’il
mudlori’ mabni ma’lum itu huruf mudloro’ahnya ( نَأْتِيْ ) itu harus dibaca fathah ,kecuali fi’il
ruba’i maka huruf mudloro’ahnya dibaca dlomah
وَمَاقُبَــيْـلَ
الآخِرِاكْسِـرْ آبَـدَا 35 مِنَ الَّـذِي عَلَى ثَلاَثَـةٍ
عَــدَا
فِيْـمَا
عَـدَ ا مَاجَاءَ مِنْ تَفَعَّـلاَ $ كِاللآتِـي مِنْ
تَـفَاعَلَ اوْتَـفَاعَلاَ
35.
Huruf
sebelum akhir dari fi’il mudlori’ mabni ma’lum selain tsulasi mujarrod (
ruba’i,khumasi dan sudasi ) itu harus dibaca kasroh
36.
kecuali
fi’il yang ikut wazan تَفَعَّلَ , تَفَاعَلَ dan تَفَعْلَلَ ,maka huruf sebelum akhir harus dibaca
fathah
وَاِنْ
بِمَـجْهُولٍ فَضَـمُّـهَا لَزِمْ $ كَفَـتْـحِ
سَابِقِ الَّـذِي بِـهِ اخْتُـتِـمْ
37.
Fi’il
mudlori’ mabni majhul itu huruf mudloro’ahnya ( نَأْتِيْ ) harus dibaca dlomah dan huruf
sebelum akhir dibaca fathah
وَآخِرٌ
لَـهُ بِمُقْتَـضَى الْعَــمَلْ $ مِنْ رَفْـعٍ
اوْنَصْبٍ كَذَا جَزْمٍ حَصَـلْ
38.
Akhirnya
fi’il mudlori’ itu dii’robi menurut kebutuhan amil yang masuk pada fi’il
tersebut yaitu wajib dibaca rofa’ jika sunyi dari amil nawashib dan jawazim dan
jika kemasukan amil jawazim maka harus dibaca jazm
اَمْرٌوَنَهْيٌ
اِنْ بِهِ لاَمًا تَصِلْ $ اَوْلاَ
وَسَــكِّنْ اِنْ يَصِـحْ كَلِتَــمِـلْ
39.
Fi’il mudlori’ yang dimasuki لام امر itu
disebut amar ghoib,sedangkan jika dimasuki لا
الناهية maka disebut fi’il nahi
وَالآخِرَاحْـذِفْ
اِنْ يُـعَلْ كَاالنُّوْنِ فِي 40 اَمْـثِـلَةٍ
وَنُوْنُ نِسْوَةٍ تَفِـي
|
فَصْلٌ فِي اَبْنِيَةِ فِعْلِ اْلاَمْرِ الْحَاضِرِ وَاسْمِ
الْفَاعِلِ وَاْلمَفْعُوْلِ وَصِيْغَةِ اْلُمبَالَغَةِ
وَبَــدْأَهُ
احْذِفْ يَكُ اَمْرَ حَاضِرِ $ وَهَمْزَ اِنْ
سُكِّنَ تَالٍ صَـيَّرِ
41.
Cara membuat amar hadir adalah dengan mendatangkan
fi’il mudlori’ lalu huruf mudloro’ahnya dibuang kemudian bila huruf yang berada
setelah huruf mudloro’ah itu mati,maka harus mendatangkan hamzah washol
seperti اُنْصُرْ
, اِضْرِبْ , اِعْلَمْ , اِنْطَلِقْ , اِسْتَغْفِرْ dan
jika setelah huruf mudloro’ah berupa huruf yang berharokat ( hidup ), maka
harus ditetapkan tanpa mendatangkan hamzah washol seperti عِدْ , قُمْ
اَوْاَبْـقِ
اِنْ مُحَرَّكًا ثُـمَّ الْتَزِمْ $ بِـنَـاءَهُ
مِثْـلَ مُضَارِعٍ جُـزِمْ
42.
Adapun
akhirnya fi’il amar hadlir itu dimabnikan menurut fi’il mudlori’nya ketika
tingkah jazm
كَفَـاعِـلٍ
جِئْ بِاسْمِ فَاعِلٍ كَـمَا $ يُـجَـاءُ مِنْ
عَلِـمَ اَوْمِن عَـزَمَا
43.
Isim
fa’il tsulasi mujarrod yang fi’ilnya ikut wazan فَعِلَ ( a’in fi’il dikasroh ) yang muta’adi atau
ikut wazan فَعَلَ ( a’in fi’il
difathah ) baik muta’adi atau lazim itu ikut wazan فَاعِلَ seperti عَلِمَ isim fa’ilnya عَالِمٌ dan lafadh عَزَمَ isim
fa’ilnya عَازِمٌ
وَمَاضٍ
اِنْ بِضَــمِّ عَيْنِ اسْتَقَـرْ $ كَضَحْـمٍ
اَوظَرِيْفٍ الاَّ مَانّـذّر
44.
Fi’il
tsulasi mujarrod yang ikut wazan فَعُلَ ( a’in fi’il didlomah ) itu isam fa’ilnya
ikut wazan فَعْلٌ atau فَعِيْلٌ seperti ضَحُمَ isim
fa’ilnya ضَحْمٌ ,ظَرُفَ isim
fa’ilnya ظَرِيْفٌ ,jika tidak
mengikuti salah satu dari wazan tersebut maka hukumnya nadir ( langka ) seperti حَسُنَ فَهُوَ حَسَنٌ, نَعُمَ فَهُوَ نَاعِمٌ, شَجُعَ فَهُوَ شُجَاعٌ, طَهُرَ فَهُوَ طَاهِرٌ, بَطُلَ فَهُوَ اَبْطَلُ
وِاِنْ
بِكَسْـرٍ لاَزِمًا جَاكَالْـفَعِـلْ 45 وَالْاَفْـعَـلِ الْفَـعْلاَنُ
وَاحْفَـظْ مَانُقِـلْ
45.
Fi’il
tsulasi mujarrod yang ikut wazan فَعِلَ yang lazim itu isim fa’ilnya itu mengikuti
salah satu dari 3 wazan yaitu : فَعْلاَنُ ,
اَفْعَلَ , فَعِلَ seperti فَرِحٌ فهو فَرِحَ , اَحْمَرُ فهو حَمِرَ , عَطْشَانُ
فهو عَطِشَ dan jika tidak mengikuti salah satu dari wazan tersebut maka
hukumnya sama’i seperti سَالِمٌ فهو سَلِمَ
بِـوَزْنِ
مـَفْـعُولٍ كَـذَافَعِـيْلُ $ جَاءَاسْمُ
مَفْعُولٍ كَـذَا قَتِـيْلُ
46.
Wazannya
isim maf’ul dari tsulasi mujarrod itu ada 2 yaitu : 1 ) مَفْعُوْلٌ seperti مَنْصُوْرٌ 2 ) فَعِيْلٌ seperti قَتِيْلٌ
لِكَثْــرَةٍ
فَعَّـالٌ اَوْفَعُـوْلُ $ فَعِـلٌ
اَوْمِفْـعَـالٌ اَوْ فَعِـيْلُ
47.
Wazannya shighot mubalaghoh atau shighot katsroh itu ada
5 yaitu : 1 ) فَعَّالٌ seperti فَتَّاحٌ 2 ) فَعُوْلٌ seperti شَكُوْرٌ 3 ) فَعِلٌ seperti غَفِلٌ 4 )
مِفْعَالٌ seperti مِسْقاَمٌ 5 ) فَعِيْلٌ seperti عَلِيْمٌ
فَصْلٌ فِي تَصْرِيْفِ الصَّحِيْحِ
وَمَاضٍ
اوْمُضَارِعٌ تَصَـــرَّفَـا $ لِاَوْجُــهٍ
كَاْلاَمْـرِ وَالنَّهْيِ اعْـرِفَا
ثَلاَثَـةٌ
لِغَـائِبٍ كَالْغَـائِبَـة $ كَـذَا
مُـخَـاطَبٌ كَالْمُخَاطَبَةْ
وَمُتَـكَـلِّـمٌ
لَـهُ اثْنَـانِ هُـمَا 50 فِي غَيْرِ اَمْـرٍ ثُـمَّ نَـهْـيٍ عُـلِـمَا
|
FASAL TASHRIFNYA FI’IL SHOHIH
48.
Fi’il madli
dan fi’il mudlori’ baik yang mabni ma’lum atau majhul itu bisa ditashrif
menjadi 14 bentuk ( waqi’ ) begitu juga fi’il amar dan fi’il nahi yang mabni
majhul itu juga bias ditashrif menjadi 14 bentuk ( wajah ) dengan perincian :
49.
3 bentuk
menunjukkan arti ghoib 3 bentuk menunjukkan arti ghoibah 3 bentuk menunjukkan
arti mukhotob 3 bentuk menunjukkan arti mukhothobah
50.
dan 2
bentuk menunjukkan arti muttakalim,sedangkan fi’il amar dan fi’il nahi yang
mabni ma’lum itu tidak ada waqi’ muttakalimnya ( hanya bias ditashrif menjadi
12 wajah )
لعَـشْـرَةٍ
يُصَـرَّفُ اسْمُ الْفَـاعِلِ $ فَعَـلَةٍ
وَفَاعِـلَـيْنِ فَاعِــلِ
وَفَاعِـلِـيْنَ
فُـعَّـلٍ فُعَّـالِ
$ وَفِـيْـهِمَا
اضْمُـمْ فَاوَشُــدَّالتَّـالِي
فَاعِلَــةٍ فَاعِـلَـتَيْـنِ فَاعِــلاَ
$ تٍ
وَفَـوَاعِـلُ كَـمَا قَـدْ نُـقِــلاَ
51.
Isim
fa’il dari tsulasi mujarrod itu bisa ditashrif menjadi 10 wajah :
1 ) فَاعِلٌ untuk mufrod
mudzakar
2 ) فَاعِلاَنِ untuk
tatsniyah mudzakar
3 ) فَاعِلُوْنَ untuk jamak
mudzakar
52.
4 ) فُعَّالٌ untuk jamak
taksir
5 ) فُعَّلٌ untuk jamak
taksir
6 ) فَعَلَةٌ untuk jama’
taksir
53.
7 ) فَاعِلَةٌ untuk mufrod
mu’anats
8 ) فَاعِلَتَانِ untuk
tatsniyah mu’anats
9 ) فَاعِلَاتٌ untuk jamak
mu’anats
10 ) فَوَاعِلُ untuk jama’
muntahal jumu’
ثُــمَّ
اسْمُ مَفْـعُولٍ لِسَـبْـعٍ يَأْتِـي $ مَفْـعُولَـةٍ وثَــنِّ مَفْـعُـولَاَتٍ
كَـذَا مَفْـعُولٌ مُـثَـنَّاهُ وَمَــــفْ 55 ـعُولُونَ ثُــمَّ جَمْـعُ
تَكْسِـيْرٍ يُـضَفْ
54.
Isim
maf’ul dari fi’il tsulasi mujarrod itu bisa ditashrif menjadi 7 wajah dengan
perincian yaitu :
1 ) مَفْعُوْلٌ untuk mufrod
mudzakar
2 ) مَفْعُلَانِ untuk
tatsniyah mudzakar
3 ) مَفْعُوْلُوْنَ untuk jamak
mudzakar
55.
4 ) مَفْعُوْلَةٌ untuk mufrod
mu’anats
5 ) مَفْعُوْلَتَانِ untuk
tatsniyah mu’anats
6 ) مَفْعُوْلَاتٌ untuk jamak
mu’anats
7 ) مَفَاعِيْلٌ untuk shighot
muntahal jumu’
وَنُـونَ
تَوْكِـيْـدٍ بِالْاَمْرِالنَّهْيِ صِـلْ $ وَذَاتَ خِـفٍّ مَـعْ سُكُـونٍ لاَتَصِلْ
56.
Fi’il
amar dan fi’il nahi baik hadlir atau ghoib yang mabni ma’lum atau majhul itu
bias diberi nun taukid tsaqilah ( yang ditasydid ) atau nun taukid khofifah (
yang disukun ) ,namun untuk amar dan nahi yang tasniyah dan jama’ inats itu
tidak boleh bertemu dengan nun taukid khofifah seperti لِيَنْصُرَنَّ, اُنْصُرَنَّ, لَايَنْصُرَنَّ, لَاتَنْصُرَنَّ,اُنْصُرَنْ, لَاتَنْصُرَنْ
فَصْلٌ فِي اْلفَوَائِــدِ
بِالْهَـمْـزِ
وَالتَّضْـعِـيْفِ عَـدِّمَالَـزِمْ $ وَحَـرْفِ جَـرٍّاِنْ ثُلاَثِـيًـا وُسِــمْ
FASAL MENERANGKAN TENTANG
FAWAID
( BEBERAPA FAIDAH )
57.
Fi’il
tsulasi mujarrod yang lazim itu bisa dijadikan muta’adi dengan 3 cara yaitu :
1 ) Di muta’adikan dengan menambah hamzah naqol seperti اَكْرَمَ زَيْدٌ بَكْرًا asalnya كَرُمَ زَيْدٌ
2 ) Di
muta’adikan dengan menambah tasydid seperti فَرَّحَ زَيْدٌ خَالِدًا asalnya فَرِحَ زَيْدٌ
3 ) Di muta’adikan dengan huruf jer seperti ذَهَبَ زَيْدٌ
بِعَمْرٍ asalnya ذَهَبَ زَيْدٌ
وَغَيْرَهُ عَدِّ
بِمَا تَأَخَّرَا $ وَاِنْ حَذَفْتَهَا
فَلاَزِمًايُرَى
58.
Adapun
fi’il lazim dari selain fi’il tsulasi mujarrod itu hanya bisa dimuta’adikan dengan huruf jer
seperti اِنْطَلَقَ زَيْدٌ بِخَالِدٍ asalnya اِنْطَلَقَ زَيْدٌ dan jika اَدَوَاتُ التَّعْدِيَةِ ( alat untuk
memuta’adikan ) itu dibuang maka fi’ilnya menjadi lazim kembali seperti اِنْطَلَقَ,
ذَهَبَ,كَرُمَ
لِصَـادِرٍ مِنِ
امْـرَأَيْنِ فَـاعَــلاَ $ وقَــلَّ
كَالاِلَـهُ زَيْــدًاقَـاتَـلاَ
59.
Fi’il
tsulasi mazid ruba’i yang ikut wazan فَاعَلَ itu yang banyak berfaidah مُشَارَكَةْ بَيْنَ اثْنَيْنِ ( musyarokah
bainas naini ) seperti ضَارَبَ زَيْدٌ
عَمْرًا dan sedikit yang tidak berfaidah مُشَارَكَةْ
بَيْنَ اثْنَيْنِ ( musyarokah bainas naini ) seperti قَاتَلَ اْلِالَهُ زَيْدًا
وَلَهُـمَا
اوْزَائــدٍ تَفَاعَـلاَ 60 وَقَــدْ اَتَـى لِغِـيْرِ
وَاقِـعٍ جَلا
60.
Fi’il yang ikut wazan تَفَاعَلَ itu yang banyak مُشَارَكَةْ
بَيْنَ اثْنَيْنِ فَاَكْثَرَ ( satu pekerjaan yang
dilakukan oleh oleh dua orang atau lebih ) seperti تَضَارَبَ زَيْدٌ عَمْرٌوَبَكْرٌ , تَصَالَحَ اْلقَوْمُ dan terkadang
berfaidah اِظْهَارُ مَا لَيْسَ
فِى اْلوَاقِعِ ( menampakkan sesuatu yang sebenarnya
tidak terjadi atau pura-pura ) seperti تَمَارَضَ زَيْدٌ
وَابْــدِلْ
لِتَـاء الاِفْتِـعَـال طَاءَ اِنْ $ فَــاءٌ مِنْ اَحْرُفٍ لاطْبَاقٍ تَبِنْ
61.
Fi’il
tsulasi mazid khumasi yang ikut wazan اِفْتَعَلَ itu apabila fa’ fi’ilnya itu berupa huruf ithbaq ( shod,dlod,tho’ dan dho’ ) maka ta’ اِفْتَعَلَ nya harus diganti dengan tho’ seperti اِضْطَرَبَ, اِصْطَبَرَ اِطْطَهَرَ, dan اِظْظَهَرَ asalnya
اِضْتَرَبَ, اِصْتَبَرَ اِطْتَهَرَ, dan اِظْتَهَرَ
كَما
تَصِيْـرُدَالاً اِنْ زَايًا تَــكُنْ $ اَوْدَلاً اوْذَالاً كَالاِزْدِجَارِ صُــنْ
62.
Fi’il
yang ikut wazan اِفْتَعَلَ jika fa’ fi’ilnya za’,dzal dan
dal د,ذ,ز ) ( maka ta’ اِفْتَعَلَ nya harus diganti dengan dal
seperti اِزْدَجَرَ , اِذْدَكَرَ, اِدَّعَى asalnya اِزْتَجَرَ , اِذْتَكَرَ, اِدْتَعَى
وَاِنْ تَكُــنْ
فَااْلاِفْتِعَالِ يَاسَــكَنْ $ اَوْوَاوًا اَوْثَـا صَـيِّرَنْ تَاوَادْغِمَـنْ
63.
Dan jika
fi’il yang ikut wazan اِفْتَعَلَ itu fa’ fi’ilnya berupa ya’,wawu atau tsa’) ( ث,و,ي yang mati maka fa’ fi’ilnya harus diganti
dengan ta’ kemudian ta’ tersebut harus diidghomkan pada ta’ ifti’alnya seperti اِثَّغَرَ,اِتَّسَرَ,اِتَّصَلَ asalnya اِثْتَغَرَ,اِيْتَسَرَ,اِوْتَصَلَ
وَاحْكُـمْ
بِزَيـدٍ مَنْ اُوَيْـسًا هَـلْ تَـنَمْ $ فَوْقَ الثَّلاَثِ اِنْ بِـذِي الْمَرَامُ تَـمْ
64.
Huruf zaidah (
tambahan ) itu ada 10 yaitu م,ن,ت,ل,هـ ,ا,س,ي,و,أ ( hamzah,wawu,ya’, sin,alif,ha’,lam,ta’,nun
dan mim ) yang terkumpul dalam lafadh اُوَيْساً هَلْ تَنَمْ dengan syarat berada pada kalimah yang huruf
asalnya ada 3 atau lebih dan kalimah tersebut sudah mempunyai makna yang
sempurna sebelum dimasuki huruf ziyadah tersebut seperti اِنْكَسَرَ,قَاتَلَ,اَكْرَمَ
وَغَالِبَ
الرُّبَاعِي عَــدِّ مَاعَــدَا 65 فَعْلَلَ فَاعْكِسَنْ كَدَرْبَجَ
اهْــتَـدَى
65.
Fi’il
ruba’i baik ruba’i mujarrod ,ruba’i mulhaq atau tsulasi mazid ruba’i itu yang
banyak adalah muta’adi kecuali yang ikut wazan فَعْلَلَ maka yang banyak adalah lazim seperti دَرْبَجَ زَيْدٌ
كُلُّ
الْخُمَاسِي لاَزِمٌ الَّاافْتَعَلْ $ تَفَعَّل
اوْتَفَاعَلاَ قَدِاحْتَمَلْ
66.
Semua
fi’il khumasi baik tsulasi mazid khumasi atau ruba’i mazid khumasi itu yang
banyak berlaku lazim kecuali yang ikut تَفَعَّلَ,اِفْتَعَلَ dan تَفَاعَلَ maka ada yang
lazim dan muta’adi
كَذَاالسُّدَاسِي
غَيْرَبَابِ اسْتَفْعَلَا $ واسْرَنْدَى
وَاغْرَنْدَى بِمَفْعُولٍ صِلاَ
67.
Begitu
juga berlaku lazim semua fi’il sudasi baik tsulasi mazid sudasi atau ruba’i
mazid sudasi kecuali yang ikut wazan اِسْتَفْعَلَ maka ada yang muta’adi dan ada yang lazim
serta dikecualikan lagi lafadh اِسْرَنْدَى yang menunjukkan arti غَلَبَ ( mengalahkan ) dan lafadh اِغْرَنْدَى
yang menunjukkan arti قَهَرَ ( memaksa ) maka harus
dimuta’adikan maf’ul satu
لِهَمْزِ
اِفْعَالٍ مَعَـانٍ سَبْعَةُ $ تَعْدِيَةٌ
صَيْرُورَةٌ وَكَثــْرَة
حَيْنُوْنَةٌ
اِزَالَـةٌ وِجْـدَانُ $ كَـذَاكَ تَعْــرِيْضٌ
فّــذَاالْبَيَــانُ
68.
Hamzahnya
wazan اَفْعَلَ itu mempunyai
7 arti sebagai berikut :
1) تعدية (Ta’diyah)
2) صيرورة (Shoiruroh)
3) كثرة (Katsroh)
69. 4) حينونة (Haenunah) 6 ) وجدان ( Wijdan )
5) ازالة (Izalah) 7) تعريض (Ta’ridl)
لِسِيْنِ
الْاِسْتِفْعَالِ جَامَعَــانِ 70 لِطَلَبٍ صَيْرُورَةٍ وِجْــدَانِ
كَــذَا
اعْتِـقَادٌ بَـعْـدَهُ التَّسْـلِيْمُ $ سُؤَالُـهُمْ
كَاسْتَخْبَرَ الْكَرِيْمُ
70.
Syin
wazan اِسْتَفْعَلَ itu mempunyai
6 arti yaitu :
71.
1) طلب( Tholab ) 3)
وجدان( Wijdan ) 5) تسليم ( Taslim
)
2) صيرورة(Shoiruroh) 4) اعتقاد( I’tiqod ) 6)سؤال ( Su’al )
فَصْلٌ فِى
حُرُوْفِ اْلعِّلَةِ وَاَحْكَامِهَا
حُرُوفُ
وَايٍ هِـيَ حُرُوفُ الْـعِـلَّةِ $ وَالْمَــدِّ
ثُـمَّ اللِّيْنُ وَالزِّيَـــادَة
FASAL
MENERANGKAN HURUF ILAT DAN HUKUM-HUKUMNYA
72. Huruf-huruf yang
terdapat dalam واى itu dalam
istilah shorof disebut :
1) Huruf علّة( ilat ) 3)
Huruf مد( mad )
2) Huruf لين( len ) 4)
Huruf زيادة( ziyadah )
فَاِنْ
يَكُنْ بِبَـعْضِـهَا الْمَاضِي افْتَتَحْ $ فَسَـمِّ
مُعْـتَلاًّ مِثَالاَ كَوَضَحْ
73.
Setiap
fi’il madli yang fa’ fi’ilnya berupa salah satu dari huruf-huruf tersebut (واى ) itu disebut fi’il bina’ mu’tal,kalau berupa
wawu maka disebut fi’il bina’ mu’tal fa’ wawi seperti وَضَحَ dan kalau berupa ya’ maka disebut fi’il bina’
mu’tal fa’ ya’i seperti يَسَرَ
وَنَاقِـصًا
قُلْ كَـغَزَا اِنِ اخْتُـتِـمْ $ بِـهِ وَاِنْ
بِجَـوْفِـهِ اجْـوفًا عُلِـمْ
74.
Fi’il
bina’ naqish adalah tiap-tiap fi’il yang lam fi’ilnya ( huruf akhir ) berupa
huruf ilat (واى ) kalau berupa huruf ilat wawu disebut fi’il
bina’ naqish wawi seperti غَزَا asalnya
غَزَوَ, kalau berupa
huruf ilat ya’ disebut fi’il bina’ naqish ya’i seperti مَشَى asalnya مَشَىَ ,sedangkan fi’il bina’ ajwaf
adalah tiap-tiap fi’il yang a’in fi’ilnya ( huruf tengah ) berupa huruf ilat (واى ) kalau berupa huruf ilat wawu disebut fi’il
bina’ ajwaf wawi seperti قَالَ asalnya قَوَلَ, kalau berupa huruf ilat ya’ disebut fi’il
bina’ ajwaf ya’i seperti بَاعَ asalnya بَيَعَ
وَبِلَـفِيْـفٍ
ذِي اقْتِرَانٍ سَـمِّ اِنْ 75 عَيْنٌ لَـهُ مِنْـهَا كَلاَمٍ
تَسْتَـبِنْ
75.
Fi’il
madli yang a’in dan lam fi’ilnya berupa huruf ilat itu disebut fi’il bina’
lafif maqrun seperti, قَوِيَ شَوَى
وَاِنْ تَكُــنْ
فَاءٌ لَـهُ وَلاَمُ $ فَـذُوافْـتِـرَاقٍ
كَوَفَى الْغُـلاَمُ
76.
Sedangkan
apabila fa’ fi’il dan lam fi’ilnya berupa huruf ilat itu disebut fi’il bina’
lafif mafruq seperti وَفَى,وَقَى
وَادْغِـمْ
لِمِثْـلَيْ نَحْوِ يَازَيْدُ اكْفُـفَا $ فَكُــفَّ قُلْ
وَسَـمِّهِ الْمُضَاعَفَا
77.
Apabila
ada fi’il yang a’in dan lam fi’ilnya terdiri dari huruf sejenis maka huruf yang
pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua ( diganti dengan tasydid ) dan
disebut fi’il bina’ mudlo’af
مَهْـمُـوزُ
الَّـذِي عَلَى الْهَـمْزَاشْتَـمِلْ $ نَحْوُقَـرَاسَأَلَ
قَبْلَ مَااَفَـلْ
78.
Fi’il
bina’ mahmuj adalah tiap-tiap fi’il madli yang fa’,a’in dan lam fi’ilnya berupa
hamzah kalau fa’ fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj fa’ , kalau a’in
fi’ilnya berupa hamzah maka disebut mahmuj a’in dan kalau lam fi’ilnya berupa
hamzah maka disebut mahmuj lam seperti قَرَأَ,سَأَلَ,أَفَلَ
ثُـمَّ
الصَّحِيْحُ مَاعَـدَا الَّذِي ذُكِــرْ $ كَاغْفِـرْ
لَنَـا رَبِّـي كَمَـنْ لَهُ غُفِـرْ
79.
Selain
bina’ tersebut diatas ( mitsal,ajwaf,naqish,lafif,mahmuj dan mudlo’af ) itu
disebut bina’ shohih yaitu tiap-tiap fi’il madli yang fa’,a’in dan lam fi’ilnya
tidak berupa huruf ilat,tidak berupa hamzah serta a’in dan lam fi’ilnya tidak
berupa huruf yang sejenis seperti غَفَرَ,فَتَحَ,ضَرَبَ
بَابُ الْمُعْتَلاَّتِ وَالْمُضَاعَفِ وَالْمَهْمُوْزِ
وَوَاوُا
اَوْيَــا حُـرِّكَااقْلِـبْ اَلِـفَا 80 مِنْ بَعْـدِ فَتْـحٍ كَغَـزَا
الَّذِي كَـفَى
BAB FI’IL
MU’TAL,MUDLO’AF DAN MAHMUJ
80.
Kalau ada
wawu atau ya’ yang hidup berada setelah harokat fathah maka harus diganti
dengan alif seperti كَفَى,غَزَا asalnya كَفَىَ,غَزَوَ
ثُـمَّ
غَـزَوَاوَغَـزَتَا كَـذَا غَـزَتْ $ وَآلِفٌ
لِلسَّاكِـنَـيْـنِ حُـذِفَتْ
81.
Fi’il
bina’ naqish wawi dan ya’i yang bertemu dengan wau jama’ atau ta’ ta’nits
sakinah itu alif yang gantian dari wawu atau ya’ harus dibuang karena bertemu
dua huruf yang mati seperti غَزَوْا asalnya غَزَاوْا dari ,غَزَوَوْا غَزَتْ asalnya غَزَاتْ dari غَزَتَا, غَزَوَتْ asalnya غَزَاتَا dari غَزَوَتَا
وَالْقَلْـبُ
فِي جَمْـعِ الْاِنَـاثِ مُنْـتَفِي $ وَغَـزَوَا
كَـذَا غَـزَوْتَ فَاقْـتَـفِ
82.
Fi’il
bina’ naqish tersebut baik wawi atau ya’i jika bertemu dengan nun jama’ inats
,alif tasniyah dan dlomir ( muttakalim,mukhotob atau mukhotobah ) maka wawu
atau ya’ tersebut itu tidak diganti alif seperti غَزَوْنَ
/ رَمَيْنَ , غَزَوَا / رَمَياَ , غَزَوْتُِ
/ رَمَيْتُِ
وَانْسُبْ
لِاَجْوَفٍ كَـقَالَ كَالَ مَا $ لِكَـغَـزَاثُـمَّ
كَـفَى قَـدِانْتَـمَى
83.
Wawu dan
ya’ yang hidup berada pada fi’il bina’ ajwaf serta berada setelah harokat
fathah itu seperti yang berada pada fi’il bina’ naqish yakni harus diganti alif
seperti كَالَ,قَالَ asalnya كَيَلَ,قَوَلَ
كَغَـزَتِ
احْـذِفْ اَلِـفًا مِنْ قُـلْنَ اَوْ $ كِلْـنَ
بِضَـمَّ فَا وَكَسْرِهَا رَوَوْا
84.
Fi’il
bina’ ajwaf itu apabila disandarkan pada nun jama’ inats maka alifnya yang gantian dari wawu atau ya’ itu harus dibuang
sebagaimana alifnya fi’il bina’ naqish ketika disandarkan ( bertemu ) dengan
ta’ ta’nits sakinah kemudian fa’ fi’il bina’ ajwaf tersebut didlomah jika
berupa ajwaf wawi seperti قُمْنَ asalnya قَوَمْنَ dan dikasroh jika berupa bina’ ajwaf yai
seperti سِرْنَ asalnya سَيَرْنَ
وَالْيَاءُ اِنْ
مَاقَبْلَـهَا قَـدِانْكَسَرْ 85 فَابْقِ مِثَـالُهُ خَشِيْتُ
لِلضَّـرَرْ
اَوْضُـمَّ مَعْ
سُكُونِهَا فَصَـيِّرِ $ وَاوً فَـقُـلْ
يُوْسِـرُ فِي كَيُيْسِرِ
85.
Kalau ada
ya’ mati atau hidup berada setelah
harokat kasroh maka harus ditetapkan ( tidak diganti dengan alif ) seperti خَشِيْتُ رَبِّى,
خَشِىَ مُحَمَّدٌ رَبَّهُ
86.
Kalau ya’
tersebut mati dan berada setelah harokat dlomah maka harus diganti dengan wawu seperti
يُوْقِنُ,يُوْسِرُ asalnya يُيْقِنُ,يُيْسِرُ
وَوَاوًااِثْـرَ كَسْرِاِنْ تَسْكُنْ
تَصِـرْ $ يَاءً كَجِيْرَ بَعْـدَ نَقْلٍ فِي جُوِرْ
87.
Apabila
ada wawu mati yang berada setelah harokat kasroh maka harus diganti dengan ya’
seperti جِيْرَ asalnya جِوْرَ
وَاِنْ
تُحَـرَّكْ وَهْيَ لاَمُ كِلْمَةْ $ كَــذَا
فَـقُـلْ غَبِي مِنَ الْغَبَـاوَةْ
88.
Apabila
ada wawu hidup menjadi lam fi’il yang berada setelah harokat kasroh maka harus
diganti dengan ya’ seperti غَبِىَ asalnya غَبِوَ
حَرَكَةٌ
لِيَاكَـوَاوٍاِنْ عَقِـبْ $ مَاصَـحَّ
سَاكِـنًا فَنَـقْلُـهَا يَجِبْ
مِثَالُ ذَا
يَقُـوْلُ اَوْيَكِـيْلُ ثُمْ 90 يَخَافُ وَالْاَلِفُ عَنْ وَاوٍ
تَقُـمْ
89.
Apabila
ada wawu atau ya’ hidup sedangkan huruf sebelumnya berupa huruf shohih yang mati maka harokatnya wawu atau
ya’ tersebut harus dipindahkan pada huruf shohih yang mati tersebut,kemudian
kalau yang dipindah itu harokat fathah maka wawu atau ya’ tersebut harus
diganti dengan alif
90.
Seperti يَقُوْلُ يَكِيْلُ, asalnya يَكْيِلُ,يَقْوُلُ dan يَخَافُ يَهَابُ, asalnya يَخْوَفُ يَهْيَبُ,
وَاِنْ هُـمَا
مُحَـرَّكَيْنِ فِي طَـرَفْ $ مُضَارِعٍ لَمْ يَنْتَصِبْ سَكِّنْ تُحَفْ
نَحْوَالَّـذِي
جَامِـنْ رَمَى اَوْمِـنْ عَفَا $ اَوْمِـنْ خَشِي
وَيَـاء ذَا اقْلِبْ اَلِـفَا
91.
Apabila
ada wawu atau ya’ berharokat dlomah yang dibaca rofa’ dan berada diakhir fi’il
mudlori’ ( menjadi lam fi’il ) maka harus disukun karena dianggap beratnya
dlomah pada wawu atau ya’ tersebut
92.
Seperti يَرْمِى يَخْشَى, يَعْفُوْ , asalnya يَرْمِىُ يَخْشَىُ, يَعْفُوُ ,
وَاحْـذِفْهُـمَا
فِي جَمْعِهِ لاَالتَّثْنِيَة $ وَمَاكَتَـغْزِيْنَ
بِـذَا مُسْتَـوِيَة
93.
Fi’il
mudlori’ yang akhirnya ( lam fi’il ) berupa wawu atau ya’ itu apabila bertemu
dengan wawu jama’ atau ya’ mu’anats mukhothobah maka wawu atau ya’ tersebut
harus dibuang seperti تَغْزِيْنَ, يَمْشُوْنَ,يَغْزُوْنَ dan تَمْشِيْنَ asalnya تَغْزُوِيْنَ, يَمْشِيُوْنَ,يَغْزُوُوْنَ dan تَمْشِيِيْنَ
Sedangkan
jika bertemu dengan alif tasniyah maka tidak boleh dibuang akan tetapi harus
diharokati fathah seperti seperti يَمْشِيَانَ,يَغْزُوَانَ
وَفِي اسْمِ
فَاعِـلٍ اجْوَفٍ قُلْ قَائِلاَ $ بِأَلِفِ
زَيْــدٍ وَهَمْــزِمَاتَــلاَ
94.
Apabila wawu
atau ya’ nya isim fa’il dari bina’ ajwaf yang berada setelah alif zaidah (
tambahan ) maka harus diganti dengan hamzah seperti قَائِلٌ,سَائِرٌ,نَائِمٌ asalnya قَاوِلٌ,سَايِرٌ,نَاوِمٌ
فِي نَاقِصٍ
قُلْ غَازٍاِنْ لَمْ يَنْتَصِبْ 95 وَلاَبِأَلْ وَحَــذْفُ يَـائِهِ
يَجِبْ
95.
Ya’nya
isim fa’il dari bina’ naqish yang tidak dibaca nashob ( dibaca rofa’ atau jer ) dan tidak bersamaan dengan al (اَلْ) itu harus
dibuang seperti غَازٍ , رَامٍ asalnya , غَازِوٌ , رَامِىٌ مَرَرْتُ بِغَازٍ
, مَرَرْتُ بِرَامٍ asalnya مَرَرْتُ بِغَازِوٍ , مَرَرْتُ بِرَامِىٍ
Adapun
jika dibaca nashob atau bersamaan dengan al maka harus ditetapkan seperti جَاءَ
الرَّامِى,جَاءَ الْغَازِى,رَاَيْتُ غَازِيًا,رَاَيْتُ رَامِيًا
وَكَمَقُـوْلٍ
اِسْمَ مَفْـعُـولٍ خُـذَا $ بِالنَّـقْـلِ كَالْمَكِيْلِ
وَاكْسِرْ فَاءَ ذَا
96.
Harokatnya
wawu atau ya’ isim maf’ul dari bina’ ajwaf itu harus dipindahkan pada huruf shohih yang
mati sebelumnya untuk meringankan ,maka
huruf shohih tersebut dikasroh jika yang dibuang itu huruf ya’ lalu
maf’ulnya dibuang karena bertemunya dua
huruf yang mati dalam satu kalimah sepertiمَكِيْلٌ asalnya مَكْيُوْلٌ
وَمِثْـلَيِ
الْمَغْـزُوِّحَتْـمًا اَدْغِـمَا $ كَـذَاكَ
مَخْشِي بَعْـدَ قَلْـبٍ قُـدِّمَا
97.
Apabila
ada dua wawu atau dua ya’ yang berkumpul pada isim maf’ulnya bina’ naqish
,sedangkan huruf yang pertama mati dan yang kedua maka huruf yang pertama harus
diidghomkan pada huruf yang kedua seperti مَغْزُوٌّ danمَخْشِىٌّ asalnya مَغْزُوْوٌdan مَخْشِىْيٌ
وَاَمْرُ
غَائِبٍ اَتَى مِـنْ اَجْـــوَفِ $ كَلِيَـقُـلْ
وَاَصْـلُهُ غَيْرُخَــفِي
98.
Harokatnya
wawu atau ya’ dalam fi’il amar hadlir dari bina’ ajwaf itu harus dipindah pada
huruf shohih sebelumnya yang mati,lalu wawu atau ya’ yang mati tersebut dibuang
karena berkumpulnya dua huruf yang mati dalam satu kalimah seperti لِيَقُلْ danلِيَمِلْ asalnya لِيَقْوُلْ danلِيَمْيِلْ
مُخَاطَبٌ
مِنْـهُ كَـقُـلْ بِالنَّـقْلِ $ وَحَـذْفَ
هَمْزِهِ وَعَيْنِ الْاَصْلِ
99.
Begitu
juga harokatnya wawu atau ya’ pada fi’il
amar hadlir dari fi’il bina’ ajwaf itu harus dipindah pada huruf shohih
sebelumnya yang mati dengan membuang hamzah washol karena sudah tidak
dibutuhkan lagi , lalu wawu atau ya’ tersebut yang menjadi a’in fi’il harus
dibuang karena bertemunya dua huruf yang
mati
dalam satu kalimah
seperti قُلْ asalnya اُقْوُلْ
وَثَــنِّهِ
عَلَى كَقُــوْلَا وَالْتَــزِمْ 100
مِنْ نَاقِصٍ فِيْ ذَيْنِ
حَـذْفًـا لِـلْمُـتِمْ
100.Wawu atau ya’ yang dibuang dalam fi’il amar hadlir dan
amar ghoib dari bina’ ajwaf tersebut harus dikembalikan lagi jika menunjukkan
tasniyah atau jama’ mudzakar seperti لِيَقُوْلُوْا,لِيَقُوْلاَ,قُوْلُوْا,قُوْلاَ
Sedangkan
wawu,ya’ atau alif yang menjadi huruf akhir fi’il amar hadlir atau amar ghoib
dari fi’il bina’ naqish mufrod itu harus dibuang seperti لِيَغْزُ لِيَرْمِ, danلِيَخْشَ asalnya لِيَغْزُوْ لِيَرْمِى, dan لِيَخْشَى ( Ghoib ) اُغْزُ اِرْمِ,danاِخْشَ asalnya اُغْزُوْ اِرْمِى,danاِخْشَى ( Hadlir
)
وَحَـذْفَ
فَاالْمُعْتَـلِّ فِيْ مُسْتَـقْـبَلِ $ وَاَمْـرٍ
اَونَهْـيٍ مَتَى تُـعْلَمْ جَـلِي
101.Fa’ fi’ilnya fi’il bina’ mu’tal mitsal wawi pada fi’il
mudlori’,amar atau nahi ( hadlir atau
ghoib ) dari bab وَهَبَ وَعَدَ, dan وَرِثَ yaitu ikut wazan يَفْعَلُ- فَعَلَ
بِبـَابٍ مَاكَــوَهَـبَ اوْكَوَعَـدَ $ وَرِثَ زِدْ وَقُـلَّ مَا قَـدْ وَرَدَ
102. يَفْعِلُ- فَعَلَdan يَفْعِلُ- فَعِلَ itu harus dibuang juga bab وَسِعَ yaitu yang
ikut wazan يَفْعِلُ- فَعِلَ akan tetapi
sedikit
ثُمَّ الَّلفِيْـفُ
لاَبِقَـيْـدٍ قَـدْ حُكـِمْ $ لِلاَمِـهِ
بِمَـالِنَاقَصٍ عُـلِمْ
103. Lam fi’ilnya ( huruf akhir ) fi’il mudlori’ yang
dijazmkan ,fi’il amar dan fi’il nahi dari bina’ lafif maqrun atau lafif mafruq itu
seperti lam fi’ilnya fi’il bina’ naqish yaitu harus dibuang seperti لَمْ يَطْوِ اِطْوِ, dan لاَتَطْوِ asalnya لَمْ يَطْوِى اِطْوِى, dan ى لاَتَطْوِ ( Lafif maqrun ) ,
لَمْ يَقِ قِ, dan لاَتَقِ asalnya لم يَقِى اِوْقِى, dan لاَتَقِى ( Lafif maqrun )
اَوْكَالصَّحِيْحِ
احْكُـمْ لِعَيْنِ مَاقُـرِنْ $ وَفَـاءُ
مَفْرُوقٍ كَمُعْتَــلٍّ زُكِـنْ
104.A’in fi’ilnya bina’ lafif maqrun itu seperti a’in
fi’ilnya bina’ shohih yaitu tidak dirubah dan tidak dibuang seperti لَمْ
يَشْوِ,اِشْوِ (lafif maqrun) sebagaimana لاَيَضْرِبْ,اِضْرِبْ ( bina’ Shohih
)
Sedangkan
fa’ fi’ilnya bina’ lafif mafruq itu hukumnya seperti fa’ fi’ilnya bina’ mu’tal
mitsal wawi yakni harus dibuang pada fi’il mudlori’,fi’il amar dan fi’il nahi yang ikut wazan , يَفْعِلُ-
فَعَلَ ,
يَفْعَلُ- فَعَلَ يَفْعِلُ-
فَعِلَ seperti يَمِقُ- وَمِقَ , يَلِى-
وَلَى , يَقِى- وَقَى (
lafif Mafruq ) يَرِثُ- وَرِثَ , يَعِدُ- وَعَدَ, يَضَعُ- وَضَعَ ( Mitsal wawi ) sedangkan yang ikut wazan يَفْعَلُ- فَعِلَ maka
tidak dibuang seperti يَوْجَى- وَجِىَ sebagaimana يَوْجَلُ- وَجِلَ ( bina’ Shohih
)
وَاَمْرُ ذَا
لِلْفَـرْدِ قِهْ وَقِيْ قِيَـا 105
لاِثْنَيْــنِ قُوْا وَقِيْنَ
لِلْجَـمْعِ ائْتِـيَـا
105.Tashrifannya fi’il amar hadlir dari bina’ lafif mafruq
ialah قِيْنَ,قِيَا,قِى,قُوْ,قِيَا,قِهْ yakni hamzah
washol dan fa’ fi’ilnya fi’il amar hadlir dari bina’ mitsal wawi yang ikut
wazan , يَفْعِلُ-
فَعَلَ ,
يَفْعَلُ- فَعَلَ يَفْعِلُ- فَعِلَ perinciannya sebagai berikut (للمفرد المذكر) قِهْ (للمفردة المؤنث) قِى
, (لجمع المذكر) قُوْ
, (للمثنى المذكر والمؤنث) قِيَا
(لجمع المؤنث) قِيْنَ,
وَمَا
كَمَدٍّ مَصْـدَرًااَوْمَــدَّ مِنْ $ مُضَاعَفٍ
فَهُـوَ بِــإِدْغَـامٍ قُـمِـنْ
106.Apabila ada lafadh yang a’in dan lam fi’ilnya berupa
huruf yang sama,sedangkan huruf yang pertama mati dan yang kedua hidup atau
hidup keduanya maka huruf yang pertama harus diidghomkan pada huruf yang kedua
seperti مَدَّ danمَدٌّ asalnya مَدَدَ danمَدْدٌ
اَوْ كَمَــدَدْنَ اَوْمَــدَدْنَا فَاظْهِرِ $ وَفِي كَـلَـمْ
يَمُــدَّ جَــوِّزْ كَافْرِرِ
107.Akan tetapi kalau a’in fi’ilnya yang hidup sedangkan lam
fi’ilnya mati maka tidak boleh diidghomkan yakni harus dibaca idhar seperti مَدَدْتُ الْحَبْلَ dan مَدَدْنَ
الْحَبْلَ dan apabila matinya lam fi’ilnya tersebut ( huruf yang
kedua ) karena jazm baik untuk fi’il amar atau fi’il mudlori’ yang dijazemkan maka boleh idghom dan boleh idhar مُدَّ / اُمْدُدْ لَمْ يَفِرَّ
, / لَمْ يَفْرِرْ
مَهْــمُوْزُ
ابْـدِلْ هَمْـزَهُ مَتَى $ سَـكَنْ
بِمُـقْتَـضَى حَرَكَـةٍ اَوِاتْـرُكَنْ
كَـيَـأْكُـلُ ائْـذَنْ يُوْمِـنُوْا . . . . . . . . . .
108.Hamzahnya fi’il bina’ mahmuj itu apabila mati ( disukun )
maka boleh diganti huruf mad yang sesuai dengan harokat huruf sebelumnya yaitu
kalau harokat huruf sebelumnya fathah maka hamzah tersebut diganti alif
109.kalau dlomah maka hamzah tersebut diganti wawu dan kalau
kasroh maka hamzah diganti dengan ya’ dan juga boleh ditetapkan ( tidak diganti ) seperti يَاكُلُ يُوْمِنُوْنَ, dan إِيْذَنْ asalnya يَأْكُلُ يُؤْمِنُوْنَ, dan إِئْذَنْ
. . . . . . . . . . وَاتْـرُكْ مَتَى $ حَـرَّكْتَـهُ
وَسَابِقٌ كَـذَا اَتَـى
نَحْـوَ قَـرَا
وَاِنْ يُـحَــرِّ هُـوَ فَـقَطْ 110
كَاسْأَلْ كَـذَا وَسَـلْ
اَجِزْكَمَاانْضَبَطْ
110.Apabila hamzah fi’il bina’ mahmuj tersebut hidup dan
huruf sebelumnya juga hidup maka tidak boleh diganti huruf mad seperti قَرَأَ dan سَأَلَ akan tetapi kalau
huruf sebelumnya mati maka hamzah boleh diganti huruf mad dan boleh
ditetapkan seperti سَلْ dan اِسْأَلَ
وَحَـذْفَ
هَمْـزِ خُـذْ وَمُرْكُلْ لاَتَقِسْ $ وَكَالصَّحٍيْحِ
غَيْرَهُ صَرِّفْ وَقِسْ
111.Membuang hamzahnya fi’il bina’ mahmuj yang berada pada
fi’il amar seperti lafadh خُذْ مُرْ, dan كُلْ itu hukumnya syad yaitu tidak sesuai
dengan qoidah yang berlaku,adapun tashrifannya fi’il selain fi’il bina’ shohih
sebagaimana bina’ mitsal,ajwaf,naqish,mahmuj,mudlo’af dan lafif itu seperti
tasyrifannya bina’ shohih
قَـدْتَــمَّ
مَارُمْنَا مِنَ الْمَقْصُوْدِ $ فَاعْـذَرْحَـدِيثَ
السِّنِّ يَاذاالْجُوْدِ
وَاَحْمَدُ
اللهَ مُصَلِّيًا عَلَى 113
مُحَــمَّدٍ وَآلِهِ وَمَنْ
تَــلاَ
112.Kami telah sempurna dan selesai menyusun nadhom al
maqshud dalam ilmu shorof ,kami selaku pengarang yang masih muda usianya mohon
ma’af kepada Yang Maha Pemurah atas kekurangan pada kitab ini
113.Saya memuji kepada kehadirat Alloh SWT,seraya membaca
sholawat dan salam kepada nabi Muhammad SAW,keluarga serta orang-orang yang
membaca kitab ini
والله اعلم
بالصواب
الحمد
لله رب العالمين
م
By
M.Asyrofi Fadlly S.Pd.I
Langitan,19 Rojab
1435 H
19 Mei 2014 H
biografi syekh abdur rahim??
BalasHapusizin copy Ustadz
BalasHapusassalamualaikum... izin copas ya. semoga berkah dan bermanfaat..
BalasHapusIzin shar ust.
BalasHapusMoga manfaat buat kami dan masyarakat luas.
ijin download ustadz...jazakallah..khoirol jazaa'
BalasHapusSyukron Akhil Kariim
BalasHapusJazakumullah...Khairan Katsira
Izin download ya akhi.
Izin kopas ustadz
BalasHapusUstad saya ikut belajar mohon izin ustad.semoga manfaat dunia akhirat aaamiin
Hapusassalamualaikum
BalasHapusizin copas ust,
almukarom ijin copy ya.
BalasHapusalmukarom ijin copy ya.
BalasHapusalmukarom ijin copy ya.
BalasHapusminta ijin copy dan sebar luaskan
BalasHapusijin copy paste , Ustadz
BalasHapusterima kasih
Terima kasih ustazd semoga bermanfaat dunia akhirat aamiin
BalasHapusAsslmualaikum wr wb. Bsa dijelaskanlg pustdz Penjelasar dr Makna Wajan Idtaf'ala dst seperti Soirurroh (Artinya) , Tlolab(Artinya) Wsslm
BalasHapus