Home » » As'ilah Alfiyyah

As'ilah Alfiyyah


KUMPULAN SO’AL – SO’AL ALFIYAH
KALAM , MU’ROB DAN  MABNI
1.         Sebutkan tanda – tanda kalimat isim !
2.         Tanda dari fi’il madly adalah bisa dimasuki ta’ fa’il
3.         Lafad yang menunjukkan arti perintah tapi tidakl bisa dimasuki nun taukid disebut isim fi’il amar
4.         Kapan fi’il Mudhore’ dihukumi mabni ?
5.         I’rab yang bisa masuk pada isim dan fi’il adalah rofa’ dan nashob
6.         Sebutkan tanda I’rob asal !
7.         Bagaimana I’robnya asma’u sittah ?
8.         ذو   tergmasuk asma’u sittah jika berma’na shohib
9.         فم   termasuk asma’u sittah jika mimnya dibuang
10.      هن   itu lebih baik dii’robi naqos
11.      Apa perbedaan antara I’rob naqos dan I’rob qosor ?
12.      Sebutkan syarat asma’u sittah !
13.      Rofa’ alif nashob dan jer dengan ya’ adalah I’robnya isim tasniyah
14.      كلا وكلتا   dii’robi bagaikan isim tasniyah jika mudlof pada domir
15.      Apa yang dimaksud dengan lafad mulhaq bi tasniyah ?
16.      Apa yang dimaksud dengan banya سنون   ? yaitu setiap sulasi yang lam fi’ilnya dibuang diganti dengan ha’ ta’nis
17.      Apakah isim mu’tal itu ?
18.      Isim mu’tal alif itu I’robnya dikira- kirakan ketika rofa’ nasob jer
19.      I’robnya isim manqus itu dikira – kirakan ketika rofa’ dan jer

NAKIROH MA’RIFAT
20.      Apakah isim nakiroh itu ?
21.      Sebutkan macam – macam isim ma’rifat !
22.      Dhomir yang tidak bisa diawal kalam dan tidak bisa jatuh setelah ILLA disebut domir muttasil
23.      Lafdnya dhomir mahal jer itu sama dengan lafadznya dhomir mahal nasab
24.      Dhomir yang lafadnya sama dalam rofa’ nashob dan jer adalah domir NA
25.      Selagi bisa dimuttasilkan maka domir tidak boleh dimunfasilkan
26.      dalam contoh خلتنيه   ibnu malik lebih memilih memutasilkan dhomirnya
27.      Jika dua dhomir muttasil berkumpul maka harus mendahulukan yang lebih khusus
28.      Jika dua dhomir mahal nasab yang sama tingkatannya berkumpul maka salah satunya harus dimunfasilkan
29.      LAITA yang diisnadkan pada ya’ mutakallim itu harus dipisah nun wiqoyah
30.      Isim yang menjelaskan musammanya dengan jelas secara mutlaq disebut alam
31.      Jika alam asmo berkumpul dengan alam laqob maka alam laqob harus diahirkan
32.      Kapan alam asmo harus dimudofkan pada alam laqob ? jika keduanya mufrod
33.      Jika sebelum alam sudah dilakukan untuk lainnya maka disebut  alam manqul
34.      Apakah alam murtajal ? alam yang selamanya menjadi alam
35.      Ma’nanya alam jenis itu seperti ism nakiroh
36.      Isim isyaroh untuk mufrod mudzakar adalah dza
37.      Untuk menunjukkan jauh maka isim isyaroh ditambahi dengan kaf / kaf dan lam
38.      Isim mausul yang menunjukkan ma’na mufrod mudzakar adalah Alladzi
39.      Apa perbedaan isim mausul khos dengan isim mausul mustarok ?
40.      ذو    termasuk isim mausul , itu pendapatnya orang thoyyi’
41.      Kapan dza itu berlaku isim mausul mustarok ?
42.      Jumlah yang jatuh setelah isim mausul disebut silah
43.      Shilahnya isim mausul AL itu berupa sifat shorihah
44.      Kapan isim mausul اي    itu dimu’robkan ? jika tidak mudhof dan shodar silahnya berupa domir yang dibuang
45.      Shodar silah isim mausul selian  اي  itu boleh dibuang jika silahnya panjang
46.      Kpan shodar silah tidak boleh dibuang ? jika sisanya masih bisa dibuat silah yang sempurna
47.      Kapan a’id yang dijerkan huruf jer itu boleh dibuang ? jika isim mausulnya dijerkan oleh huruf jer yang sama dalam lafad, ma’na dan ta’aluqnya

MUBTADA’

48.      Kapan mubtada’ itu membutuhkan fa’il yang menempati khobar ? Jika berupa isim sifat nakiroh dan didahului naïf atau istifham
49.      اقائمان الزيدان     lafadz الزيدان    berkedudukan sebagai mubtada’
50.      khobar tidak disyaratkan mempunyai Robit jika merupakan ainnya mubtada’
51.      Kpan khobar tidak disyaratkan mempunyai robit ? jika merupakan ainnnya mubtada’
52.      Isim zaman tidak boleh menjadi khobar dari  mubtada isim dzat
53.      رجل من الكرام عندنا     lafad رجل   boleh menjadi mubtada’ karena disifati
54.      Jika mubtada’ dan khobar sama ma’rifat maka khobar harus diakhirkan kecuali jika ada qorinah
55.      Khobar yang ma’nanya diringkas pada mubtada’ itu letaknya harus dikahirkan
56.      Khobar yanhg jatuh setelah laula imtina’iyah itu wajib dibuang
57.      Khobar yang jatuh setelah wawu ma’iyah itu wajib dibuang


AMIL NAWASIKH

58.      Sebutkan saudaranya KANA yang harus didahului Nafi / syibhu nafi !
59.      Syaratnya DAAMA adalah harus didahului ma masdariyah dorfiyah
60.      Khobarnya كان واخوته   itu tidak boleh mendahuluinya ketika  كان واخوته   telah didahului MA nafi
61.      Sebutkan saudaranya Kana yang hanya berlaku naqis !  فتئ   ليس   زال
62.      Ma’mul khobarnya kana itu tidak boleh berdampingan dengan amilnya kecuali berupa dhorof / jer majrur
63.      Jika ditemukan ma’mul khobarnya kana berdampingan dengan amilnya maka harus mengira’ ngirakan dhomir sya’n
64.      ما كان اصح علم من تقدم    ,   KANA dalam contoh tersebut berlaku ziyadah
65.      Kana yang jatuh setelah AN masdariyah itu diganti dengan MA
66.      Sebutkan syarat MA naïf beramal seperti Laisa ! Tidak bersama IN, nafinya tetap dan tertib
67.      Isim yang diatofkan  pada khobarnya MA dengan LAKIN itu dibaca rofa’
68.      LA bisa beramal seperti Laisa jika ma’mulnya berupa isim nakiroh
69.      Khobarnya كاد و  عسى    itu harus berupa fi’il mudhore’
70.      Khobarnya عسى   jika tidak bersama An itu hukumnya nadar
71.      Khobarnya حرى     itu wajib dibarengi An masdariyah
72.      Kapan عسى     itu bisa berlaku tam dan Naqis ? jika didahului isim
73.      Ma’mulnya ان واخواته   itu harus tertib kecuali jika berupa dhorof dan jer majrur
74.      Kapan hamzahnya Inna wajib difathah ? jika menempati tempatnya masdar
75.      Jika Inna bertempat diawal kalam maka hamzahnya harus dikasroh
76.      Khobarnya Inna boleh bersama lam ibtida’ jika hamzahnya di kasroh
77.      Khobarnya Inna yang berupa madly mutashorif itu tidak boleh bersama lam ibtida’ kecuali fiil tersebut bersama qod
78.      Kapan ma’mul khobarnya Inna boleh bersama lam ibtida’ ? jika berada diantara isim dan khobarnya
79.      Isimnya inna boleh bersama lam ibtida’ jika diakhirkan
80.      Jika inna yang ditahfif dimuhmalkan maka khobarnya harus diberi lam
81.      AN yang ditahfif itu isimnnya berupa dhomir sya’n dan khobarnya berupa jumlah
82.      Isimnya LA nafyil jinsi yang mudhof itu dibaca nashob
83.      Jika isim LA yang pertama mabni fatah, bagaimanakah isim yang kedua ?
84.      Jika isim LA yang pertama rofa’ , bagaimanakah isim yang kedua ?mabni fatah dan rofa’
85.      لا رجل ظريف في الدار     lafad   ظريف   boleh dibaca  3 wajah
86.      Apakah ilgho’ itu ?
87.      Seluruh af’alul qulub bisa dita’liq kecuali HAB DAN TA’ALLAM
88.      ta’liq dalam contoh  ظننت ما زيد قائم    hukumnya adalah wajib
89.      Kapan  تقول   bisa beramal seperti  تظن   ? jika jatuh setelah istifham dan tidak dipisah
90.      Lafad  اخبر        adalah muta’adi pada maf’ul 3

FA’IL DAN NAIBUL FA’IL

91.      من قرء ؟  زيد      yang merofa’kan زيد    adalah fi’l yang tersimpan
92.      الشمس طلعت     Memeberi ta’ ta’nis pada طلعت      hukumnya wajib
93.      اتت القاضي هند      Memberi ta’ pada  اتت     hukumnya jawaz
94.      Kapan maf’ul harus diakhirkan dari fa’il ? Jika didahulukan menimbulkan keserupaan atau ketika fa’il tidak berupa dhomir yang tidak mahsur
95.      Fa’il yang mahsur oleh ILLA itu letaknya harus diakhirkan
96.      Mendahulukan fa’il yang mengandung dhomir yang kembali pada maf’ul itu hukumnya syad
97.      Mengapa dalam زان الشجر نوره     maf’ulnya harus didahulukan ? Agar tidak terjadi dhomir kembali pada lafadz setelahnya lafdon warutbatan
98.      Fi’il madly mabni majhul yang diawali hamzah washol itu huruf ketiganya harus didhomah
99.      Bagimana wajah lam fi’ilnya باع    ketika mabni majhul ? didhomah, dikasroh dan ismam
100.    Sebutkan lafadz selain maf’ul yang bisa mengganti fa’il ? dhorof, jermajrur dan masdar

ISTIGHOL – TANAZU’

101.    Bagaimanakah tarkib istighol itu ?
102.    Yang menashobkan isim sabiq adalah fi’il yang tersimpan
103.    Kapan isim sabiq wajib dibaca rofa’ ? jika jatuh setelah adawat yang khusus masuk pada mubtada’ dan jika fi’ilnya jatuh setelah adapt yang bisa mencegah beramal pada isim sabiq
104.    Kapan isim sabiq wajib dibaca nashob ? Jika jatuh setelah adawat yang khusus masuk pada fi’il
105.    Isim sabiq yang jatuh setelah ان و حيثما   itu I’robnya wajib nashob
106.    Isim sabiq yang jatuh setelah اذ   fuja’iyah itu hukumnya wajib rofa’
107.    Isim sabiq yang jatuh sebelum tholab itu lebih baik dibaca nashob
108.    زيد ضربته     lafadz زبد     lebih baik dibaca rofa’
109.    زيد ان ضربته  ضربته     dibaca rofa’nya زبد     hukumnya wajib
110.    isim sifat itu bisa menjadi amilnya istighol jika tidak ada mani’
111.    Dhomir yang ada pada tabi’usaghil itu sama dengan dhomir yang ada pada syaghil
112.    Apakah tandanya fi’il muta’adi itu ? Bisa dimasuki ha’ dhomir
113.    Tandanya fi’il mutaadi adalah bisa dimasuki ha’ dlomir
114.    Fi’il yang menunjukkan arti watak itu pasti lazim
115.    Fi’il yang ikut wazan افعلل     itu tergolong fi’il lazim
116.    Fi’il yang menunjukkan arti bersih atau kotor itu pasti lazim
117.    Fil lazim bisa dimuta’adikan dengan huruf jer
118.    Membuang ma’mul fudlah itu boleh jika tidak ada dhoror
119.    Menurut ulama’ bashroh amil yang lebih berhak beramal dalam tanazu’ adalah yang ke dua
120.    Amil yang muhmal itu beramal pada dhomir yang kembali pada isim dhohir
121.    Ma’mul dari amil yang pertama yang muhmal itu jika berasal dari khobar maka harus diakhirkan
122.    Dhomir yang yang menjadi ma’mulnya amil yang kedua yang muhmal itu jika tidak mencocoki mufassirnya maka dijadikan isim dhohir
123.    Menurt ulama kufah amil yang lebih berhak beramal dalam tanazu’ adalah amil yang pertama
124.    Kapan ma’mulnya amil yang pertama yang muhmal harus dibuang ? jika tidak mahal rofa’ dan tidak berasal dari khobar

MAF’UL MUTLAQ – TAMYIZ

125.    Sebutkan faidahnya maf’ul mutlaq !
126.    Masdar yang berfaidah taukid itu harus mufrod selamanya
127.    Amilnya masdar yang berfaidah taukid itu tidak boleh dibuang
128.    Jika lafadz yang ditamyizi itu mudhof pada selain tamyiz maka tamyizx wajib dibaca nashob
129.    Tamyiz yang jatuh setelah lafadz ta’ajub itu wajib dibaca nasab
130.    Amilnya tamyiz itu harus didahulukan
131.    Sebutkan syaratnya maf’ul lah !
132.    Menurut qoul yang kuat amil yang menashobkan maf’ul ma’ah adalah fi’il atau syibhul fi’il
133.    Maf’l lah yang tidak memenuhi syarat itu harus dijerkan huruf jer
134.    Maf’ul lah yang bersama AL atau dimudhofkan tu lebih banyak dijerkan
135.    Dhorof makan itu disyaratkan harus mubham
136.    Apakah dhorof mutashorif itu ? dhorof yang bisa ditarkib menjadi dhorof dan lannya
137.    Dhorof yang hany bisa ditarkib menjadi dhorof disebut dhorof ghoiru mutasorif
138.    Apakah maf’ul ma’ah itu ? isim yang dibaca nashob yang jatuh setelah wawu ma’iyah
139.    Jika isim setelah wawu ma’iyah tidak bisa diathofkan maka harus dijadikan maf’ul ma’ah
140.    Kapan maf’ul ma’ah lebih baik diathofkan ? Jika diathofkan tidak ada kelemahan
141.    Jika isim yang jatuh setelah wawu tidak bisa diathofkan maka harus dibaca nasab
142.    Mustasna bi ILLA pada kalam tam manfi dan muttasil itu lebih baik dijadikan badal
143.    Mustasna bi ILLA yang mendahului mustasna minhu pada kalam tam manfi itu lebih baik dibaca nasab
144.    Jika ILLA disebut berulang dan berfaidah taukid maka hokum ILLA yang kedua adalah mulghoh
145.    Adat istisna ghoiru itu dii’robi bagaikan mustasna bi illa
146.    ما قام سوى زيد     lafadz  سوى    dibaca rofa’
147.    Mustasnanya  ما عدا   itu wajib dibaca nasab
148.    Kpan خلا    berlaku kalimat huruf ? jika mustasnanya dibaca jer
149.    Apakah Hal itu ?
150.    Hal yang berupa isim ma’rifat harus dita’wili nakiroh
151.    Kapan shohibul hal boleh terdiri dari isim nakiroh ?
152.    Menurut ibnu malik sohibul hal yang di jerkan huruf itu halnya boleh didahulukan
153.    Kapan shohibul hal boleh berupa mudhof ilaih ? jika mudhofnya bisa beramal pada hal atau mudhof adalah juznya mudhof ilaih
154.    Kapan hal wajib diakhirkan ? jika amilnya mengandung ma’nanya fi’il bukan hurufnya
155.    Jumlah bisa jadi hal jika berupa jumlah khobariyah

HURUF JER – IDHOFAT

156.    منذ    adalah huruf yang mengejerkan isim dhohir yang menunjukkan waktu
157.    Huruf yang hsus mengejerkan isim nakiroh adalah RUBBA
158.    Sebutkan ma’nanya huruf jer MIN !
159.    Kapan huruf jer MIN berlaku zaidah ?
160.    hatta , lam dan ila itu menunjukkan arti intiha’
161.    Sebutkan ma’na huruf jer lam ! 1. milik 2 sibhu milik 3 ta’diyah 4 ta’lil 5 za’idah
162.    كتبت  بالقلم    huruf jer BA’ berma’na istianah
163.    Ma’na isti’la’ dimiliki oleh huruf jer على
164.    رب   yang dibuang itu bisa beramal dan banyak terlakunya ketika jatuh setelah wawu
165.    Jika lafadz setelah mud dibaca rofa’ maka mud berlaku kalimah isim
166.    MA yang diziyadahkan setelah MIN itu tidak bisa mencegah amalnya MIN
167.    Jika mudhof ilaih jenisnya mudhof maka m’na yang dikira kirakan adalah MIN
168.    Jika mudhof ilaih dhorofnya mudhof maka idhofat mengirakan ma’na FI
169.    Kapankah idhofat berfaidah tahsis ?
170.    Apakah idhofat lafdziyah itu ?
171.    Idhofah yang mudlofnya tidak berupa osim sifat itu dsebut idhofat ma’nawiyah
172.    اذ    itu boleh tidak dimudhofkan jika ditanwini
173.    lafad yang menyerupai  اذ    itu lebih baik dimabnikan jika jatuh sebelum fi’il mabni
174.    Kapan lafadz yang menyerupai  اذ    itu lebih baik mu’rob ? Jika jatuh sebelum fi’il yang mu’rob / mubtada’
175.    Idhofat lafdziyah boleh bersama AL jika mudhof ilaihnya bersama AL
176.    Memudhofkan isim kaepada isim yang tunggal ma’nanya itu hukumnya tidak boleh
177.    HAITSU itu selamanya mudhof pada jumlah
178.    Memudofkan lafad  لبي  pada   يدي   itu hukumnya syad
179.    Kapan lafad GHOIRU dimabnikan dhom ? jika Mud Ilaihnya dibuang dan masih mengira – ngirakan ma’nanya
180.    Mdhof ilaih bisa mengganti I’robnya mudhof ketika mudhof dibuang
181.    Kapan isim yang mudhof pada ya’ mutakallim itu huruf alkhirnya harus dikasroh ? Jika tidak berupa  isim mu’tal akhir, isim tasniyah dan jama’ mudzakar salim
182.    Ya’ mutakallim yang menjadi mudlof ilaihnya isim mu’tal akhir itu diharokati fathah
183.    Isim maqsur yang mudhof pada ya’ mutakallim itu alifnya harus ditetapkan

AMALNYA MASDAR – NI’MA WA BI’SA

184.    Apa syaratnya masadar bisa beramal seperti fi’il ? Jika bisa ditempati fi’ilnya yang berasamaan dengan MA atau AN
185.    wazan فعالا   adalah masdar qiyasi dari   فعل lazim yang mempunyai art imtina’
186.    wazan فعلان    adalah masdar qiyasi dari   فعل lazim yang mempunyai art taqollub / berubah - rubah
187.    wazan فعال   adalah masdar qiyasi dari   فعل lazim yang mempunyai art penyakit
188.    wazan فعالة  و فعولة   adalah masdar qiyasi dari   tsulasi mujarrod wazan  فعل
189.    Fi’il madli  فعلل  masdar qiyasinya ikut wazan   فعللة
190.    masdar marroh fi’il tsulasi itu ikut wazan   فعلة
191.    masdar hai’ah fi’il tsulasi itu ikt wazan فعلة
192.    membuat masdar hai’ah dari fi’il ghoiru tsulasi itu hukumnya syad
193.    يعجبني شرب زيد الظريف    lafadz     الظريف    boleh dibaca jer dan rofa’
194.    Isim fa’il bisa beramal seperti fi’il jika berzaman hal /istiqbal
195.    هذا الضارب زيد    lafadz  زيد    boleh dibaca jer dan nashob
196.    Kapan isim fa’il bisa beramal secara mutlaq ? jika bersama Al
197.    Sebutkan wazan isim fa’il qiyasi dari فعل  lazim ! فعل    فعلان     افعل
198.    Sebutkan wazan shighot kasroh ! فعال  مفعال  فعول  فعيل  فعل
199.    fi’il madli فعل   itu isim fa’ilnya yang banyak ikut wazan فعل     فعيل     
200.    Syaratnya isim maf’ul beramal seperti fi’il itu bagaikan syaratnya isim fa’il
201.    Fi’il tsulasi mujarrod muta’adi itu masdar qiyasinya ikut wazan ? FA’LUN
202.    Fi’il tsulasi mujarrod lazim wazan  فعل    itu masdar qiyasinya ikut wazan  فعول
203.    Fi’il  زكى    itu masdar qiyasinya adalah  تزكية
204.    Sifat musyabihat itu terbentuk dari fi’il lazim yang berzaman hadir
205.    Sebutkan shighot Ta’ajub ! 
206.    Muta’ajab minhu itu boleh dibuang jika sudah jelas
207.    Membuat sighot ta’ajub dari fi’il yang tida memenuhi syarat itu harus memasang lafad اشد / اشدد
208.    Ma’mulnya fi’il ta’ajub tidak boleh didahulukan dan harus muttasil
209.    Ma’mulnya   نعم    yang berupa dhomir mustatir itu dijelaskan oleh tamyiz
210.    Mahsusnya  نعم   itu harus dijadikan mubtada’

NI’MA WA BI’SA

211.    نعم  dan بئس adalah dua fiil jamid yang bisa merofa'kan isim.
212.    dan keduanyapun terkadang bisa merofa'kan isim dlomir yang ditafsiri ( diperjelas ) dengan Tamyiz.
213.    Pakar nahwu beda pendapat tentang mengumpulkan tamyiz dan fa'il dari نعم  atau بئس yang berupa isim dhohir.
214.    Bagaimanakah status ما dalam contoh نعم مايقول الفاضلBoleh jadi tamyiz atau Fa'il.
215.    Status I'rob dari Makhsus yang disebutkan setelah نعم  dan بئس itu boleh menjadi mubtada' atau Khobar.
216.    Apabila sebelum نعم  dan بئس sudah ada lafadz yang menunjukkan makhsus, maka cukup dengan lafadz tersebut tanpa menyebutkan makhsus.
217.    ساء itu seperti  بئس dalam sama sama difungsikan untuk menimbulan arti mencela.
218.    Fa'il Habba yang tidak berupa ذا itu boleh rafa' dan boleh dijerkan dengan ba'.
219.    Ha' dari Habba yang fa'ilnya tidak berupa ذا itu yang banyak adalah didlommah.

AF'AL TAFDLIL

220.    Syarat syarat membuat Af'al tafdlil itu juga sama dengan syarat-syarat yang ada dalam Ta'ajjub.
221.    Af'al tafdlil yang sunyi dari Al dan Idhofah itu harus disambung dengan Min Mufadlolah baik tertulis ataupun dikira kirakan.
222.    Kapankah Af'al tafdlil harus tetap dalam bentuk mufrod mudzakkar ? ketika mudlof pada nakiroh  atau  sunyi dari Al.
223.    Kapankah Af'al tafdlil boleh dua wajah ( mengikuti maushufnya atau tetap dalam keadaan mufrod mudzakkar ) ? Ketika mudlof pada Ma'rifat atau bersamaan Al.
224.    Af'al tafdlil jarang sekali merafa'kan Isim dlohir.
225.    Af'al tafdlil banyak sekali yang merofa'kan isim dlohir ketika dalam mas'alah Kuhl.

NA'AT

226.    Sebutkan lafadz lafadz yang ikut pada lafadz sebelumnya ! Na'at, taukid, athof dan badal.
227.    Na'at ialah Tabi' yang menyempurnakan pada lafadz sebelumnya dengan cara menyebutkan sifatnya atau sifat lafadz yang berhubungan dengan sebelumnya.
228.    Na'at ( Haqiqi/Sababi ) itu harus mencocoki pada man'utnya dalam hal Nakiroh dan Ma'rifatnya.
229.    Na'at sababi itu tidak boleh mencocoki pada man'utnya dalam hal mufrod, tatsniyah atau jama' dan mudzakkar atau mu'anatsnya.
230.    Na'at itu harus berupa isim musytaq atau lafadz yang bisa dita'wil denganya.
231.    Jumlah apakah yang tidak boleh dijadikan na'at ?  Jumlah Tholabiyyah.
232.    Masdar itu boleh menjadi na'at dan harus tetap dalam bentuk mufrod dan mudzakkar.
233.    Na'at dari man'ut yang tidak satu dan na'atnya tidak sama, maka na'at harus disebutkan dengan cara diathofkan.
234.    Na'at banyak dari man'ut satu yang membutuhkan untuk menyebutkan kesemuanya, itu harus disebutkan semua dan diikutkan dalam hal I'rob.
235.    Na'at atau man'ut yang sudah jelas itu boleh dibuang.
236.    Naat Hakiki adalah Tabi’ yang menjelaskan sifatnya Matbu’
237.    Naat Hakiki/Sababi itu mengikuti Matbi’nya dalam segi ma’rifat dan nakirohnya
238.    Naat itu harus kejadian dari isim Mustaq
239.    Naat yang berupa Jumlah itu Man’utnya harus berupa Isim Nakiroh
240.    Jika ada Naat yang kejadian dari Jumlah Tholabiyah maka harus mengira-ngirakan lafadz yang mustaq dari Masdar Qoul
241.    Naat yang berupa Masdar itu harus menetapi Mufrod Mudzakar
242.    Naat yang Maqtu’ itu boleh dibaca rofa’ menjadi Khobar atau dibaca nasab menjadi Maf’ul
243.    Kalau ada jumlah tholabiyah yang menjadi na’at maka harus dita’wil dengan menggunakan lafadh qoul
244.    Masdar itu boleh menjadi na'at dan harus tetap dalam bentuk mufrod dan mudzakkar.
245.    Na'at dari man'ut yang lebih dari satu itu jika na'atnya tidak sama, maka na'atnya man’ut tersebut harus disebutkan dengan cara mengathofkan.
246.    Na'at dari man'ut yang lebih dari satu itu jika na'atnya sama, maka na'atnya man’ut tersebut harus disebutkan dengan cara mentatsniyahkan atau menjama’kannya
247.    Jika ada na’at yang menjadi na’atnya dua ma’mul dari dua amil yang berbeda maka naat tersebut harus diitba’kan kepada man’utnya jika kedua amil tersebut satu makna dan pengamalan
248.    Jika ada na’at yang menjadi na’atnya dua ma’mul dari dua amil yang berbeda maka naat tersebut harus diqotho’ dari man’utnya jika kedua amil tersebut tidak satu makna dan pengamalan
249.    Man’ut yang punya na’at lebih dari satu dan semuanya masih belum maklum maka semuanya harus disebutkan dan diitba’kan
250.    Man’ut yang punya na’at lebih dari satu dan semuanya masih belum maklum maka semuanya harus disebutkan dan diitba’kan
251.    Na’at yang sudah diqotho’ dan dibaca rofa’ maka yang merofa’kannya adalah isim dlomir
252.    Na’at yang sudah diqotho’ dan dibaca nashob maka yang menashobkannya adalah kalimat fi’il
253.    Amilnya na’at yang sudah diqotho’ itu harus dibuang
254.    Na'at atau man'ut yang sudah jelas itu boleh dibuang.
255.    Dalam suatu keadaan na’at itu hukumnya seperti kalimat fi’il. Jelaskan!
256.    Sebutkan macam-macam isim jamid yang boleh dijadikan na’at! Berilah contoh sekaligus ta’wilannya!
257.    Na’at yang berupa jumlah itu dihukumi sebagaimana khobar. Jelaskan berikut syahidnya!
258.    Kapankah na’at itu harus diitba’kan? Tulislah syahidnya!
259.    Kapankah na’at itu harus diqotho’? Tulislah syahidnya!

TAUKID

I.          MENYEMPURNAKAN
260.    Taukid dengan نفس atau عين itu harus mengandung (ضمير) yang kembali pada isim yang ditaukidi.
261.    Lafad نفس  atau عين yang digunakan menaukidi isim tasniyah atau jamak itu harus di jamakkan ikut wazan (أفعل ).
262.    كل, كلا  dan جميع itu berlaku taukid yang berfaedah ( شمول )
263.    Lafad  عامة itu di samakan dengan (كل ) sebagai taukid.
264.    Isim tasniyah itu cukup ditaukidi dengan lafad (كلا dan  كلتا)
265.    (اسم نكره ) itu tidak boleh di taukidi secara mutlak kecuali jika berfaedah.
266.    Dlomir muttashil  mahal rafa’ jika di taukidi dengan نفس atau  عينmaka harus di pisah dengan (ضمير منفصل )
267.    Tauked نفس dan عين itu disyaratkan menjadi Dhomir yang Muthobiq
268.    Tauked نفس dan  عينdijamakkan ikut wazan  افعلjika mu’akadnya berupa Tasniyah atau Jama’   
269.    Taukid اجمع جمعاء جمع itu harus jatuh setelah كل   
270.    Menaukidi Isim Nakiroh itu diperbolehkan jika bisa memberikan faidah
271.    Menaukidi Isim Nakiroh itu tidak diperbolehkan secara mutlaq menurut Ulama’ Basroh
272.    Menaukidi Dhomir Muttasis mahal rofa’ dengan نفس dan عين itu syaratnya harus dipasang dengan  ضمير منفصل
273.    Tauked lafdzi adalah menaukidi kalimat dengan cara mengulangi
274.    Menaukidi Dhomir Muttasil secara lafdzi itu dengan mengulangi lafadz tersebut dan lafadz yang bertemu denganya
275.    Dhomir Muttasil mahal Rofa’ itu bisa dibuat menaukidi Dhomir Muttashil secara Muthlaq

II. MENJAWAB
276.    Terbagi menjadi berapakah taukid itu ? Sebutkan ! (ada 2, lafdzi dan maknawi)
277.    Bagaimakah syarat اجمع ,جمعاء  dan  جمعsebagai taukid ? (jatuh setelah كل )
278.    Pendapat siapakah yang mengatakan bahwa isim nakiroh itu tidak boleh di taukidi ? (‘Ulama Basyroh)
279.    Bagaimankah cara membuat taukid Lafdzi itu ? (dengan mengulang lafad yang pertama)
280.    Dan bagaimanakah cara menaukidi kalimat huruf ? (dengan mengulangi huruf dan lafad yang dimasukinya)

ATHOF

I.          MENYEMPURNAKAN

281.    Athof bayan itu harus mencocoki pada mathbu’nya pada (4) perkara dari (10) perkara
282.    Setiap lafad yang patut dijadikan athof bayan itu juga patut dijadikan (badal).
283.    Athof bayan dan Mathbu’nya itu terkadang berupa (isim nakiroh).
284.    Dan terkadang pula berupa (isim ma’rifat).
285.    Lafad yang di Athofkan dengan بل, بكن ,لا  itu hanya dalam (lafadznya).
286.    Huruf Athof Wawu itu berfaedah (mutlakul jam’I)
287.    Ma’thuf alaih yang tidak bisa sampurnya tanpa menyebut ma’thuf itu harus memakai huruf ‘Athof (wawu).
288.    Sedang jumlah yang tidak patut dibuat silah isim Mausul itu bisa di ‘Athofkan pada silahnya isim mausul, maka harus memakai huruf ‘Athof (Fa’)
289.    Fa’ sebagai huruf ‘Athof itu mempunyai faedah (tartib)  dan (ittishol)
290.    ثم   mempunyai faedah (tartib) dan (infishol)
291.    Lafad yang diathofkan pada Dhomir muttashil mahal rafa’ itu harus di pisah dengan (dlomir munfashil)
292.    sedang bila diathofkan pada dlomir muttashil yang di jerkan maka wajib (mengulang amil yang mengejerkan)
293.    ام   munqotiah itu maknanya bagaikan  (بل )
294.    Athof itu ada dua macam yaitu Nasaq dan Bayan
295.    Athof Bayan adalah Tabi’ yang menyerupai sifat yang menjelaskan Hakikat yang dimaksud
296.    Huruf-huruf Atof yang hanya mengathofkan dalam segi lafadznya saja adalah لا dan لكن
297.    Huruf Athof yang berfaidah Tartib Imtisal adalah fa’
298.    Huruf Athof yang berfaidah Tartib Infishol adalah ثم  
299.    Mengatofkan Jumlah yang tidak patut menjadi Silah pada Jumlah yang patut menjadi Silah itu hanya bisa diathofkan menggunakan Fa’
300.    لكن jika dilakukan huruf Athof maka harus setelah Nafi atau Nahi
301.    بل  itu berfaidah idhrob jika jatuh setelah kalam khobar musbat atau Amar yang jelas
302.    Dhomir Muttasil yang dijerkan itu jika diathofi maka harus mengulangi huruf yang mengejerkan kecuali menurut Ibnu Malik
Athof bayan-nasaq
303.    Dalam athof bayan itu antara ma’thuf dan ma’thuf alaih harus berupa isim ma’rifat
304.    Menurut sebagian ulama’ dalam athof bayan ma’thuf dan ma’thuf alaih itu terkadang berupa isim nakiroh
305.    Hamzah taswiyah yang menjadi syaratnya أم itu boleh dibuang jika aman dari iltibas
306.    Jika huruf athof أم tidak memenuhi persyaratan maka ia bermakna idlrob/seperti makna بل
307.    Huruf athof أو itu juga bisa berfaidah muthlaqul jam’i sebagaimana wawu ketika tidak menimbulkan iltibas
308.    Lafadh yang diathofkan pada Dhomir muttashil mahal rafa’ itu harus dipisah dengan (dlomir munfashil)
309.    Lafadh yang diathofkan pada Dhomir muttashil mahal rafa’ itu jika tidak dipisah dengan sesuatu hukumnya adalah syadz dan lemah
310.    Sedang bila diathofkan pada dlomir muttashil yang dijerkan maka wajib (mengulang amil yang mengejerkan)
311.    Huruf ‘athof  fa’ dan Wawu serta ma’thufnya itu boleh di buang jika tidak ada iltibas
312.    Ma’thufnya wawu yang berupa amil itu boleh dibuang dan ma’mulnya harus tetap dalam keadaan semula untuk menghindari dugaan yang keliru
313.    Ma’thuf alaih itu boleh dibuang jika sudah ada dalilnya/petunjuk/qorinahnya

II.        MENJAWAB

314.    Berapakah macam athof itu? Sebutkah ! (ada 2, Nasak dan Bayan)
315.    Apakah pengertian ‘Athof Nasaq itu ? ( lafad yang ikut pada lafad sebelumnya dengan menggunakan salah satu huruf ‘athof)
316.    Kapankah لا itu berlaku huruf ‘athof ? (bila berada pada kalam nida’ atau amar )
317.    Bagaimanakah syarat  حتى berlaku huruf ‘athof ? (ma’thuf harus merupakan bagian dan penghabisan ma’thuf alaih)
318.    Sedang kapankah  لكن  itu berlaku huruf ‘athof ? (bila jatuh setelah nafi atau nahi)
319.    Seperti apakah  إما yang kedua dalam semua maknanya atau hukumnya ? (seperti أو )
320.    Apakah syarat  أم متصلة itu ? ( harus jatuh setelah hamzah taswiyah atau maghniyah)
321.    Apakah pengertian  أم منقطعة  itu ? (أم  yang tidak jatuh setelah hamzah taswiyah atau magniyah)
322.    Apa sajakah faedah atau arti huruf athof أو  ? (  تخيير, إباحة , تقسيم, إبهام, شك )
323.    Apakah arti atau faedah  أو  pada contoh ? جالس العلماء او الزهاد  itu ? (  إباحة )
324.    Sedang faedah apakah pada contoh  تزوج فاطمة او أختها  itu ? ( تخيير  )
325.    Kapankah بل  itu berfaedah  إضراب ? ( bila jatuh setelah kalam Khobar atau Amar)
326.    Berapakah macam athof itu? Sebutkah sekaligus masing-masing pengertiannya!
327.    Kapankah لا itu berlaku huruf ‘athof ? (bila berada pada kalam nida’ atau amar )
328.    Kapankah أم bisa berlaku sebagai huruf athof?
329.    Apakah pengertian hamzah taswiyah itu?
330.    Bagaimanakah syarat  حتى berlaku huruf ‘athof ? (ma’thuf harus merupakan bagian dan penghabisan ma’thuf alaih)
331.    Apakah syarat  أم متصلة itu ? ( harus jatuh setelah hamzah taswiyah atau maghniyah)
332.    Apakah pengertian  أم منقطعة  itu ? (أم  yang tidak jatuh setelah hamzah taswiyah atau magniyah)
333.    Apa sajakah faedah atau arti huruf athof أو  ? (  تخيير, إباحة , تقسيم, إبهام, شك )
334.    Kapankah أو ituberfaidah takhyir atau ibahah? Jelaskan pengertian dan perbedaan keduannya!
335.    Kapankah أو ituberfaidah ibham atau syak? Jelaskan pengertian dan perbedaan keduannya!
336.    Apakah arti atau faedah  أو  pada contoh ? جالس العلماء او الزهاد  itu ? (  إباحة )
337.    Sedang faedah apakah pada contoh  تزوج فاطمة او أختها  itu ? ( تخيير  )
338.    Kapankah  لكن  itu berlaku huruf ‘athof ? (bila jatuh setelah nafi atau nahi)
339.    Kapankah  لا itu berlaku huruf ‘athof ? (bila jatuh setelah nida’, amar, atau itsbat)
340.    Huruf athof بل itu bisa berlaku sebagaimana لكن. Jelaskan sekaligus syahidnya!
341.    Kapankah بل  itu berfaedah  إضراب ? ( bila jatuh setelah kalam Khobar atau Amar)
342.    Selain lafadh apa sajakah yang boleh menjadi pemisah antara dlomir muttashil dengan ma’thufnya?
343.    Jelaskan alasan Ibnu Malik yang mengatakan bahwa athof terhadap dlomir muttashil mahal jer itu tidak wajib mengulangi amilnya! Tulis juga syahidnya!
344.    Apakah syarat diperbolehkannya mengathofkan kaimat kepada fi’il yang lainnya?
345.    Kapankah huruf ‘Athof  Fa’ dan Wawu serta ma’thufnya itu boleh di buang ?( jika tidak ada iltibas)

BADAL

346.    Badal معطوف ببل itu ada dua macam yaitu Idrob dan Gholat
347.    قبله يدا  adalah contoh Badal Ba’dul Min Kul
348.    Jika mubdal minhu itu berupa istifham maka badalnya harus diberi hamzah istifham
349.    Jika badal adalah merupakan hakekatnya mubdal minhu maka disebut badal muthobiq/kul min kul
350.    اعرفه حقه adalah contoh Badal Ba’dul Istimal
351.    Mubdal Minhu yang mempunyai Makna Istifham itu Badalnya harus dipasang Hamzah Istifham
352.    Apakah badal itu?
353.    Jelaskan perbedaan badal dan na’at!
354.    Jelaskan perbedaan badal dan athof bayan!
355.    Ada berapakah macamnya badal itu? Sebutkan dan tulislah syahidnya!
356.    Jelaskan masing-masing pengertian badal!
357.    Jelaskan perbedaan badal idlrob dan badal gholath! Tulislah syahidnya!
358.    Kapankah isim dhohir itu boleh dijadikan badalnya isim dlomir? Tulislah syahidnya!

NIDA’

359.    Jika jarak munada itu dekat maka huruf nida’ yang dipakai adalah hamzah
360.    Huruf nida’ وا itu dipakai untuk munada mandub
361.    Huruf nida’ يا itu boleh digunakan untuk munada mandub jika tidak menimbulkan iltibas
362.    Membuang huruf nida’ dalam isim jinis dan isim isyaroh itu hukumnya qolil/syadz
363.    Menurut Ibnu Malik Membuang huruf nida’ dalam isim jinis dan isim isyaroh itu diperbolehkan
364.    Bila munada itu berupa lafadh yang mufrod maka dia harus dimabnikan sesuai dengan alamat rofa’nya
365.    Bila sebelum dijadikan munada lafadh tersebut sudah mabni maka ketika di munadakan lafad tersebut ia dimabnikan dlomm yang dikira-kirakan
366.    Bila munada itu berupa lafadh yang mufrod nakiroh maqsudah maka dia harus dimabnikan sesuai dengan alamat rofa’nya
367.    Bila munada itu berupa lafadh yang mufrod nakiroh ghoiru maqsudah maka dia harus dibaca nashob
368.    Bila munada itu berupa lafadh yang mudlof atau syibhu mudlof maka dia harus dibaca nashob
369.    Munada mufrod alam yang dishifati dengan lafadh ابن yang dimudlofkan kepada isim alam boleh dimabnikan dlomm atau fath
370.    Munada mufrod alam yang dishifati dengan lafadh ابن yang dimudlofkan kepada isim alam boleh dua wajah dengan syarat tiada pemisah antara keduanya
371.    Dalam keadaan dlorurot munada yang wajib mabni dlomm itu boleh ditanwin dan dibaca nashob
372.    Jika huruf nida يا itu masuk kepada lafadh jalalah maka ia boleh diganti dengan mim pada huruf akhirnya
373.    Jika huruf nida’ يا itu sudah diganti maka hukum menetapkannya adalah syadz
374.    Sebutkan huruf-huruf yang bisa dipakai untuk nida’!
375.    Sebutkan huruf-huruf nida’ yang dipakai untuk munada jarak jauh!
376.    Kapankah huruf nida’ itu tidak boleh dibuang?
377.    Apa perbedaan pengertian mufrod dalam bab i'rob, khobar, dan nida’? Jelaskan!
378.    Ada berapakah macamnya mudlof? Sebutkan dan jelaskan masing-masing hukumnya!
379.    Kapankah munada mufrod yang dishifati oleh lafadh ibnun itu harus mabni dlomm? Tulislah syahidnya!
380.    Kapankah huruf nida’ itu boleh berkumpul dengan أل?


FASHL TABI' MUNADA

381.    Lafadz yang ikut munada mabni dlom yang berupa lafadz yang mudlof serta tidak bersamaan al, itu harus dibaca nashab.
382.    Lafadz yang ikut munada mabni dlom yang  selain lafadz yang mudlof serta tidak bersamaan al, itu boleh rafa' dan nashob.
383.    Lafadz yang ikut munada dengan status athaf nasaq itu boleh dua wajah ( rafa' dan nashob ) manakala berupa lafadz yang bersamaan al.
384.    Munada mufrod yang diulang ulang dan pada pengulangan kedua dimudlofkan, maka untuk lafadz yang kedua boleh dua wajah ( Mabni dlom  dan fathah ).

MUNADA MUDLOF ILA YA’ MUTAKALLIM

385.    Munada yang shohihul akhir yang mudlof pada ya'mutkallim, itu boleh lima wajah.
386.    Munada lafadz ابن  yang dimudlofkan pada أم   yang mudlof pada ya'mutakklim, itu ya' mutakallimnya dibuang kemudian mim boleh kasroh dan juga boleh difathah .
387.    Munada lafadz اب   dan  ام  yang mudlof pada ya' mutakallim, itu ya' mutakallimnya diganti ta' kemudian ta' gantian tersebut boleh difathah atau dikasroh.

ASMA' LAAZAMAT ANNIDA'

388.    Termasuk di antara lafadz lafadz yang selalu berlaku menjadi munada adalah فل , لؤمان  dan نومان .
389.    Lafadz lafadz yang selalu menjadi munada dan berfungsi mencela perempuan adalah wazan فعال .
390.    Apakah wazan yang berlaku untuk  isim fi'il amar dari  fi'il tsulatsi mujarrod itu ?  Wazan فعال.
391.    Wazan فعل berlaku sama'I untuk selalu menjadi munada yang dimaksudkan mencela laki laki.

AL ISTIGHOTSAH

392.    Isim  yang akan dijadikan munada mustaghots, itu harus dijerkan dengan lam yang difathah.
393.    Kapankah lam yang mengejerkan munadah mustaghots itu harus difathah ? ketika يا   diulang bersama ma'thuf .
394.    Lam yang mengejerkan munada mustaghots itu boleh diganti oleh  alif di akhir .
395.    Muta'ajjab minhu itu juga seperti munada mustaghots.
396.    Isim nakiroh dan isim yang mubham ( belum jelas ) itu tidak boleh dijadikan munada mandub.
397.    Apakah syarat diperbolehkanya isim maushul menjadi munada mandub ? harus disilahi dengan silah yang masyhur

AN NUDBAH

398.    Akhir dari munada mandub itu boleh dipertemukan denga alif nudbah.
399.    Akhir dari munada mandub manakala berupa alif dan dipertemukan dengan alif nudbah maka alif huruf akhir harus dibuang.
400.    Munada mandub manakala diwaqofkan, maka boleh ditambah dengan ha' sakat.

TARKHIM


401.    Isim yang ditarkhim itu huruf akhirnya harus (dibuang )
402.    Isim yang mu’annasnya tidak dengan ha’ ta’nis itu tidak boleh di tarkhim kecuali berupa (علم ) yang hurufnya empat/ lebih
403.    atau berupa (تركيب إضافى)
404.    atau (تركيب إسنادى)
405.    Menurtut imam (Sibawaih / Amr) mentarkhim alam mankul dari jumlah itu hukumnya sedikit
406.    Bagaimanakah cara mentarkhim isim yang muannasnya dengan ha’/ta’ta’nis ? (Membuang ha’ ta’nis)
407.    Dan Bagaimanakah mentarkhim isim yang hurufnya empat atau lebih jika huruf sebelum akhirnya berupa huruf len yang mati ? ( membuang huruf len bersama huruf akhirnya)
408.    Bagaimanakah cara mentarkhim alam mangkul dari tarkib mazdji itu ? (dengan membuang juz/ kalimat yang lain)
409.    Bagaimanakah hukum huruf yang tersisa pada munada murokhom jika huruf yang dibuang itu masih dianggap ? ( dibaca sebagaimana ketika huruf yang akhir belum dibuang)
410.    Dan bagaimanakah hokum huruf yang tersisa apabila huruf yang di buang itu tidak di anggap ? (dijadikan sebagaimana huruf akhir)
411.    Kapankah isim yang patut di jadikan munada itu boleh di tarkhim tanpa adanya huruf nida’ ? (ketika dalam dlorurot si’ir)

 

IKHTISHOS


412.    Ikhtishos itu seperti nida’ dalam segi lafadnya hanya saja tidak bersamaan dengan (huruf nida’)
413.    Terkadang huruf ikhtishos itu tidak berupa lafad أيّ akan tetapi berupa lafadh yang bersamaan dengan dengan (أل )

TAKHDZIR

414.    Amil yang menashobkan Tahdir dengan إياك  itu harus …(di buang)
415.    Tahdzir dengan إيا itu bila tidak ada athof maka wajib di nashobkan oleh amil yang harus (di buang)
416.    Sedang tahdir yang tidak menggunakan lafad إيا  maka wajib dibaca nashob oleh amil yang (tidak wajib dibuang )
417.    Tahdir dengan lafad إياي itu hukumnya (شد )
418.    Dan bila menggunakan lafad إياه maka hukumnya (أشد )
419.    Apakah yang membedakan tarkib Igro’ dan tarkib tahdir itu ? ( kalau إغراء  itu tidak pakai lafad إياك )

ASMA’UL AF’AL WA SHOUT

420.    Kebanyakan isim fi’il itu menunjukkan arti( أمر )
421.    dan di hukumi sedikit / sama’I bila menunjukkan arti ( ماض )
422.    atau (مضارع  )
423.    Isim fi’il itu ada yang pindahan dari ( جار مجرور )
424.    dan (ظرف )
425.    Lafad رويدا itu jika mengerjerkan lafad setelahnya maka berlaku (مصدر)
426.    Isim fi’il itu bisa beramal seperti fi’il yang di gantinya hanya saja ma’mulnya wajib ( di akhirkan )
427.    Isim fi’il yang tidak di tanwin itu hukumnya ( ma’rifat )
428.    Kebanyakan isim fi’il itu menunjukkan arti( أمر )
429.    dan di hukumi sedikit / sama’I bila menunjukkan arti (ماض ) atau (مضارع  )
430.    Isim fi’il itu ada yang pindahan dari ( جار مجرور ) dan (ظرف )
431.    Lafad رويدا itu jika mengerjerkan lafad setelahnya maka berlaku (مصدر)
432.    Isim fi’il itu bisa beramal seperti fi’il yang di gantinya hanya saja ma’mulnya wajib ( di akhirkan )
433.    Isim fi’il yang tidak di tanwin itu hukumnya ( ma’rifat )
434.    Ciri-ciri isim fi’il yang dihukumi nakiroh adalah dengan adanya tanwin
435.    Hukum isim fi’il dan isim shouth adalah mabni
436.    Apakah pengertian isim fi’il itu ? (isim yang mengganti fi’il dalam makna dan amalnya serta tidak bisa di amalkan)
437.    Apakah cirri-ciri رويدا yang berlaku isim fi’il (menashobkan lafad sesudahnya)
438.    Apakah ciri-ciri isim fi’il yang di hukumi nakiroh itu ? (di tanwin)
439.    Apakah pengertian isim Shout itu ? (lafad yang digunakan menyuarakan suatu yang tidak berakal )
440.    Bagaimanakah hokum isim fi’il dan isim shout itu ? (mabni)

NUN TAUKID
441.    Fi’il yang boleh ditaukidi dengan nun taukid adalah fi’il amar
442.    Fi’il mudlore’ yang menjadi fi’il syarat boleh dimasuki nun taukid kalau adat syaratnya berupa إما
443.    Memasang nun taukid pada fi’il mudlore’ itu hukumnya sedikit apabila ia jatuh setelah ما zaidah, لم, atau لا
444.    Huruf akhir kalimat fi’il yang kemasukan nun taukid itu hukumnya mabni fath
445.    Fi’il bila bersambung dengan wawu jama’ itu ketika dimasuki nun taukid maka huruf akhirnya diharokati dlommah
446.    Dlomir (wawu, ya’) yang berada pada kalimat fi’il shohih yang kemasukan nun taukid itu harus dibuang
447.    Dlomir (alif) yang berada pada kalimat fi’il shohih yang kemasukan nun taukid itu harus ditetapkan
448.    Nun taukid khofifah itu tidak boleh bertemu dengan fi’il yang bersambung dengan dlomir alif tatsniyah
449.    Nun taukid yang jatuh setelah dlomir alif tatsniyah itu harus dimabnikan kasr
450.    Fi’il yang disandarkan kepada dlomir nun jama’ inats ketika dimasuki nun taukid maka harus dipisah dengan alif
451.    Jika setelah nun taukid khofifah terdapat huruf yang mati maka nun harus dibuang
452.    Fi’il yang kemasukan nun taukid khofifah itu ketika diwaqofkan maka nunnya harus dibuang jika jatuh setelah dlommah atau kasroh
453.    Fi’il yang kemasukan nun taukid khofifah bila diwaqofkan dan sebelum nun ada harokat fathah maka nun boleh diganti dengan fathah
454.    Kapan sajakah fi’il mudlore’ itu boleh dimasuki nun taukid?
455.    Bagaimana hukum huruf akhirnya fi’il shohih akhir yang sudah bersambung dengan dlomir ketika dipasang nun taukid?
456.    Bagaimana hukum huruf akhirnya fi’il mu’tal akhir yang sudah bersambung dengan dlomir ketika dipasang nun taukid?

MA LA YANSHORIF

457.    Alif ta’nits itu bisa mencegah kemunshorifan secara muthlaq. Artinya baik mamdudah ataupun maqshuroh
458.    Ziyada alif-nun bisa mencegah kemunshirifan bersamaan shifat dengan syarat tidak dimu’annatskan dengan ta’
459.    Wazan af’ala bisa mencegah kemunshirifan bersamaan shifat dengan syarat tidak dimu’annatskan dengan ta’ dan berupa isim sifat asli
460.    Lafadh أدهم itu dihukumi ghoiru munshorif bila melihat keadaan aslinya (asalnya)
461.    Adal haqiqi dan washfiyah yang bisa mencegah kemunshorifan isim hanya ada di isim adad
462.    Isim adad itu dihukumi ghoiru munshorif bila ikut wazan فعال dan مفعل
463.    Lafadh سراويل itu bisa dihukumi ghoiru munshorif sebab serupa wazan shighot muntahal jumu’
464.    Shighot muntahal jumu’ bila dijadikan sebuah nama maka dihukumi ghoiru munshorif
465.    ‘Illatnya shighot muntahal jumu’ yang sudah dijadikan nama adalah alamiyah dan syibhul ajamiyah
466.    Tarkib yang bisa mencegah kemunshorifan isim adalah tarkib mazji
467.    Tarkib majzi hanya bisa mencegah kemunshorifan isim bila bersamaan dengan alamiyah
468.    Nama perempuan yang hurufnya tiga dan yang tengah mati itu bisa mencegah kemunshorifan bila ajam atau pindahan dari nama lelaki
469.    Ajam bisa mencegah kemunshorifan bila hurufnya lebih dari tiga
470.    أحمد dan يزيد dihukumi ghoiru munshorif karena wazan yang diikutinya itu khusus untuk fi’il
471.    Lafadh yang seperti أرطى itu dihukumi ghoiru munshorif karena alamiyah dan alif ilhaq bil maqshuroh
472.    Adal bersama alamiyah yang bisa mencegah kemunshorifan isim itu ada tiga macam
473.    Lafadh سحر itu dihukumi ghoiru munshorif bila yang dimaksud adalah hakekat waktu dan harinya tersebut
474.    Menurut ulama’ Hijaz nama perempuan yang ikut wazan فعال itu hukumnya adalah mabni kasr
475.    Menurut ulama’ Tamim nama perempuan yang ikut wazan فعال itu hukumnya adalah ghoiru munshorif
476.    Semua isim ghoiru munshorif sebab ‘illat alamiyah itu dihukumi munshorif bila dinakirohkan
477.    Semua isim ghoiru munshorif itu bisa berlaku munshorif karena dlorurot dan untuk tanasub
478.    Apakah munshorif itu?
479.    Apakah alif ta’nits mamdudah itu?
480.    Apakah alif ta’nits maqshuroh itu?
481.    Lafadh أرمل dan lafadh أربع itu dihukumi munshorif. Kenapa? Jelaskan!
482.    Kenapa lafadh أدهم itu dihukumi munshorif? Jelaskan!
483.    Lafadh أجدل, أخيل dan أفعى itu isim munshorif, namun terkadang berlaku ghoiru munshorif. Kapankah itu? Jelaskan!
484.    Kapankah jamak taksir itu bisa mencegah kemunshorifan isim?
485.    Bagaimana hukumnya isim mu’tal lam yang diikutkan wazannya shighot muntahal jumu’? jelaskan!
486.    Ha’ ta’nits itu bisa mencegah kemunshorifan isim secara muthlaq. Apa maksud muthlaq tersebut? Jelaskan!
487.    Sebutkan syarat-syarat ha’ ta’nits bisa mencegah kemunshorifan isim!
488.    Sebutkan syaratnya ajamiyah bisa mencegah kemunshorifan isim!
489.    Jelaskan macamnya adal yang bersamaan dengan alamiyah berikut masing-masing contohya!

I’ROBUL FI’LI
AMIL NAWASHIB

490.    Fi’il mudlore’ itu dihukumi mu’rob bila tidak kemasukan nun taukid atau nun jama’ inats
491.    Fi’il mudlore’ itu dibaca rofa’ bila tidak kemasukan amil nawashib dan amil jawazim
492.    Bila أن jatuh setelah af’alul yaqin maka fi’il mudlore’ yang dimasukinya boleh dibaca rofa’ dan nashob
493.    Bila fi’il mudlore’ yang jatuh setelah af’alul qulub itu dibaca rofa’ maka أن dianggap mukhoffafah dari أنّ
494.    Fi’il yang jatuh setelah إذن itu boleh dibaca rofa’ dan nashob bila ia jatuh setelah huruf athof
495.    أن yang berada diantara لام الجر dan لا النافية itu harus ditampakkan
496.    أن yang jatuh setelah لام الجر dan setelahnya tidak ada لا النافية itu boleh ditampakkan atau disimpan
497.    أن yang jatuh setelah لام الجر dan كان yang telah dinafikan serta setelahnya tidak ada لا النافية itu harus disimpan
498.    أن yang jatuh setelah حتى itu harus disimpan bila fi’il yang dimasukinya berzaman istiqbal
499.    Kalau fi’il yang dimasuki oleh حتى itu berzaman hal maka ia harus dibaca rofa’
500.    Fa’ jawab itu bisa menashobkan fi’il mudlore’ dengan menyimpan أن bila jatuh setelah tholab atau nafi yang murni
501.    Wawu itu bisa menashobkan fi’il mudlore’ dengan menyimpan أن adalah wawu yang bermakna mushohabah (bersama)
502.    Oleh ulama’ Kufah jika lafadh yang mendahului fa’ dan wawu itu lafadh yang berarti roja’ maka maka keduannya berlaku sebagai amil nawashib
503.    Fi’il mudlore’ yang diathofkan kepada kalimat isim murni itu boleh dinashobkan oleh أن yang tersimpan
504.    Membuang أن dan menetapkan fi’il mudlore’ yang dimasukinya dalam keadaan nashob pada selain ketentuan yang ada hukumnya adalah syadz]
505.    Kapankah أن itu bisa menashobkan fi’il mudlore’? Jelaskan!
506.    Sebagian orang Arab itu memuhmalkan أن meskipun ia berhak untuk beramal. Jelaskan alasan mereka!
507.    Sebutkan syarat-syarat إذن bisa berlaku sebagaimana amil nawashib!
508.    Kapan أن yang jatuh setelah أو itu harus disimpan? Jelaskan berikut contohnya!
509.    Bila fa’ jawab yang menashobkan fi’il mudlore’ itu dibuang maka fi’il tersebut boleh dibaca jazem. Kapan hal itu bisa terjadi? Jelaskan dan tulislah syahidnya!
510.    Tulislah syahid yang menjelaskan bahwa jika lafadh yang sebelum fa’ dan wawu jawab itu bukan amar murni maka fi’ilnya tidak boleh dibaca nashob!
511.    Amil nawashib yang menashobkan fi’il mudlore’ dengan menyimpan أن itu dibagi menjadi berapa? Sebutkan sekaligus macam amilnya!

AMIL JAWAZIM

512.    لا dan لام yang berlaku amil jawazim adalah yang bermakna tholab
513.    Semua amil jawazim itu adalah kalimat isim kecuali إن dan إذما
514.    Bila syarat berbentuk madli dan jaza’ berbentuk mudlori’ maka jaza’ boleh dibaca rofa’ dan jazem
515.    Bila syarat berbentuk mudlori’ dan jaza’ juga demikian maka jaza’ wajib dibaca jazem
516.    Posisi fa’ jaza’ boleh di gantikan idza fujaiyah ketika jaza’nya tersebut berupa jumlah ismiyah
517.    fi’il mudlore’ yang jatuh setelah fi’il jaza’ dan bersamaan dengan fa’ atau wawu itu boleh wajah tiga
518.    Lafadz ويخرج خالــد dalam contoh إن يقم زيد ويخرج خالد أُكرٍمك boleh dibaca nashob dan jazem
519.    Membuang fi’il jaza’ itu diperbolehkan jika memang sudah diketahui dan ada dalilnya (qorinah)
520.    Membuang fi’il syarat yang sudah maklum itu hukumnya adalah syadz/qolil
521.    Bila fi’il syarat berkumpul dengan qosam maka yang mempunyai jawab adalah yang pertama dari keduanya
522.    Kapan dan di mana sajakah jawabnya fi’il syarat itu harus bersamaan dengan fa’ jawab?
523.    Tulislah syahid bahwa masing-masing dari fi’il syarat dan jaza’ yang sudah ma’lum itu boleh dibuang!
524.    Masing-masing dari fi’il syarat dan qosam itu butuh pada jawaban. Bagaimana jika keduanya kumpul dalam sebuah kalimat? Jelaskan sekaligus berbagai kemungkinannya!
525.    Sebutkan amil yang menjazemkan satu fi’il ?
526.    Sebutkan amil yang menjazemkan dua fi’il ?
527.    Sebutkan bentuk jumlah yang di pakai syarat dan jawab ?
528.    Mengapa pada contoh   إن جاء زيــدٌ فهـومحـسن   jaza’ harus di barengi dengan fa’ ? Jelaskan !
529.    Boleh berapa wajahkah lafadz بغـفـر pada contoh وإن تبـدوا ما فى انفــسكم أوتخــفـوه يحـاسبكم به الله فيغــفتر لمن يشاء  !

FASHL LAU
530.    لَــو berlaku syartiyyah kebanyakan bersamaan dengan fi’il madli
531.    لو itu adalah huruf yang khusus masuk kepada kalimat fiil sebagaimana إن الشرطية
532.    لــو bila bersamaan dengan mudlori’ maka ma’na fi’il tersebut akan berubah menjadi madli
533.    Jawab   أمـــا    harus bersamaan dengan fa’ jawab
534.    Fa’ jawabnya أما itu boleh dibuang dan sering terjadi dalam kalam nadhom/syi’ir
535.    لــولا  dan لــومـا  keduanya menunjukkan arti imtina’iyah dengan persyaratan berada dipermulaan kalam
536.    لــولا  dan لــومـا  itu hanya bisa masuk kepada kalimat fi’il jika bermakna tahdlidl
537.    Dalam contoh لـولا ضربـت زيــدا,  lafadz لـــولا menunjukkan arti tahdlidl
538.    Contohنــصرت زيـدا  bila dirubah menjadi ikhbar billafdzi dengan mengikhbarkan lafadz زيـدٌ akan menjadi …….
539.    Contoh عـمـرٌو جالـسٌ bila dirubah menjadi ikhbar billafdzi dengan mengikhbarkan lafadzعـمرو  akan menjadi ……..
540.    Contohبلغتُ من الزيـدين الى العـمـرين رسـالـة  bila dirubah menjadi ikhbar billafdzi dengan mengikhbarkan ta’ mutakallim akan menjadi …………….
541.    Sedangkan bila mengikhbarkan lafadz   الـزيـدين   akan menjadi …………
542.    Meskipun لو bisa masuk kepada أن dengan kedua ma’mulnya oleh sebagian ulama’ ia masih dianggap sebagai huruf yang khusus masuk pada kalimat fi’il. Jelaskan alasan mereka!
543.    Bagaimanakah pentafsiran Imam Sibaweh dalam contoh  أما زيـدٌ فمنــطلقٌ ? Jelaskan !
544.    Kapankah fa’ jawab dari amma yang berada dalam kalam natsar itu dibuang ? Jelaskan dan berikan contoh !
545.    Berapakah arti yang bisa dimiliki oleh لولا dan لوما? Sebutkan sekaligus jelaskan pengertiannya!
546.    Sebutkan huruf-huruf yang menunjukkan arti tahdlidl!

ADAD

547.    Jika Ma’dudnya mudzakar, maka bilangan 3 – 10 harus diberi  Ta’
548.    Tamyiznya adad 3 – 10 itu harus jama’ dan dibaca jer
549.    Tamyiznya adad 100 / 1000 itu harus mufrod dan dibaca jer
550.    Syinnya asyrah itu diharokati kasroh menurut tamim
551.    Tamyiznya adad puluhan mulai 20 – 90 itu harus mufrod , nakiroh dan dibaca nashob
552.    Isim adad yang ikut wazan    jika ma’duduna mu’anas maka diberi ta’
553.    Tamyiznya kam istifhamiyah itu harus mfrod dan dibaca nashob
554.    Kam istifhamiyah yang dijerkan huruf jer itu tamyiznya boleh dijerkan oleh min yang tersimpan
555.    Tamyiznya kam khobariyah itu dibaca jer
556.    ayyun itu bisa dibuat hikayah dari mas’ul anhu isim nakiroh
557.    Memberikan ta’ fariqoh pada wazan faulul itu hukumnya syad
558.    Isim maqsur yang alif maqsurohnya gantan wawu maka ketika ditasniyahkan alifnya harus diganti wawu
559.    Isim madud yang hamzahnya gentian alif ta’nis maka ketika ditasniyahkan hamzahnya harus diganti wawu
560.    Isim maqsur yang dijama’ mudzakar salimkan itu alif maqsurohnya harus dibuang
561.    Bagaimana bentuk tamyiznya adad alfun
562.    Bagaimanakah adad sebelas jika ma’dudunya mudzakar ?
563.    Bagaimana tamyiznya kam khobariyah
564.    Bagiamana tamyisnya KAAYYIN DAN KADZA ?
565.    Bagaimana cara mengetahui mu’anasnya ism tasniyah yang dialamati ta’ muqoddaroh ?
566.    Sebutkan macam – macam alif ta’nis !
567.    Bagaimana cara menasniyahkan isim maqsur yang hurufnya lebih dari tiga ?
568.    Bagaimana tasniyahnya isim mamdud yang hamzahnya berfaidah ilhaq ?  
569.    Tamyiznya kam istifhamiyah itu harus mufrod dan dibaca nashob
570.    Kam istifhamiyah yang dijerkan huruf jer itu tamyiznya boleh dijerkan oleh min yang tersimpan
571.    Tamyiznya kam khobariyah itu dibaca jer
572.    ayyun itu bisa dibuat hikayah dari mas’ul anhu isim nakiroh
573.    Memberikan ta’ fariqoh pada wazan faulul itu hukumnya syad

JAMA’ TAKSIR + TASGHIR + NASAB

574.    Isim sulasi wazan فعل    dan soheh ain itu jama’ nya ikut wazan افعل      
575.    Sedang yang ikut wazan فعل    itu kebanyakan jama’nya ikut wazanفعلان      
576.    Isim sifat yang ikut wazan  افعل    danفعلاء     itu jama’nya ikut wazanفعل      
577.    Isim ruba’I mudzakar yang huruf ketiganya berupa huruf mad itu jama’nya ikut wazan افعلة
578.    Isim sifat yang ikut wazanفاعل   muzdakar akil dan mu’tal lam itu jama’nya ikut wazanفعلة  
579.    Jama’ taksir  افععلة    itu juga berlaku untuk isim yang ikut wazan  فعال     dan  فعال    yang  مضاعف                atau  معتل اخير
580.    Lafad  كرسى    bils di jama’kan menjadi  كراسى
581.    Isim yang hurufnya tiga itu bila di tashirkan maka di ikutkan wazan فعيل
582.    Dan jika lebih dari tiga huruf maka di ikutkan wazan فعيعل   dan  فعيعيل
583.    Huruf yang dibuang dalam sighot tasghir atau jama’ taksir itu boleh di ganti dengan ياء   yang   diletakkan sebelum huruf akhir
584.    Alif ta’nis maqsuroh yang jatuh kelima dan keatas itu ketika di tasghir harus  dibuang
585.    Isim yang dinisbatkan itu harus di beri tambahan ياء مشدة
586.    Isim yang diakhiri  ya’ yang di tasydid itu ketika di nisbatkan maka ya’nya harus di buang
587.    Dan jika di akhiri ta’ ta’nis atau alif ta’nis maqsuroh maka harus di buang
588.    Berapakah macam jama’ taksir itu ?  Sebutkan  ! Ada 2 . jama’ killah dan jama’ kasroh
589.    Ada berapakah wazan jama’ qillah itu ?  Sebutkan !  Ada 4 افعلة    افعل   فعلة  افعلة   
590.    Apakah pengertian jama’ qillah itu ? Isim yang menunjukkan arti banyak mulai 3 sampai 10
591.    Sedang apakah devinisi dari jama’ kasroh itu ? Isim yang menunjukkan arti banya mulai dari      setelah 10 sampai ke atas.
592.    Bagaimanakah cara mentasghir isim yang huruf keduanya berupa huruf lain itu ? Harus                   mengembalikannya pada asalnya
593.    Kapankan huruf yang jatuh setelah ya’ tasghir itu harus di fathah ? Apabila jatuh setalah                ta’ta’nis dan alif ta’nis
594.    Berapa wajahkah isim yang di akhiri alif ta’nis maksuroh yang jatuh  ke empat dan huruf  yang       kedua mati ketika di nisbatkan  ? Dua wajah  1. diganti wawu,2 di buang
595.    Dilakukan seperti apakah alif ilhaq maksuroh dan alif asli itu ? Seperti alif ta’nis

WAQOF - TASHRIF

596.    Isim yang bertanwin itu jika diwaqofkan, maka tanwinya harus diganti alif bila ia jatuh setelah fathah.
597.    اذن ketika waqof itu seperti isim yang bertannwin yang dibaca nasab.
598.    Kapankah mewaqofkan isim manqus yang bertannwin dengan membuang ya' itu lebih baik ?    Ketika tidak dibaca nasab  / Ketika rafa' & jer
599.    Isim manqus bertanwin yang dibaca nashab ketika waqof, maka ya' nya wajib ditetapkan.
600.    Hukum isim manqus yang tidak bertanwin ketika waqof adalah kebalikan dari isim manqus yang bertanwin.
601.    Waqaf dengan apakah isim yang diakhiri dengan ta' ta'nits yang berharokat  ?  Dengan sukun
602.    Berapakah macam waqof untuk isim yang diakhiri dengan huruf yang berharokat yang tidak  ta'   ta'nits ?Lima macam         
603.    Apakah Waqaf tadh'if itu ?      Waqaf dengan cara menggandakan huruf akhir.
604.    Apakah syarat huruf sebelum akhir dalam waqaf Naqol ?                     Mati dan bisa diharakoti                      
605.    Dimanakah  waqof naqol boleh secara mutlaq ?          pada isim yang berakhiran dengan hamzah
606.    Jama' muanats salim ketika diwaqofkan, maka dengan menetapkan ta'  ta'nits yang disukun.  
607.    ما الاستفهامية  ketika dijarkan, maka alifnya harus dibuang.          
608.    ما الاستفهامية  ketika dijarkan dan waqof, maka alifnya harus dibuang dan boleh ditambah ha' sakat.
609.    Alif yang berada diakhir kalimah yang sebagai ganti dari ya', itu boleh dibaca imalah.
610.    Sebab membaca imalah itu jika tidak muttashil, maka alif tidak boleh dibaca imalah.
611.    Berilah dua contoh bacaan imalah yang disebabkan penyesuaian !                   عمادا  dan  تلا.
612.    Apasajakah isim ghoiru mutamakkin ( isim mabni ) yang berlaku untuk dibaca imalah ?                dhomir ها dan dhomir نا.
613.    Apasajakah yang tidak bisa ( menerima ) ditashrif ?                 Kalimat huruf dan yang menyerupai
614.    Isim atau fi'il itu jika hurufnya kurang dari tiga huruf, maka ia tidak bisa  ditasrif.
615.    Isim atau fi'il yang hurufnya kurang dari tiga huruf, akan tetapi berasal dari isim sulatsi / ghoiru tsulatsi itu bisa ditashrif
616.    Isim mujarrod itu hurufnya paling banyak terdiri dari lima huruf.
617.    Wazan isim tsulatsi yang muhmal adalah  ِفعُلٌ .
618.    Kenapa wazan isim Tsulatsi  فُعِلٌ itu sedikit berlakunya ?            karena dikehendaki khusus fi'il madhi mabni majhul .
619.    Fi'il mazid fih itu hurufnya tidak lebih dari enam.
620.    Sebutkan semua wazan isim khumasi yang ada empat ! فَعَلل,فعللل,فعلل  dan فعلل .
621.    Huruf yang selalu ada wujudnya pada semua tahshrif kalimat itu disebut dengan huruf asal.
622.    Huruf yang tidak tetap dan dibuang pada beberapa tashrif kalimat itu disebut dengan huruf za'idah.
623.    Hamzah dan mim itu berlaku zaidah, jika berada pada huruf pertama dan setelahnya ada tiga huruf

624.    Secara Qiyasi Hamzah washol bertempat di Empat tempat.
625.    Secara sama’i hamzah Washol bertempat di Sebelas tempat.
626.    Keberadaan hamzah Washol pada lafadz  استحراج   tergolong Qiyasi.
627.    Keberadaan hamzah Washol pada lafadz    امرء    tergolong Sama’i.
628.    Hamzahnya ال    yang berada setelah hamzah Istifham itu boleh diganti mad atau dibaca tashil
629.    Wawu atau ya’ bila berada diakhir kalimat dan sebelumnya berupa Alif zaidah maka  diganti hamzah.
630.    Ain  kalimahnya isim fa’il bina’ ajwaf itu diganti hamzah bila Fi’ilnya di I’lal.
631.    Wawu pertama dari dua wawu yang ada di permulaan itu diganti hamzah kecuali Wawu kedua gantia dari dari alifnya فاعل
632.    Dua hamzah dalam satu kalimah itu jika yang kedua mati maka  diganti dengan huruf mad.
633.    Hamzah kedu yang berharokat fathah itu diganti Wawu jika berada setelah fathah atau dlomah.
634.    Hamzah yang kedua yang dikasroh itu diganti Ya’baik baik berada setelah fathah, dlomah atau kasroh.
635.    Aif yang berada setelah kasroh atau ya’ tasghir itu harus diganti Ya’
636.    Waw diakhir kalimah dan sebelumnya berharokat kasroh itu hrus digantiYa’.
637.    Ya’ yang jadi lam fi’il isim yang ikut wazan   فعلى   biasanya diganti Wawu.
638.    Diganti dengan apakah wawu yang berkumpul ya’ dan yang pertama mati ? Ya’
639.    Kapankah Wawu atau ya’ di ganti alif ? Bila hidup danberada setelah fathah .
640.    Kapan nun diganti mim dalam bacaanya ? Bila mati dan berada sebelum BA’.
641.    Dignti dari apakah Tho’nya   اصطبر     ? Dari Ta’.
642.    Dimanasaja hamzahnya  افعل    dibuang ? Dimudhore’nya, isim fa’il dan isim mafulnya.
643.    Berapa wajah  فعل  modloaf yang isnad pada dlomir rafa’ mutaharrik ? Sebutkan !. Tiga :1. Itmam, 2. membuang lam fi’il setelah memindah harokah ain fi’il ke fa’ fi’il, 3. memindah lam fi’il tanpa memindah harokat.
644.    Kapan idghom diharuskan ? Bila ada dua huruf sejenis hidup kumpul dalam satu kalimah.
645.    Kapan diharuskan  فك الادغم     ? Bila hufruf kedua mati sebab bertemu dlomir rafa’ mutaharik.



0 komentar :

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS